biaya transfer ATM BRI ke BCA

Biaya Transfer ATM BRI ke BCA

Kontroversi yang dialami para nasabah bank Himbara di Indonesia, kini kian meningkat. Pasalnya, tidak sedikit orang yang merasa keberatan akan kehadiran dari biaya administrasi yang dibebankan ketika dirinya melakukan transaksi. Ditambah, bila transfer harus dilakukan ke rekening bank yang berbeda. Berikut biaya transfer ATM BRI ke BCA.

ATM BRI sendiri merupakan kepanjangan dari Bank Rakyat Indonesia. Sesuai dengan status bank yang berada dibawah kepemilikan negara ini, sontak membuat kerisuhan bagi para nasabahnya karena pemberlakuan biaya administrasi. Padahal, sebelum memasuki tahun 2021, semua biaya yang seharusnya ada tersebut digratiskan.

Kecuali, saat melakukan transfer ke antar bank yang berbeda. Namun, hal tersebut masih dapat dimaklumi oleh masyarakat Indonesia. Akibat dari beban biaya admin ini, mulai banyak yang beralih menggunakan aplikasi transfer uang atau m-banking atau juga e-wallet. Selain lebih praktis dan cepat, beban biaya adminnya juga jauh lebih rendah.

Pengguna mesin ATM, tentu masih banyak atau dapat dikatakan seimbang dengan pengguna aplikasi elektronik. Namun, tidak semua nasabah memiliki modal Hp dan kuota untuk dapat memilih menggunakan aplikasi. Oleh karena itu, masih banyak nasabah yang memilih cara manual. Itulah mengapa biaya transfer ATM BRI ke BCA perlu dibahas.

Biaya Transfer ATM BRI ke BCA

"<yoastmark

Biaya Transfer BRI ke BCA 2021

Biaya transfer BRI ke BCA 2021 semakin memanas. Selain nominal angka yang tadinya 0 rupiah berubah menjadi beberapa digit, ditambah dengan adanya biaya gagal transaksi ini memberatkan pihak nasabah. Apalagi, mereka yang masih duduk di bangku sekolah ataupun masih merilis bisnisnya. Tentu biaya admin tersebut menjadi masalah tersendiri.

Terkait:  Cara Membatalkan Transferan yang Sudah Terkirim BCA Mobile

Wajar memang, nominal biaya admin yang dibebankan kepada nasabah tidak mencapai angka Rp 10.000,-. Tapi, fakta di lapangannya banyak nasabah yang dalam seharinya perlu melakukan transaksi lebih dari 1 kali. Belum ketika dirinya hanya melakukan pengecekan saldo dilanjutkan dengan penarikan tunai dapat memotong uang tabungannya seketika.

Pemotongan saldo secara otomatis yang dilakukan oleh pihak bank, bertujuan agar pelayanan kepada nasabah dapat semakin meningkat. Terkadang, beberapa nasabah juga tidak menyadari akan hal tersebut. Oleh karena itu, kalian perlu mengetahui nominal pasti terkait biaya yang harus disetorkan ketika melakukan transaksi.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tarif transfer antar bank tidaklah gratis.  Berikut akan dijelaskan berapa nominal yang akan ditanggung oleh pemilik rekening ketika melakukan kegiatan transaksi. Baik melalui mesin ATM atau melalui mobile banking serta jalur transaksi lainnya.

  • Biaya transfer BRI ke BCA melalui ATM, internet banking,mobile banking, SMS banking dikenakan tarif sebesar Rp 6.500,-
  • Biaya transfer dari BRI ke BNI melalui ATM Link Himabara Merah Putih, biayanya hanya sebesar Rp 4.000,-
  • Biaya transfer BRI ke Mandiri melalui ATM berlogo Link Himabara, tarifnya sebesar Rp 4.000,-

Supaya kalian dapat lebih mudah dalam memahaminya, simak penjelasan yang terdapat dalam tabel berikut ini.

