Home » Mengetahui » Cara Pakai Mobil Matic

Cara Pakai Mobil Matic

Cara pakai mobil matic adalah problematika yang belum dipahami beberapa orang saat ini. Tak bisa dipungkiri bahwa kamu sendiri pasti masih kaku saat mengemudi karena kurang faham ilmunya. Masyarakat Indonesia rupanya lebih memilih mobil matic supaya bisa berkendara lebih nyaman dan berpindah kopling lebih mudah.

Kamu juga perlu memahami perbedaan kedua dan banyak orang memilih jenis kendaraan ini karena sangat mudah dikendalikan hanya dengan menginjak gas saja.

Kamu sendiri bukan hanya memahami konteks seperti itu saja. Pasalnya, cara pakai mobil matic dengan mudah bukan sekadar menginjak gas dan rem. Hal ini dikarenakan siapapun yang baru mengenal mobil matic harus mengetahui beberapa istilah yang berkaitan dengan kendaraan itu.

Kalian perlu menyimak beberapa poin penting pada ulasan berikut untuk leluasa mengendarai mobil matic tanpa khawatir keliru saat berkendara, serta mencegah kecelakaan yang merugikan orang lain.

Cara Pakai Mobil Matic

Cara Pakai Mobil Matic

Cara Pakai Mobil Matic

Bagaimana Mengemudikan Mobil Matic dengan Baik dan Benar?

Berikut ini merupakan poin-poin penting yang harus diperhatikan sebelum mengendarai mobil matic. Kalian harus mengetahuinya supaya lebih mahir dalam menguasainya, antara lain :

  1. Overdrive / OD

Cara pakai mobil matic tidak akan lepas dari beberapa istilah penting berikut. Pertama, kamu harus mengetahui maksud dari istilah OD alias overdrive. Istilah ini dikenal sebagai transmisi otomatis berjenis CYT yang tidak didukung tombol OD.

Selain itu, Step AT/AT adalah layanan tombol OD yang berada pada tuas perpindahan gigi maupun beberapa produsen mobil. Kamu bisa mematikan overdrive dengan menggeser tuas ke posisi 3 (tiga) saja.

  1. Transmisi Matic

Umumnya bahwa mobil matic di Indonesia biasanya disematkan untuk kendaraan berbasis planetary gear set.

Kamu harus mengetahui jika sistem tersebut mendukung perpindahan kecepatan otomatis secara bertingkat.

Percepatannya hanya mengandalkan Step AT / AT serta CVT alias Continuously Variable Transmissions.

  1. Tuas Transmisi

Kamu tidak boleh mengabaikan poin penting ini. Ketika kalian menggeser tuas transmisi ke titik tertentu, maka tidak semua posisi tuas bergerak dengan bebas.

  1. Mid and Premium

Sebagian besar mobil matic berjenis tinggi di kelasnya, serta beberapa kelas menengah maupun premium pasti didukung pilihan operasi manual dan matic.

Hal ini biasa disebut dengan tiptronic dan bagian ini pasti berguna bagi para pengendara mobil matic sampai sekarang.

Kalian perlu hati-hati ketika menggeser tuas saat mobil sedang melaju. Hal ini dikarenakan para pengendara tidak boleh menarik knob kala mobil masih bergerak.

Ini diciptakan untuk mengantisipasi perpindahan tuas diluar dugaan maupun tidak diperlukan sama sekali.

Kamu juga harus mengetahui beberapa poin yang berbeda dari setiap kemudi pada mobil matic, yaitu :

  • R : Mundur.
  • N : Netral.
  • P : Parkir.
  • D : Jalur menanjak gradual maupun datar, serta mencapai kecepatan maksimal untuk gigi ini.
  • D1 : Jalur menanjak penuh.
  • D2 : Jalur menanjak.
  • D3 : Jalur sedikit menanjak dan sebagian besar untuk mobil matic merek tertentu.

Kamu juga perlu mengetahui transmisi otomatis yang terdiri dari :

  • Continuously Variable Transmissions (CVT)
  • Automated Manual Transmission (AMT)
  • Hydraulic Automatic Transmission
  • Dual-Clutch Transmission (DCT)

Untuk mengoperasikan persneling matic rupanya terdapat beberapa poin penting yang perlu diperhatikan, antara lain :

  • Tuas N (Netral) dan P (Parkir) harus dipastikan saat kamu menghidupkan mesin kendaraan. Transmisi ini dibuat supaya mobil bisa dihidupkan ketika tuas hanya berada pada titik aman itu.
  • Usai mesin dihidupkan, kamu hanya menunggu beberapa menit supaya suhunya bekerja dan transmisi otomatis bisa tercapai.
  • Kamu juga pastikan menekan pedal rem saat mengendarai mobil maupun menggeser tuas. Pengereman ketika pergeseran tuas dibutuhkan demi mencegah kerusakan secara mekanis.
  • Kamu harus menggeser tuas ke bagian D (drive) untuk maju dan R untuk mndur saat mengawali perjalan pada lintasan normal.

Cara Mengendarai Mobil Matic yang Perlu Diperhatikan

Bagaimana Memakai Mobil Matic dengan Aman dan Nyaman?

Cara pakai mobil matic bukan hanya mengikuti prosedur seperti uraian di atas. Kamu juga perlu memperhatikan penjelasan sederhana berikut dimana tidak semua jalur bisa memakai tuas tertentu. Kalian hanya bisa menggeser tuas ke posisi D (drive) dan R untuk mundur saat berkendara pada jalur normal.

Ketika kalian sedang mengemudi pada lintasan menanjak, jalur licin atau turun maka bisa mengandalkan pedal rem alias engine break. Kamu juga harus menggeser tuas ke bagian 2 atau D2. Hal ini tentu saja berbeda bila kalian berkendara pada jalanan yang menanjak atau menurun.

Apabila jalur tanjakan yang ditempuh terlihat sangat tajam bahkan ekstrem, bahkan turunan curam maka bisa menggesernya ke posisi L, 1 maupun D1 supaya mobil bisa dikendalikan tanpa khawatir sulit dihentikan atau di rem yang berujung melampaui jalurnya.

Poin penting ini harus dikuasai dan diperhatikan bila kamu ingin mengemudikan mobil matic dengan aman dan nyaman.