Biaya KTA Security

Belakangan ini profesi satuan pengamanan (satpam) sedang hangat diperbincangkan. Hal ini dikarenakan biaya KTA security cukup menarik dibahas dan pekerjaan ini tengah diminati banyak orang, terutama kalangan pria.

Satpam merupakan salah satu profesi mulia yang punya andil besar dalam meningkatkan keamanan dan keselamatan seluruh lapisan masyarakat. Wajar kalau keberadaannya selalu dibutuhkan semua badan usaha dari golongan mana pun.

Berdasarkan data Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan (ABUJAPI) bahwa jumlah satpam setidaknya sudah mencapai angka 30 ribu orang di seluruh Indonesia. Menarik, bukan?.

Jumlah ini terbilang banyak bahkan semakin bertambah, apalagi melihat kondisi sekarang yang rentan terjadi kriminalitas seperti perampokan sampai pembunuhan. Semua tindakan bejad tersebut bisa ditangani dengan kehadiran satpam yang sudah berdiri pada garda terdepan.

Kendati demikian, siapa saja yang ingin menjabat status sebagai satpam ternyata tidak bisa mendapatkannya secara instan. Hal ini dikarenakan seseorang harus mempunyai ijazah dan KTA. Lantas, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus kedua dokumen tersebut?

Beberapa orang mengklaim kalau budget yang dibutuhkan sangat banyak, sedangkan kamu bakal melewati proses cukup repot. Padahal, pemikiran tersebut salah dan uang yang dihabiskan tidak terlalu besar.

Biaya KTA Security

Biaya KTA Security
Biaya KTA Security

Satpam sudah diatur dalam Peraturan Polisi Nomor 4 Tahun 2020 mengenai Pengamanan Swakarsa. Pam Swakarsa didefinisikan untuk mengemban fungsi kepolisian yang sudah dilakukan atas dasar keinginan, kesadaran serta kepentingan semua orang yang akhirnya mendapat pengukuhan dari Polri.

Selain itu, pam swakarsa terdiri dari satuan pengamanan (satpam) dan satuan keamanan lingkungan (satkamling) yang masing-masing harus tetap bekerja di lapangan.

Terkait:  Biaya Bikin Lapangan Futsal

Untuk menjabat gelar satpam memang terdapat beberapa aspek yang harus dilakukan dan diperhatikan setiap individu dengan seksama. Pasalnya, keberadaan ijazah dan KTA memang berperan penting dalam memastikan kalau seseorang memang berhak menyandang status profesi tersebut.

Di sisi lain ternyata satpam tidak selalu bekerja ekstra karena keberadaan mereka justru cukup santai bila tidak terlalu sibuk dalam menjaga keamanan dan keselamatan di lingkungan sekitarnya.

Biaya KTA Security, Kenali Kelebihan dan Kelemahannya

Barangkali kamu masih penasaran berapa uang yang harus disiapkan dalam membayar KTA security alias satpam saat ini. Biasanya mereka sebelumnya tidak habiskan budget terlalu banyak untuk mendapatkan KTA.

Hal ini dikarenakan KTA bersifat semi primer bahkan tidak terlalu dituntut kepada seluruh penyandang gelar satpam di seluruh Indonesia. Namun, mereka bahkan kamu sendiri bila bekerja sebagai satpam tetap harus mengetahuinya lewat ulasan berikut :

Apa Itu KTA Security?

KTA merupakan Kartu Tanda Anggota yang sudah menjadi persyaratan wajib untuk siapa saja yang ingin bekerja sebagai seorang satpam. Tak hanya itu, seseorang juga harus punya ijazah untuk memperkuat kalau dirinya memang berhak menggeluti profesi penting tersebut.

Untuk bekerja menjadi satpam memang tidak boleh sembarangan. Pasalnya, kamu harus memiliki KTA dulu sebagai tanda bukti kalau kalian sudah memenuhi persyaratan utama yang dibutuhkan.

Apa Saja Tugas Security?

Seperti namanya, satpam bertugas memberikan jasa keamanan dan keselamatan. Satpam berperan sebagai petugas keamanan swakarsa dan pamswakarsa. Selain itu, satpam juga kerap memberikan kontribusi berupa bantuan untuk tugas-tugas aparat penegak hukum.

