Cara Double Cleansing

Bagi semua perempuan mungkin kebersihan wajah adalah sesuatu yang penting. Bagaimana tidak, wajah merupakan aset penting untuk memancarkan kepercayaan diri dan rahasianya dengan double cleansing. Tak sedikit perempuan belum tahu cara double cleansing untuk bersihkan wajah menyeluruh.

Jika kamu jarang bahkan tidak pernah membersihkan wajah sebelum tidur, wajah akan tampak kusam bahkan kotor esok harinya. Kotoran bahkan sulit dibersihkan akibat wajahmu menempel dengan bantal yang kotor dan jarang sekali dibersihkan.

Jika kondisi wajah benar-benar tidak bersih sebelum tidur, risikonya adalah timbul jerawat esok harinya. Apabila kamu mempunyai jenis kulit berminyak, kondisi ini tidak boleh dibiarkan. Pasalnya, masalah kulit wajah rentan mengintaimu bila tidak melakukan double cleansing di malam hari.

Kamu tidak perlu membuang waktu saat melakukannya, bahkan kurang dari 30 menit. Apabila kamu rutin double cleansing sebelum tidur, wajah akan tetap bersih dan sehat bahkan terhindar dari masalah kulit seperti flek hitam sampai jerawat.

Cara Double Cleansing
Cara Double Cleansing

Apa itu Double Cleansing?

Secara umum double cleansing adalah aktivitas membersihkan wajah dengan dua tahap pembersihan yang menggunakan bahan berbeda. Kalian harus menggunakan bahan dasar minyak (cleansing oil), air (micellar water) sampai susu (milk cleanser) pada tahap awal dari kotoran dan sisa make up yang masih menempel di wajah.

Tahap kedua yang harus dilakukan adalah membersihkan wajah secara menyeluruh dengan sabun pembersih. Jika busa yang dihasilkan lebih banyak dan lembut, partikelnya mampu bekerja dan menembus lapisan kulit wajah terdalam secara efektif untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati.

Terkait:  Cara Kerja di Luar Negeri

Cara Double Cleansing

Double Cleansing merupakan aktivitas membersihkan wajah dengan dua tahap pembersihan memakai bahan berbeda. Tahap awal biasanya memakai pembersih wajah berbahan dasar susu (milk cleanser), minyal (cleansing oil) serta air (micellar water) untuk bersihkan wajah dari sisa make up.

Gunanya menghindari penyumbatan pori-pori wajah pada lapisan pertama kulit lantaran make up yang dipakai setiap hari. Apabila sisa make up atau riasan tidak dibersihkan, pori-pori wajah akan tersumbat dan mengakibatkan timbulnya jerawat di area tertentu.

Sementara itu, tahap selanjutnya dari double cleansing merupakan membersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih. Semakin lembut busa dari facial foam yang digunakan, semakin efektif partikel dari busa tersebut membersihkan pori-pori wajah.

Apabila kamu bingung mencari sabun pembersih wajah terbaik, mintalah rekomendasi dari kerabat atau keluarga soal merk facial foam dengan busa yang lembut. Sabun ini biasanya dibanderol dengan harga murah bahkan kurang dari Rp.30 ribu per pcs.

Pilih Produk Skincare Sesuai Jenis Kulit Wajah

Langkah awal adalah pilihlah produk skincare sesuai jenis kulit wajah kalian. Jangan sampai kamu membeli produk hanya rekomendasi orang lain atau hasilnya bagus di teman kalian. Pasalnya, setiap orang punya jenis kulit berbeda dan sebaiknya kamu menggunakan satu brand yang sama.

Pemilihan produk skincare yang hendak digunakan ketika double cleansing sangat penting supaya tidak bisa memperburuk kondisi kulit wajah kalian. Risiko jerawat sampai breakout akan minim terjadi selama kamu menggunakan produk yang aman dan tepat.

Bersihkan Tangan Sebelum Menyentuh Wajah

Tangan adalah sumber bakteri yang mampu menimbulkan beragam masalah pada kulit wajah, termasuk jerawat. Secara umum tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering memegang berbagai macam benda yang belum tentu bersih dan steril.

