Biaya Dak Rumah Ukuran 6 x 8

Mengintip kembali ke masa lalu, dimana sebagian besar orang memiliki rumah dengan ukuran ruangan yang luas. Apalagi, antara satu rumah dengan rumah lainnya tidak saling berhimpitan layaknya rumah yang berada di area perumahan seperti saat ini. Jangan lupa untuk mampir juga baca pembahasan biaya dak rumah ya…

Bila diperhatikan dengan seksama, banyak sekali perubahan yang terus terjadi dari satu zaman ke zaman lainnya. Mulai dari model bangunan, teknik pembangunan sebuah rumah, hingga salah satunya adalah muncul berbagai jenis cara untuk ngedak rumah.

Biaya dak rumah ukuran 6 x 8 juga ikut berubah-ubah tergantung dari harga bahan di pasaran. Semakin berkualitas bahan yang digunakan selama proses pengerjaan dak, maka semakin besar biayanya. Tapi, tidak semua bahan berkualitas berarti harus mahal loh. Ada juga yang murah.

Apa itu rumah ukuran 6 x 8?

Rumah dengan ukuran 6 x 8, dikenal sebagai model rumah minimalis karena cukup luas untuk ditinggali bersama dengan keluarga kecil Anda. Angka 6 untuk mewakili lebar bangunan rumah, kemudian angka 8 sebagai panjang dari bangunan.

Namun, ada yang unik dalam ukuran ini. Jika dibayangkan sesuai dengan perhitungan ala anak sekolahan, otomatis angka 8 memiliki ukuran panjang yang lebih dibandingkan dengan angka 6. Sehingga bangunan membentuk model persegi panjang.

Bagian sisi kanan dan kiri yang dianggap sebagai panjang bangunan inilah yang dimaksud sebagai ukuran 8. Lalu, di bagian atas dan bawah bangunan dimana perannya sebagai lebar dari rumah tersebut, memiliki angka 6. Angka 8, didapatkan dari ukuran 4,5 dan 3,5.

Ukuran 4,5 disini, umumnya digunakan sebagai tolak ukur untuk membuat sebuah kamar tidur. Sedangkan angka 3,5 diaplikasikan dalam pembuatan ruangan dapur. Akan tetapi, ada juga kamar tidur yang memakai ukuran 3 x 3,5 untuk kamar sang anak.

Maksimal kamar yang dapat dibangun dalam rumah berukuran 6 x 8, yaitu sebanyak 3 kamar. Lain hal, jika pemilik rumah ingin membangun dak lantai untuk membuat lantai baru, tepat diatas lantai satu atau lantai utama. Anda dapat membuat ruangan di rumah semakin banyak lagi. Berikut biaya dak rumah ukuran 6 x 8.

Biaya Dak Rumah Ukuran 6 x 8

Biaya dak rumah ukuran 6 x 8
Biaya dak rumah ukuran 6 x 8

Biaya dak rumah ukuran 6 x 8
Anda yang baru saja ingin melakukan ngedak rumah untuk lantai 2, sebaiknya menggunakan teknik pengerjaan dak beton. Meskipuan biayanya cukup terbilang mahal, bila dibandingkan dengan hebel, namun daya tahannya lebih kuat dan tingkat keamanannya jauh lebih baik.

Berikut pembahasan mengenai metode pemasangan dak beton menggunakan floordeck atau bondek. Tahapan demi tahapan yang harus dilakukan selama mengerjakan dak beton, dapat Anda simak penjelasannya dibawah ini!
1. Membuat pondasi foot plat

Footplat jika diartikan berdasarkan istilah yang terdapat dalam ilmu konstruksi bangunan, maka memiliki arti, yakni cakar ayam. Disebut sebagai cakar ayam karena memiliki fungsi yang serupa dengan cakar pada hewan ayam sebaga penopang atau menahan keseimbangan.

Cakar ayam, terdiri dari 3 bagian. Mulai dari bagian paling bawahnya, yaitu tulangan besi pondasi. Dilanjut ke bagian tengah dikenal dengan begel. Kemudian, paling atasnya merupakan tulangan kolom. Adapun biaya per unitnya sendiri untuk pondasi footplat berukuran 60 x 60 adalah Rp 250.000,-.

Berdasarkan dari ukuran rumah, maka kurang lebih banyak footplat yang harus dipasang ada sebanyak 6 unit. Sehingga, jumlah keseluruhannya sebesar Rp 1. 300.000,-. Simulasi harga ini, belum termasuk dengan biaya upah pekerja selama mengerjakan pemasangan dak beton.

2. Memasang kolom di bagian-bagian tertentu

Pemasangan kolom dapat dilakukan di setiap sudut dan di bagian tengah ruangan. Aplikasi pengerjaannya, Anda bisa menerapkan metode suntik, tanpa menggunakan sloof. Sloof  umumnya dipasang secara horizontal tepat di bagian atas dari pondasi bangunan.

Fungsi dari sloof ini, yaitu berperan dalam membagi masa beban dari sebuah bangunan ke seluruh pondasi supaya bebannya menjadi rata. Tidak terpaku di satu titik saja. Dalam arti lain, sloof berfungsi untuk menjaga keseimbangan dari bangunan supaya tidak mudah ambruk.

