Biaya cuci AC mobil

Biaya Cuci AC Mobil

Memiliki kendaraan roda empat atau mobil, berarti Anda sudah mengetahui konsekuensi seperti apa yang harus dijalani. Tidak hanya sekedar untuk dipamerkan atau diparkir di halaman rumah. Ada biaya cuci AC mobil hingga perbaikan yang perlu diperhatikan.

Masyarakat sendiri, hingga saat ini masih mengganggap kendaraan mobil sebagai barang yang tergolong mewah. Bagaimana tidak, harga untuk membeli satu unit mobilnya saja dapat disetarakan dengan biaya DP atau bahkan membeli rumah di lingkup perumahan area perkotaan.

Tetapi kembali lagi, merek apa serta keluaran tahun berapakah mobil yang Anda miliki itu dapat disamakan harganya dengan satu unit rumah. Semakin terkenal mereknya, atau bahkan keluaran tahun paling terbaru, maka biaya pembeliannya akan kian melambung tinggi.

Oleh karena itu, pertimbangkan kembali kemampuan finansial Anda sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mobil. Pada kesempatan kali ini, pembahasan yang akan disampaikan terkait dengan biaya cuci AC mobil, bukan harga pembelian mobilnya ya…

Biaya Cuci AC Mobil

Biaya cuci AC mobil
Biaya cuci AC mobil

Biaya service AC di dokter mobil

AC mobil sama halnya dengan AC di rumah, namun biaya perawatan antara keduanya pasti akan berbeda. Selain itu, tenaga ahli yang menangani langsung pengerjaan perbaikan AC mobil merupakan seorang montir bukan hanya sekedar orang yang memahami mesin AC saja.

Biaya perbaikan AC mobil di bengkel resmi yang sesuai dengan merek kendaraan Anda, umumnya mulai dari harga Rp 1.200.000,- hingga Rp 2.000.000,- atau bahkan lebih tinggi lagi. Berbeda dengan biaya cuci AC rumah yang kisarannya harganya mulai dari Rp 60.000,-.

Sedangkan biaya yang ditawarkan oleh bengkel dokter mobil, harga tergantung dari kerusakan yang dialami oleh mesin AC mobil Anda. Semakin kecil kerusakannya, maka biaya service yang dikeluarkan dapat ditaksir sekitar Rp 350.000,-.

Terkait:  Cara Kerja Gardan Mobil

Dokter mobil sendiri, memberikan penawaran berupa konsultasi supaya pemilik kendaraan mengetahui estimasi biaya yang harus dikeluarkan oleh pelanggan. Harga akan diberitahukan di awal sebelum mulai dilakukan perbaikan ataupun perawatan AC mobil.

Kualitasnya sendiri, sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain tersedia jaminan dalam bentuk garansi. Ada beberapa pilihan paket perawatan AC mobil yang dapat Anda pilih supaya biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal. Pengecekan di awal, tidak dikenakan biaya atau gratis.

Pendeteksian kebocoran AC di dokter mobil, umumnya menggunakan bantuan alat modern yang berasal dari negara Amerika. Alat tersebut, digunakan untuk mengetahui dan mendeteksi kandungan freon yang terdapat di udara. Bagian yang diperiksa, diantaranya:

1. Selang atau joint

Bagian satu ini, dapat Anda temukan tanpa bantuan alat apapun, atau bisa juga dikatakan mudah terlihat secara visual oleh mata telanjang. Posisi dari selang atau joint, berada di engine bay yang tidak terlalu sulit untuk ditemukan.

2. Evaporator

Kalau evaporator, pihak dokter mobil umumnya akan menggunakan bantuan alat yang dinamakan dengan leak detector. Alat tersebut, berfungsi sebagai pelacak untuk memberitahukan keberadaan dari kandungan freon dalam kabin yang tersebar di udara.

Bila alat sudah menemukan adanya zat freon tersebut, pengecekan yang dilakukan oleh dokter mobil dapat mengambil kesimpulan yang pasti. Dimana, kesimpulan yang dimaksud adalah bahwa kebocoran AC mobil Anda diakibatkan oleh kerusakan di bagian evaporator.

3. Kondensor

Pengecekan kerusakan AC mobil melalui bagian kondensor, dapat diketahui bila bagian satu ini tampak basah. Cara konfirmasi akan adanya kebocoran yang terjadi, tidak perlu menggunakan bantuan alat canggih apapun. Mengapa? Karena lokasinya mudah dilihat.

Masalah-masalah yang kerap dialami pada sistem AC mobil, contohnya sebagai berikut. AC tidak terasa dingin, suara AC yang bising hingga mengganggu konsentrasi ketika sedang mengemudi, atau bahkan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Cukup mengganggu bukan?

