Cara Mengatasi Telegram Pending

Cara Mengatasi Telegram Pending

Pengguna Telegram mungkin pernah mengalami masalah seperti jaringan error, sehingga kamu tidak dapat mengirim pesan sampai melakukan panggilan dalam waktu tertentu. Maka dari itu, kamu hanya bisa menanganinya dengan cara mengatasi Telegram pending secara cepat.

Tak menutup kemungkinan banyak orang, bahkan kamu sendiri masih belum tahu solusi masalah tersebut. Pengguna Telegram pun juga perlu tahu penyebab masalah itu bisa terjadi, karena kamu harus kenali sumber utama perkaranya.

Cara mengatasi Telegram penting kerap kali dianggap sulit oleh banyak orang. Padahal, kamu tidak perlu repot menangani masalah ini, di mana prosesnya sangat cepat dan mudah. Pengguna Telegram Android dan iPhone akan tahu jawabannya dengan mengikuti informasi lengkapnya lewat artikel ini.

Cara Mengatasi Telegram Pending
Cara Mengatasi Telegram Pending

Penyebab Telegram Pending

Akun Telegram kamu yang tiba-tiba penting ternyata tidak serta merta terjadi begitu saja lho. Sebab, masalah ini diakibatkan oleh beberapa hal yang wajib kamu tahu di bawah ini:

  • Jaringan Internet Bermasalah
    Penyebab pertama akun Telegram pending sudah pasti dikarenakan jaringan atau koneksi internet bermasalah. Maka dari itu, kamu harus memeriksa sambungan nirkabel sesuai dengan provider yang digunakan. Jangan sampai paket internet habis saat sedang komunikasi.
  • Recent Apps yang Banyak
    Pernahkah kamu membuka beberapa aplikasi di HP? Jika pernah, sebaiknya tutup aplikasi yang berjalan pada latar belakang (recent apps) sesudah digunakan. Tujuannya agar kamu dapat mencegah masalah seperti lag, pending sampai lemot ketika asyik main media sosial.
  • File Sampah Menumpuk
    Cache alias file sampah menumpuk menjadi alasan selanjutnya mengapa akun Telegram kamu selalu pending lho. Kamu bisa mengatasinya dengan membersihkan file tersebut lewat aplikasi pembersih bawaan, tunggu proses scan berhasil dan hapus semua cache secara otomatis.
  • Aplikasi Belum Diperbarui
    Kamu mungkin terlalu asyik berselancar di media sosial, salah satunya Telegram sampai tidak menyadari kalau banyak pesan tidak terkirim. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh aplikasinya belum diperbarui, sehingga kamu dapat update via Play Store atau App Store terlebih dulu.
  • Server Telegram Dalam Perbaikan
    Tak menutup kemungkinan akun Telegram kamu pending disebabkan oleh server aplikasi sedang dalam perbaikan (under maintenance). Kamu tidak dapat mengatasinya dengan hal apapun, di mana penggunanya harus menunggu sampai kinerja servernya normal kembali.
  • Bug di Aplikasi Telegram
    Alasan terakhir akun Telegram sering pending disebabkan oleh ada bug pada aplikasinya. Tak dapat dimungkiri kondisi ini mengakibatkan kinerjanya semakin menurun lho. Jika kamu menggunakan OS Android Lollipop, kemungkinan besar aplikasi atau HP rentan bermasalah.
Terkait:  Cara Keluar dari Sadap WhatsApp Web Update Desember 2023

Cara Mengatasi Telegram Pending

Telegram tidak berbeda dengan aplikasi media sosial mana pun, di mana setiap penggunanya kerap mengalami berbagai macam masalah seperti error sampai pending. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara mengatasi Telegram pending melalui artikel kami ini.

Kami sudah menyiapkan beberapa tutorial lengkap dan simpel, supaya kamu bisa menyelesaikan masalah pada akun Telegram sendiri. Selain itu, semuanya bahkan tidak perlu menggunakan aplikasi bantuan ketiga, sedangkan penyelesaian masalahnya kurang dari 10 menit.

Langkah 1: Buka Aplikasi Pengaturan

Cara mengatasi Telegram pending yang pertama adalah membuka aplikasi Pengaturan atau Setting. Kamu dapat menemukannya dengan lambang roda gerigi pada halaman utama, jika sudah ketemu tentu saja iconnya langsung diketuk sekali saja.

