Cara Gambar Mobil Truk

Cara Gambar Mobil Truk

Bagaimana cara gambar mobil truk? Ya, mobil truk adalah sejenis mobil besar yang biasanya digunakan sebagai mobil angkutan barang.

Mobil pick up dan truk memang didesain sebagai mobil untuk niaga, meskipun mobil niaga ternyata truk juga bisa dimodifikasi sedemikian rupa. Bahkan tak jarang kita jumpai komunitas-komunitas pencinta truk yang melakukan modifikasi agar terlihat lebih gaul.

Sebenarnya tak hanya truk saja yang sering dijadikan objek menggambar, selain itu Kamu juga bisa menambahkan beberapa ornamen atau pelengkap aksesoris sebagai bahan modifikasi mobil.

Cara Gambar Mobil Truk

Cara Gambar Mobil Truk
Menggambar Mobil Truk

Adapun cara gambar mobil truk itu sendiri, ialah sebagai berikut :

1. Cara Gambar Mobil Truk Mak (Mack)

Img: https://www.wikihow.com

Untuk menggambar mobil truk mak sendiri, ada beberapa langkah yang bisa dicoba berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan gambar bentuk persegi panjang pada bagian utama mobil truk.
  • Lalu gambar bentuk persegi panjang yang ukurannya lebih kecil pada bagian kapnya. Pastikan gambarnya berpotongan dengan gambar persegi panjang yang ukurannya lebih besar tadi lalu membaginya ke dalam 2 bagian, dengan bagian kanan sendiri terletak di gambar persegi panjang yang berukuran lebih besar.
  • Kemudian gambar persegi panjang yang memanjang pada bagian bawah mobil truk.
  • Setelah itu, gambar empat bentuk oval pada roda-roda mobil.
  • Kemudian gambarkan bentuk persegi panjang miring pada kaca depan dan jendela.
  • Selanjutnya gambar bentuk serangkaian kurva gabungan pada bagian roda atas untuk fender.
  • Lalu gambar bentuk persegi panjang, yang biasanya terbagi dengan garis pada bagian depan truk sebagai rangka besi.
  • Sesudahnya, tambahkan setengah bentuk persegi panjang yang porsi bagian kirinya dibuat melengkung digunakan pada bagian atas mobil truknya.
  • Setelah itu, tambahkan beberapa persegi panjang lagi untuk knalpot, tangki gas truk, dan jendela.
  • Berdasarkan kerangka, silahkan gambar mobil truknya.
  • Lalu tambahkan beberapa detail pada lampu depan, roda, dan juga knalpot. Silahkan gambar garis-garis, logi di badan utama truk dan wiper.
  • Selanjutnya hapus beberapa garis tepi pada gambar yang tidak diperlukan.
  • Silahkan warnai sesuai selera.
Terkait:  Biaya Ganti Ban Motor

2. Cara Gambar Mobil Truk Pickup

Img: https://www.wikihow.com

Menggambar mobil truk sebenarnya tidak semudah cara gambar mobil polisi, sebab mobil truk juga terdiri dari berbagai macam model dan ukuran. Adapun untuk menggambar mobil pick up sendiri, ialah sebagai berikut :

