Home » Mengatasi » Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Penyebab mesin mobil cepat panas secara umum biasanya didasari oleh beberapa faktor, baik secara eksternal maupun internal dari kendaraan itu sendiri. Mobil adalah salah satu kebutuhan sekunder yang belakangan di miliki sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama golongan menengah ke atas dari sektor ekonomi.

Hal ini dikarenakan siapa saja pasti akan selalu bekerja dengan jarak mungkin cukup jauh, serta keperluan lain seperti liburan dan aktivitas apapun.

Tak bisa dipungkiri bahwa para pengguna kendaraan roda empat tersebut diprediksi pernah bahkan sering mengalami kendala pada mesin mobilnya yang cepat panas.

Anda mungkin selalu menduga bahwa kerusakan didasari penggunaan kendaraan secara terus menerus alias tidak pernah berhenti.

Meski begitu, asumsi tersebut bisa dikatakan salah lantaran penyebab mesin mobil cepat panas dan rusak biasanya didasari oleh beberapa faktor internal dari kendaraan pribadi anda tersebut.

Anda bisa mengetahuinya setelah memahami dan menganalisa setiap poin penting di bawah ini tentang apa saja alasan utama yang menyebabkan mesinnya lebih mudah panas bahkan berisiko rusak cukup parah.

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Apa Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas yang Harus Diketahui?

Berikut ini adalah lima penyebab mesin mobil anda cepat panas dan rusak yang harus diketahui supaya bisa mencegah pengeluaran biaya akibat kendala tersebut saat berkendara, yakni :

1. Oli Tidak Berkualitas

Penyebab mesin mobil cepat panas yang paling sering dikeluhkan para pemilik kendaraan roda empat adalah masalah bagian oli. Oli adalah bagian penting bagi semua jenis kendaraan, baik motor maupun mobil.

Cairan tersebut berdampak terhadap kinerja masing-masing kendaraan dan perlu diperhatikan periode pemakaiannya.

Anda perlu mengetahui bahwa salah satu faktor kerusakannya adalah oli yang digunakan tidak berkualitas sehingga mesinnya bakal mati secara otomatis, serta tidak bisa menahan panas dan volumenya akan berkurang drastis.

2. Kadar Oktan BBM Tidak Pas

Hal selanjutnya yang menyebabkan mesin mobil cepat panas adalah kadar oktan BBM tidak pas dengan kendaraan anda.

Tak menutup kemungkinan bila diabaikan bakal mengakibatkan mesin mobil lebih mudah panas bahkan rusak.

Anda bisa mencegahnya dengan memilih bahan bakan yang tepat sesuai spesifikasi mesin mobilnya, serta menggunakannya dalam jangka panjang untuk mengantisipasi kerusakan yang diluar dugaan.

3. Kompresor Bermasalah

Jangan pernah memandang sebelah mata soal kinerja kompresor bagi kendaraan roda empat. Hal ini disebabkan keberadaannya berperan besar terhadap kinerja AC dan salah satu penyebab mesin mobil cepat panas dan rusak adalah kompresornya bermasalah atau dimodifikasi bahkan diganti.

Dampak yang akan muncul adalah beban kerja mobil bakal lebih berat, sedangkan risiko panas semakin meningkat sehingga berisiko kerusakan jangka panjang.

4. Extra Fan Tidak Bekerja Optimal

Extra Fan berfungsi sebagai pengatur suhu mesin supaya bisa mencegah panas dari hembusan angin yang dihasilkannya.

Apabila benda tersebut tidak bekerja secara optimal, maka risiko mesin mobil lebih cepat panas semakin besar dan berdampak buruk terhadap komponen lain.

Anda perlu memperhatikan kualitas Extra Fan sebelum memakai mobil bahkan saat melakukan service ke dealer terdekat agar dapat menjaga kualitas mesin tetap dingin.

5. Kipas Radiator yang Buruk

Anda wajib memeriksa kipas radiator pada mobil yang akan dikendarai. Jika kondisinya tidak bekerja dengan baik maka berdampak terhadap switching yang sulit membaca tindakan dari mobil anda.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah switching beroperasi melalui penerimaan sensor yang bakal menghidupkan kipas radiator, namun bila sensornya bermasalah bahkan rusak maka tidak bisa bekerja dan berputar secara normal pada mesin mobilnya.

Cara Mengatasi Mesin Mobil Cepat Panas

Bagaimana Menangani Mesin Mobil Cepat Panas dengan Benar?

Di bawah ini adalah langkah penanganan mesin mobil cepat panas supaya anda bisa mengantisipasi kerusakan yang tidak terkendali akibat kendala umum tersebut, antara lain :

1. Perhatikan dan Cek Kondisi Radiator Mobil

Penyebab mesin mobil cepat panas bisa diakibatkan kualitas radiator yang tidak stabil. Anda bisa memperhatikan kondisi radiator pada mesin mobil yang bakal digunakan.

Hal yang harus diperhatikan adalah terjadi kebocoran pada radiatornya yang berada pada sistem pendingin kendaraan anda.

Jika anda kurang paham terhadap kerusakan tersebut, maka perlu mengunjungi dealer terdekat untuk memecahkan masalahnya.

2. Jangan Buka Penutup Radiator Saat Mesin Panas

Siapapun tidak boleh membuka tutup mesin radiator ketika mesin mobil masih panas. Hal ini dikarenakan air dan uap nya bertekanan tinggi dan berisiko menimbulkan luka bakar bila terkena kulit anda.

Apabila mesinnya mulai dingin, maka anda bisa melihat tabung cadangan dari air radiatornya.

3. Matikan Mesin Mobil dan Cek Temperatur

Hal berikutnya adalah terjadi overheat pada mesin kendaraannya, sedangkan anda harus mematikan mobilnya dan periksa jarum temperaturnya dengan benar.

Anda perlu membuka caps mesinnya secara perlahan demi mencegah panas dari radiator yang berbahaya bagi kulit anda.

Dampak Umum Kerusakan Akibat Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Saat mesin mobil cepat panas menghasilkan beberapa alasan dan didasari oleh faktor berbeda. Anda perlu memperhatikan bahwa salah satu dampak umum dari penyebab selang radiator atas panas bawah dingin adalah kondisi kendaraan anda bakal cepat rusak dan tidak bisa digunakan kembali, namun mungkin saja membutuhkan waktu lama untuk diperbaiki.

Anda juga akan mengeluarkan biaya lebih besar demi memperbaiki kualitas mesin mobil anda dimana penyebab mesin mobil cepat rusak bisa diatasi dan anda tidak mungkin menerima dampak buruk tersebut dengan selalu menjaga kondisi suhu mesin tetap stabil dan memperhatikan masing-masing komponen dengan berkonsultasi dengan tenaga ahli dari bengkel atau dealer resmi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *