Home » Biaya » Biaya Dak Hebel

Biaya Dak Hebel

Perihal rencana memiliki rumah impian, tidak hanya menjadi angan-angan yang diimpikan oleh satu atau dua orang saja. Bahkan, seluruh masyarakat menginginkan hal tersebut. Tahukah Anda, berapa biaya dak hebel untuk membangun satu lantai tambahan di rumah?

Dak, memiliki arti sebagai pemisah atau sekat antara lantai bagian bawah terhadap lantai di bagian atasnya. Oleh karena itu, ruangan tidak akan saling bertubrukan meskipun berada dalam satu bangunan dan dibangun diatas tanah yang sama.

Lalu, perencanaan pembangunan untuk menambah lantai, baik itu hanya 1 lantai tambahan atau bahkan lebih seperti yang sering ditemukan di wilayah perkotaan, dapat dijadikan sebagai referensi. Semakin kuat bangunannya, semakin bagus teknik dak yang digunakan.

Disamping penggunaan teknik dak yang pas, pemilihan bahan berkualitas serta didukung dengan para pekerja ahli di bidang konstruksi bangunan, ngedak rumah menjadi lebih cepat dan aman. Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai kekohonan dak yang dipasang.

Dak hebel yang sering dikenal oleh masyarakat, ternyata memiliki sebutan lain dalam dunia konstruksi bangunan, yaitu panel lantai. Panel lantai merupakan suatu bahan hasil inovasi terbaru dalam bidang infrastruktur demi meningkatkan kualitas bangunan.

Panel diproduksi dengan cara dicetak, sehingga menghasilkan bentuk lembaran. Oleh karena itu, selama pengerjaan dak, tidak perlu lagi ada proses pengecoran lantai yang seringkali mengakibatkan lantai rumah bertingkat Anda memiliki berat yang berlebih.

Tanpe melakukan pengecoran ini, kontruksi lantai menjadi lebih terasa ringan sampai dengan tiga kali lipatnya dibandingkan pengedakan menggunakan teknik konvensional. Selain itu, pemasangan hebel juga dapat disesuaikan dengan presisi bangunan rumah Anda.

Merek panel lantai yang sering digunakan untuk mengerjakan konstruksi rumah tingkat dengan kualitas terbaik, salah satunya adalah Citicon. Secara umum, panel memiliki kisaran berat mulai dari 86 kg hingga 188,37 kg.  Berikut biaya dak hebel yang harus Anda simak secara seksama.

Biaya Dak Hebel

Biaya dak hebel

Biaya dak hebel

Biaya dak hebel besi siku

Dak hebel besi siku, umumnya memang digunakan untuk dipasang pada bagian sudut-sudut tertentu. Oleh karena itu, pemasangannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemilk rumah. Namun, jangan sampai Anda terkecoh antara hebel dinding dengan hebel besi siku lantai.

Hebel dinding pada dasarnya di bagian tengah dari bata, tidak terdapat besi. Otomatis, tingkat kekuatan serta ketahanan produk tidak sebaik dengan hebel yang didalamnya terpasang besi sebagai pengganti bekisting ngedak lantai.

Bila membandingkan harga keduanya, yakni hebel dinding dengan hebel besi siku lantai, tentu akan jauh berbeda. Secara umum, harga hebel untuk pemasangan di dinding hanya berkisar RP 600.000,-. Sedangkan,hebel lantai ditaksir mencapai angka Rp 2.750.000,-.

Perbedaan harga tersebut, didasarkan oleh ketahanan produk serta apakah didalam bata ringan terdapat besinya atau tidak. Produk panel lantai besi yang sebenarnya, terdiri dari 8 macam ukuran.  Ukuran-ukuran tersebut diantaranya:

  • 1470 mm x 600 mm
  • 1720 mm x 600 mm
  • 1970 mm x 600 mm
  • 2220 mm x 600 mm
  • 2470 mm x 600 mm
  • 2720 mm x 600 mm
  • 2970 mm x 600 mm
  • 3220 mm x 600 mm

 Biaya dak hebel per meter

Biaya pemasangan panel lantai atau dak hebel, merek citicon, dengan ketebalan sebesar 12, 5 cm, serta beban imposed atau kuat tekannya 355 kg/m2, biaya terpasang per meter perseginya berkisar Rp 440.000 hingga nominal Rp 490.000,-.

Harga terpasang ini, berarti hebel yang dikirimkan ke rumah Anda nantinya, sudah bebas dari biaya material panel ditambah dengan biaya besi angkur dan besi penghubung, serta grouting PM 600+. Berikut contoh simulasi perhitungan biaya dak hebel per meter untuk ukuran rumah 10 m x 5m.

Angka 10 meter mewakili panjang bangunan, kemdian 5 meternya sebagai lebar bangunan dalam satuan meter persegi. Sehingga, total luas bangunannya adalah 50 m2. Selanjutnya, menghitung luas dari panel lantai dalam satuan meter kubik.

1 m3 yang dimiliki oleh panel lantai, sama dengan 8 meter persegi luas material. Adapun rumus menghitung jumlah panel lantai Citicon yang dibutuhkan, yakni:

Luas bangunan / luas panel lantai per kubik

50 / 8 = 6,25 m3

Bila melihat hasil perhitungan yang ada, maka kode panel yang dibutuhkan dalam pengedakan lantai kali ini adalah PLC 2000 R 125. Berarti, jumlah pcs yang dimiliki oleh kode tersebut sebanyak 6,77. Sedangkan kode lainnya, lebih banyak atau bahkan lebih sedikit.

Sebagai contoh, kode PLC 2250 R 125, jumlahnya sebanyak 6,01. Sedangkan untuk kode lain diatas dari 2000, tidak lain yakni PLC 1750 R 125, jumlah pcsnya mencapai 7,75. Tentu, jika Anda membeli dengan kode 1750 masih banyak material hebel yang tidak terpakai.

Kemudian, bila memilih kode 2250, otomatis masih ada beberapa hebel yang kurang untuk pengerjaan pemasangan dak hebel lantai. Varian ketebalan yang dimiliki oleh panel lantai, dapat Anda temukan mulai dari 12,5 cm sampai dengan 20 cm.

Estimasi biaya dak hebel

Harga pemasangan panel lantai secara keseluruhan dapat menghabiskan Rp 3.750.000,- untuk ukuran panel 8 m2. Berikut perincian bahan-bahan, yang digunakan selama melakukan pengerjaan cor dak hebel.

Grouting sebanyak 2 sak dikalikan dengan Rp 120.000,- menjadi Rp 240.000,-. Lalu, Besi 10 mm sebanyak 4 lonjor dikali Rp 60.000,- menghasilkan jumlah  Rp 240.000,-.  Kemudian ongkos tukang dengan anggapan sebanyak 8 orang yang bekerja , diupah Rp 75.000,-/orang.

Oleh karena itu, total upahnya adalah Rp 600.000,-. Ada juga biaya sewa alat (hoist) sebanyak 1 buah dikali Rp 20.000,-, maka totalnya menjadi Rp 20.000,-. Sedangkan bila memilih dak beton, total pengeluaran mencapai angka Rp 4.621.000,-

Angka 4 jutaan tersebut, hanya biaya kebutuhan material saja. Belum termasuk dengan upah pekerja. Jelas bukan perbedaannya? 3 jutaan dengan dak hebel sudah tidak ada lagi pengeluaran untuk membayar tenaga pekerja bangunan. Lebih hemat dan praktis.

Keunggulan yang dimiliki oleh pengaplikasian dak hebel dalam pembuatan lantai di rumah Anda, dapat disimak penjelasannya dibawah ini!

1. Cepat

Bila dikerjakan di lapangan dalam ukuran bangunan 50 meter persegi, per harinya hanya dibutuhkan paling banyak pekerjanya adalah 3 orang. Selain itu, waktu pemasangannya dapat dilaksanakan selama 3 sampai dengan 4 hari saja selama jam kerja.

2. Tidak buang waktu untuk menunggu beton kering

Jika menerapkan dak konvensional, otomatis pekerja dapat melanjutkan pekerjaannya setelah cor beton menjadi kering. Pembukaan perancah coran membutuhkan waktu untuk kering selama kurang lebih 3 minggu. Tentu hasil pengerjaannya lebih lama dibandingkan dak hebel.

3. Ekonomis

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian estimasi biaya dak hebel, harga untuk biaya panel terpasang dapat menekan angka pengeluaran berkisar 40 sampai dengan 50 %nya. Tentu, harga ekonomis yang ditawarkan ini, tidak menurunkan kualitas bahan yang digunakan.

4. Ramah lingkungan

Tanpa pemakaian bahan perancah bambu maupun kayu hingga papan bekisting, sama saja Anda sudah turut berpartisipasi dalam rangka mendukung penghijauan kembali di bumi. Apalagi, Indonesia yang kaya akan kelestarian alamnya patut untuk dilestarikan.

Itulah pembahasan terkait biaya dak hebel, biaya dak hebel besi siku, biaya dak hebel per meter hingga estimasi biaya dak hebel yang sudah dikupas secara tuntas pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan menarik lainnya.