Home » Android » Cara Menghemat Baterai Handphone

Cara Menghemat Baterai Handphone

Beragam cara menghemat baterai handphone bisa dilakukan dengan sangat mudah agar awet dan juga tahan lama.

Semakin canggihnya Handphone, semakin banyak juga yang bisa kita lakukan. Sehingga membuat penggunanya tidak terlalu memikirkan tentang baterainya.

Nanti di artikel ini akan dijelaskan tentang cara menghemat baterai handphone. Selain itu, dengan bentuk yang semakin tipis dan layar yang cukup besar menjadi tanda canggihnya handphone tersebut, ya!

Namun, entah itu handphone canggih atau tidak, pasti akan mengalami kerusakan pada waktu yang tidak bisa kita tentukan.

Biasanya yang sering mengalami kerusakan adalah baterainya. Dengan bentuk handphone yang lebih tipis, layar yang lebih lebar dan cerah, maka akan lebih banyak memori untuk menjalankan aplikasi, prosesor yang lebih cepat tentu akan berpengaruh pada baterai.

Terkadang banyak yang menggunakan handphone pun lebih dari batasnya. Serta adapun banyak yang belum mengerti bagaimana cara merawat handphone dengan benar.

Sebelum kita membahas tentang cara menghemat baterai handphone, kita akan bahas dulu ciri-ciri baterai yang mulai rusak dulu berikut!

Kenali Ciri-Ciri Baterai Handphone yang Mulai Rusak!

Baterai yang mulai rusak biasanya sangat berpengaruh pada handphone, seperti salah satunya handphone menjadi mudah mati.

Jika kamu mengecas handphonemu dan tanda sudah menandakan bahwa pengisian penuh, lalu setelah cabut handphonemu dari kabel pengisian daya tetapi handphonemu langsung mati, itu tandanya ada yang tidak beres dengan bateraimu loh!

Ciri-ciri selanjutnya yaitu, baterai yang tidak bisa dicas. Disaat handphone dalam keadaan mati dan akan kamu cas, namun pada saat dicas tidak bisa tersambung dan handphone tidak mau menyala sama sekali atau mati total.

Itu berarti bateraimu sudah tidak berfungsi lagi. Jadi kamu perlu memberi baterai Hp yang baru.

Kemudian ciri-ciri yang satu ini sepertinya sangat sering dijumpai oleh pengguna handphone. Yaitu baterai yang mengembung, sebelum baterai Hp semakin mengembung, sebaiknya kamu cek lebih awal dulu ya.

Jangan sampai baterai terlalu mengembung sehingga handphone tidak bisa ditutup lagi pada bagian belakangnya.

Adapun baterai handphone yang cepat berkurang juga menjadi tanda bahwa bateraimu sudah tidak berfungsi seperti awalnya.

Hal ini bisa terjadi karena kamu terlalu memaksa handphonemu untuk bekerja secara terus-menerus. Mungkin memang handphone yang kamu punya sangat canggih, namun setiap apapun yang diciptakan manusia pasti ada batasnya.

Saat itulah kamu sudah melebihi batasnya. Nah daripada kamu harus membeli baterai baru, harganya pun juga lumayan mahal dan tidak mudah mencari baterai yang asli, lebih baik rawatlah dengan benar.

Seperti misalnya selalu menghemat baterai handphone, lebih peduli terhadap handphonemu, apalagi bila handphone tersebut kamu beli dari hasil jerih payahmu sendiri.

Yang terakhir, lebih bersyukur juga kamu diberi kesempatan untuk memiliki handphone, ya. Sedangkan banyak orang-orang di luar sana yang tidak bisa memiliki handphone, karena keterbatasan mereka.

Jadi rawatlah barang yang kamu punya sebaik mungkin, yuk sekarang langsung masuk ke inti permasalahan tentang cara menghemat baterai Handphone berikut!

Cara Menghemat Baterai Handphone

Cara Menghemat Baterai Handphone

Menghemat Baterai Handphone

Sebenarnya, ada banyak cara untuk menghemat baterai Handphone android atau iPhone. Kami telah menemukan dan merangkum sebanyak 29 metode yang bisa dipakai agar baterai handphone tak cepat habis.

