Biaya Ganti Meteran Listrik

Listrik sudah menjadi salah satu kebutuhan penting yang dibutuhkan setiap rumah, sedangkan kalian harus tahu berapa biaya ganti meteran listrik ke token. Pasalnya, banyak orang mengklaim kalau penggunaan listrik tidak selalu murah dengan menggunakan meteran secara manual dan sebaliknya.

Hal ini dikarenakan semuanya tergantung penggunaan segala peralatan elektronik yang terdapat pada setiap hunian berdasarkan jumlah anggota keluarga masing-masing.

Pemasangan meteran listrik prabayar maupun token pada sebuah rumah memang dianjurkan PT.Perusahaan Listrik Negara (PLN). Hal ini dikarenakan listrik prabayar masih dianggap lebih efektif, efisien dan praktis kalau dibandingkan listrik pascabayar.

Meski begitu, meteran listrik dengan sistem prabayar punya sistem pembayaran yang nyaris sama dengan pengisian pulsa pada nomor telepon. Kamu hanya perlu memasukan ID pelanggan ke dalam alat token listrik yang terdapat di rumahmu sendiri.

Kalian harus tahu kalau pihak PLN belakangan ini punya program penggantian meteran listrik dari sistem pascabayar ke prabayar maupun token kepada semua pelanggannya. Akan tetapi, semua pelanggan dianjurkan memenuhi persyaratan maupun ketentuan ketika membayar biaya penggantian meteran listrik ke token.

Oleh karena itu, kalian tidak bisa mengganti meteran listrik sembarangan sebelum benar-benar tahu budget yang harus dikeluarkan nanti.

Biaya Ganti Meteran Listrik

Biaya Ganti Meteran Listrik
Biaya Ganti Meteran Listrik

Kalian tidak bisa sembarangan mengganti meteran listrik ke token sebelum tahu jumlah dana yang harus dikeluarkan. Maka dari itu, informasi mengenai biaya ganti meteran listrik memang perlu diperhatikan supaya kamu bisa mengatur perencanaan keuangan soal budget yang wajib dibayarkan saat penggantiannya nanti.

Kamu bisa mendatangi kantor PLN terdekat untuk mengetahui ketentuan dan persyaratan apa saja sebagai calon pengguna listrik prabayar maupun pascabayar.

Sementara itu, listrik prabayar atau token ternyata punya kelebihan dan kelemahan tersendiri layaknya listrik pascabayar menggunakan meteran. Tak bisa dipungkiri kalau perbedaannya bakal terlihat secara signifikan agar kalian dapat memaksimalkan penggunaan budget tanpa merugikan diri sendiri jangka panjang.

Sebab, banyak orang mengaku boros saat memakai listrik prabayar karena mereka tidak bisa mengatur pemakaiannya bahkan bisa habis ratusan ribu rupiah per bulan.

Biaya Ganti Meteran Listrik, Cek Kelebihan dan Kelemahannya

Barangkali kalian tidak tahu kalau biaya ganti meteran listrik sebenarnya berbeda untuk setiap individu lho. Orang-orang bisa habiskan budget mulai dari ribuan sampai jutaan rupiah sesuai ketentuan dan persyaratan yang mereka penuhi masing-masing.

Kalian bakal tahu semua informasinya lengkapnya pada pembahasan yang sudah kami rangkum. Daripada penasaran, silakan ikuti dan simak ulasannya yang bisa jadi bayangan sementara untuk kalian sebagai berikut :

Kelebihan dan Kelemahan Listrik Token

  • Kelebihan
    • Penggunaan listrik bisa disesuaikan dengan anggaran bulanan.
    • Tidak ada petugas PLN yang memutus sambungan listrik lantaran terlambat membayar tagihan bulanan.
    • Penggunaan listrik bakal lebih terkontrol.
    • Terbebas dari ancaman penipuan yang mengatasnamakan PLN saat pemeriksaan meteran.
    • Pelanggan tidak bakal dikenakan denda keterlambatan.
    • Kerahasiaan token tetap terjamin lantaran hanya bisa dipakai pada meteran sesuai nama pelanggan masing-masing.
  • Kelemahan
    • Meteran listrik lebih sensitif dan rentan rusak.
    • Voucher listrik prabayar tidak bisa diisi saat tengah malam atau digunakan pada pkl.23:00 s/d 02:00.

Persyaratan Ganti Meteran Listrik ke Token

  • Fotokopi KTP pemilik rumah @ 2 lembar.
  • Materai @ 2 buah.
  • Fotokopi KTP pemohon @ 2 lembar.
  • Surat kuasa dari pemilik rumah ke pemohon dilengkapi materai (untuk rumah kontrakan atau sewa).
  • SLO (Surat Laik Operasi).