Selain itu, sloof  sangat berguna untuk bangunan yang memang sengaja di desain supaya tahan terhadap guncangan yang seringkali disebabkan oleh gempa bumi. Daerah-daerah yang sering mengalami bencana satu ini, tinggal menambahkan angker di sepanjang sudut pada pondasi rumah. Umumnya, sloof memiliki ukuran tulang kurang lebih 20 cm.

Perkiraan harga yang dikeluarkan dalam pemasangan kolom, dapat mencapai angka Rp 2.190.510,-. Bila jumlah satuan dari kolom sebesar Rp 1. 159.000,-. Sedangkan pemasangan kolom membutuhkan kurang lebih 1,89 meter kubik. Jumlah kolom yang dibutuhkan dapat lebih kecil ataupun lebih besar tergantung dari kebutuhan.

3. Memasang balok induk dan balok anak

Balok untuk ngedak rumah, terdiri dari dua bagian yaitu balok induk dan balok anak. Balok dirangkai sedemikian rupa sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan untuk mengedak rumah berukuran 6 x 8. Balok induk yang dipasang, dapat menggunakan ukuran 20 x 35 cm atau kurang.

Kemudian, balok anaknya, dapat menggunakan ukuran 15 x 20 atau kurang dari ukuran tersebut. Pasalnya, ukuran balok yang disebutkan, sebenarnya digunakan untuk rumah berukuran 6 x 10 cm. Karena ukurannya tidak jauh berbeda dengan 6 x 8 cm, maka dapat dikurangi sesuai kebutuhan pengerjaan dak lantai.

Harga yang diperkirakan untuk memasang balok dalam pengerjaan dak beton ini, dapat menghabiskan biaya mencapai Rp 4.311.480,-. Angka ini, sudah termasuk pengeluaran untuk balok induk dan balok anak. Rincian dari jumlah tersebut, anggaplah harga satuan dari balok induknya adalah Rp 1.159.000,- .

Sedangkan kebutuhan jumlahnya sebanyak 3,36 meter kubik. Oleh karena itu jumlah dari harga balok induknya saja sudah sebesar Rp 3.894.240,-. Dilanjutkan dengan harga satuan dari balok anak seharga rp 1.159.000,-.

Banyaknya meter kubik yang diperlukan selama pengerjaan dak adalah 0,36 untuk balok anak. Sehingga, jumlah harganya menjadi Rp 417.420,-. Jumlah biaya antara balok induk dan balok anak, kemudian ditambahkan dan dihasilkan angka 4 juta sesuai dengan angka yang telah disebutkan diatas.

Keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk pemasangan kolom dan balok sendiri, mencapai nominal Rp 6.510.990,-. Harga perkiraan ini, belum termasuk dengan jumlah dari pemasangan pondasi serta upah pekerja selama melakukan pemasang sampai dengan tahap finishing.

4. Memasang floordeck atau bondek

Lembar yang dibutuhkan untuk ukuran rumah 6 x 8, kurang lebih sebanyak 12 lembar. Hal tersebut dikarenakan, bondek yang dijual di pasaran memiliki ukuran 1 x 5 meter, maka jumlah tersebut sudah termasuk cukup atau kemungkinan akan ada bahan yang berlebih dalam jumlah sedikit.

Harga satuan dari bondeknya, anggaplah sebesar Rp 715.000,- untuk per lembarnya. Bila dikalikan dengan jumlah lembar yang dibutuhkan, maka kurang lebih mencapai nominal Rp 8.580.000,-. Dalam pemasangan bondek ini, sudah termasuk tahapan ngedak lantai.

5. Memasukkan wiremesh

Berikutnya, adalah langkah memasukan wiremesh tepat diatas floordeck. Bahan wiremesh  yang dijual di pasaran, umumnya memiliki ukuran 5 x 2.  Oleh sebab itu, sebaiknya pasang wiremesh yang ukuran diameternya sebesar 8 cm.

Jumlah kebutuhan dari wiremesh kurang lebih sebanyak 6 lembar dengan anggapan harga satuannya yaitu Rp 630.000,-.  Bila dijumlahkan, maka akan mendapatkan angka sebesar Rp 3.780.000,-.  Harga belum termasuk dengan bahan lainnya yang diperlukan dalam proses ngedak lantai.

6. Memasang bekisting dan pengecoran

Pemasangan bekisting ini, dilakukan tepat di samping wiremesh. Langkah terakhir, yaitu pengecoran lantai. Adapun bahan-bahan yang digunakan dalam proses pengerjaan dalam tahapan ini, diantaranya ada bambu atau perancah, kemudian papan cor, dan beton.

Bambu sebanyak 20 batang, bila harga satuannya adalah Rp 15.000,-. Maka jumlahnya mencapai Rp 300.000,-. Berikutnya, papan cor 20 cm sebanyak 16 lembar, dengan harga per lembarnya yaitu Rp 27.000,-. Bila ditotalkan menjadi Rp 432.000,-.

Bahan utama dan terakhir adalah beton. Beton yang dibutuhkan kurang lebih sebanyak 9 meter kubik. Harga satuannya anggap sebesar Rp 992.150,-. Sehingga, total biaya beton disertai dengan upah pekerjanya, yakni Rp 8.929.350,-.

Jadi, total keseluruhan pengeluaran biaya dak rumah ukuran 6 x 8 adalah Rp 30.666.253,-. Sekian informasi terkait apa itu ukuran rumah 6 x 8 dan biaya dak rumah ukuran 6 x 8. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.