Biaya Asuransi J&T

  • Whatsapp

Seiring berkembangnya asuransi pengiriman atau ekspedisi, tentu Biaya Asuransi J&T menjadi salah satu topik yang tidak lepas dari pembahasan.

Pasalnya, J&T menjadi salah satu lembaga atau perusahaan pengiriman barang yang paling banyak diminati. Terlepas dari layanannya yang memuaskan, terdapat beberapa poin yang juga menjadi bahan pertimbangan masyarakat,

Read More

Nah, meski pada saat ini semua hal sudah dipermudah, khususnya dengan adanya jasa pengiriman paket barang. Terdapat janji atau jaminan bahwa paket yang dikirim tersebut pasti sampai dengan aman.

Akan tetapi, untuk memberikan perlindungan dan antisipasi dari hal yang tidak diinginkan, maka akan lebih baik jika kita menggunakan asuransi pengiriman.

Dengan diterapkannya premi pada jasa pengiriman J&T Express, maka setidaknya kita bisa lebih tenang. Sebab sudah ada jaminan yang lebih tinggi.

Sedangkan untuk jaminan yang dimaksud ialah berupa ganti rugi sesuai dengan nilai barang yang dikirim. Intinya, hal ini sudah tertuang pada syarat dan ketentuan yang berlaku pada pihak perusahaan.

Biaya Asuransi J&T

Biaya Asuransi J&T

Hampir sama dan tidak mempunyai perbedaan dengan asuransi yang diterapkan pada JNE, setiap pengirim atau penerima diharuskan untuk menggunakan asuransi sesuai dengan jenis paket barang atau dokumen.

Meski sudah ditetapkan ketentuan, akan tetapi kamu juga harus paham dengan perhitungan besaran biaya asuransi yang dibebankan.

Perhitungan ini dilakukan dengan tujuan agar kamu paham dengan besaran biaya yang harus dibayar. Sehingga tidak merasa kaget atau terbebani dengan biaya yang ditetapkan.

Untuk bisa melakukan perhitungan atas besaran biaya asuransi, sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Sebab semuanya sudah disesuaikan dengan ketetapan dari pihak J&T Express.

Terkait:  Biaya Transfer Dana ke Rekening Bank

untuk beban biaya per paket ialah sebesar 0,02% dari harga invoice. Jumlah tersebut sama seperti expedisi JNE. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan detail yang lebih rinci, akan lebih baik jika menyimak ulasan berikut hingga tuntas.

Pengertian, Syarat dan Cara Hitung Asuransi J&T

Jika kamu bertindak sebagai pembeli atau buyer, maka perhitungan ini sangatlah wajib untuk diketahui. Kenapa demikian? Sebab hal ini bertujuan supaya kamu tidak terkena penipuan atau hal lain yang bisa menimbulkan kerugian.

Asuransi sendiri merupakan bentuk perlindungan. Baik itu untuk asuransi pengiriman barang, atau asuransi lain yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari.

Nah supaya lebih jelas, beberapa rincian dibawah ini akan menjawab semua pertanyaan yang ingin kamu ketahui. Apa saja?

Apa Yang Dimaksud Dengan Asuransi J&T?

Jika kita lihat dari begitu banyaknya perusahaan jasa pengiriman yang ada di Indonesia, kesemuanya mempunyai syarat dan ketentuan dalam proses pengiriman. Tidak terkecuali juga pada asuransi expediri J&T.

Nah, berbicara tentang asuransi, maka mungkin saja diantara kita masih banyak yang belum paham. Bahkan dari segi manfaat ataupun fungsi asuransi tersebut.

Disini, kami akan mencoba untuk memaparkan dengan jelas apa yang dimaksud dengan asuransi J&T.

Secara ringkas, asuransi J&T merupakan sebuah layanan jaminan keamanan terhadap pengirimaan produk atau barang. Khususnya pada saat pengiriman tersebut sedang berlangsung.

Sedangkan dari sisi biaya, asuransi tersebut akan dibedakan dengan jenis produk atau barang. Sehingga pada masing-masing barang yang dikirim, akan mempunyai jumlah biaya yang berbeda.

Syarat & Ketentuan Asuransi

Tidak ubahnya seperti jenis perusahaan jasa ekspedisi yang lain, maka J&T Express juga memberikan layanan asuransi pada setiap pengguna.

