Cara Bongkar AC

Cara Bongkar AC
Cara Bongkar AC

Air Conditioner atau yang lebih sering disingkat dengan AC ini. Telah digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Bahkan, beberapa negara yang mayoritas memiliki 4 musim setiap tahunnya. Tetap memasang elektronik tersebut di ruangan. Kalau di Indonesia sendiri, mereka yang memiliki perekonomian menengah ke atas saja yang sering menggunakannya.

Terlepas dari persoalan ekonomi, barang elektronik yang dapat membantu manusia agar merasa sejuk meskipun udara di luar ruangan sedang sangat panas tersebut. Ternyata, sudah lama ditemukan. Bermula pada bulan Januari, tanggal 2 tahun 1906. Insinyur yang berasal dari Amerika Serikat, bernama Willis Haviland Carrier. Berhasil, menghilangkan kelembaban.

Awal mulanya, Carrier yang sebelumnya baru lulus dari Universitas Cornell, diberikan sebuah tugas untuk memecahkan masalah di perusahaan percetakan. Dimana, banyak kertas yang menyusut ataupun melebar karena lembab. Hingga, beranjak ke tahun 1915. Dirinya, mulai mendirikan sebuah perusahaan mandiri. Namanya adalah, Carrier Engeneering Goup.

Sistem kerja mesin satu ini, cukup sederhana. Menerapkan prinsip dasar ilmu fisika. Dimulai dari konversi cairan, yang membuat udara menyerap panas secara alami. Kemudian, memanfaatkan campuran bahan kimia untuk menimbulkan proses penguapan dan kondensasi dalam ruangan tertutup secara berulang-ulang. Jadi dingin deh.. Ini dia, cara bongkar AC!

Cara Bongkar AC

Cara Bongkar AC
Cara Bongkar AC

Cara Bongkar AC Tanpa Membuang Freon

Metode untuk membongkar sebuah mesin, memang tidak sembarangan. Kalian harus mengerti tekniknya. Supaya, komponen yang sekiranya masih bisa terpakai, tidak dibuang begitu saja. Sama halnya, ketika Anda sedang mengutak-atik elektronik Air Conditioner (AC). Ada kalanya, orang awam dengan mudahnya membuang freon. Karena, dianggap sudah rusak.

Padahal, ketika kalian melakukan cara bongkar AC. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah, dampak negatif yang timbul akibat sembarangan membuang komponen dari mesin AC. Salah satunya yaitu, gas refrigant atau yang lebih sering dikenal sebagai freon. Pasalnya, limbah freon dapat merusak lapisan ozone. Oleh karena itu, kalian perlu tahu caranya!

Terkait:  Cara Bayar Pajak Motor Online

1. Mempersiapkan Alat

Ada beberapa alat yang harus kalian persiapkan, untuk mulai mempraktekan cara bongkar AC tanpa membuang freon. Perlengkapannya, sederhana. Anda bisa dengan mudah menemukan perkakas tersebut. Diantaranya, mulai dari obeng yang menunjukkan kutub positif dan negatif. Kemudian, dilanjutkan dengan kunci inggris sebanyak 2 buah. Lalu, palu.

Tidak hanya itu saja. Kalian juga harus menyiapkan kunci (L) satu set. Karena, dalam kasus tertentu, AC memiliki ukuran yang berbeda. Lalu, sediakan taspen. Ada juga gauge manifold, dan tang potong. Kalau dijumlahkan, semuanya terdiri dari 7 macam alat yang perlu Anda perhatikan sebelum mengutak-atik AC. Setelah siap, mari berlanjut ke langkah berikutnya.

2. Amati Mesin Bagian Luar

Langkah selanjutnya yang kalian lakukan adalah,menyalakan AC selama beberapa menit. Hal tersebut,dilakukan supaya sirkulasi  yang terdapat di freon, menjadi stabil. Kemudian, lihat ke bagian unit yang berada di luar ruangan. Buka penutup bagian kabel kiriman pada AC, serta tutup yang berada di bagian kran pipa dari refigant. Itupun, kalau Anda menemukannya.

3. Mulai Pasang dan Isi Freon

Tutup kran yang berada tepat di bagian pengisian freon, kalian buka. Lalu, mulai pasangkan selang yang berwarna biru manifold. Selang tersebut, Anda pasang ke kran tempat pengisian freon. Sedangkan kran yang berada di manifold, jangan lupa untuk ditutup. Proses penutupan, harus dipastikan benar-benar rapat.

4. Tutup Kran Pipa

Setelah berhasil melakukan penutupan atau membaut kran. Pastikan, kalian menggunakan bantuan kunci inggris untuk menutup bagian pipa kecil dan besarnya. Kemudian, tutup bagian kran pipa kecil terlebih dahulu, dengan menggunakan perkakas kuncil L. Selanjutnya, perhatikan arah jarum yang ditunjukkan pada manifold. Lihat secara teliti.

Terkait:  Cara Gadai Laptop di Pegadaian

Tunggu beberapa saat, sampai jarum manifold menunjukkan angka nol. Jangan paksa untuk melanjutkan ke langkah berikutnya, kalau jarum masih ada di angka 3 dan lainnya.  Harus tepat berada di posisi 0. Baru, kalian boleh menutup kran pipa secepatnya. Pipa besar, ditutup menggunakan alat kunci L. Sampai, pipa benar-benar tertutup rapat.

5. Matikan AC Secepatnya

Baru setelah itu, sebelum melanjutkan cara bongkar AC tanpa membuang freon ini. Anda bisa mematikan AC secepatnya. Supaya, kabel kiriman yang akan dipotong, bisa dikerjakan segera. Perkakas yang digunakan, yaitu tang. Beres memotong kabel, minta tolong ke orang terdekat untuk kembali mematikan AC menggunakan remote. Selesai deh pump downnya.

Cara Bongkar AC Sharp

Ketika kalian melakukan cara bongkar AC, harus tetap mendahulukan keselamatan diri sendiri. Supaya tidak terkena strum dadakan, sebaiknya kabel power supply diputus terlebih dahulu. Jadi, lebih aman. Setelah selesai, Anda bisa melepas selang pembuangan atau water drain. Agar, saat membongkar bagian dalam mesin AC, tidak menghalangi ruang gerak.

  • