Biaya Ganti Kampas Rem Motor

Barangkali kalian belum tahu kalau kampas rem motor adalah salah satu komponen vital dalam semua merek kendaraan roda dua. Kamu harus tahu berapa biaya ganti kampas rem motor seandainya komponen ini bermasalah bahkan rusak yang berisiko terhadap setiap pendaraan saat kalian berada di jalan raya.

Tetapi, kalian harus segera mengganti kampas rem motor dengan komponen yang baru kalau ternyata salah satu onderdilnya benar-benar rusak. Biasanya kampas rem motor yang rusak selalu menunjukkan tanda-tanda tertentu saat kalian menekan pedal rem.

Secara umum kerusakan tersebut disebabkan oleh komponennya yang semakin menipis, sedangkan kampas rem nya pun telah terkontaminasi dengan minyak atau oli. Kampas rem nya bahkan bisa saja sudah tidak rata bahkan rusak sehingga jangan dipakai lagi karena dapat membahayakan dirimu sendiri dimana pedal rem nanti sulit sekali dikendalikan.

Apabila kalian mempunyai kampas rem motor yang cenderung mengeluarkan suara terus menerus, lebih baik kalian harus segera mengganti komponennya dengan yang baru.

Pasalnya, setiap komponennya punya harga berbeda dan kamu bisa datang langsung ke bengkel resmi untuk bertanya soal harga kampas rem motor baru sesuai tipe kendaraannya masing-masing. Umumnya ongkos ganti yang diminta mekanik tidak terlalu mahal sesuai harga onderdil barunya saja.

Biaya Ganti Kampas Rem Motor

Biaya Ganti Kampas Rem Motor
Biaya Ganti Kampas Rem Motor

Sedangkan tanda-tanda kampas rem motor yang harus segera diganti adalah kamu bakal sulit mengendalikan rem sehingga kendaraannya tidak dapat dihentikan saat kamu mengemudikannya.

Selain itu, pedal rem yang sulit diatur bisa menimbulkan risiko kecelakaan kecil bahkan besar bila kalian tidak bisa mengatasinya dengan memperhatikan komponen tersebut. Biasanya kampas rem motor punya sistem perawatan yang hampir sama dengan mobil.

Kamu harus tahu kalau biaya ganti kampas rem motor ternyata lebih murah daripada mobil. Pasalnya, kalian tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkan komponen baru dari mekanik yang bekerja di bengkel resmi.

Siapapun tidak boleh sekadar datang langsung ke bengkel dan menerima hasil akhir pengerjaannya saja. Namun, kalian harus melihat proses pengerjaannya agar tahu sumber masalah yang membuat kampas rem motor menimbulkan suara asing dan semakin menipis.

Biaya Ganti Kampas Rem Motor, Cek Harga Lengkapnya!

Ganti kampas rem motor sebenarnya tidak butuh budget mahal seperti bayangan kalian. Hampir sebagian besar pemilik kendaraan roda dua tidak pernah menghabiskan uang lebih dari Rp.500 ribu untuk membeli komponen barunya di bengkel terdekat.

Kendati demikian, setiap mekanik bengkel punya ongkos penggantian sesuai tipe motor yang kalian miliki saat ini. Daripada kalian penasaran, simak informasi lengkap mengenai kampas rem motor sebagai berikut :

Daftar Harga Kampas Rem Motor Cakram Depan

Tipe MotorHarga
Honda Supra GTRRp.53,000
Honda Sonic 150RRp.53,000
Honda BeAT POP eSPRp.53,000
Honda BeAT Sporty eSPRp.53,000
Honda Scoopy eSPRp.53,000
Honda Vario 125 FIRp.53,000
Honda Vario 125 eSPRp.53,000
Honda Vario 110 eSPRp.53,000
Honda Vario 150 eSPRp.53,000
Honda Mega Pro AdvanceRp.46,000
Honda Tiger New RevolutionRp.46,000
Honda CBR 150RRp.58,000
Conda CB150R StreetFireRp.58,000
Honda CS1Rp.55,000
Honda Beat KarbuRp.47,000
Honda New Supra X 125 FIRp.48,000
Honda Mega Pro 2010Rp.50,000
Honda Vario 110 KarbuRp.52,000
Honda BladeRp.48,000
Honda CBR250RRRp.150,000
Honda PCX 150Rp.64,000
Honda CRF150LRp.64,000

Daftar Harga Kampas Rem Motor Cakram Belakang

Tipe MotorHarga
Honda CB150R StreetFireRp.72,000
Honda CBR 150RRp.72,000
Honda Supra X 125Rp.42,000
Honda CS1Rp.53,000
Honda Supra X 125 FIRp.42,000
Honda Tiger New RevolutionRp.42,000
Honda PCX 150Rp.56,000
Honda Sonic 150RRp.75,000
Honda CBR250RRRp.150,000

Daftar Harga Kampas Rem Tromol Belakang

Tipe MotorHarga
Honda BeATRp.50,000
Honda VarioRp.50,000
Honda ScoopyRp.50,000
Honda SpacyRp.50,000
Honda Supra XRp.50,000
Honda FitRp.50,000
Honda RevoRp.50,000
Honda BladeRp.50,000
Honda KharismaRp.50,000
Honda GrandRp.50,000
Honda MegaProRp.53,000
Honda VerzaRp.53,000

Kapan Kampas Rem Motor Harus Diganti?

Mungkin kalian belum tahu waktu terbaik mengganti kampas rem motor. Beberapa orang ternyata lebih sering melakukannya dalam kurun waktu maksimal dua atau tiga bulan sekali.

Tak sedikit orang bahkan sering mengganti komponennya lewat beberapa indikator untuk tahu atau memeriksa apakah kampas rem nya sudah aus atau belum. Kamu bisa menemukan tandanya dengan mudah, perhatikan dengan seksama pada bagian piringan rem motor nya.

Apabila kampas rem yang menjepit piringannya masih lebar, maka bisa dipastikan kalau komponennya masih bagus. Namun, seandainya posisinya sudah menjepit piringan tersebut, dipastikan kampas rem nya aus dan kalian harus segera menggantinya dengan komponen yang baru.

Daripada berpacu terhadap indikator tersebut, kamu bisa melacak atau sekadar mencari tahu kampas rem motor telah wajib diganti atau tidak lewat munculnya suara aneh.

Ketika pengereman dan muncul suara bising, kami pastikan kampas rem memang harus diganti. Suara ini timbul dari cakram yang beradu dengan kampas dan menyisakan pelatnya saja.

Gesekan antara kedua komponen tersebut menimbulkan suara yang agak mengganggu dan tidak nyaman saat kalian berkendara. Jika kampas rem motor sudah aus, solusi terbaik adalah kalian wajib ganti dengan yang baru untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

Yang perlu dicatat adalah penggantian kampas rem motor sama sekali tidak bisa diprediksi bahkan dijadwalkan. Kamu hanya perlu memiliki insting kuat dalam memastikan kapan waktu tepat mengganti komponennya dengan yang baru. Apabila masih bagus dan layak dipakai maka kamu tidak perlu ganti onderdilnya.

Sedangkan kemunculan suara bising yang tiba-tiba menggantu kenyamananmu saat berkenda, kamu bisa membuatnya sebagai acuan untuk ganti komponennya dalam waktu dekat.

Cara Membedakan Kampas Rem Motor Asli dan Palsu

Mungkin kamu tidak tahu bagaimana membedakan kampas rem motor asli dan palsu, Sedangkan perbedaan keduanya bisa ditemuken dengan mudah.

Pasalnya, sebagian besar kampas rem palsu cenderung memakai bahan utama asbes, namun berbahaya untuk kesehatan meski durabilitasnya cukup baik dan tahan lama.  Sedangkan kampas rem motor original mayoritas tidak menggunakan asbes sebagai bahan materialnya dan harganya juga lebih ekonomis.

Kalian tidak boleh membeli kampas rem motor berbahan dasar asbes. Hampir beberapa orang menilai kalau komponen mengandung asbes memang tahan lama, tetapi berbahaya untuk kesehatan karena serat asbes berisiko menimbulkan penyakit pernapasan sampai membahayakan paru-paru sehingga tidak dapat terhirup.

Jadi kalian harus memakai kampas rem yang tidak mengandung asbes dan bisa ditanyakan langsung ke pihak mekanik di bengkel resmi terdekat.

Demikian ulasan tentang biaya ganti kampas rem motor yang jadi perbincangan banyak orang saat ini. Lebih daripada itu bahwa batas waktu penggantian komponennya tidak bisa diagendakan dan disarankan menghindar bahan dasar asbes sebagai material utama kampas rem untuk mencegah hal membahayakan.

Kalian bisa datangi bengkel resmi untuk mendapat service ganti kampas resmi dengan budget kurang dari Rp.200 ribu terhadap semua tipe motor. Jika kalian ingin tahu hal-hal informatif lainnya, silakan akses situs resmi Pindah Lubang via https://www.pindahlubang.com/.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...