Khususnya pada saat mereka melakukan pengiriman paket barang. Adapun pada layanan ini, ditetapkan beberapa syarat dan ketentuan seperti yang tertera sebagai berikut :

  • Jenis barang atau dokumen dengan nilai harga lebih dari 10 kali lipat biaya ongkos kirim (ongkir), maka wajib dilengkapi dengan asuransi.
  • Pihak J&T bertanggung jawab secara penuh untuk mengganti kerugian apabila paket mengalami kerusakan, keterlambatan, atau bahkan kehilangan atas kelalaian dari pihak J&T.
  • Jaminan berupa ganti rugi apabila barang yang dikirim mengalami kerusakan, kehilangan, serta hal lain yang diperkuat dengan bukti kelalaian dari pihak J&T.
Terkait:  Biaya Asuransi Kirim HP Lewat J&T

Cara Menghitung Asuransi J&T

Sebelum kamu benar-benar menggunakan asuransi melalui ekspedisi J&T, maka perlu juga mengetahui beberapa ketentuan yang berlaku.

Bahwasanya, asuransi tersebut dihitung dari 0,02% dari biaya invoice. Oleh karena itu, kamu semua harus paham dan tahu betul perhitungan besaran asuransi yang dibebankan pada paket kiriman barang kamu.

Apabila kamu memang ingin tahu lebih jelas terkait dengan detailnya, maka coba simak simulasi atau contoh yang kami siapkan di bawah ini.

Contoh perhitungan : (0,02% x Rp 3.000.000_ + Rp 5.000 (Biaya Penanganan) = Rp 11.000, maka asuransi dari paket yang kamu kirim tersebut sebesar Rp 11.000,-

Jenis Tarif Asuransi

Selain melakukan perhitungan pada besaran biaya asuransi J&T, nyatanya kamu juga harus paham dengan beberapa ketentuan terkait biaya asuransi yang sudah ditetapkan.

Pada poin ini, setidaknya ada beberapa jenis barang atau dokumen dengan nilai asuransi yang berbeda. Terlebih lagi, besaran biaya juga bisa dilihat dari harga produk yang dikirim.

Nah, agar kamu lebih paham dengan detail barang dimaksud, berikut kami sediakan daftar yang bisa dipejari.

  • Biaya asuransi maksimal sebesar Rp 1 juta
  • Tarif asuransi dokumen maksimal sebesar Rp 100 ribu.
  • Biaya penggantian barang rusak atau hilang maksimal sebesar Rp 20 juta
  • Tarif penggantian dokumen rusak atau hilang maksimal sebesar Rp 2 juta.

Prosedur Dan Cara Klam Asuransi J&T

Saat kamu bertindak sebagai seller ataupun buyer dan mengalami kejadian seperti barang atau produk rusak atau hilang.

Maka sudah semestinya untuk segera melakukan klaim ke pihak J&T. Untuk prosedur yang bisa dilakukan, bisa mengikuti beberapa poin yang sudah kami lampirkan dibawah ini.

  • Untuk poin pertama, kamu harus melengkapi beberapa bukti yang kuat. Seperti halnya foto barang, faktur atau invoice pembelian, nomor resi asli dan foto sebelum dilakukan packing.
  • Perlu memastikan tentang pengirim yang mengajukan. Sebab hanya pengirim saja yang bisa melakukan klaim asuransi J&T.
  • Proses klaim asuransi sendiri, bisa dilakukan melalui kantor pusat, cabang, atau bisa di sub agen.
  • Maksimal waktu klaim hanya 3 hari saja.
Terkait:  Biaya Asuransi Allianz

Jika kamu sudah melengkapi semua poin yang sudah kami sebutkan di atas. Mulai dari bukti dan beberapa dokumen pendukung, maka tahap berikutnya ialah dengan mengunjungi kantor pusat, cabang, atau sub agen J&T.

Agar proses lebih cepat, kamu bisa langsung menuju pada petugas dan informasikan klaim asuransi. Nantinya, kamu akan dibantu untuk pengajuan klaim premi hingga selesai.

Sekedar untuk tambahan informasi, proses klaim asuransi pengiriman barang tidak hanya bisa dilakukan pada perusahaan J&T saja. Sebab semua tergantung dengan jenis perusahaan pengiriman yang kamu gunakan.

Akan tetapi, terlepas dari proses klaim asuransi. Tentu beban biaya yang ditetapkan juga berbeda. Sebab setiap perusahaan mempunyai syarat dan ketentuan yang berbeda.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum tentang biaya asuransi J&T. Semoga apa yang kami tulis disini bisa membantu dan menjadi referensi yang memang dibutuhkan.

Daftar 10 Pilihan Artikel Terbaru Untukmu:

» Biaya Asuransi J&T
» Biaya Ekstensi UI
» Biaya Ekspor Barang ke Luar Negeri
» Biaya Hidup di Bali
» Biaya Administrasi BCA Xpresi
» Biaya Administrasi Mandiri Syariah
» Biaya EDC BCA
» Biaya Duplikat Kunci
» Biaya Dokter THT
» Biaya Dokter Spesialis

Related posts