Cara Menghemat Baterai Handphone Paling Mudah

1. Kurangi Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang

Metode pertama dan paling penting untuk menghemat baterai handphone yaitu dengan mengurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Tutuplah aplikasi yang sudah tak lagi kamu pakai. Jangan biarkan terbuka dan berjalan di latar belakang! Hal ini dikarenakan aplikasi yang berjalan di latar belakang akan terus menerus berproses yang mengakibatkan baterai handphone jadi boros.

2. Charge Setiap Ada Kesempatan

Saat ini, hampir semua handphone android memakai baterai berjenis Lithium Ion dan Lithium Polymer yang tak punya sistem memory. Maksudnya, dalam pengisian baterai kita tidak perlu mengisinya hingga penuh.

Jadi, kamu tetap punya kesempatan untuk mengisi ulang baterai tanpa memperhatikan prosentase baterai. Bahkan, saat masih diatas 45% pun kita diperbolehkan untuk mengisinya kapanpun tanpa menunggu baterai habis.

3. Gunakanlah Background Warna Hitam

Menggunakan background warna gelap atau hitam dipercaya dapat mengurangi tingkat konsumsi baterai. Jika warnanya semakin gelap, maka konsumsi daya baterai juga akan semakin sedikit.

Nah, hal ini sangat cocok dipergunakan pada smartphone android dengan layar berjenis AMOLED.

4. Jangan Gunakan Kecerahan Layar Otomatis

Jika ponsel kamu punya fitur kecerahan layar otomatis, sebaiknya jangan dipergunakan secara terus menerus. Hal ini akan berpengaruh pada tingkat konsumsi baterai yang cukup tinggi.

Tetaplah pergunakan kecerahan layar otomatis saat sedang diperlukan saja. Agar, proses kinerja handphone dapat berkurang dan akibatnya kamu bisa lebih menghemat baterai HP.

5. Kurangi Screen Timeout

Masih berhubungan dengan layar, kita bisa mengurangi screen timeout. Apa itu Screen Timeout? Yaitu waktu mati otomatis layar saat tak digunakan.

Untuk lebih menghemat baterai handphone, kamu bisa setting screen timeout selama kurang dari 1 menit. Pilih dan atur saja menjadi 30 atau 15 detik. Juga, selalu matikan layar saat tak lagi ingin digunakan.

6. Nonaktifkan Getar

Jika kamu sama sepertiku yang tak suka membunyikan notifikasi pesan maupun telepon masuk, maka mengatur notifikasi jadi getar juga masih berpengaruh terhadap tingkat konsumsi baterai.

Jadi, matikan saja getarnya sekalian. Kamu bisa pakai mode hening (tak ada suara) untuk lebih bisa menghemat baterai ponsel android kamu. Hanya saja, jika ada pesan atau telpon masuk tidak akan tau jika handphone tak berada didekatmu.

7. Nonaktifkan GPS

Pernah mengaktifkan GPS saat hendak menggunakan Maps atau aplikasi yang memerlukan akses GPS bukan?

Nah, sebaiknya matikan/nonaktifkan saja layanan lokasi GPS ponsel kamu saat tak lagi digunakan. Agar, tak membuat tingkat konsumsi baterai tinggi dan bisa lebih menghemat baterai.

8. Nonaktifkan Bluetooth

Kamu juga bisa menonaktifkan layanan Bluetooth yang tak lagi digunakan untuk lebih menghemat baterai handphone.

9. Nonaktifkan Air Gestures

Air Gestures adalah sebuah fitur yang berguna untuk mengontrol fungsi tanpa menyentuh layar. Jika ponselmu memiliki fitur air gestures, juga sebaiknya dimatikan/nonaktifkan saja.

10. Nonaktifkan Smart Scroll

Fitur Smart Scroll menggunakan kamera depan untuk mendeteksi saat kamu melihat perangkat kamu. Fitur ini dapat menggulir layar secara otomatis berdasarkan sudut perangkat atau sudut baca.

Jika ini tidak terlalu penting untukmu, maka kamu bisa menonaktifkan saja fitur smart scroll ini agar tak membuat baterai ponsel boros.

11. Nonaktifkan Screensaver

Menggunakan screensaver memanglah baik untuk estetika ponsel kamu, namun siapa sangka bahwa ini akan berpengaruh terhadap tingkat konsumsi baterai ponsel. Sebaiknya, matikan/nonaktifkan saja screensaver yang tidak begitu penting tersebut.

