Biaya Kuliah Akuntansi

Praktik Akuntansi semakin berkembang di Indonesia. Maka dari itu, beberapa orang penasaran berapa biaya kuliah akuntansi agar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kendati demikian, banyak orang mengklaim kalau kuliah jurusan akuntansi pasti menghabiskan uang banyak hingga puluhan juta rupiah.

Tak sedikit mahasiswa/i jurusan tersebut justru menegaskan kalau menempuh pendidikan strata 1 akuntansi sebetulnya cukup terjangkau.

Akuntansi semakin eksis dan bersaing dengan beberapa jurusan lainnya dalam dunia pekerjaan dan usaha maupun bisnis. Bagaimana tidak, akuntansi bukan hanya digunakan para kelompok dalam suatu perusahaan, namun juga perorangan.

Akuntansi termasuk salah satu jurusan penting yang tidak bisa dianggap remeh karena ilmu-ilmunya pasti dibutuhkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, namun banyak orang tidak pernah menyadarinya.

Akuntansi sangat penting dalam kehidupan setiap hari. Kamu bisa melihat beragam jenis anggaran, jurnal dan perhitungan, kan? Apabila analisa dan hitungannya tidak memakai sistem akuntansi, dipastikan hasilnya akan kacau balau.

Oleh karena itu, lulusan akuntansi semakin dibutuhkan banyak orang supaya bisa menghasilkan akumulasi sebuah pemasukan atau pengeluaran dengan benar dan cermat. Tak heran kalau lulusannya pun bisa bekerja di lembaga atau perusahaan apa saja secara bebas.

Biaya Kuliah Akuntansi

Biaya Kuliah Akuntansi
Biaya Kuliah Akuntansi

Fenomena kehidupan masyarakat yang tidak bisa lepas dari sosok akuntan membuat siapa saja semakin tertarik mengenyam pendidikan tinggi di jurusan akuntansi. Tak sedikit pelajar bahkan kamu sendiri ingin mempelajarinya dan mempersiapkan diri untuk mengambil gelar sarjana akuntansi dari salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) maupun PTS (Perguruan Tinggi Swasta) di wilayahnya masing-masing.

Kamu pasti mendapat prospek kerja sangat menjanjikan dari jurusan akuntansi lho. Jurusan akuntansi semakin populer dan biaya kuliah akuntansi yang dibutuhkan akan selalu berbeda di setiap PTN maupun PTS lho.

Beberapa orang masih mengurungkan niatnya untuk menempuh pendidikan tinggi dalam jurusan ini karena dianggap pusing dan rumit.

Hal ini dikarenakan para mahasiswa/i tidak pernah lepas dari pelajaran matematika. Wajar kalau hitungan menjadi makanan sehari-hari mereka karena harus menguasai segala rumus perhitungan dengan baik dan benar.

Biaya Kuliah Akuntansi, Apa Saja Kelebihan Jurusannya?

Barangkali kamu penasaran biaya kuliah akuntansi sebenarnya yang harus dikeluarkan setiap mahasiswa/i di setiap universitas nya. Kami tidak bisa memastikan detail karena satu sama lain memiliki batas maksimum anggaran berbeda.

Namun, kami pastikan kalian tidak akan merogoh kocek terlalu dalam supaya bisa menempuh pendidikan di jurusan tersebut untuk mendapat prospek kerja lebih menjanjikan. Penasaran, kan? Kamu akan tahu semuanya soal jurusan akuntansi melalui ulasan berikut :

Apa Itu Akuntansi?

Akuntansi merupakan bidang ilmu dimana kalian bakal belajar mempraktikkan kegiatan akuntansi dan melakukan fungsi bisnis itu sendiri. Dalam perkuliahan, kalian akan belajar prinsip akuntansi dan teori, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, pajak, audit, pengendalian anggaran, perencanaan sampai aspek hukum.

Hal yang utama adalah belajar akuntansi akan selalu berkaitan dengan perhitungan. Kamu harus punya kemampuan berhitung dan gemar menghitung secara detail dan teliti.

Karakteristik Jurusan Akuntansi

Kemampuan akuntansi sangat berharga bila kamu ingin merambah ke bidang lain seperti ekonomi atau keuangan. Latar belakang akuntansi kalian mampu membantu kalian dan dinilai punya kemampuan dalam mengembangkan teori moneter secara luas dan terstruktur.

Akutansi menjadi salah satu jururan perkuliahan yang penerapannya luas lho. Bagaimana tidak, kamu bisa memakai pengetahuan seputar manajemen penggajian, konsep soal bisnis lain sampai rasio untung dan rugi bila sedang merintis bisnis mandiri (wirausaha).

