Biaya jalur mandiri UNS

Biaya Jalur Mandiri UNS

Memasuki tahun ajaran sekolah baru, sebagian besar masyarakat sangat berantusias mencari informasi seputar cara masuk kuliah untuk mendapatkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Termasuk, salah satunya info mengenai biaya jalur mandiri UNS. Mau tahu mahal atau tidaknya? Simak penjelasan berikut ini!

Setiap universitas di Indonesia, menawarkan berbagai macam jurusan serta kategori pembayaran uang kuliah. Persoalan biaya kuliah, secara umum ditentukan berdasarkan dari tingkat kemampuan finansial serta jalur masuk yang dilalui oleh mahasiswa ataupun mahasiwinya. Oleh karena itu, dalam satu angkatan UKTnya dapat berbeda.

UKT atau singkatan dari uang kuliah tunggal ini, umumnya terbagi menjadi 5 golongan. Golongan pertama diperuntukkan bagi mereka yang tergabung kedalam beasiswa bidik misi, sedangkan golongan berikutnya disesuaikan dengan jalur masuknya. Kebijakan yang diberlakukan oleh UNS sendiri, UKT terbagi kedalam 8 kelompok.

Khusus bagi kalian yang terpilih menjadi mahasiswa UNS melalui jalur mandiri, besarnya biaya pendidikan per semesternya berbeda. Bedanya, selain nominal yang telah disesuaikan dengan kelompok UKT, mahasiswa juga akan dikenakan SPI. Penasaran dengan rincian biaya jalur mandiri UNS? Berikut penjelasannya.

Biaya Jalur Mandiri UNS

Biaya jalur mandiri UNS
Biaya jalur mandiri UNS

Biaya Jalur Mandiri UNS 2021

Tahun 2021, seleksi mandiri yang dilakukan oleh UNS atau sebutan untuk Universitas Sebelas Maret ini, sudah mulai dibuka bagi umum. Adapun persyaratan yang perlu kalian simak agar dapat lolos sebagai salah satu pendaftar calon mahasiswa baru di UNS, diantaranya:

1. Terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia (WNI)

  1. Merupakan lulusan dari SMA/SMK/MA/SMALB atau sederajat dengan maksimal pendidikan 3 tahun terakhir
  2. Sehat secara jasmani dan rohani
  3. Menyertakan diri serta memiliki Nilai Ujian Tulis dari UNS 2021
  4. Memiliki jejak prestasi dalam bidang non akademik (opsional)
  5. Tinggi badan minimal 160 cm untuk peserta putra, sedangkan untuk peserta wanita minimalnya 155 cm, disertai dengan unggahan portofolio (bagi yang memilih prodi penjaskes S1 serta pendidikan kepelatihan olahraga S1)
  6. Menyertakan unggahan portofolio untuk podi kriya seni /tekstil S1, seni rupa murni, desain interior, desain komunikasi visual, dan pendidikan seni rupa S1
  7. Menyertakan lampiran surat keterangan tidak buta warna dari pihak medis untuk program pendidikan tertentu.
Terkait:  Biaya Balik Nama BPKB Motor Di Polda

Beberapa poin diatas, perlu kalian penuhi. Berikutnya, akan dijelaskan berapa biaya pendaftaran Seleksi Mandiri (SM) UNS 2021 melalui jalur tulis, yaitu sebesar Rp 350.000,-. Berlaku untuk pendaftar dalam kelompol Soshum dan Saintek. Sedangkan biaya pendaftaran bagi kelompok campuran, sebesar Rp 400.000,-. Berikut cara daftarnya!

  • Membuka situs pendaftaran di website UNS
  • Memilih sarjana, lalu pilih pendaftaran SPMB sarjana. Selanjutanya, kalian akan mendapatkan nomor pendaftaran mahasiswa SM UNS
  • Melakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui bank BNI, Bank Mandiri, BTN, atau Bank Jateng untuk mendapatkan kode akses berupa PIN agar dapat melakukan pencetakan kartu tanda peserta
  • Proses dan hasil seleksi akan diumumkan melalui situs, klik disini

Selain jalur mandiri, kalian yang tidak lolos melalui jalur seleksi satu ini, masih memiliki kesempatan untuk dapat diterima sebagai mahasiswa UNS. UNS juga mengadakan jalur UTBK dengan persyaratan pendaftaran sama seperti jalur SM. Akan tetapi, terdapat perbedaan di bagian biaya pendaftarannya, yakni sebesar Rp 200.000,-.

Adapun pendaftaran dimulai dari tanggal 24 Mei sampai dengan 17 Juni 2021. Dilanjutkan pencetakan kartu peserta di tanggal 25 Mei hingga 17 Juni 2021. Berikutnya, simulasi Ujian Tulis atau UTUL diadakan pada tanggal 20, 21, dan 22 Juni 2021. Ujian tulis sesungguhnya dilaksanakan di tanggal 24, 26, dan 27 Juni. Pengumuman seleksi tanggal 30 Juni 2021.