12. Nonaktifkan Suara Papan Tombol

Kamu suka mendengar suara papan tombol yang begitu cetak-cetik unik dan asik? Matikan saja ya, agar lebih menghemat baterai ponsel.

13. Atur Konektivitas Wi-Fi

Jika kamu sedang berinternet menggunakan koneksi Wi-Fi, sebaiknya matikan saja koneksi mobile data. Agar keduanya tidak bekerja bersamaan.

Oya, setting juga Wi-Fi di perangkat kamu menjadi Always on during sleep. Agar konsumsi daya lebih sedikit jika dibandingkan harus melakukan reconnecting setiap kali ponsel kamu menyala.

14. Gunakan Lockscreen Widget

Apabila handphone android kamu mendukung fitur lockscreen widget, kamu bisa pakai untuk mengakses aplikasi secara langsung melalui lockscreen tanpa perlu membuka kunci perangkat terlebih dahulu.

15. Hapus Widget yang Tidak Diperlukan

Mungkin kamu suka menambah widget ke layar ponselmu untuk sekedar alasan estetika atau mungkin memang dibutuhkan.

Nah, sebaiknya hapus saja widget yang tak diperlukan ya! Agar tak mengkonsumsi daya yang tinggi serta bisa lebih sedikit menghemat baterai ponsel.

16. Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Jika aplikasi di handphone android kamu telah kadaluarsa (versi lawas), sebaiknya juga dilakukan update secara berkala. Setiap ada pembaruan, kamu bisa langsung perbarui aplikasi yang lama ke versi terbaru. Agar, kinerja aplikasi tersebut makin optimal.

17. Matikan Auto-Sync Aplikasi

Jangan lupa matikan fitur Auto-Sync aplikasi untuk lebih menghemat baterai handphone.

18. Matikan Auto-Sync untuk Akun Google

Auto-Sync akun Google juga bisa menghabiskan daya baterai lho, matikan saja fitur auto-sync tersebut jika sudah tidak kita butuhkan lagi.

19. Matikan Auto Update Play Store

Berkaitan dengan update aplikasi ke versi terbaru, sebaiknya kamu melakukan update aplikasi secara manual saja. Dan jangan lupa matikan fitur auto update di Google Play Store.

20. Pergunakan Baterai Original

Sebenarnya, menggunakan baterai original juga sangat disarankan untuk mendukung tingkat penghematan daya baterai handphone. Baterai original umumnya memiliki kualitas yang terjamin, juga lebih hemat dalam penggunaannya.

21. Pergunakan Charger Original

Selain baterai, kamu juga harus mendukungnya dengan charger asli/original. Agar performa baterai tersebut dapat maksimal dan tak cepat habis.

22. Matikan Koneksi Internet dan Aktifkan Airplane Mode

Terakhir, jika kamu sudah tak lagi memerlukan internet untuk browsing atau akses aplikasi lainnya, sebaiknya matikan saja semua koneksi internet mulai dari data seluler hingga Wi-Fi untuk lebih menghemat penggunaan baterai. Serta, kamu bisa pakai dan aktifkan airplane mode kapanpun diperlukan.

Cara Menghemat Baterai Handphone Android yang Cepat Habis

Jika tips-tips diatas mungkin masih kurang, berikut ini juga kami sajikan beragam cara menghemat baterai handphone android yang cepat habis. Diantaranya kamu bisa:

1. Selalu Perhatikan Aplikasi yang Berjalan
2. Jangan Install Aplikasi Sembarangan
3. Aktifkan Power Saving Mode
4. Matikan Aplikasi Bawaan
5. Matikan Fitur Smart Stay
6. Matikan Fitur Briefing
7. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Mungkin itu saja cara menghemat baterai handphone dengan beragam metode pilihan mudah yang bisa dicoba sendiri olehmu. Semoga bermanfaat ya bangs. Setelah ini, kamu bisa share/bagikan artikel ini ke teman-teman kamu dimanapun mereka berada. Agar mereka juga bisa tau apa saja langkah tepat yang bisa dilakukan untuk bisa lebih hemat baterai ponsel.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *