Biaya Kuliah di Australia

Siapa saja pasti bermimpi ingin menempuh pendidikan ke jenjang lebih tinggi di Australia. Tak hanya itu, orang-orang penasaran berapa biaya kuliah di Australia yang harus disiapkan dan dikeluarkan selama bermukim di Negeri Kangguru tersebut.

Tak bisa dipungkiri sebagian besar masyarakat mengklaim kalau uang yang harus dihabiskan sangat banyak. Beberapa orang bahkan mengurungkan mimpinya belajar di sana karena terbentur anggaran yang mahal.

Apabila dikaji lebih dalam lagi, kalian sebetulnya tidak perlu menghabiskan uang banyak supaya bisa menempuh pendidikan tinggi di Australia. Secara umum calon mahasiswa harus mempertimbangkan berbagai macam aspek mulai dari paspor, visa sampai uang sehari-hari yang harus dipenuhi selama berada di sana.

Pasalnya, calon mahasiswa seperti kamu tidak sekadar memenuhi kebutuhan finansial untuk kuliah saja, namun juga keperluan sehari-hari yang tidak kalah penting diperhatikan juga.

Kami pastikan semua calon mahasiswa internasional yang ingin menempuh pendidikan tinggi di Australia tidak perlu habiskan uang miliaran bahkan triliunan. Hal ini dikarenakan Australia masih menjadi salah satu destinasi terbaik para calon mahasiswa yang ingin mengenyam pendidikan dengan sistem perkuliahan terbaik.

Negeri Kangguru ternyata mempunyai beberapa perguruan tinggi yang kualitasnya sudah diakui dunia dan setara dengan universitas-universitas unggulan mancanegara lainnya.

Biaya Kuliah di Australia

Biaya Kuliah di Australia
Biaya Kuliah di Australia

Secara umum biaya kuliah di Australia memang sepadan dengan reputasi universitas, kualitas pendidikan, kehidupan aman dan mapan sampai hal-hal lainnya yang menjadikan Negeri Kangguru tetap dipilih para calon mahasiswa dunia.

Meski begitu, budget yang harus kalian keluarkan pasti berbeda dengan siswa-siswa internasional lainnya lho. Hal ini dikarenakan satu sama lain pasti mempunyai universitas unggulan yang merupakan target utama sejak awal menginjakkan kaki di sana.

Untuk tahu berapa uang yang harus disiapkan selama tinggal di sana, salah satunya tergantung dari gaya hidup setiap orang. Tak mustahil kalian akan merogoh kocek lebih dalam kalau sulit menahan diri mengikuti pola hidup masyarakat setempat.

Sebab, masyarakat Australia memang punya gaya hidup cukup mewah dengan nilai kebutuhan hidup lebih tinggi daripada orang-orang Indonesia. Pastikan kamu membeli segalanya sesuai kebutuhan tanpa mengikuti ego maupun gengsi selama kuliah di sana.

Biaya Kuliah di Australia, Inilah Daftar Universitas Pilihannya

Hal yang utama adalah biaya kuliah di Australia tidak terlalu mahal selama kamu cerdas mengatur keuangan selama tinggal di sana. Biasanya calon mahasiswa harus memilih tempat tinggal, transportasi sampai makanan sehari-hari selama tinggal di sana.

Oleh karena itu, kamu harus mempertimbangkan segalanya dengan matang dan tidak sembarangan. Jangan lupa menabung untuk mengantisipasi hal-hal yang dibutuhkan secara mendadak. Kami bocorkan segalanya tentang kuliah di Australia seperti berikut :

Daftar Peringkat Universitas Australia

UniversitasQS
University of Melbourne42
Australian National University19
University of Sydney25
University of Queensland46
Monash University67
University of New South Wales46
University of Western Australia98
University of Adelaide113
Macquaire University229
University of Newcastle256
University of Technology Sydney218
University of Wollongong243
Queensland University of Technology263
Deakin University324
RMIT University273
Curtin University284
University of South Australia288
Griffith University329
James Cook University387
University of Tasmania379
Swinburne University of Technology501+
La Trobe University394
Flinders University501+
Bond University501+
Charles Darwin University551+
Murdoch University551+
Western Sydney University651+
University of Canberra551+
Charles Sturt University701+
Edith Cowan University701+
University of New England651+
University of Southern Queensland701+
Victoria University601+
Southern Cross University401+
CQ University501+

