Biaya Ke Dokter Hewan

Memiliki Hewan peliharaan itu sangat mengasikan, bahkan sekarang hewan tidak hanyak digunakan untuk peliharaan saja tapi juga digunakan untuk menambah pemasukan. Contohnya orang memelihara kambing dan sapi, mereka mencari untuk dari hewan peliharaannya tersebut. Ada juga yang memelihara burung, sekarang burung juga diperlombakan dan akan mendapatkan hadiah bagi yang menang lomba. Sudahkah kita memiliki hewan peliharaan dirumah? Jika kita memiliki hewan peliharaan dirumah, banyak hal yang harus diperhatikan yaitu kesehatan hewan yang kita miliki. Sekarang sudah banyak sekali dokter hewan disekitar kita, jadi jika hewan yang kita miliki memiliki masalah kesehatannya kita bisa langsung konsultasi dengan dokter hewan. Apakah kamu tahu biaya Ke dokter hewan? Biaya dokter hewan disetiap daerah berbeda beda, berikut penjelasan lengkapnya.

Biaya Ke Dokter Hewan

Biaya Ke Dokter Hewan

Tarif Ke Dokter Hewan

  • Rawat inap kucing kisaran biayanya mulai dari Rp. 50.000
  • Rawat inap anjing kisaran biayanya mulai dari Rp. 60.000 – Rp. 100.000 ( biaya ini tergantung ukuran anjing)
  • Steril kucing kisaran biayanya adalah sebesar Rp. 600.000
  • Steril Anjing Kisaran biayanya sebesar Rp. 1.500.00 – Rp. 3.500.000
  • Cateter kucing biayanya kisaran Rp. 480.000
  • Kebiri kucing biaya kisaran Rp. 900.000 ini belum termasuk rawat inap.
  • Suntik rabies biaya kisaran Rp. 120.000
  • Suntik Jamur kucing biayanya kisaran Rp. 120.000
  • Konsultasi biayanya sebesar Rp. 85.000
  • Suntik scabies biayanya kisaran Rp. 80.000 – Rp. 100.000
  • Bedah kucing dan kambing biayanya kisaran Rp. 350.000 – Rp. 1.500.000

Harga di atas sebagai acuan saja dikarenakan setiap daerah memiliki patokan harga yang berbeda beda. Memberikan vaksin pada hewan yang kita miliki juga sangat penting untuk memperkuat imun kekebalan tubuh hewan terhadap penyakit. Berikut ini daftar harganya :

Terkait:  Biaya Kirim JNE

Biaya Vaksin Kucing

  • Kucing yang berumur 8 – 10 minggu harga vaksinya mulai dari Rp. 100.000 – Rp. 200.000. Kita bisa memilih Vaksin Tricat untuk Feline panleucopenia, Tricat untuk Feline Rhinotracheitis, Tetracat untuk Feline Panleucopenia
  • Kucing yang berumur 12 – 14 Minggu harga vaksinnya yaitu dari harga Rp. 80.000 – Rp. 200.000. Pilihan vaksinnya yaitu sama dengan kucing umur  8- 10 minggu
  • Kucing yang berumur 6 Bulan jenis vaksin dan harganya sama dengan di atas

Kucing harus divaksin dikarenakan dengan cara divaksin, kekebalan tubuh pada kuncing kita akan lebih kebal dan bisa mengontrol penyakit yang bisa menggangu kesehatan kucing tersebut. Setelah dilakukan vaksinasi biasanya kucing akan mengalami beberapa gejala seperti peningkatan suhu tubuh, lemas dan lainnya. Tapi tenang saja efek seperti itu biasanya kurang dari 24 jam, setelah itu kucing kita akan normal kembali.

Biaya Vaksin Anjing

  • Jenis vaksin DP untuk kategori Distemper dan Parvovirus harganya sebesar Rp. 200.000
  • Jenis vaksin PiBr untuk parainfluenza serta Bordetella harganya mulai Rp. 150.000
  • Vaksin DHLPI untuk kategori Hepatitis, Distemper, Leptospirosis, Parvovirus dan rabies dengan harga mulai Rp. 225.000
  • Vaksin DHLPII + R untuk karegori sama dengan DHLPI tapi harganya lebih mahal kisaran harga sebesar Rp. 250.000
  • Vaksin Rabies harganya sebesar Rp. 100.000

Vaksin untuk Anjing juga bisa dikatakan sangat penting karena untuk meningkatkan imunitas anjing pada virus.