Bagi peserta yang mengikuti jalur UTBK, pendaftaran mulai dibuka pada tanggal yang sama. Maksudnya, setiap tahapan berikutnya akan dibuka berbarengan dengan seleksi para calon mahasiswa yang melalui jalur seleksi mandiri atau SM. Oleh karena itu, kalian perlu bijak dalam memilih jalur masuk UNS sebelum mendaftar.

Biaya Jalur Mandiri Unsika 2021

Pendaftaran di setiap universitas negeri Indonesia, umumnya akan dilakukan hampir serempak. Sehingga, bagi para calon mahasiswa, mereka lebih mencari peluang terbesar dimana dirinya dapat keterima di salah satu universitas tersebut. Tidak terkecuali Unsika atau Universitas Singaperbangsa Karawang yang berlokasi di Jawa Barat.

Terkait:  Cara Upload Podcast di Spotify

Unsika mulai beralih status menjadi PTN atau Perguruan Tinggi Negeri sejak memasuki bulan Oktober pada tanggal 6 tahun 2014. Hingga kini, Unsika berhasil membuat sebanyak 9 fakultas dengan 32 macam prodi atau program studi yang terdiri dari 3 program diploma didalamnya.

Selain itu, terhitung juga sebanyak 26 program sarjana serta 3 macam program pasca sarjana berhasil dibentuk oleh Unsika untuk meningkatkan kualitas anak bangsa. Salah satu upaya lainnya yang dilakukan oleh para keluarga Unsika, yakni menyediakan penawaran program National Innovation Challenge (UNIC) dan PMA.

PMA sendiri merupakan singkatan dari program penerimaan mahasiswa asing. Bagi kalian yang selama di bangku sekolah menengah ke atas (SMA) pernah menjabat sebagai ketua osis, di Unsika terdapat jalur khusus. Jalur ketua osis yang dicanagkan oleh Unsika, ditujukan untuk mengapresiasi para calon peserta yang pernah melaksanakan leadership.

Kalian yang ingin bergabung menjadi salah satu mahasiswa kebanggaan dari Unsika ini, perlu tahu jadwal pelaksanaan untuk mengikuti pendaftarannya. Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri untuk periode tahun 2021, dibuka mulai tanggal 10 Mei hingga 18 Juli tahun 2021.

Tahapan selanjutnya, dijadwalkan pada tanggal 22 sampai dengan 24 Juli 2021 untuk simulasi ujian (bagi peserta yang melalui jalur tes). Dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan ujian di tanggal 26 sampai dengan 30 Juli 2021. Pengumuman hasil seleksi calon mahasiswa, dilakukan pada tanggal 3 Agustus 2021.

Rangkaian pelaksanaan seleksi untuk peserta yang ingin mendapatkan gelar D3, S1, dan S2, akan dlakukan setelah pengumuman utbk/jalur SBMPTN usai dilaksanakan. Adapun bagi kalian yang terverifikasi telah diterima sebagai mahasiswa Unsika, ada rangkaian kegiatan lainnya.

Kegiatan pertamanya adalah pembaruan data di tanggal 3 hingga 8 Agustus tahun 2021. Kemudian, wawancara (bagi lulusan khusus, seleksi khusus) calon penerima KIP-kuliah dari Kemdikbud di tanggal 9 sampai dengan 12 Agustus 2021. Pengumuman hasil wawancaranya diadakan di tanggal 13 Agustus 2021.

Terkait:  Biaya AJB Notaris

Rangakaian kegiatan berikutnya, yakni penentuan UKT dan IPI pada tanggal 9 hingga 22 Agustus 2021. Lalu, pengumuman hasil analisis UKt dan IPI serta download surat pengantar pembayaran UKT hingga pembayaran di Bank, dilaksanakan pada tanggal 23 sampai dengan 29 Agustus 2021.

Kegiatan terakhir, yakni pemberian NPM serta publikasi online  di website resmi miliki Unsika mengenai registrasi SMMPTN 2021 dimulai pada tanggal 1 hingga 2 September 2021. Info kelulusan bagi yang mengikuti jalur SMMPTN kepada para ketua osis di masa sekolahnya dahulu, dapat dilihat disini.

Adapun besarnya biaya yang mengikuti jalur ketua osis ini, dapat ditanyakan dengan menulis email ke [email protected]. Bisa juga kalian mengetahui lulus tidaknya dengan melakukan login menggunakan nomor pendaftaran serta tanggal lahir di laman yang telah disebutkan di paragraf atas.

Itulah beberapa informasi terkait biaya jalur mandiri UNS, biaya jalur mandiri UNS 2021, dan biaya jalur mandiri Unsika 2021 pada kesempatan kali ini. Bagi yang telah dinyatakan lulus sebagai mahasiswa di UNS selamat. Sedangkan bagi para peserta Unsika, semoga kalian semua diterima di universitas tersebut. Fighting!

Similar Posts