Cara Restart HP Vivo

Cara restart hp vivo merupakan sebuah cara yang kadang digunakan pemilik smartphone ketika ponsel vivo milik mereka mengalami lag, ataupun error pada aplikasi ataupun sistem ponsel mereka.

Karena sebagaimana kita tau, saat ini memang sudah banyak orang-orang yang menggunakan smartphone untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Read More

Ditambah lagi saat ini kita juga bisa menemukan banyak sekali jenis ataupun merk dari smartphone yang mana dengan harga terjangkau, dan dilengkapi dengan beragam fitur yang bisa digunakan pengguna.

Salah satu merk smartphone yang cukup terkenal saat ini adalah Vivo. Merk ponsel yang berasal dari negeri Tiongkok ini memang disinyalir memiliki harga yang cukup terjangkau, dengan fitur yang beragam.

Belum lagi, Vivo juga kerap kali mengeluarkan update atau versi terbaru dari tiap seri ponsel mereka, yang mana memang menjadi incaran para pecinta ponsel di tiap tahunnya.

Ponsel Vivo sendiri merupakan smartphone berbasis Android yang mana ada sebagain seri memiliki fitur seperti fingerprint pada layar, atau bahkan kamera dengan kualitas yang bagus.

Tentu saja hal ini menjadi pilihan para pengguna yang senang berfoto ataupun selfie dengan menggunakan smartphone mereka.

Namun kembali lagi, karena ponsel merk ini kerap digunakan untuk bekerja ataupun menginstall beragam aplikasi yang bisa kamu unduh di play store ataupun pihak ketiga, kadang ada saja pengguna yang kerap mengalmi masalah setelah menggunakan ponsel dalam rentang waktu lebih dari 1 tahun.

Kembali lagi, kadang masalah yang muncul ialah lag, system error, ataupun kerap terjadi lemot ketika membuka aplikasi, ataupun game dengan ukuran yang besar.

Untuk itulah, tak jarang para pengguna smartphone vivo memilih untuk me-reset perangkat mereka untuk menghilangkan error, atau mengembalikan data dan juga aplikasi seperti bawaan atau ketika pertama membeli ponsel

Terkait:  Cara Transfer Data Android ke iPhone

Daftar Isi

Cara Reset HP Vivo

Cara Reset HP Vivo
Cara Reset HP Vivo

Tapi sayangnya, tidak semua pengguna vivo mengerti tentang cara reset hp vivo mereka. Padahal, untuk cara resetnya sendiri sebetulnya tak begitu sulit, karena pada artikel ini kita akan mengulas sedikit cara dan juga metode yang bisa kamu gunakan, untuk mereset ponsel vivo kamu agar kembali seperti awal pertama beli. Apasajakah langkah-langkahnya? Berikut ulasannya.

Cara Reset HP Vivo lewat Pengaturan Ponsel

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mereset ponsel vivo adalah melalui pengaturan. Cara ini terbilang menjadi opsi yang paling banyak digunakan pengguna hp Vivo, karena memang kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan untuk melakukan reset, dan caranya juga cukup mudah kok.

  1. Kamu bisa masuk ke bagian pengaturan, ataupun settings pada ponsel Vivo kalian
  2. Kemudian, pada menu pengaturan kamu bisa mencari pilihan menu more settings atau pengaturan lainnya
  3. Setelah ketemu, kamu bisa mencari lagi opsi menu backup and reset atau cadangkan dan pulihkan pada menu more settings tadi
  4. Selanjutnya kamu bisa mencari opsi erase all data atau hapus seluruh data, yang nantinya akan menghapus seluru data yang ada di penyimpanan ponsel kamu.
  5. Kalau kamu masih ragu atau tak ingin menghapus semua data, mimin menyarankan untuk kamu bmelakukan backup data terletbih dahulu ke penyimpanan lain seperti komputer, ataupun laptop
  6. Tapi kalau kamu sudah yakin untuk ingin menghapus semua data, kamu bisa centang pada pilihan format phone storage atau hapu semua penyimpanan ponsel
  7. Dan langkah terakhir, kamu tinggal mengklik pada syarat dan ketentuan yang berlaku, lalu tekan pada tombol Clear Now
  8. Tunggu beberapa saat, sampai kamu diarahkan ke mode reset ponsel
  9. Tunggu hingga proses resetnya selesai.
Terkait:  Cara Download Call Of Duty Mobile

Seperti yang sudah ditulis tadi, kamu harus mengetahui jika cara ini akan menghapus seluruh data ponsel yang ada di penyimpanan kamu termasuk dari aplikasi, dan juga apa yang kamu simpan di internal storage (foto, video, musik, dll) untuk itu mimin sekali lagi mau mengingatkan untuk kamu melakukan backup data terlebih dahulu.

