Home » Menampilkan » Cara Menampilkan Notifikasi Whatsapp

Cara Menampilkan Notifikasi Whatsapp

Apakah kamu saat ini tengah mencari cara menampilkan notifikasi whatsapp di layar utama? Bagi pengguna Whatsapp, notifikasi merupakan hal yang penting. Karena dengan adanya notifikasi, kamu bisa mengetahui adanya pesan atau informasi yang perlu kamu buka.

Notifikasi ini akan muncul secara otomatis saat kamu menerima pesan baru. Tetapi bagaimana jika Whatsapp kamu tidak bisa menampilkan notifikasi, sementara ada pesan masuk yang penting untuk kamu ketahui secepat mungkin, tentunya hal tersebut menjadi masalah yang perlu ditangani dengan cepat.

Lain halnya ketika pesan yang masuk tidak berguna atau spam saja karena terus menerus menampilkan notifikasi, seperti di grup misalnya. Kamu tentu perlu mematikan fitur notifikasi pada Whatsapp.

Penting tidaknya mengaktifkan notifikasi tergantung kamu sebagai pengguna Whatsapp. Kamu juga bisa melakukan konfigurasi notifikasi agar tetap masuk tapi tidak tampil pada layar.

Tetapi akan terasa janggal jika kamu tidak mematikan fitur notifikasi, tetapi pesan tidak masuk. Pasti ada sesuatu yang salah dengan hp kamu, entah koneksi internetnya, atau lainnya.

Untuk itu, penting untuk diketahui, cara menampilkan notifikasi Whatsapp yang akan diulas berikut ini.  Sebelum membahas mengenai cara menampilkan notifikasi Whatsapp, kamu perlu mengetahui mengapa kamu tidak mendapatkan notifikasi?

Untuk memastikan notifikasi whatsaap dan pengiriman pesan dengan tepat, telepon perlu dikonfigurasi dengan benar.

Pastikan bahwa smartphone kamu memiliki koneksi internet yang aktif. Kamu bisa memeriksanya dengan mengunjungi sebuah situs web di browser kamu.

Jika halaman situs web dapat dibuka, tetapi Whatsapp masih belum bisa menampilkan notifikasi, kamu perlu menghubungi operator layanan seluller dan admin sistem data.kamu juga perlu memastikan APN dan router dikonfigurasi secara benar untuk mengizinkan koneksi non-web soket.

Kamu bisa mencoba tipe koneksi yang berbeda. Jika  saat ini kamu memakai data seluler, cobalah untuk menggunakan wifi. Pastikan juga data latar belakang tidak dibatasi. Kamu bisa mengeceknya dengan membuka setelan di hp, kemudian pilih aplikasi, pilih Whatsapp, penggunaan data. Pastikan data latar belakang tidak dibatasi.

Jika langkah diatas sudah kamu lakukan tetapi notifikasi belum muncul, beberapa cara menampilkan notifikasi Whatsapp berikut ini bisa kamu coba.

Cara Menampilkan Notifikasi Whatsapp

Cara Menampilkan Notifikasi Whatsapp

Menampilkan Notifikasi Whatsapp

Cara untuk menampilkan notifikasi Whatsapp yang masuk sebenarnya mudah sekali untuk dilakukan. Kami telah merangkum dua metode yang dapat dipakai agar notifikasi Whatsapp dapat muncul setiap ada chat masuk.

Kita dapat mengaturnya lewat aplikasi Whatsapp langsung, dan melalui pengaturan bawaan android. Simak tahapan metode dibawah ini untuk lebih jelasnya.

Menampilkan Notifikasi Whatsapp Lewat Pengaturan Whatsapp

Metode pertama yang dapat digunakan untuk memunculkan atau menampilkan notifikasi pemberitahuan Whatsapp bisa dilakukan melalui pengaturan WA itu sendiri. Adakah yang belum mengetahuinya? Simak panduan mudahnya berikut ini ya.

  • Langkah awal, buka kunci layar ponsel androidmu agar siap dipakai.
  • Langsung saja, buka aplikasi Whatsapp. Pastikan kamu telah Login ke WA menggunakan akun kamu sendiri.
  • Tekan icon titik tiga di pojok kanan atas.
  • Setelahnya pilih Setelan.
  • Lanjut, pilih Notifikasi.
  • Pastikan Nada percakapan dalam kondisi Aktif.
  • Cek bagian “Gunakan notifikasi prioritas tinggi” dan pastikan sudah Aktif.
  • Scroll kebawah, pada bagian notifikasi Panggilan kamu bisa memilih dan atur sesuai keinginanmu.

Menampilkan Notifikasi Whatsapp Lewat Pengaturan Telepon

Selanjutnya, untuk dapat menampilkan notifikasi Whatsapp agar pemberitahuan pesan chat masuk tetap ada bisa diatur melalui Pengaturan bawaan android. Cara melakukannya seperti berikut ini:

  • Posisikan smartphone androidmu di posisi Standby.
  • Masuklah ke menu Pengaturan. Kamu bisa buka Aplikasi » Pengaturan. Atau gulir kebawah panel notifikasi lalu pilih icon bunga (Pengaturan).
  • Setelah masuk di Pengaturan, pilih Notifikasi atau Pemberitahuan.
  • Pilih Tingkat Lanjut. Lalu pilih WhatsApp.
  • Perhatikan setelan notif WA, yang perlu dihidupkan diantara lain yakni Izinkan notifikasi, Pratinjau di pop-up, Tampilkan di layar kunci, Tampilkan konten di layar kunci. Sementara untuk settingan “Atur sebagai prioritas” boleh dimatikan saja.
  • Selesai.

