Biaya Iklan di Shopee

  • Whatsapp

Platform shopee, kini sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Selain karena identik dengan warna orange yang terkadang mengingatkan dengan warna dari pendukung supporter bola persija Jakarta, artis-artis yang diikut sertakan sebagai brand ambassador shopee juga tidak kalah terkenal. Ini dia, biaya iklan di shopee.

Sudah bukan pemandangan asing lagi, bila iklan yang menayangkan platform berbasis belanja online melibatkan para artis yang berasal dari negara ginseng atau Korea Selatan. Hal tersebut, dikarenakan banyak sekali masyarakat Indonesia yang sudah terkena demam Kpop.

Wave Hallyu yang digadang-gadangkan dapat membawa pengaruh besar hingga ke beberapa negara di seluruh Asia ini, ternyata memang bukan sekedar bualan belaka. Faktanya, banyak orang yang berbondong-bondong membeli segala produk yang terdapat wajah dari artis Korea kesukaan mereka.

Anda mungkin juga termasuk salah satu diantaranya. Entah memang sifat konsumtif yang sudah begitu melekat, atau memang tertarik karena ada bias yang menjadi bintang iklan dari platform tersebut. Sedikit informasi, Shopee ini bukan aplikasi lokal melainkan aplikasi yang berasal dari negara Singapura. Berikut biaya iklan di Shopee.

Biaya Iklan di Shopee

Biaya iklan di Shopee
Biaya iklan di Shopee

Tarif iklan di shopee

Setiap platform belanja online, pasti memiliki standar minimum bagi mereka yang ingin menayangkan iklan terkait suatu produk. Anda yang memang ingin merambah kedalam dunia bisnis online, ada beberapa hal yang perlu dipahami sebelum memutuskan untuk membangun atau membuka toko online.

Hal pertama dan paling mendasar adalah terkait produk. Setelah dirasa yakin produk apa yang akan Anda tawarkan kepada para calon pembeli, langkah selanjutnya adalah menargetkan usia yang cocok untuk menggunakan produk yang dijual tersebut.

Terkait:  Biaya Buat Website

PBB yang merupakan kepanjangan dari pajak bumi dan bangunan, pasti akan dikenakan kepada mereka yang memililki tempat tinggal. Termasuk juga toko offline dalam sebuah bangunan. Umumnya, cara termudah untuk menghindari pembayaran pajak satu ini, yaitu dengan memiliki toko dalam bentuk online saja.

Karena tidak dikenakan pajak serta tidak perlu repot-repot untuk membayar sewa tempat, biasanya produk yang dijual akan lebih murah di toko online dibandingkan dengan langsung mendatangi toko tersebut dalam kondisi fisik atau offline. Pada dasarnya, biaya pemasangan iklan di Shopee sebesar 0 rupiah alias gratis.

Akan tetapi, ketika ada pembeli yang mengklik iklan tersebut, maka pemasang iklan wajib membayarnya sesuai dengan jumlah yang telah diklik oleh pembeli. Sebagai contoh, Anda mengatur biaya iklan di Shopee sesuai per klik dengan nilai terendah sebesar Rp 200.000,-.

Setelah mencapai modal tersebut, dengan hitungan per harinya mengeluarkan biaya kurang lebih sebesar Rp 20.000,-. Otomatis setelah 10 hari berlalu, iklan akan berhenti karena sudah mencapai batas modal awal. Adapun untuk harga minimum iklan disertai kata kunci yakni, Rp 150,-.

Kemudian, untuk biaya iklan produk serupa, dikenakan sebesar Rp 100,-. Dilanjutkan dengan iklan toko yang harganya kurang lebih sebesar Rp 200,-. Nominal yang telah disebutkan ini, berlaku mulai dari tanggal 25 Mei tahun 2021. Informasi selengkapnya, bisa kalian lihat dibawah ini!

Perhitungan biaya iklan di shopee

Pihak Shopee sendiri, menawarkan biaya iklan di Shopee mulai dari modal paling kecil yaitu sebesar Rp 50.000,- per setiap produk yang ditambahkan iklan. Cara perhitungan biaya iklan di Shopee, cukup mudah. Sistem yang digunakan adalah prabayar. Pengisian saldo iklannya, perhatikan dibawah ini!

1. Isi saldo iklan di Shopee

Sebenarnya, Anda dapat melakukan isi saldo iklan di Shopee ini melalui dua cara. Cara pertama adalah dengan melalui Seller Centre seperti yang akan dijelaskan dalam poin selanjutnya. Cara kedua, yakni melalui aplikasi Shopeenya secara langsung tanpa harus pindah laman terlebih dahulu.