Terkait:  Cara Keluar dari Family YouTube

Ketika sentuhan itu terjadi bahwa perpindahan bakteri dan kuman juga muncul dari benda ke tangan kalian. Maka dari itu, cucilah tanganmu sampai bersih dengan sabun dan air mengalir. Apabila kamu tidak menemukan akses air bersih, gunakan hand sanitizer anti bakteri untuk hilangkan kuman di tangan.

Aplikasikan Milk Cleanser Sesuai Kebutuhan

Apabila tangan benar-benar sudah bersih, aplikasikan milk cleanser ke wajah sesuai kebutuhan. Jika kulit wajahmu berminyak, kering, kombinasi atau normal maka bisa gunakan cleansing oil. Namun, bila kulit wajahmu sensitif dan kering bisa pakai cleansing balm.

Gunakan produknya secukupnya alias tidak terlalu banyak atau sedikit. Kemudian, pijat wajah secara memutar sampai milk cleanser benar-benar menyerap sampai ke dalam permukaan kulit wajah. Tujuannya supaya pori-pori bisa mengeluarkan kotoran dan minyak yang menempel di dalamnya.

Gunakan Micellar Water

Seandainya kamu merasa milk cleanser oil atau balm tidak memberikan hasil maksimal, gunakan micellar water sehingga sisa kotoran dan make up dapat terangkat sempurna. Walaupun efektif membersihkan kulit wajah secara tuntas, pastikan produknya sesuai jenis kulit wajahmu.

Kamu bisa memilih merk micellar water yang beredar di pasaran berdasarkan tipe kulit wajah masing-masing. Cara pemakaiannya juga mudah dengan menuangkan micellar water secukupnya ke kapas, oleskan ke seluruh permukaan wajah secara memutar sampai benar-benar bersih.

Pijat Wajah dengan Lembut

Jangan hanya menggerakkan lengan secara memutar saat mengaplikasikan skincare double cleansing ke wajah. Kamu juga bisa memijat wajah dengan lembut untuk menenangkan kulit wajah yang terkena make up dan kotoran untuk dibersihkan.

Lakukan pijatan lembut dan perlahan sehingga kontur wajah dapat terjaga elastisitasnya dan tetap kenyal. Selain itu, teknik pijatan yang benar saat pakai skincare double cleansing juga bisa membuat pori wajah mengeluarkan kotoran dan debu yang susah hilang. Lakukan kegiatan ini kurang dari satu menit untuk hasil maksimal.

Terkait:  Cara Kerja Gardan Mobil

Pakai Face Toner

Jika milk cleanser sudah diterapkan dan dipijat secara memutar, gunakan face toner untuk membersihkan dan mengangkat sisa kotoran maupun make up yang menempel pada kulit wajah kalian. Kamu tidak boleh pakai face toner dengan tangan, namun gunakan kapas khusus kecantikan.

Secara umum face toner punya tekstur berbeda dengan milk cleanser, sedangkan permukaannya benar-benar cair dan butuh media bantu untuk mengoleskannya ke seluruh permukaan wajah. Bersihkan wajah secara memutar dari dahi sampai dagu sehingga sisa make up terangkat sempurna.

Bilas Wajah dengan Facial Foam

Langkah double cleansing berikutnya adalah bersihkan wajah dengan facial foam atau sabun cuci muka sesuai dengan jenis kulitmu. Kamu harus melakukannya sesudah mengaplikasikan milk cleanser dan face toner ke wajah. Gunanya supaya sisa make up dan milk cleanser dan toner bisa terangkat dengan sempurna.

Namun, kamu bisa mendapatkan hasil maksimal dengan membersihkan wajah menggunakan air hangat. Hal ini dikarenakan pori-pori wajah akan langsung terbuka dan busa lembut facial foam akan langsung masuk ke pori kulit untuk mengangkat semua kotoran yang menempel.

Lakukan Saat Malam Hari Sebelum Tidur

Tips penting untuk semua perempuan yang perlu diperhatikan adalah cara double cleansing akan memberi hasil maksimal bila dilakukan saat malam hari, terutama sebelum tidur. Pasalnya, kamu tidak akan melakukan aktivitas apapun kecuali istirahat alias tidur sampai esok hari.

Kulit wajah akan istirahat sesudah dibersihkan dengan produk skincare sesuai jenis kulit wajahmu. Apabila kamu ikuti pembersihan wajah pada waktu yang tepat, kulit wajah akan tampak glowing dan berseri saat bangun tidur keesokkan harinya.

Related posts