Oleh karena itu, satpam memiliki andil besar dalam membantu pihak kepolisian untuk mengamankan dan menertibkan lingkungan supaya lebih kondusif demi terhindar dari aksi kriminalitas yang merugikan seluruh lapisan masyarakat.

Berapa Biaya Penerbitan KTA Security?

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 mengenai Jenis dan Tarif terhadap Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kepolisian Republik Indonesia.

Terkait:  Biaya KPR BRI

Dalam regulasi yang sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, biaya KTA security masuk dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Polri yang ditetapkan senilai Rp.75 ribu per kartu. Untuk PNBP penerbitan ijazah satpam disahkan pemerintah senilai Rp.85 ribu per penerbitan.

Sementara itu, satpam sudah di atur dalam Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020 mengenai Pengamanan Swakarsa. Pam Swakarsa kerap didefinisikan mengemban kinerja kepolisian yang diadakan sesuai keinginan untuk mendapat pengukuhan dari pihak kepolisian.

Tak hanya itu, penguatan fungsi satpam juga diperkuat dengan beberapa perubahan dalam tubuh lembaga pengamanan terdekat dengan seluruh lapisan masyarakat di setiap wilayah.

Jenis-jenis Pakaian Security

Beberapa aturan baru tentang profesi satpam melalui Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020 antara lain soal jenjang kepangkatan, seragam resmi, kearifan lokal sampai batas umur pensiun. Untuk seragam, regulasi terbaru menetapkan lima jenis seragam dinas satpam yang sudah diresmikan sebagai berikut :

  • Pakaian Dinas Harian (PDH).
  • Seragam / Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL sus).
  • Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu).
  • Seragam / Pakaian Sipil Harian (PSH), dan
  • Pakaian Sipil Lengkap (PSL).

Seragam tersebut akan dibedakan antara pria dan Wanita (berkerudung atau tidak). Seragam PDH, PDL satu dan PDL berwarna coklat secara keseluruhan. Perkap itu mengatur topi seragam security atau satpam untuk PDH yang sama dengan polisi.

Bahkan, pangkat satoam pun diatur di dalamnya. Secara umum pangkat satpam terbaik dalam tiga golongan berbeda mulai dari manajer, supervisor serta pelaksana yang memiliki perannya masing-masing.

Perbedaan Polisi dan Security

Walaupun keduanya bertugas meningkatkan dan menjaga keamanan lingkungan masyarakat, namun satu sama lain memiliki definisi berbeda dan banyak orang tidak tahu akan hal itu.

Terkait:  Biaya Administrasi ATM BCA

Secara umum polisi bekerja secara menyeluruh dan siapa saja pasti selalu menemukannya di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Polisi memiliki andil besar dalam menentukan siapa saja individu atau kelompok yang sudah melakukan kesalahan verbal atau tidak.

Sementara itu, polisi juga berhak memberikan hukuman penjara sesuai tingkat keparahan atas aksi kriminalitas yang sudah dilakukan sang terdakwa.

Tak bisa dipungkiri kamu harus waspada saat berurusan dengan pihak kepolisian karena mereka akan meminta informasi lengkap mulai dari lokasi dan waktu kejadian kalau kamu sedang mengalami kasus hukum. Di sisi lain pun polisi cenderung menjatuhkan pasal hukuman sesuai tindak kejahatan yang sudah dilakukan.

Untuk security alias satpam justru hanya sekadar menjaga lingkungan sekitar supaya lebih aman dan kondusif. Meski begitu, satpam punya hak menangkap seseorang yang punya niat jahat dan ingin merusak ketenangan masyarakat dan menyerahkannya ke pihak berwajib.

Hal yang utama untuk diperhatikan adalah security tidak punya wewenang menjatuhkan hukuman penjara karena polisi lebih berhak mengantongi izin dari pemerintah pusat soal masa tahanan yang akan diberikan kepada terpidana atau tersangka.

Apabila kamu ingin bekerja sebagai seorang security, pastikan kamu sudah mempersiapkan segalanya supaya bisa membuat KTA dan ijazah dengan cepat. Jika kalian telah memiliki kedua dokumen tersebut, maka kamu bisa mengikuti pelatihan jangka pendek yang digelar instansi atau perusahaan terkait.

Guna memaksimalkan kinerjamu nanti pasca mengenakan seragam security. Pastikan kamu membuat KTA melalui lembaga resmi yang sudah diakui pemerintah agar dapat digunakan jangka panjang.

Baru Diulas:

Related posts