Terkait:  Biaya Transfer ATM Link

Tapi, sebelum itu, ada dua hal penting yang harus Anda ketahui bila ingin memasang iklan di Shopee sebagai pemilik toko online. Hal pertama, saldo yang sudah masuk ke bagian layanan iklan, tidak dapat dikembalikan ataupun dicairkan selayaknya saldo Shopeepay. Hal kedua, saldo iklan berlaku seumur hidup.

Dalam arti lain, saldo iklan yang telah masuk ke dalam pihak pengelola layanan iklan Shopee, tidak memiliki batasan waktu kadaluwarsa. Karena nantinya, secara otomatis iklan akan berhenti ketika sudah mencapai batas biaya, sebaiknya segera lakukan isi ulang saldo sebelum iklan Anda berhenti beroperasi.

2. Login ke bagian Seller Centre

Langkah pertama yang harus dilakukan, yaitu login ke bagian Seller Centre. Setelah laman terbuka, kalian akan mendapati tulisan yang bertuliskan iklan pencarian. Tepat dibawahnya, ada dua pilihan laman lagi, iklan kata kunci dan iklan toko. Dalam iklan kata kunci, Anda dapat melihat tampilan grafik setiap kriteria.

Selain itu, ada juga statistik keseluruhan, dimana terdapat angka-angka tertentu yang menampilkan banyaknya orang yang melihat iklan. Ada juga jumlah klik, persentase klik, jumlah pesanan, produk terjual, omzet penjualan, dan yang terakhir adalah baiya. Kemudian, ada tampilah statistik produk.

Pada bagian statistik produk ini, terdapat tab yang berisikan pilihan untuk menambahkan iklan kata kunci baru, serta pilih kriteria. Kurang lebih, informasi yang disampaikan pada bagian tabel statistik produk, memiliki kemiripan dengan kolom yang terlihat pada bagian statistik keseluruhan.

3. Pilih jumlah saldo

Langkah kedua dan hal yang paling penting untuk merealisasikan pemasangan iklan, yaitu dengan memiliki saldo dalam akun toko online Anda melalui Seller Centre. Besarnya biaya yang ditawarkan dalam pengisian saldo, mulai dari Rp 25.000,- sampai dengan angka paling tertingginnya yaitu sebesar Rp 50.000.000,-.

Terkait:  Biaya Homeschooling Ganesha

Anda juga dapat memilih nominal lainnya sesuai dengan besarnya modal yang dimiliki. Pilihan saldonya, diantaranya Rp 50.000,-; Rp 100.000,-; Rp 200.000,-; Rp 500.000,-; Rp 1 juta, Rp 5 juta, Rp 10 juta dan terakhir seperti yang telah disebutkan sebelumnya yaitu Rp 50 juta.

4. Masukkan voucher diskon bila ada

Anda yang sering berbelanja online di Shopee, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya voucher. Berbagai jenis voucher ditawarkan untuk meningkatkan ketertarikan dan minat konsumtif para pembeli. Mulai dari gratis ongkir, cashback, sampai dengan potongan harga sekian persen.

Ternyata, ada juga voucher diskon untuk pembelian saldo iklan di Shopee. Seandainya Anda memiliki voucher tersebut, tentu akan lebih menguntungkan. Anggaplah saldo iklan Shopee yang akan diisi sebesar Rp 500.000,-. Kemudian, pada kolo, pilih voucher, kalian bisa menambahkan voucher pilihan Anda.

Nantinya, dari jumlah pesanan sebanyak 1 tersebut, akan dikalkulasikan dengan voucher yang dimiliki. Pada bagian bawah pilih voucher, akan terlihat opsi pengiriman. Misalnya, Anda memilih pemilihan regular. Karena sudah ditambahkan voucher, maka biaya pengirimannya sebesar 0 rupiah.

5. Pilih buat pesanan

Supaya saldo iklan Shopee Anda terpenuhi, maka langkah berikutnya yaitu memilih buat pesanan. Cara ini dilakukan dalam rangka menyelesaikan pesanan yang telah dibuat sebelumnya. Saldo iklan nantinya akan masuk paling lambat selama 30 menit dari waktu pembayaran berhasil dikonfirmasi.

Itulah informasi terkait biaya iklan di Shopee, tarif iklan di Shopee, dan perhitungan biaya iklan di Shopee pada kesempatan kali ini. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat untuk kalian semua. Baca juga biaya iklan di Instagram. See ya!

Related posts