Home » Biaya » Biaya Bikin Pagar Rumah

Biaya Bikin Pagar Rumah

Ketika berbicara mengenai biaya bikin pagar rumah, maka kamu bakal berpikir budget yang dihabiskan cukup banyak. Meski begitu, semuanya bergantung pada luas tanah dan rumah masing-masing.

Hal ini dikarenakan pagar rumah berperan sebagai pengaman agar rumah kalian dapat terhindar dari pencuri maupun hewan liar. Tak hanya itu, pagar rumah juga berfungsi mempercantik dan memperindah rumahmu supaya tampilannya bisa lebih rapi dan presisi.

Beberapa orang masih menilai pagar rumah tidak terlalu penting, namun kalian tidak akan tahu fungsi primer maupun sekundernya bagi hunian pribadimu. Pasalnya, pagar rumah juga bisa berfungsi sebagai pengaman yang menjaga seluruh penghuni rumah sehingga tidak terjatuh, terutama anak-anak.

Di samping itu pun pagar rumah bisa kalian tambahkan kawat yang membuat orang tidak kenal bahkan pencuri sekali pun sulit masuk dan memanjatnya.

Kalian harus tahu pagar rumah punya beberapa konsep sesuai tampilan rumah masing-masing. Apabila tampilan rumahmu modern, maka kamu bisa memasang pagar rumah minimalis yang tidak menghabiskan ruang.

Selain itu, pagar rumah kontemporer maupun model lainnya tidak kalah menarik dan sesuai untuk rumah mana saja. Pastikan konsep rumah kalian sesuai tipe pagar yang bakal dipasang demi menciptakan keselarasan dan keindahan dari luar dan dalam.

Biaya Bikin Pagar Rumah

Biaya Bikin Pagar Rumah

Biaya Bikin Pagar Rumah

Tak bisa dipungkiri bila desain dan konsep pagar rumah yang senada dengan tampilan rumah bakal menciptakan kesempurnaan tersendiri. Secara umum pagar rumah akan selalu menyesuaikan dengan rumah kamu sendiri.

Walaupun sebuah rumah hanya mengusung satu tema, tetapi  desainnya akan lebih baik bila ditambah penggunaan pagar yang diletakkan pada bagian luar yang tampilannya serupa. Siapa saja pasti akan tertarik bahkan suka dengan rumah kalian.

Apabila kamu sedang berencana membuat pagar rumah, kami sarankan kalian menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) dengan jelas dan lengkap. Di sisi lain kamu juga harus menentukan desain pagar rumah mana yang bakal dipasang pada bagian depan.

Kami pastikan rumahmu akan terlihat lebih menarik dan modern setelah memasang pagar berdesain unik, sedangkan pembuatannya juga tidak memakan waktu lama bahkan hanya sekitar 3-4 hari saja.

Biaya Bikin Pagar Rumah, Apa Saja Konsepnya?

Biasanya pagar rumah mempunyai berbagai macam konsep sesuai tampilan interior maupun eksterior hunian pribadi kalian. Tak hanya itu, anggaran pembuatannya juga berbeda sesuai material dan waktu pengerjaannya.

Jangan lupa memperhatikan tenaga ahli yang turun langsung dalam merancang desain pagar rumah kalian. Mereka lebih tahu estimasi biaya dan waktu pembuatan pagarnya dengan baik. Beberapa hal yang harus kalian ketahui adalah :

Apa Saja Konsep Pagar Rumah Modern?

Tak bisa dipungkiri bila pagar besi minimalis menjadi pilihan banyak orang saat ini. Pasalnya, harganya lebih murah dan memberikan berbagai macam keuntungan sejak usia awal pemakaian dimana pagar besi minimalis bisa dirawat dengan mudah.

Berapa harganya? Apabila kamu ingin membelinya secara langsung alias tidak membuat mandiri, maka kamu bisa merogoh kocek mulai dari Rp.350,000 s/d Rp.1,200,000 sesuai tampilan dan bagiannya masing-masing.

Selanjutnya adalah pagar kayu, dimana tampilannya sangat mengutamakan estetika untuk memberi kesan elegan dan menarik bagi rumah kalian. Di samping itu pula penggunaan kayu meninggalkan aksen mewah bagi rumahmu.

Walaupun sudah diterapkan pada rumah minimalis masa kini, namun penggunaan pagar rumah kayu masih diandalkan banyak orang. Secara umum komponennya berbahan dasar kayu ulin yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Berikutnya merupakan pagar aluminium stainless steel. Desainnya estetis dan terlihat lebih rapi untuk beberapa rumah minimalis, serta memberikan kesan elegan nan mewah bagi hunian pribadimu. Tak bisa dipungkiri pagar rumah aluminium diciptakan dengan berbagai macam desain dan konsep.

