Home » Membersihkan » Cara Bersihkan Mesin Mobil

Cara Bersihkan Mesin Mobil

Bagaimana cara bersihkan mesin mobil yang benar? Kebersihan mobil adalah hal terpenting untuk tetap menjaga penampilan mobil agar tetap nyaman digunakan.

Sebenarnya lebih dari itu, tujuan yang paling utama ialah untuk mencegah terjadinya kerusakan yang terjadi pada mesin mobil. Sebab kerusakan mesin mobil yang kurang diperhatikan kebersihannya dimulai dari munculnya korosi di dalam mesin mobil itu sendiri.

Mesin mobil sebagai komponen terpenting di dalam mobil, tentu saja bisa berdampak besar apabila mengalami kerusakan.

Lebih parahnya, bahkan bisa membuat mobilmu tidak dapat digunakan kembali. Maka dari itu, ikuti ulasan cara bersihkan mesin mobil yang benar di bawah ini!

Panduan Cara Bersihkan Mesin Mobil dengan Benar

Sebelum Kamu membersihkan mesin mobil, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu peralatan yang digunakan untuk mencuci mobil, seperti high pressure cleaner jika ada, lap bersih, kuas berganggang panjang, spon, sikat gigi bekas, selang air, sarung tangan, dan lain sebagainya.

Baru kemudian, Kamu bisa mengikuti tahap-tahap membersihkan mobil dengan benar di bawah ini :

Cara Bersihkan Mesin Mobil

Cara Bersihkan Mesin Mobil

Bersihkan Mesin Mobil | caranddriver.com

1. Panaskan Mesin Mobil

Untuk memudahkan pembersihan pada mesin mobil, sebaiknya Kamu memanaskan mobil terlebih dahulu selama 15 menit. Ini penting supaya kotoran yang ada di dalam mesin mobil menjadi lebih gampang dibersihkan.

Sesudah dipanaskan, lalu diamkan hingga mesin tiak terlalu panas. Barulah selanjutnya, Kamu bisa membersihkan kotoran membandel yang terdapat di dalam mesin.

2. Pakai Sarung Tangan

Kita tahu bahwa kotoran yang terdapat dalam mesin mobil pasti berbeda dari kotoran yang terdapat dalam interior maupun eksterior mobil.

Ada zat-zat yang berbahaya dan mungkin saja jika terkena tangan langsung bisa menimbulkan alergi. Karena itu, untuk mencegahnya sebaiknya pakai sarung tangan ketika Kamu ingin membersihkan bagian mesin mobil.

Di samping itu, memakai sarung tangan ketika membersihkan mesin juga bertujuan agar tanan Kamu tak tersetrum oleh komponen-komponen berdaya listrik tinggi. Bahkan bisa melindungi tangan dari temperatur panas yang keluar pada mesin mobil.

3. Bungkus Komponen Mesin yang Berdaya Listrik

Tidak sedikit orang yang merasa takut membersihkan bagian mesin mobil sebab takut menyebabkan konsleting yang terjadi dalam komponen kelistrikan.

Tapi sebenarnya Kamu tidak perlu khawatir, asalkan tetap hati-hati saat membersihkan bagian mesin.

Untuk mencegah terjadinya konsleting, sebaiknya bungkus terlebih dahulu bagian-bagian tertentu yang terhubung pada sistem kelistrikan, memakai alumunium foil atau plastik supaya tak terkena air ketika membersihkannya.

4. Jangan Gunakan Air Bertekanan Tinggi

Hal yang harus diperhatikan ketika membersihkan bagian mesin mobil ialah jangan memakai air yang bertekanan tinggi. Sebab air yang bertekanan tinggi bisa merusak komponen pada mesin mobil.

Sehingga lebih baik memakai air yang bertekanan rendah agar bagian yang kotor pada mesin dapat dibersihkan.

5. Bersihkan Kap Mobil Terlebih Dahulu

Ketika Kamu mulai membersihkan bagian mesin, pilihlah komponen atau bagian yang termudah lebih dahulu. Sebaiknya bersihkan dulu bagian bawah pada kap mesin. Karena bagian inilah yang paling mudah dibersihkan.

Selain itu juga, termasuk bagian yang terlihat sangat kotor mengingat banyaknya debu atau kotoran yang menempel.

