Home » Cara Kerja » Cara Kerja di Luar Negeri

Cara Kerja di Luar Negeri

Masyarakat tanah air yang memiliki pendidikan tinggi biasanya berkeinginan untuk bisa bekerja di luar negara atau luar negeri. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang mempelajari bagaimana cara kerja di luar negeri?

Adapun alasan paling mendasar bekerja di luar negeri ialah nominal fee atau upah yang dihasilkannya sangat besar. Selain itu, alasan seperti pengalaman kompetensi ketat, jaminan kesehatan, dan keinginan untuk hidup mandiri turut berpengaruh terhadap keinginan seseorang untuk bekerja di luar negeri.

Tips Bekerja di Luar Negeri

Baik itu cara kerja di Korea, Jepang, atau Australia, tentu saja berbeda dengan Indonesia. Ada banyak dokumen yang diperlukan bagi Kamu yang tertarik bekerja di luar Indonesia. Berikut beberapa tips yang harus Kamu lakukan jika ingin bekerja di luar negeri :

1. Ketahui Segala Hal di Negara Tujuanmu

Sebelum memutuskan, alangkah baiknya Kamu mengetahui bagaimana perusahaan yang Kamu tuju. Berapa gaji dan profit yang ditawarkan, serta berapa besar biaya hidup yang harus Kamu keluarkan untuk tinggal di negara tersebut.

Ada beberapa informasi lainnya yang mungkin dibutuhkan, seperti informasi publikasi yang valid, laman atau web resmi perusahaan di sosmed, dan mencari informasi lowongan di situs bursa kerja luar negeri dan lainnya.

2. Mencari Hunian yang Nyaman

Beberapa perusahaan biasanya menawarkan sejenis asrama bagi para karyawannya. Namun sebagian perusahaan lainnya tidak menyediakan tempat tinggal.

Jadi alangkah baiknya jika Kamu mencari tempat hunian atau akomodasi yang sesuai saat Kamu tinggal di negara tujuan.

Pertimbangkan pemilihan hunian tersebut berdasarkan waktu tempuh ke kantor, akses biaya hidup, dan kondisi lingkungan di area sekitar.

3. Persiapkan Kesehatan Fisik dan Mental

Kesehatan merupakan hal utama yang tidak boleh terlewat, dimana saja Kamu bekerja. Jika Kamu mempunyai riwayat penyakit tertentu, sebaiknya pilih pekerjaan yang tepat  sesuai kondisi. Jangan pernah membohongi petugas medis, karena bisa merugikan diri sendiri.

Jadi jangan sampai saat Kamu merasa semangat bekerja tapi harus diganggu oleh kondisi kesehatan yang kurang fit.

Oleh karena itu, biasanya kebanyakan negara tujuan tempat bekerja memberikan persyaratan berupa surat keterangan sehat. Dokumen tersebut dapat diperoleh di dokter atau rumah sakit di dalam negeri.

4. Pilih Agen Penyalur Kerja Terpercaya dan Resmi

Lembaga penyalur kerja berguna untuk menyalurkan pekerjaan. Jika Kamu tertarik bekerja di luar negeri, sebaiknya pilih agen penyalur kerja secara selektif.

Selain itu, pasikan mereka mempunyai track record baik, valid, dan berpengalaman.  Namun jika salah saja dalam memilih agen penyalur, maka Kamu bisa saja terjerat penipuan.

5. Kenali Niatmu Bekerja

Ketahui dan kenali niat Kamu bekerja, Kamu tengah mengadu nasib menjadi orang yang penuh tanggung jawab.

Selain itu, Kamu juga harus sadar bahwa ritme atau gaya kerja di negara asing tentu berbeda dari Indonesia.

Mereka bisa saja menerapkan konsekuensi tegas jika terjadi satu kesalahan atau sangat mendisiplinkan karyawan. Semuanya perlu Kamu ketahui. Jadi, sebelum berangkat, alangkah baiknya pikirkan kembali niat bekerja sebenarnya.

6. Buktikan Bahwa Kamu yang Terbaik

Suatu negara biasanya memiliki standar tertentu untuk para pekerjanya. Untuk pekerja Indonesia sendiri, kompetensi luar sudah termasuk tinggi. Oleh karena itu, pastikan untuk terus meng-upgrade skill menjadi lebih baik.