Coba test dengan kirimkan pesan chat WA ke nomor kamu sendiri, apakan notifnya sudah ada?

Mengatasi Notifikasi WhatsApp yang Tidak Muncul

Jika notifikasi Whatsapp masih juga belum dapat muncul, ketahui penyebabnya terlebih dahulu. Bisa jadi karena koneksi internet kamu sedang buruk, atau mungkin ada setelan lain yang belum diaktifkan. Untuk mengatasi notifikasi Whatsapp yang tidak muncul, disarankan kamu periksa beberapa poin dibawah ini.

1. Cek Koneksi Internet

Tentu saja, WhatsApp membutuhkan koneksi internet yang lancar dan stabil agar dapat bekerja dengan baik. Sehingga ketika ponselmu tak terhubung dengan internet, aplikasi Whatsapp tak akan merespon apapun termasuk menerima pesan baru dan memunculkan notifikasi.

Pastikan koneksi internet kamu baik dan stabil tanpa disconnect ya. Agar aplikasi WhatsApp juga dapat berjalan sesuai tugasnya dengan baik.

Kamu bisa mengecek kondisi internet kamu dengan membuka browser kemudian coba akses apa saja di Google. Jika laman tidak dapat ditampilkan maka dapat dipastikan koneksi internet kamu sedang disconnect atau mati.

Nah, koneksi internet yang disconnect atau mati tersebut juga disebabkan beberapa hal. Bisa jadi kuota internet kamu tengah habis, atau memang troble dari jaringan seluler yang kamu pakai.

Solusinya, kamu bisa menggunakan provider lain yang mempunyai sinyal dan koneksi yang cepat juga stabil tanpa adanya troble. Atau, jika dirumah atau tetangga kamu ada yang punya Wifi, cobalah numpang koneksi WiFi sebentar untuk memeriksa aplikasi Whatsapp kamu.

2. Pastikan Penggunaan Data Latar Belakang Tidak Dibatasi

Penyebab kedua bisa jadi layanan dari Whatsapp tak memiliki akses internet yang cukup dari akibat adanya data latar belakang aplikasi yang dibatasi.

Solusinya, kamu harus memastikan bahwa preferensi penggunaan data latar belakang tidak dibatasi agar aplikasi Whatsapp dapat berjalan lancar.

Cara mengecek dan mengaturnya bisa melalui Pengaturan > Aplikasi > WhatsApp. Lanjut pilih Data seluler atau Data usage. Pastikan opsi Background Data aktif.

3. Setel Ulang Preferensi Aplikasi

Penyebab lain dari aplikasi Whatsapp tidak dapat memunculkan notifikasi juga bisa dari preferensi Aplikasi. Setiap aplikasi yang terinstal di android, sudah pasti selalu meminta akses dan pengaturan tertentu.

Jika preferensi yang dipakai memiliki kebutuhan yang berbeda dari aplikasi, tentu saja aplikasi tidak akan dapat bekerja sebagaimana mestinya. Begitupun juga dengan aplikasi WhatsApp.

Solusi untuk mengembalikasi preferensi ke pengaturan awal (default) adalah bisa melalui Pengaturan » Aplikasi » Pilih titik tiga di pojok kanan atas » Reset preferensi aplikasi.

4. Keluar dari Semua Layanan WhatsApp Web

Penyebab selanjutnya atas notifikasi Whatsapp yang tidak muncul bisa jadi karena kamu sering login ke Whatsapp Web. Meski tak berimbas banyak, namun ada baiknya kamu keluar (logout) dari semua layanan Whatsapp.

Hal ini dimaksudkan, agar aplikasi Whatsapp dapat bekerja seperti sedia kala seperti saat terinstal pertama kali ke ponsel. Nah, cara mengeluarkan aplikasi WA dari semua layanan Whatsapp Web dan lainya adalah seperti berikut:

  • Buka aplikasi Whatsapp.
  • Tekan titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih Whatsapp Web.
  • Tekan Keluar dari semua perangkat atau dalam bahasa inggrisnya Log out from all computers.

5. Restart Ponsel

Jika semua solusi diatas sudah diterapkan dan masih juga belum ada yang berhasil, metode terakhir yang dapat kamu coba adalah dengan cara me-restart ponsel.

Biasanya, dengan restart ponsel akan mengakibatkan semua pengaturan kembali berfungsi normal seperti biasanya. Jadi, kamu bisa langsung restart ponsel androidmu dengan menekan tombol Power lalu pilih Restart atau Mulai ulang.

Demikianlah ulasan lengkap penyebab dan solusi bagaimana cara menampilkan notifikasi Whatsapp yang tidak muncul dengan menggunakan beragam metode pilihan yang mudah. Jangan lupa bagikan/share artikel ini jika kamu telah berhasil ya bangs. 😉