Daftar Biaya Kuliah di Australia

Tingkat KuliahBiaya
FoundationAUD 15,000 s/d 37,000 (Rp.164,1 juta s/d Rp.405 juta)
DiplomaAUD 4,000 s/d 22,000 (Rp.43,7 juta s/d Rp.240,7 juta)
Sarjana (S1)AUD 15,000 s/d 33,000 (Rp.164,1 juta s/d Rp.361,1 juta)
MagisterAUD 22,000 s/d 37,000 (Rp.240,7 juta s/d Rp.400 juta)

Biaya Akomodasi di Australia

Kalian mempunyai tanggungan pribadi selama berada di Australia, yakni visa dan akomodasi. Untuk visa, kalian harus siapkan budget sebesar AUD 575 untuk berangkat ke sana. Biasanya akomodasi setempat menyediakan empat jenis yang terdiri dari unit, house, studio dan apartment serta unilodge.

Apabila kamu memilih rumah, biasanya terdapat 3 kamar yang bisa menampung keluarga besarmu. Budget yang dibutuhkan berkisar antara AUD 1,800 atau setara dengan Rp.19,7 juta per bulan. Nilai ini belum termasuk bill dan berbeda di wilayah tertentu.

Apabila kalian ingin mendapatkan harga lebih murah, pilih rumah yang lokasinya agak jauh dari pusat kota. Rumah ini punya kelebihan berupa akses lebih luas supaya kamu dan keluarga bisa leluasa, namun perawatan rumah menjadi tanggung jawab pribadi.

Kamu juga bisa memilih unit yang terdiri dari 8-10 rumah dengan harga per bulan sebesar AUD 1,000 atau sekitar Rp.10,9 juta yang belum termasuk bill. Kamu berhak atas satu bidang tanah khusus untuk tempat parkir kendaraan.

Seandainya kalian berminat menyewa studio, maka bisa menghuni satu kamar luas dengan kamar mandi dan dapur dalam satu ruangan yang sama. Kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar AUD 900 atau setara dengan Rp.9,8 juta per bulan.

Terakhir, unilodge merupakan asrama mahasiswa yang bentuknya sama dengan apartemen. Namun, perbedaannya ada dari pihak pengelola dari kampus terkait dan dilengkap fasilitas hiburan, tempat olahraga dll. Durasi sewanya pun berbeda mulai dari 28, 29, 30 atau 31 hari (khusus Melbourne).

Biaya Makan di Australia

Hal yang utama adalah uang makan di Australia terbilang mahal lho. Secara umum budget konsumsi mingguan yang harus kalian siapkan adalah sebesar AUD 80 atau setara dengan Rp.800 ribu.

Maka dari itu, budget yang harus disiapkan untuk memenuhi asupan makanan selama sebulan adalah senilai AUD 200 atau sekitar Rp.2,1 juta. Meski begitu, nilai tersebut bisa saja berbeda tergantung pola hidup dan menu makanan yang kalian konsumsi sehari-hari di sana.

Untuk menghemat pengeluaran, maka kamu bisa inisiatif dengan memasak makanan apapun di rumah atau asrama. Apabila kamu ingin mencoba makan di luar, maka kamu bisa siapkan uang sebesar AUD 9-20 atau setara dengan Rp.98 ribu hingga Rp.218 ribu untuk seporsi makanannya.

Lumayan, bukan? Apabila kalian makan tiga kali sehari dengan budget tersebut, maka kamu bisa habiskan uang sampai AUD 900 untuk makan selama sebulan.

Apabila kamu mengalami masalah finansial selama kuliah di Australia, maka kamu bisa membicarakannya dengan staf dukungan siswa internasional di lembaga pendidikan kalian untuk mencari bantuan. Biasanya mereka punya solusi agar para siswa yang dinaunginya bisa tetap memenuhi kebutuhan hidup selama mengenyam pendidikan di sana.

Tak bisa dipungkiri bahwa biaya kuliah di Australia terbilang menarik dan cukup menyita perhatian para siswa internasional dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Apabila kamu ingin kuliah di tempat paling bagus, University of Melbourne merupakan pilihan tepat karena masih menempati urutan pertama sebagai kampus terbaik di Australia, serta masuk dalam daftar universitas unggulan kelas dunia sampai sekarang.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...