Cara Reset HP Vivo lewat Recovery Mode

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu bisa menggunakan fitur recovery mode yang ada di tiap ponsel bawaan vivo kamu. Cara ini sebenarnya juga kerap dilakukan pengguna ponsel vivo yang mana mereka tak mengingat password ataupun kata sandi baik berupa pola, pin, ataupun password untuk bisa masuk kedalam home screen dari ponsel Vivo mereka. Dan untuk caranya cukup mudah kok.

  1. Pastikan dulu daya baterai kamu berada di angka paling minimal 50% atau kamu bisa sembari mencharge ponsel kamu
  2. Setelah itu matikan ponselmu dengan menekan tombol power agak lama, atau juga bisa dari pengaturan power mode (jika ada)
  3. Lalu setelah ponsel berhasil ter shut down, kamu bisa menunggu beberapa saat sampai benar benar ter shutdown
  4. Jika sudah, nyalakan ulang ponsel kamu dengan menekan tombol kombinasi berupa tombol power + volume up
  5. Tunggu beberapa saat sampai muncul logo Vivo, lalu kamu bisa melepas kedua kombinasi tombol tadi
  6. Setelah itu kamu akan langsung di arahkan ke laman Recovery bawaan dari Vivo
  7. Kamu akan menemukan banyak pilihan menu, namun karena kita akan me-reset ponsel Vivo, maka kita bisa langsung memilih menu Wipe All Data
  8. Kemudian akan muncul pilihan YES atau NO, pilih saja YES
  9. Terakhir, pilih pada menu reboot to system untuk kembali ke tampilan awal ponsel Vivo
  10. Selesai.

Sama seperti cara sebelumnya, jika mungkin kamu masih memiliki akses masuk ke dalam perangkat, kamu bisa melakukan backup data terlebih dahulu untuk mengamankan data di ponsel yang sekiranya penting.

Terkait:  Cara Ngereset HP Vivo

Tetapi jika mungkin kamu tidak ingat, kamu bisa langsung melakukan reset saja, namun akan kehilangan data. Karena memang cara ini akan menghapus seluruh data baik dari aplikasi, ataupun file yang ada di memori ponsel kamu.

Cara Reset HP Vivo lewat TWRP/Custom Recovery

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu bisa menggunakan custom recovery atau TWRP yang biasanya cara ini digunakan para pengguna ponsel vivo yang sudah melakukan tweaking dengan menginstall TWRP pada ponsel mereka.

Sebenarnya fitur TWRP ini hampir mirip dengan recovery bawaan pada Vivo di cara sebelumnya, hanya saja untuk fitur jelas lebih lengkap di TWRP. Dan cara penggunannyapun cukup mudah kok

  1. Posisikan ponsel kamu dengan minimal daya baterai berada di angka 50%
  2. Setelah itu, matikan ponsel sampai benar benar ter-shutdown
  3. Jika sudah, silakan masuk ke TWRP mode dengan cara yang sama untuk masuk ke recovery bawaan dengan menekan tombol power + volume up secara bersamaan
  4. Setelah masuk ke menu TWRP, silakan pilih menu Wipe
  5. Kemudian, kamu bisa pilih Wipe Data, Dalvik, Cache, Vendor
  6. Jika sudah, langsung saja lakukan swipe to wipe untuk memulai proses restart ponsel
  7. Setelah proses Wipe selesai, langsung saja pilih opsi reboot to system untuk masuk ke tampilan awal ponsel vivo dan kamu bisa login seperti biasa
  8. Selesai.

Untuk penggunaan TWRP sendiri, selain kamu bisa melakukan reset, apabila kamu memiliki custom rom dan sudah melakukan root lewat TWRP, kamu bisa menginstallnya lewat menu install. Namun, pastikan dulu kamu sudah mengerti cara penggunannya ya.

Sekian dulu untuk informasi mengenai cara reset hp vivo. Silakan sesuaikan dengan cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba, dan semoga bermanfaat. Do with your own risk.

Rate this post

Related posts