Apabila Kamu yakin akan potensimu, sebaiknya jangan ragu. sebab, dengan kualifikasi yang semakin baik maka semakin besar juga peluang untuk diterima di perusahaan tersebut.

Jika memungkinkan, alangkah baiknya Kamu terus meningkatkan efisiensi dalam pekerjaan setiap bulannya. Perusahaan biasanya tak akan ragu memberikan reward ke karyawan mereka yang memiliki dedikasi tinggi.

7. Soft Skill Sebagai Nilai Tambah

Soft skill di sini ialah kemampuan lain selain kemampuan teknis. Contohnya, jika Kamu mahir mengolah grafis, editing video dan membuat vektor. Selain itu, soft skill pun bisa berbentuk kemampuan berkomunikasi dengan baik, senang belajar sesuatu yang baru, mudah menyesuaikan diri atau beradaptasi  dan mempunyai tingkat disiplin tinggi.

Cara Kerja di Luar Negeri

Cara Kerja di Luar Negeri

Img: https://youtu.be/5xp7MFB-YSY

1. Kerja di Luar Negeri Melalui Perusahaan

Cara kerja di luar negeri yang pertama adalah lewat perusahaan. Cara yang satu ini bisa dikatakan cukup nyaman karena perusahaan yang akan membantu relokasi pekerjaanmu.

Hal yang harus dilakukan pertama kali ialah melamar ke perusahaan di tempat/negara tertentu secara langsung atau bisa juga mencoba mengirimkan lamaran ke cabang perusahaan tertentu di Indonesia.

Cara ini mudah dilakukan sebab sebelumnya Kamu telah memiliki kelengkapan administrasi di perusahaan, seperti surat keterangan kerja, surat kontrak, dan selanjutnya Kamu hanya tinggal mengurus berkas-berkas untuk mengurus visa kerja.

2. Kerja di Luar Negeri Melalui Program Magang

Bagi Kamu yang baru lulus kuliah, lalu ingin melanjutkan melamar pekerjaan di luar negeri, program yang satu ini siap membuka peluang besar untukmu.

Beberapa perusahaan biasanya membuka kesempatan melakukan magang khususnya bagi para pekerja asing.

Selain itu, ada pertukaran tenaga kerja yang membuatmu memiliki pengalaman bekerja di luar Indonesia dalam beberpa waktu.

3. Kerja di Luar Negeri Lewat Agen Penyalur

Kamu juga bisa mendaftar lewat agen penyalur resmi yang sudah terdaftar di negara Indonesia.

Jadi nantinya Kamu akan dibekali pelatihan, pengetahuan dan beberapa hal lainnya sebelum Kamu mulai bekerja. Hal ini penting sekali dilakukan bagi TKW dan TKI yang tertarik bekerja di negara lain.

Apa Saja Syarat Bekerja di Luar Negeri?

Selain memahami cara kerja di luar negeri di atas, selanjutnya ada beberapa persyaratan untuk bekerja di luar negeri, berikut ini :

  • Mendapatkan Izin Pihak Keluarga

Persyaratan yang wajib diperhatikan yang pertama ialah mendapatkan izin pihak keluarga. Dimana faktor yang satu ini penting sekali sebab nantinya bisa berpengeruh pada kesuksesan dan kebershasilanmu di negara asing.

  • Mempunyai Kemampuan dan Tekad yang Kuat

Jika sudah mendapatkan izin dari pihak keluarga, selanjutnya Kamu harus empunyai kemampuan dan tekad yang kuat.

Terlebih lagi kita tahu jika beberapa budaya dan kebiasaan di luar negeri akan sangat berbeda. Jika Kamu sudah mempunyai tekad kuat, pekerjaan apapun dapat dilakukan dengan penuh semangat.

  • Persiapkan Biaya

Jika semua persyaratan di atas telah terpenuhi, langkah selanjutnya ialah mempersiapkan biaya transportasi, akomodasi hingga biaya hidup di negara tujuan.

Hal ini penting sekali untuk dipersiapkan sebelumnya, sebelum menerima gaji/penghasilan di perusahaan tujuan.

Nah, itulah segala persiapan dan cara kerja di luar negeri yang harus Kamu pertimbangkan terlebih dahulu. Semoga bermanfaat!