Walaupun hanya senada dengan tampilan sisi rumah kalian, tetapi tidak membuat desain rumahmu aneh karena pagar aluminium mampu menghidupkan suasana rumah setiap hari.

Rincian Anggaran Biaya Bikin Pagar Rumah Kayu

  • Kayu Ulin : Rp.850,000/m2.
  • Biaya Bahan Lain : Rp.1,000,000.
  • Pekerja : Rp.500,000 x 2 = Rp.1,000,000.

Rinciannya adalah :

Panjang x Tinggi : 4 x 2 = 8 m2.

8 m2 x  Harga Satuan = 8 x Rp.850,000 = Rp.6,800,000.

Rp.6,800,000 + Rp.1,000,000 + Rp.1,000,000 = Rp.8,800,000.

Rincian Anggaran Biaya Bikin Pagar Rumah Besi

  • Besi : Rp.550,000/m2.
  • Biaya Bahan Lain : Rp.500,000.
  • Pekerja : Rp.100,000/hari x 2 orang = Rp.200,000 x 3 hari = Rp.600,000.

Rinciannya adalah :

Panjang x Tinggi : 3 x 2 = 6 m2.

Harga Satuan x Volume : Rp.550,000 x 6 = Rp.3,300,000.

Rp.3,300,000 + Rp.500,000 + Rp.600,000 = Rp.4,400,000.

Berapa Harga Standar Pagar Rumah Minimalis?

  • Pagar Besi Standar : Rp.300,000 s/d Rp.500,000.
  • Gate Besi Balkon : Rp.300,000 s/d Rp.450,000.
  • Pagar Besi Biasa : Rp.450,000 s/d Rp.650,000.
  • Gate Besi Teralis Tempa : Rp.275,000 s/d Rp.525,000.
  • Pagar Besi Tempa : Rp.750,000 s/d Rp.1,300,000.
  • Gate Besi Teralis Minimalis : Rp.225,000 s/d Rp.350,000.
  • Pintu Besi : Rp.1,200,000 s/d Rp.1,800,000.

Berapa Estimasi Waktu Bikin Pagar Rumah?

Secara umum membuat pagar rumah akan selalu memperhatikan berbagai macam hal secara eksterior maupun interior. Pertama, pastikan panjang dan tinggi pagar rumah sesuai dengan luas bangunannya.

Hal ini dikarenakan pagar rumah tidak boleh terlalu tinggi bahkan menutup seluruh permukaan hunian kalian. Pasalnya, siapapun akan sulit mencari dan menemukan rumahmu dan orang lain tidak bisa melihat desain rumah yang indah nan estetis dari luar ruangan.

Kedua, perhatikan jumlah pekerja yang dilibatkan karena mereka sudah berpengalaman dalam menentukan anggaran dan estimasi waktu pengerjaannya. Pastikan kamu memilih orang terpercaya dan kalian cukup melibatkan dua orang pekerja saja.

Di sisi lain estimasi waktu pengerjaan pagar rumah minimalis maupun konsep lain biasanya memakan waktu selama tiga hari saja. Durasi ini terbilang cepat bahkan standar sekaligus memasangnya di luar rumah kalian.

Bagaimana Cara Merawat Pagar Rumah?

Untuk merawat pagar rumah sebenarnya tidak butuh biaya dan waktu ekstra. Walaupun tampilannya bakal memudah seiring usia pemakaian, namun kalian perlu memperhatikan desain dari segi warna dan bentuk.

Kamu bisa mengganti cat bahkan mengubah konsepnya dengan meminta bantuan pekerja yang membuat pagar rumah kalian. Warna cat terbaik adalah hitam, putih maupun abu-abu yang ketiganya bersifat netral bahkan selaras dengan semua warna lain.

Hal yang Harus Diperhatikan Setelah Bikin Pagar Rumah

Apabila kamu sudah membuat pagar rumah dengan bantuan pekerja terpercaya, maka kamu bisa memasang kawat pada bagian atasnya. Tujuannya agar rumahmu dapat terlindungi dari maling atau orang tidak dikenal yang ingin menyelinap ke dalam rumah.

Kalian bisa membeli kawat di toko bangunan dengan ukuran sesuai tinggi dan lebar pagar rumah kamu. Kamu dapat meminta bantuan pekerja yang sama untuk memasangnya dengan rapi dan benar.

Demikian ulasan seputar biaya bikin pagar rumah beserta rincian anggaran dana yang harus kalian siapkan. Kami menyarankanmu membangun pagar rumah agar hunian pribadimu dapat terlindungi dan aman dari hewan liar sampai pencuri.

Pagar rumah sendiri tidak hanya berfungsi sebagai pengaman, tetapi juga objek memperindah tampilan rumah dengan batas waktu pembuatannya selama tiga hari saja.