Saat hewan yang kita miliki sakit dan saat itu dokter hewan tidak buka, kita jangan terlalu panik, kita bisa memanfaatkan tanaman dan obat traditional yang ada disekitar kita. Berikut ini kita berikan beberapa informasi seputar penanganan dan obat bagi hewan yang sakit.

Terkait:  Biaya Gulung Dinamo Pompa Air

Obat dan Penanganan Hewan Yang sakit

  • Nafsu Makan hewan Turun

Sering kali kita jumpai hewan yang kita miliki itu hafsu makannya turun, hal ini bisa mengakibatkan hewan tersebut akan semakin kurus. Langkah yang harus kita ambil yaitu kita bisa memberikan Obat cacing khusus hewan dan B komplek untuk menambah nafsu makannya. B komplek ada dua type bisa lewat suntikan dan bisa berupa butiran Obat. Lihat dosisnya dan bisa dikasihkan langsung.

  • Hewan Mengalami Diare

Bagi yang sudah punya hewan pasti hewannya pernah mengalami masalah dengan pencernaannya. Banyak obat yang bisa kita pilih untuk menyembuhkan diare pada hewan. Daun jambu biji yang muda juga bisa digunakan untuk obat. Atau kita juga bisa membeli obat ke toko peternakan bahkan obat domex juga bisa menyembuhkan mencret pada hewan.

  • Mata Hewan Sakit

Banyak hal yang menyebabkan mata hewan sakit, salah satunya yaitu amoniak dari kotoran hewan tersebut. Memang bisa sembuh sendiri hanya saja kita juga harus merawatnya, kita bisa menggunakan insto, atau juga bisa beli di toko peternakan terdekat. Harganya terjangkau.

  • Penyakit Kutuan

Tempat yang kotor dan jarang dibersihkan bisa mengakibatkan hewan yang kita miliki itu berkutu. Saranya cukup kudah untuk menghilangkan kutu, kita bisa memandikan pakai sampo dan biarkan dulu selama 15 menit setelah itu baru dibilas. Lakukan 1 minggu 2 samapi 3x. Kita juga bisa membeli bedak kututox untuk menghilangkan kutunya.

  • Cacingan

Kita mempunyai hewan dan sudah dikasih makan yang terbaik tapi tidak gemuk gemuk juga, maka kita wajib curiga kemungkinan hewan kita terkena cacingan. Disini tidak perlu panik dikarenakan ada banyak obat cacing yang bisa kita berikan pada hewan. Bisa beli Antelmintika, dan lainnya. Jika masih ragu dan belum berhasil juga maka bisa langsung konsultasikan ke dokter hewan.

Terkait:  Biaya BBN Mobil

Memiliki Hewan juga harus mengetahui cara merawat hewan yang benar. Pola makan, kesahatan dan kesesuaan tempat juga akan mempengaruhi keberhasilan kita dalam beternak maupun memelihara hewan kesayangan. Jadi pastikan kita menyediakan tempat yang sesuai dan nyaman serta bersih untuk hewan yang kita pelihara. Pastikan kita paham makanan yang harus kita berikan di waktu pagi, siang, sore, dan malam hari. Tidak hanyak memperhatikan makanan, kita juga harus paham soal merawat ternak, sediakan obat obatan yang dibahas di atas. Hal ini karena obat di atas merupakan pemecah penyakit yang sering muncul pada ternak. tidak hanya pada hewan ternak saja, hewan peliharaan seperti kucing maupun anjing juga harus diprioritaskan mengenai kesehatannya. Kebersihan dan kenyamanan tempat juga penting untuk diperhatikan.

Demikian informasi mengenai biaya ke dokter hewan dan tips-tips dalam mengatasi jika hewan peliharaan kita mengalami sakit. Dan juga vaksin yang pastinya dibutuhkan hewan untuk melawan penyakit yang mungkin ada di dalam tubuh hewan. semoga informasi ini bisa membantu dan menjadi referensi dalam perawatan hewan kesayangan kita maupun hewan ternak kita.

Similar Posts