Apakah kamu khawatir kalau sulit dapat kerja setelah lulus kuliah nanti? Jangan panik! Hal ini dikarenakan akuntansi termasuk salah satu jurusan dengan prospek kerja cukup luas. Kamu pasti dibutuhkan beberapa perusahaan yang mencari tenaga profesional dalam bidang ekonomi, sedangkan ilmu nya pun pasti diperlukan.

Berapa Biaya Kuliah Akuntansi?

Untuk biaya kuliah akuntansi cenderung punya nilai berbeda di setiap negara maupun universitas. Saat ini, siapa saja yang berniat mengenyam pendidikan dalam jurusan tersebut harus menghabiskan uang berkisar Rp.4 juta sampai Rp.7 juta per semester untuk sebagian besar universitas di Indonesia.

Apabila kalian lebih tertarik belajar di luar negeri, maka kamu bisa siapkan budget sebesar $8,000 sampai $37,000 untuk melunasi uang kuliah selama empat tahun penuh.

Contohnya Universitas Indonesia, perguruan tinggi negeri nomor satu di Indonesia yang menghadirkan jurusan akuntansi untuk semua mahasiswa/i. Universitas Indonesia menetapkan biaya kuliah akuntansi UI S1 Reguler dibayarkan sesuai kemampuan penanggung biaya.

Skema pembayarannya disebut BPO-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan), yakni berkisar Rp.100 ribu hingga Rp.5 juta. Untuk biaya pendidikan S1 Paralel tidak berubah dan memakai UKT. Besaran BOP nya sekitar Rp.10,5 juta per semester dan Rp.25 juta (uang pangkal).

Secara umum uang tersebut sudah mencakup studi teori, kegiatan praktikal maupun kebutuhan kuliah lainnya. Apabila kamu merasa berat memenuhi anggarannya, kalian harus mengajukan permohonan keringanan biaya kuliah akuntansi kepada pihak universitas bahkan memohon penerimaan beasiswa.

Tak mustahil kamu bisa memperoleh keringanan uang bulanan alias semester nanti, bahkan gratis kalau kamu termasuk salah satu mahasiswa berprestasi.

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Akuntansi

  • Statistika Bisnis.
  • Matematika Bisnis.
  • Pengantar Manajemen.
  • Akuntansi Keuangan.
  • Teori Akuntansi.
  • Manajemen Keuangan.
  • Hukum Bisnis.
  • Perpajakan.
  • Pengantar Kewirausahaan.
  • Penganggaran Perusahaan.

Kelebihan Jurusan Akuntansi

Akuntansi merupakan salah satu jurusan perkuliahan yang memiliki beragam kelebihan lho. Pasalnya, peluang kerjanya sangat menjanjikan dan membuatmu menjadi seseorang lebih detail dan teliti, khususnya soal penganggaran maupun perhitungan.

Akuntansi menjadi jurusan yang bisa membentuk dirimu semakin cekatan dan tanggap, serta menambah kemampuan kalian dalam menganalisa sekaligus mengolah sistem keuangan dengan baik.

Jurusan ini mengajarkan kalian mengenai sikap tanggung jawab. Hal ini dikarenakan kamu akan dituntut melakukan perhitungan dengan benar tanpa kesalahan sejak akumulasi awal sampai akhir.

Apabila kamu berencana punya bisnis, jurusan akuntansi sangat sesuai dalam mengembangkan dan menyempurnakannya. Akuntansi bahkan mampu membentuk pribadi lebih cepat, cerdas dan kreatif karena kalian dituntut cekatan dan tanggap dalam menanggapi hal-hal baru.

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Jurusan akuntansi mempunyai prospek kerja cukup menjanjikan karena lulusannya bisa menjadi akuntan perusahaan dan internal auditor. Kedua profesi tersebut semakin dibutuhkan banyak lembaga maupun perusahaan besar yang mana setiap individunya pasti terlatih dan berpengalaman dalam sistem penganggaran terbaik.

Maka dari itu, kamu tidak akan menyesal kalau mengambil akuntansi sebagai jurusan kuliah yang membawamu ke gerbang karir lebih bergengsi dan diperhitungkan.

Sementara itu, prospek kerja jurusan akuntansi ternyata memastikan kalian bakal menjadi pegawai lembaga keuangan pemerintah. Biasanya orang-orang terbaik nya akan selalu ditempatkan dalam perusahaan besar, bahkan sekelas BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) lho.

Tak hanya itu, jurusan akuntansi menawarkan prospek kerja menarik lainnya seperti perencana keuangan, penganalisa keuangan sampai wirausahawan kalau kalian enggan bekerja untuk perusahaan orang lain.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...