Biaya Transfer BRI ke BRI

Jenis Transaksi Biaya (Rp)
Biaya transfer BRI ke BRI dari ATM BRI 750
Biaya transfer BRI ke BRI dari ATM Link Gratis
Biaya transfer BRI ke BRI dari ATM Link Himabara 4.000

Biaya Transfer BRI ke BCA Tarifnya Sama Ketika dari BCA ke BRI

Jenis Transaksi Biaya (Rp)
Biaya transfer BRI ke BCA atau sebaliknya via ATM Link 6.500
BRI ke BCA atau sebaliknya via ATM Bersama 6.500
BRI ke BCA atau sebaliknya via Internet Banking 6.500
BRI ke BCA atau sebaliknya via SMS Banking 6.500
BRI ke BCA atau sebaliknya via Mobile Banking 6.500
BRI ke BCA atau sebaliknya via Kliring 5.000
BRI ke BCA atau sebaliknya via RTGS 25.000
Terkait:  Cara Daftar SMS Banking BRI

Biaya Transfer BRI ke BCA Via BRILink

Agen BRILink yang dapat dengan mudah kalian temukan di sekitaran tempat tinggal ini, umumnya disertai dengan konter penjualan pulsa atau aksesoris handphone. Namun sayangnya, masalah jaringan yang dialami oleh BRILink tidak dapat diprediksi oleh pemilik agen. Oleh sebab itu, masih banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan jalur lain.

Jalur lain yang dimaksud disini, yakni via ATM, e-banking, SMS banking dan lainnya selain dari BRILink. Tapi, memang sangat praktis daripada kalian harus mengahabiskan waktu mencari mesin ATM BRI terdekat, BRILink ini dapat menjadi solusi juga bagi masyarakat yang tidak memiliki buku rekening tabungan dan hanya memiliki uang cash saja.

Tapi, kalian perlu mengetahui besar biaya transfer yang dibebankan kepada pengirim melalui BRILink ke rekening tujuan. Contohnya saja pengiriman dari BRI ke BCA. Mereka menggunakan sistem pengiriman online real time. Secara umum uang transfer dalam jumlah besar diatas Rp 500.000,- akan dikenakan biaya transfer yang lebih rendah.

Dalam kasus tertentu, seseorang yang hendak melakukan transfer dari BRI ke BCA melalui BRILink ini, dikenakan tambahan biaya sebesar Rp 20.000,-. Sedangkan bila kita bandingkan dengan biaya admin yang ditanggung oleh pengirim melalui mesin ATM atau lainnya, minimal sebesar Rp 4.000, dan maksimalnya ada di angka Rp 7.500,-.

Terlihat jelas bukan selisih harganya? Oleh karena itu, bagi pihak bank sendiri biaya admin yang dibebankan kepada nasabah hingga saat ini masih terbilang wajar. Walaupun kalian melakukan transaksi lebih dari satu kali melalui mesin ATM, jumlah biayanya tidak akan mencapai angka Rp 20.000,-.

Selain kegiatan transfer uang dari rekening BRI ke bank lainnya yang ada di Indonesia, aktivitas transaksi lainnya yang dapat dilakukan melalui BRILink ternyata cukup banyak. Penasaran? Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini!

  • Tarik tunai
  • Pembayaran belanja melalui aplikasi atau platform belanja online
  • Transfer ke sesama atau antar bank di Indonesia
  • Setoran saldo tabungan
  • Melakukan isi ulang pulsa
  • Mendaftar e-banking, SMS banking, m-banking BRI (bila ada mini BRI)
Terkait:  Biaya Layanan Kartu Kredit Blibli

Tidak semua agen BRILink memiliki mini BRI. Oleh karena itu, pada poin terakhir penting untuk diperhatikan sebelum kalian berharap besar dapat melakukan aktivasi akun tanpa perlu repot-repot datang secara langsung ke cabang bank BRI terdekat. Terlebih, ada keuntungan lainnya yang dapat dirasakan oleh pelanggan melalui mini ATM BRI tersebut. Berikut penjelasannya!

  • Registrasi SMS banking BRI
  • Registrasi IB BRI
  • Transfer
  • Pengcekan saldo, mutasi dan informasi rekening tabungan lainnya
  • Membayar berbagai jenis tagihan, seperti tagihan listrik, PBB, PDAM, dan lain-lain
  • Setoran tunai
  • Top UP saldo e-wallet seperti Gopay, DANA, dan lainnya

Meskipun terlihat sangat mudah untuk menjadi bagian dari agen BRILink ini, ternyata ada beberapa persyaratan yang perlu kalian penuhi terlebih dahulu. Pertama, harus memiliki usaha dalam bidang terkait yang berjalan sudah lebih atau minimalnya 2 tahun. Kedua, memiliki dokumen-dokumen pendukung lengkap, dan melakukan pengajuan ke BRI.

Itulah informasi yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini mengenai biaya transfer ATM BRI ke BCA, biaya transfer BRI ke BCA 2021, dan biaya transfer BRI ke BCA via BRILink. Simak juga artikel biaya transfer antar bank BRI. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa. Bye!

Similar Posts