  • Pakai pensil untuk mulai menggambar bentuk persegi panjang dengan ukuran panjang. Dimana bentuk ini bisa menjadi pandangan di bagian samping kendaraan. Selain itu, bentuk persegi panjang ini berguna sebagai keseluruhan panjang truk. Hal ini dibuat hanya sebagai fondasi untuk menggambar truk. Dimana garis-garisnya dimodifikasi lallu dihapus saat proses penggambaran berlangsung.
  • Lalu gambar 2 buah lingkaran sebagai roda-rodanya. Lingkarang pertama digambar tepat dekat di bagian depan sedangkan yang satunya lagi terletak di dekat bagian belakang. Dua lingkaran yang dibuat harus sama ukurannya, sebab keduanya untuk pandangan samping, jadi hanya ada 2 roda yang tampak. Setelah itu, hapus beberapa garis pada lingkaran yang sudah dibuat saat membuat persegi panjang tadi.
  • Selanjutnya buat kap mobil truk dengan menggambar bentuk persegi panjang yang ukurannya lebih kecil di bagian atas serta dekat di bagian depan bentuk persegi panjang sebelumnya yang dibuat lebih panjang. Lalu buat bagian samping persegi panjang dengan lokasi paling depat dari bagian depan mobil truk yang mempunyai sisi miring. Dimana kemiringannya inilah yang berfungsi untuk kaca depan.
  • Lalu tambahkan beberapa detail pada bagian roda-roda di gambar truknya, dengan menggambar bentuk lingkaran di bagian dalam tiap-tiap roda. Buat lingkaran ketiga dengan ukuran lebih kecil, tepat di bagian dalam tiap-tiap lingkaran yang sebelumnya digambar. Setelah itu, tambahkan bentuk bertuliskan “u” terbalik pada bagian atas tiap roda.
  • Selanjutnya buat bemper bagian depan dengan cara menggambar bentuk “u” menyamping dan menempel pada bentuk “u” tadi di atas bagian roda depan. Dimana setian ujung “u” sendiri harus menyentuk depan truk. Lalu hapus semua garis dari bagian persegi panjang yang pertama dan terlihat dalam bentuk “u”.
  • Kemudian pasangkan kap pada bagian depan mobil truk dengan menggambar potongan persegi panjang pada depan kabin mobil garis buat yang melengkungĀ  ke bagian bawah agar bertemu dengan ujung gambar persegi panjang.
  • Selanjutnya buat jendela samping mobil dengan cara membuat bentuk pada kabin. Dimana bentuknya nanti akan terlihat berbentuk trapesium dalam setengah bagian terdepat pada truk. Setengah bentuk bagian belakangnya dibuat persegi panjang.
  • Tambahkan cermin pada mobil dengan cara membuat bentuk setengah lingkaran yang terletak di samping bagian bawah jendela mobil, yang berdekatan dengan depan truk.
  • Sekarang, buat gambar gagang pintu mobil dengan cara meletakkan bentuk persegi panjang berukuran kecil di bagian bawah jendela ke bak truk.
  • Lalu gambar garis yang menurun dari arah belakang kabin ke bagian bawah persegi panjang yang paling awal. Dimana garis inilah yang memisahkan antara bagian bak truk dengan kabin.
  • Lalu tambahkan gambar garis lain di bagian depan kabin yang menurun hingga ke bagian bawah truk. Sehingga dapat membentuk pintu.
  • Kamu juga bisa menambahkan beberapa detail tambahan sesuai keinginan. Seperti garis-garis, penutup tangki gas, decal hingga detail lainnya sesuai kebutuhan.
  • Selanjutnya tambahkan warna, cat atau tambahkan bayangan pada mobil truk.
Terkait:  Cara Belajar Nyetir Mobil Manual

Itulah beberapa langkah cara gambar mobil truk pick up dan map yang bisa Kamu buat di rumah. Bagi Kamu yang belum tahu apa saja jenis-jenis mobil truk, silahkan simak ulasan di bawah ini!

Jenis-Jenis Mobil Truk

Sebagai bahan tambahan dan agar lebih mengenal truk, kamu bisa simak beberapa jenis mobil truk berikut ini:

1. Colt Diesel Engkel

Img: Tokopedia.com

Merupakan jenis truk berukuran kecil dan biasanya disingkat CDE, mobil truk ini sering ditemukan di jalan raya sebab biasanya masih bisa melewati gang-gang yang berukuran kecil seperti mobil biasa. Beban maksimalnya sebesar 2 ton.

2. Colt Diesel Double

Img: https://mitsubishimobiljakarta.com

Jenis truk ini umumnya disingkat CDD dan masih termasuk truk yang berukuran kecil, hanya saja di roda bagian belakangnya ada 4 ban sedangkan 2 di bagian depan dan berjumlah total 6 ban. Adapun kapasitas beban pada barang yang bisa diangkut truk Colt diesel Double tersebut mencapai hingga 4 ton.

3. Truk Fuso

Img: https://imgcdn.oto.com

Truk jenis ini sama seperti Colt Diesel Double, namun terdapat perbedaan mendasar dilihat dari beban maksimum untuk angkutannya. Truk ini dapat mengangkut kapasitas barang yang lebih besar dibandingkan CDD. Sebab bisa mengangkut barang hingga berkapasitas 7 ton.

4. Truk Tronton

Img: https://djsn.co.id

Truk tronton bisa dikatakan sebagai truk yang paling besar, bahkan truk ini mempunyai 10 buah ban mobil. Dengan bagian depan terdiri dari 2 ban dan bagian belakang memiliki 8 buah ban. Sama halnya dengan jumlah kapasitas barang yang diangkut hingga mencapai 10 ton barang. Harga jual truk ini tentu saja tidaklah murah.

Demikianlah ulasan tentang cara gambar mobil truk dan jenis-jenisnya yang perlu Kamu ketahui. Semoga bermanfaat ya lur.

Similar Posts