Biaya Ke Dokter THT

  • Whatsapp

Memiliki tubuh yang sehat adalah keinginan bagi semua orang. Untuk mewujudkan hal tersebut kita harus memulai dari membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Dengan Pola hidup sehat kita bisa menjaga kesehatan tubuh kita. Dokter adalah salah satu profesi yang sering dikaitkan dengan kesehatan. Bagi kita yang mengalami masalah dengan kesehatan kita pasti akan pergi untuk memeriksakan diri. Kita ketahui banyak sekali dokter dengan kategori kategorinya. Kali ini kita akan membahas seputar kesehatan telinga hidung dan tenggorokan. Tidak hanya itu kita juga akan membahas soal biaya ke dokter THT. Tidak semua hal yang berhubungan dengan kesehatan kita harus langsung datang ke dokter. Kita tidak perlu langsung panik karena beberapa cara traditional juga bisa menyelesaikan masalah kesehatan yang kita alami.

Cara Menjaga Kesehatan THT

Kesehatan Telinga

Kita ketahui bahwa biaya ke dokter Tht cukup mahal, dan untuk menghindari kita mengeluarkan biaya terkait kesehatan telinga kita bisa menggunakan tips dibawah sebagai berikut.

  • Jaga Kebersihan Telinga

Bersihkan telinga dengan benar , Anatomi telinga ada tiga bagian, yaitu bagian luar tengah dan dalam. Setiap bagian memiliki fungsi masing masing untuk membantu kita mendengarkan bunyi. Kita bisa melakukan pembersihan telinga hanya di bagian luar telinga saja atau bisa dikatakan di daun telinga. Hal ini dikarenakan telinga memiliki bulu halus yang berfungsi untuk melindunginya dari kotoran yang akan masuk.

  • Hindari Cotton Bud

Siapa yang sering membersihkan telinga dengan cotton Bud? Kebiasaan ini sering kali kita jumpai disekitar kita, kebiasaan seperti ini sebenarnya kurang baik bagi telinga. Hal ini dikarenakan cotton Bud bisa mendorong kotoran yang ada ditelinga semakin kedalam dan mengendap. Jika memang sangat terpaksa kita menggunakannya perlu kehati hatian dalam penggunaannya. Jika terjadi sesuatu bisa langsung ke dokter.

  • Hindarkan Telinga dari Suara Keras
Terkait:  Biaya Dokter Gigi di Puskesmas

Kebiasaan seseorang yang berada pada lingkungan yang bising akan membuat pendengarannya semakin berkurang. Belajar dari hal ini kita bisa menggunakan pelindung telinga agar suara bising yang ada bisa berkurang.

  • Jangan Menggunakan Earphone

Hal ini hampir sama dengan masalah di poin atas, bisa mengakibatkan berkurangnya sistem pendengaran kita. Kebiasaan ini tidak bagus untuk kesehatan telinga kita.

  • Menjaga Telinga Tetap Kering

Jika telinga kita sering lembab, hal ini bisa memicu munculnya bakteri, dan ujung ujungnya akan menimbulkan infeksi ataupun ritasi pada telinga. Maka dari itu saat iki mandi atau main air, kita harus memperhatikan jangan sampai air masuk kedalam telinga.

Jika ada hewan kecil yang masuk kedalam telinga kita, kita bisa menghidup udara yang dalam dan menutup hidup kita dan mendorong udara yang kita hirup, hewan kecil yang masuk nantinya akan keluar sendiri. Bagi kita yang umurnya sudah lanjut, kita bisa sering konsultasi langsung ke dokter jika ada masalah soal pendengaran.

Kesehatan Hidung

Hidung yang sehat akan membuat kita bisa merasakan dan mencium bau disekitar kita. Berikut ini cara menjaga kesehatan Hidung

  • Hindari Zat yang Dapat Mengiritasi Hidung dan Polutan

Yang dimagsut disini yaitu kita harus menghindari debu, asap rokok, dan polusi udara. Kita bisa menggunakan masker untuk hal ini.