Kemudian barulah Kamu bisa membersihkan bagian lainnya dengan hati-hati satu per satu memakai air yang bertekanan rendah.

6. Pakai Sikat dan Spon

Alat yang dipakai untuk membersihkan bagian mobil harus benar-benar lembut supaya mesin tak tergores, sehingga bisa merusak komponen pada mesin.

Sebaiknya pakai spon halus serta sikat gigi jika ingin membersihkan beberapa bagian yang sukar dijangkau. Kamu juga harus berhati-hati ketika membersihkan bagian-bagian pada mesin mobil.

Hindari menggosoknya terlalu kelas dan bersihkan secara perlahan untuk mencegah ada komponen mesin yang rusak.

7. Pakai Sabun Colek

Ada beberapa jenis pembersih yang dapat Kamu gunakan untuk mencuci atau membersihkan bagian mesin dari kotoran, seperti rembesan oli atau debu.

Salah satu jenis pembersih atau cairan yang bisa Kamu pakai ialah sabun colek. Sebab  sabun colek sendiri lebih mudah diperoleh dan terbukti mampu mengangkat kotoran atau noda membandel dengan ampuh sehingga membuat mesin kembali kinclong.

Di samping itu, Kamu juga bisa memakai cairan khusus pembesih mesin mobil lainnya. Seperti engine degreaser yang digunakan untuk mengangkat kotoran yang ada di luar mesin, dan cara penggunaannya hanya cukup menyemprotkan cairan ini saja.

Ada lagi engine conditioner, yang digunakan untuk membersihkan bagian ruan bakar pada mesin dan terbuat dari solvent yang berbentuk busa dengan cara menyemprotkannya ke ruang pembakaran lewat lubang busi.

Sementara untuk mencegah terjadinya korosi dan karatan pada mesin mobil, Kamu bisa memakai Grease. 

Cairan belt dressing sendiri berfugsi untuk melindungi keuasan pada van belt sekaligus eningkatkan daya cengkram komponen tersebut sehingga menghindarinya dari suara yang menderit.

Cairan silikon juga bisa digunakan untuk tetap mempertahankan kelenturan komponen mesin berbahan karet, seperti karet kap mesin, karet damper, dan sebagainya.

8. Mengeringkan Mesin

Jika Kamu sudah selesai membersihkan seluruh bagian mesin, langkah berikutnya ialah cukup mengerinkan mesin mobil sampai tak ada lagi sabun yang masih tersisa.

Namun sebelumnya, Kamu harus menghilangkan sabun terlebih dahulu dengan cara menyemprotkan air dengan tekanan rendah. Lalu keringkan menggunakan kanebo hingga benar-benar mengering.

9. Detailing

Jika tidak ada lagi sabun yang masih tersisa, serta mesin sudah kembali kering, kini Kamu bisa melakukan detailing.

Kamu bisa memakai cairan khusus yang dapat mengkilapkan mesin pada mobil, seperti cairan engine dressing bisa juga memakai cairan yang aman dipakai tanpa merusak bagian kelistrikan pada mesin mobil.

10. Tutup Kap Mesin Kembali

Sesudah mesin mobil kembali kinclong dan bersih seperti baru, selanjutnya Kamu hanya perlu menutup bagian kap mesin saja. Coba hidupkan terlebih dahulu mesin mobil supaya mesin menjadi cepat kering.

Selain cara bersihkan mesin mobil di atas, ada beberapa hal yang perlu Kamu lakukan. Setelah membersihkan mesin mobil, panaskan mobil sekitar 10-15 menit sebelum Kamu menggunakan mobil.

Pastikan Kamu selalu menggunakan jenis bahan bakar berkualitas baik agar mesin mobil tetap awet dan nyaman digunakan.

Perawatan mesin mobil yang bisa dilakukan lainnya ialah tetap melakukan uji di jalan. Tujuannya untuk mengecek terjadinya masalah yang terdapat pada mesin kendaraanmu.

Kamu juga bisa membaca informasi penyebab mesin mobil cepat panas yang Kami bagikan untuk memudahkanmu menjaga atau mempertahankan kualitas mesin mobil sekaligus mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada mesin mobil!