Cara Ganti Meteran Listrik ke Token

  • Hubungi Call Centre PLN sambil melakukan registrasi.
  • Apabila proses pendaftaran dan pengajuan selesai, silakan datangi kantor PLN terdekat dan berikan semua dokumen persyaratan yang sudah disiapkan.
  • Tunggu beberapa saat sampai petugas PLN memberikan rincian anggaran ganti meteran listrik ke token.
  • Kamu bisa membayar biaya ganti meteran listrik ke prabayar sesuai ketentuan PLN dalam jangka waktu minimal 30 hari.
  • Apabila pembayaran selesai, petugas PLN akan melakukan survei lokasi yang memakan waktu selama 7-15 hari kerja.
  • Tunggu sampai petugas PLN sudah melakukan survey agar token listrik dapat terpasang dari penggunaan meteran.
  • Selesai.

Berapa Biaya Ganti Meteran Listrik ke Token?

Hampir semua orang mungkin tidak tahu berapa biaya ganti meteran listrik ke token, bukan? Oleh karena itu, kami menegaskan bahwa prosedur penggantian meteran listrik alias pascabayar ke prabayar tidak bakal dikenakan dana apapun alias gratis.

Situasi ini ternyata berbanding terbalik saat pelanggan mengajukan pemindahan tiang listrik yang bakal dikenakan anggaran besar. Biasanya pihak pemohon harus keluarkan uang sampai jutaan rupiah untuk memindahkan tiang listrik dari lokasi saat ini.

Kendati demikian, sebagian besar pelanggan PLN yang bakal mengganti meteran listrik ke token ternyata harus membeli voucher alias stroom listrik prabayar perdana. Pembeliannya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kalian masing-masing.

Kamu cukup habiskan uang mulai dari Rp.5,000 sampai Rp.1,000,000 untuk sekali pembelian pulsa listrik prabayar, sedangkan pembeliannya tidak boleh lebih dari satu juta rupiah untuk sekali transaksi lho.

Sementara itu, seandainya pelanggan melakukan penggantian meteran listrik sekaligus menambah jumlah dayanya, maka kamu bisa dikenakan anggaran tambahan tergantung akumulasinya. Jadi biaya ganti meteran listrik ke token hanya berisi soal anggaran pembelian stroom alias pulsa sekaligus anggaran penambahan daya saja.

Hal ini dikarenakan setiap hunian punya jumlah peralatan elektronik berbeda yang satu sama lain disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Tak sedikit orang bakal mengalami penurunan bahkan peningkatan pembayaran token listrik akibat kamu sulit mengatur penggunaan beberapa benda elektronik yang sering dipakai sehari-hari.

Cara Membayar Biaya Ganti Meteran Listrik ke Token

Kamu harus tahu bagaimana membayar anggaran ganti meteran listrik ke token setelah pemasangannya selesai. Pembayaran tagihan penggantian ternyata bisa kamu lakukan melalui loket pembayaran kantor PLN terdekat di wilayah kalian masing-masing.

Selain itu, kalian juga dapat melunasi anggarannya melalui pihak ketiga yang telah bekerjasama dengan PLN seperti minimarket (alfamart dan indomaret), Pos Indonesia, bank dan lainnya. Jika pembayaran selesai, silakan simpan struk sebagai bukti transaksi yang sah.

Tips Jitu Mengganti Meteran Listrik ke Token

  • Lakukan pengajuan pengganti meteran listrik via call center PLN atau situs resminya.
  • Siapkan semua dokumen persyaratan secara lengkap.
  • Lunasi biaya ganti meteran listrik sesuai jumlah tagihan yang harus dibayarkan.
  • Pastikan kondisi lapangan tidak punya kendala yang menyulitkan pihak PLN dalam memproses pemasangan meteran listrik prabayar.

Demikian informasi mengenai biaya ganti meteran listrik yang bisa jadi sumber referensi terbaik untuk kalian sebagai calon pengguna token. Kamu bisa mengajukan permohonan penggantian meteran listrik ke token dengan menghubungi call center PLN via 123, pln123@pln.co.id (email), @cc123pln (Facebook), @PLN_123 (Twitter).

Untuk informasi lanjut, kamu bisa mengakses situs resmi PLN via https://www.web.pln.co.id/ dan jangan lupa akses website resmi Pindah Lubang via https://www.pindahlubang.com/ untuk tahu ulasan informasi nan menarik lainnya.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...