  • Konsumsi Air Putih

Dengan mengonsumsi air yang banyak atau sesuai dengan aturan kesehatan yaitu sebanyak 8 Ltr perhari akan menjaga produksi lendir didalam hidung yang berfungsi untuk menjebak kotoran yang masuk ke hidung.

  • Rajin Membersihkan Hidung

Mengupil merupakan salah satu kebiasaan bagi beberapa orang jika dihidungnya dirasa ada sesuatu. Kita bisa menggunakan semprotan saline dan cairan garam, hal ini bisa menghindari iritasi yang terjadi pada hidung. Periksakan kedokter jika terjadi masalah yang serius dengan kesehatan hidung kita.

Terkait:  Biaya Kursus Salon

Kesehatan Tenggorokan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tenggorokan sebagai berikut

  • Konsumsi Permen Pelega Tenggorokan

Dengan mengonsumsi permen ini kita bisa melegakan tenggorokan kita, salah satu kandungan dari pelega tenggorokan pasti ada vitami cnya. Kandungan amylmetacresol membuat virus yang ada ditenggorokan akan luntur. Dan vitamin C itu akan membuat daya tahan tubuh kita meningkat.

  • Rajin Mencuci Tangan

Makanan yang kita pegang dan makan harus dipegang dengan tangan yang bersih, hal ini untuk mengindari bakteri masuk kemulut dan turun ke tenggorokan.

  • Konsumsi Air Putih yang Cukup

Kita harus menjaga asupan air yang cukup untuk tubuh kita. Kita bisa minum air hangat untuk membuat tenggorokan kita lega. Kita juga bisa konsumsi minuman yang bisa menghangatkan tenggorokan seperti wedang jahe, wedang sere, dan lain lain.

Jika menjaga kesehatan THT sudah dilakukan tetapi masih ada masalah lain yang dirasa terpaksa harus ke dokter THT, maka kita harus mengetahui kisaran biaya yang perlu kita siapkan untuk ke dokter THT.

Biaya Ke Dokter THT

Biaya Ke Dokter THT

Penyakit – penyakit yang biasanya dialami ditenggorokan yaitu paling seringnya radang tenggorokan. Untuk menghindari hal ini terapkan hidup sehat dan jalankan tips diatas. Jika kendala semakin parah, bisa langsung ke dokter THT. Biaya ke dokter THT walaupun agak mahal tapi kesehatan lebih mahal dari segalanya. Biayanya sangat bervariasi karena tidak ada patokan biayanya dan setiap wilayah juga mempunyai harga yang berbeda beda. Namun pada umumnya untuk konsultasi kisaran biaya yang harus kita keluarkan yaitu sebesar Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 450.000.

Kapan Kita harus ke Dokter THT

Bagi kita yang mengalami gangguan dibawah ini bisa langsung ke dokter THT :

Terkait:  Biaya Kuliah Apoteker
  • Sinusitis

Pembengkakan jaringan yang melapisi sinus. Sebelum kedokter bisa juga menggunakan Jahe yang direbus dan diminum. Efek hangat pada tubuh bisa meringankan infeksi sinusitis.

  • Laringitis

Adalah radang tenggorokan dan sebelum kedokter bisa juga mencoba berkumur dengan air hangat yang di kasih garam, cuka Sari Apel, The madu

  • Tonsilitis

Kita bisa mencoba pengobatan traditional dengan minum atau berkumur air garam hangat, Teh dicampur madu, mengunyam bawah putih. Bawah mutih membunyai anti bakterial yang tinggi.

  • Telinga berdengung

Hilangnya pendengaran dan perasa

  • Sleep Apnea

Kanker dan tumor di telinga, hidung, dan tenggorokan

Jika masih ragu dengan biaya yang akan dikeluarkan saat ke dokter THT, maka bagi kita yang memiliki BPJS Kesehatan, kita bisa menggunakan kartu BPJS kita untuk pergi periksa ke dokter THT. Kita tinggal meminta rujukan pada fasilitas kesehatan yang disediakan di kartu BPJS kita dan pergi ke tempat rujukan yang dituju.

Demikian informasi mengenai biaya ke dokter THT yang kami jelaskan secara umum. Semoga informasi ini bisa membantu dalam mengatasi masalah THT.

Related posts