Biaya Kuliah Jalur SNMPTN

  • Whatsapp

Beberapa orang masih menganggap kalau biaya kuliah jurusan SNMPTN dan SBMPTN sama saja. Tak bisa dipungkiri kalau SNMPTN merupakan jalur masuk kuliah yang tidak menggunakan ujian tertulis seperti SBMPTN.

Padahal, keduanya mempunyai perbedaan signifikan yang harus diperhatikan calon mahasiswa perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia. Hal ini dikarenakan kedua jalur pendaftaran tersebut punya perbedaan sejak awal kamu mendaftar sebagai mahasiswanya.

SNMPTN dan SBMTPN mempunyai perbedaan kontras dari sistem penerimaan mahasiswa baru. Secara umum calon mahasiswa yang mendaftarkan diri via SBMPTN harus mengikuti ujian tertulis dulu, sedangkan keputusan diterima atau tidak tergantung dari nilai ujian yang sudah diikuti.

Untuk SNMPTN justru sebaliknya karena kalian tidak perlu mengikuti ujian tertulis, kamu bisa mengajukan permohonan daftar sebagai mahasiswa melalui riwayat prestasi akademik yang diperoleh selama belajar di SMA/K.

Tak bisa dipungkiri sebagian besar calon mahasiswa tanah air lebih berminat mendaftarkan diri melalui jalur SNMPTN. Pasalnya, kalian tidak perlu pusing memikirkan jawaban dan teori apa saja yang bakal diuji coba selama pengujian sistem SNMPTN.

Tak hanya itu, prestasi akademik maupun non akademik yang kamu dapatkan bukan hanya ditunjukkan dalam bukti nilai atau piagam saja, namun juga rekomendasi dari kepala sekolah atau lembaga pendidikan masing-masing.

Biaya Kuliah Jalur SNMPTN

Biaya Kuliah SNMPTN
Biaya Kuliah SNMPTN

Di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), siapa saja yang mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru jalur SBMPTN atau SNMPTN akan diberikan daftar uang kuliah dalam bentuk Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Terkait:  Biaya Deposit adalah

Belakangan ini sebagian besar kampus negeri di Indonesia mulai menerapkan sistem pembayaran tersebut untuk menunjang proses pembelajaran, sedangkan mahasiswa mana pun bisa mengenyam pendidikan tinggi tanpa khawatir berhenti di tengah jalan karena masalah finansial keluarga.

Secara umum UKT merupakan uang kuliah yang harus dibayarkan setiap semester. Selain itu, uang tersebut mempunyai nilai bervariasi karena menyesuaikan dengan penghasilan orang tua mahasiswa masing-masing.

Di sisi lain pun golongan UKT terbagi ke dalam 8 bagian sedangkan golongan pertama bisa saja gratis atau paling murah. Tak hanya itu, mahasiswa yang masuk ke dalam golongan UKT 8 dipastikan punya orang tua dengan penghasilan sangat tinggi, bahkan lebih dari Rp.20 juta per bulan.

Biaya Kuliah Jalur SNMPTN, Jenis dan Manfaat UKT untuk Mahasiswa

Barangkali kamu tidak tahu kalau keberadaan UKT yang sudah ditetapkan beberapa kampus negeri ternyata memberikan manfaat untuk kalian lho. Bagaimana tidak, kamu tidak perlu menghabiskan uang banyak demi mengenyam pendidikan tinggi karena pihak kampus akan menganalisanya lewat penghasilan orang tuamu.

Di sisi lain pun UKT memiliki beragam jenis yang harus diperhatikan calon mahasiswa keseluruhan. Kami jabarkan semuanya melalui ulasan berikut :

Manfaat UKT untuk Mahasiswa

UKT berguna memberi subsidi silang yang disesuaikan dengan kondisi ekonomi dan sosial orang tua mahasiswa masing-masing. Sistem ini berpacu terhadap pendapatan orang tua mahasiwa, semakin tinggi pendapatannya maka jumlah UKT yang dibayarkan semakin besar.

Sebaliknya semakin rendah pendapat orang tua maka nilai UKT yang dibayar bisa lebih murah. Sistem ini diharapkan mampu memberi dampak signifikan terhadap semua mahasiswa dan membantu mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Jenis-jenis UKT

UKT mempunyai dua jenis yang harus diketahui semua mahasiswa. UKT Berkeadilan adalah UKT yang ditentukan setelah mengisi formulir yang terdapat beberapa kategori besarannya. Biasanya nominal terendah sebesar Rp.500 ribu dan jumlah terbesar mencapai angka puluhan juta rupiah.

Terkait:  Biaya Administrasi ATM Mandiri

Kedua, UKT Penuh adalah nominal uang kuliah yang ditujukan kepada mahasiswa yang tidak mengisi formulir, sehingga mereka dapat diberikan kategori UKT dengan nilai tertinggi.

Bagaimana Ketentuan Besaran UKT?