Terkait:  Penyebab Blower AC Mobil Mati

Apalagi, mobil termasuk kendaraan yang memiliki sirkulasi udara dengan sistem tertutup. Jika dibiarkan begitu saja, masalah tersebut akan mengganggu kenyamanan penumpang dan pengemudi mobil. Oleh karena itu, segera perbaiki masalahnya sebelum terlambat.

Biaya cuci AC mobil Ertiga

Mobil dengan merek Ertiga, merupakan salah satu keluaran kendaraan yang diproduksi oleh perusahaan Suzuki. Oleh sebab itu, disarankan bagi Anda pemilik kendaraan Ertiga untuk melakukan perbaikan ke bengkel resmi Suzuki terdekat dibandingkan ke bengkel umum.

 

Service yang ditawarkan oleh bengkel resmi Suzuki, mulai dari pembersihan motor blower di bagian depan, evaporator, blower yang terdapat pada bagian kabin mobil, sampai dengan pencucian kondensor. AC Suzuki Ertiga Anda, akan ditangani secara menyeluruh.

Itulah salah satu keunggulan yang dapat Anda dapatkan ketika mendatangi bengkel resmi dibandingkan ketika melakukan perbaikan di bengkel umum. Walaupun harga di bengkel umum memang terbilang lebih murah, tapi kualitas bengkel resmi tidak mudah tersaingi.

Secara umum, biaya perbaikan AC mobil Suzuki Ertiga yang ditawarkan oleh pihak bengkel resmi Suzuki, mulai dari Rp 265.000,-. Sedangkan bengkel umum, menawarkan harga mulai dari Rp 100.000,-. Tapi, pengerjaan maksimal hanya dapat Anda temukan di bengkel resmi.

Perbaikan AC mobil, dianjurkan dilakukan setiap kurun waktu 6 bulan sekali. Bila dihitung berdasarkan spedometernya, maka kurang lebih setara dengan 10 ribu kilometer. Adapun cara penanganan yang dilakukan oleh bengkel resmi Suzuki ini, terbilang unik.

Pihak bengkel menggunakan bantuan kamera mini untuk perbaikan yang dilakukan secara menyeluruh. Kamera, nantinya dimasukkan ke bagian slang ataupun komponen lainnya. Sebagai contoh, endoskopi. Melalui endoskopilah, masalah pada mesin AC dapat terdeteksi.

Montir bengkel tidak perlu lagi melakukan pembongkaran mesin untuk mengetahui masalah yang dialami pada mesin AC mobil Anda. Pengerjaan yang cepat dan teliti oleh para tenaga ahli profesional ini, membuat pemilik kendaraan merasa aman, dan bebas dari kekhawatiran.

Terkait:  Biaya Derek Mobil di Tol

Lingkungan yang buruk, mengharuskan pemilik mobil melakukan perawatan AC secara rutin. Adapun lingkungan yang dimaksud adalah kondisi udara lembab sebagai pemicu pertumbuhan jamur lebih cepat, serta tempat-tempat berdebu yang dapat merusak filter AC.

Biaya cuci AC mobil Innova

Identifiksi kerusakan yang terdapat di mesin AC mobil Innova, estimasi biayanya tidak terlalu besar. Sebagai contoh, untuk pemilik mobil dengan merek Kijang Innova biaya perbaikan skala besarnya kurang lebih mencapai Rp 2.000,000,- saja.

Biaya tersebut, sudah termasuk dengan perbaikan sistem AC mulai dari bagian depan atau kabin mobil, hingga ke bagian belakang. Bila AC mobil ternyata hanya membutuhkan penanganan tambah freon, kisaran biayanya sekitar Rp 300.000,-.

Tarif yang ditawarkan oleh bengkel umum untuk tambah freon, kurang lebih mulai dari Rp 150.000,- sampai dengan Rp 250.000,-. Lebih hemat dan lebih murah memang. Tapi, kembali lagi dengan kualitas hasil perbaikannya masih jauh lebih unggul di bengkel resmi.

Bengkel resmi juga dilengkapi dengan layanan garansi. Oleh karena itu, walaupun biayanya cukup mahal, Anda tidak perlu khawatir merasa rugi. Jika ada kerusakan atau mesin AC mobil terasa kurang maksimal, mobil dapat dibawa kembali ke bengkel tanpa tambahan biaya.

Sekian pembahasan biaya cuci AC mobil, biaya service AC di dokter mobil, biaya cuci AC mobil Ertiga, hingga biaya cuci AC mobil Innova pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk melakukan pengecekan mesin AC mobil secara berkala.

Baru Diulas:

Similar Posts