Langkah 2: Pilih Menu Pengaturan Aplikasi

Pada halaman utamanya, cara mengatasi Telegram pending berikutnya adalah mencari menu Pengaturan Aplikasi atau Apps Setting. Jika opsinya tidak ketemu, tekan tombol Manajemen Aplikasi atau Apps Management di bagian bawah.

Langkah 3: Klik Kelola Aplikasi

Jika kamu sudah masuk ke bagian Manajemen Aplikasi, maka bisa mengetuk opsi Kelola Aplikasi atau Manage Apps. Opsi ini bertujuan agar kamu dapat melihat semua daftar aplikasi bawaan dan unduhan yang sudah terpasang pada ponselmu.

Langkah 4: Cari Aplikasi Telegram

Cara mengatasi Telegram pending selanjutnya adalah mencari aplikasi Telegram pada halaman tersebut. Laman tersebut akan menampilkan semua aplikasi yang terpasang pada HP kamu, kemudian ketuk opsi Telegram di bagian bawah.

Langkah 5: Pilih Menu Hapus Cache

Pada halaman selanjutnya, kamu akan melihat detail informasi tentang aplikasi Telegram mulai dari jumlah memori, perizinan aplikasi sampai RAM yang digunakan. Kamu bisa bersihkan file sampah aplikasinya dengan menekan tombol Hapus Cache atau Clear Cache.

Terkait:  Penyebab Persneling Mobil Keras

Langkah 6: Klik Hapus Data

Jika semua file sampah aplikasi Telegram sudah dihapus, langkah selanjutnya adalah menekan tombol Hapus Data atau Clear Data (bila perlu). Akan tetapi, kalau data aplikasinya terhapus, kamu harus login lagi dan semua data mulai dari foto sampai obrolan akan terhapus.

Langkah 7: Tekan Tombol OK

Cara mengatasi Telegram pending yang terakhir adalah menekan tombol OK untuk konfirmasi. Kamu dapat mengetuk opsi tersebut pada halaman selanjutnya. Jika tombolnya sudah ditekan, akun Telegram kamu tidak akan pending lagi.

Cara Mengatasi Telegram Pending Lewat Hapus Recent Apps

Seperti kami sampaikan sebelumnya kalau recent apps yang berlebih merupakan salah satu penyebab akun Telegram kamu sering pending. Oleh karena itu, kamu dapat menanganinya dengan cara mengatasi Telegram pending lewat hapus recent apps di bawah ini:

  • Pertama, tekan tombol Recent Apps dengan mengetuk logo tiga garis horizontal di samping kiri bawah layar ponselmu.
  • Layar akan menampilkan semua aplikasi yang sedang berjalan pada latar belakang.
  • Klik X di bagian tengah bawah untuk menutup semua aplikasi tersebut.
  • Terakhir, semua aplikasi yang berjalan di latar belakang akan ditutup dan akun Telegram kamu tidak akan pending lagi.

Cara Mengatasi Telegram Pending Lewat Update Aplikasi

Kamu pun harus memperbarui aplikasi Telegram secara berkala, agar semua pesan dapat terkirim secara realtime dan mencegah pending kembali. Cara mengatasi Telegram pending dengan update aplikasi adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone) melalui HP kamu.
  • Ketik Telegram ke kolom pencarian di bagian atas.
  • Klik Cari atau Search.
  • Layar akan menampilkan aplikasi Telegram di bagian paling atas.
  • Klik Perbarui atau Update.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai proses update selesai dan buka aplikasinya kembali.
Terkait:  Cara Menghapus Kontak di Telegram (Android, iPhone, Web)

Cara Mengatasi Telegram Pending Lewat Hapus Channel dan Grup

Jika kamu bergabung dengan channel dan grup yang banyak di Telegram, sebaiknya hapus beberapa dari mereka yang tidak penting. Kamu dapat keluar dari channel dan grup Telegram tidak penting lewat panduan di bawah ini:

  • Pertama, buka aplikasi Telegram dari HP kamu.
  • Cari salah satu channel atau grup yang ingin dihapus.
  • Jika sudah ketemu, ketuk obrolannya sekali saja.
  • Kemudian, tekan tombol titik tiga vertikal untuk membuka navigasi Menu di bagian kanan atas.
  • Pilih menu Keluar Grup/Exit Grup atau Keluar Saluran/Exit Channel.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat hingga akun kamu keluar dari channel atau grup Telegram tersebut.

Demikian tutorial mengenai cara mengatasi Telegram pending dengan hapus cache, update aplikasi sampai keluar channel dan grup yang wajib kamu tahu. Semoga membantu!

Similar Posts