Berdasarkan Surat Edaran Dirjen Dikti No.272/E1.1/KU/2013 mengenai kisaran biaya UKT penjelasan tentang Kelompok 1, 2, 3, 4 dan 5 sebagai berikut :

  • Tarif UKT kelompok paling rendah (Kelompok 1) yang kisaran anggarannya masih bisa dijangkau kalangan masyarakat menengah ke bawah, yakni sebesar Rp.0 s/d Rp.500,000.
  • UKT Kelompok 1 diberikan kepada mahasiswa dengan persentase sebanyak 5% dari jumlah mahasiswa keseluruhan.
  • Kelompok 3 s/d 5 masing-masing membayar UKT sesuai kemampuan ekonominya masing-masing, sedangkan Kelompok 5 adalah golongan UKT tertinggi sesuai program studi (prodi) masing-masing.
  • Paling sedikit sebanyak 5% dari jumlah mahasiswa yang diterima membayar UKT Kelompok 2 dengan kisaran Rp.500 ribu sampai Rp.1 juta.

Bagaimana Pengelompokkan Biaya UKT?

Golongan Biaya
UKT 0 Peserta Bidikmisi
UKT 1 < Rp.500 ribu
UKT 2 < Rp.2 juta
UKT 3 < Rp.3,5 juta
UKT 4 < Rp.5 juta
UKT 5 < Rp.10 juta
UKT 6 < Rp.20 juta
UKT 7 < Rp.30 juta
UKT 8 > Rp.30 juta

Daftar Biaya Kuliah Jalur SNMPTN UGM

Golongan Biaya
Rendah Rp.500 ribu (semua program studi)
Sedang Rp.7 juta (Prodi Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian)
Tinggi Rp.22,5 juta (Prodi Pendidikan Dokter)

Daftar Biaya Kuliah Jalur SNMPTN ITB

Golongan Biaya
Rendah Rp.0 (semua fakultas)
Sedang Rp.7,5 juta s/d Rp.10 juta (semua fakultas, kecuali SBM)
Tinggi Rp.20 juta s/d Rp.40 juta (Program Reguler, Non-Reguler, Internasional, SBM dan Non-SBM)

Daftar Biaya Kuliah Jalur SNMPTN IPB

Golongan Biaya
Rendah Rp.2,4 juta (semua program studi)
Sedang Rp.12 juta (Prodi Studi Bisnis)
Tinggi Rp.30 juta (Prodi Kedokteran Hewan)
Terkait:  Biaya Admin Mandiri Ke BRI

Daftar Biaya Kuliah Jalur SNMPTN Institut Teknologi Sepuluh November

Golongan Biaya
Rendah Rp.500 ribu s/d Rp.1 juta (semua program studi)
Sedang Rp.4 juta s/d Rp.5 juta (semua program studi)
Tinggi Rp.7,5 juta (semua program studi)

Daftar Biaya Kuliah Jalur SNMPTN UI

Golongan Biaya
Rendah Rp.0 s/d Rp.1 juta (semua Fakultas Rumpun Sains, Teknologi, Kesehatan-IPA dan Sosial Humaniora-IPS dengan mekanisme BOP Berkeadilan)
Sedang Rp.6 juta s/d Rp.7,5 juta (semua Fakultas Rumpun Sains, Teknologi, Kesehatan-IPA dan Sosial Humaniora-IPS dengan mekanisme BOP Berkeadilan)
Tinggi Rp.12,5 juta s/d Rp.15 juta (semua Fakultas Rumpun Sains, Teknologi, Kesehatan-IPA dan Sosial Humaniora-IPS dengan mekanisme BOP Pilihan)

Berapa Biaya Pendaftaran SNMPTN?

Beberapa orang tua mahasiswa pasti akan bertanya ‘berapa biaya pendaftaran SNMPTN?’. Sejak awal dibuka penyelenggaraan SNMPTN, semua calon pesertanya tidak dipungut biaya registrasi alias gratis. Hal ini dikarenakan biaya pendaftaran SNMPTN ditanggung pemerintah yang sudah ditetapkan pada subsidi uang anggaran.

Calon peserta SNMPTN tidak perlu mengeluarkan uang apapun selama proses registrasi. Tujuannya meringankan beban calon peserta SNMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Oleh karena itu, mahasiswa berhak ikut serta ke dalam tahap seleksi bila memiliki riwayat pembelajaran baik dengan prestasi yang patut diperhitungkan.

Apabila kamu ingin tahu mengenai biaya kuliah jalur SNMPTN, kalian harus datang langsung ke salah satu PTN yang dipilih. Guna memaksimalkan diri selama mengikuti tahap registrasi dan seleksi, pastikan kamu bertanya secara detail soal apa saja yang harus disiapkan sebagai calon mahasiswa.

Di sisi lain pun kamu bisa mencari informasi soal program studi yang bakal dipelajari sehingga kamu dapat menjadi mahasiswa terbaik karena punya bekal materi lebih banyak dari pelajar lainnya.

Related posts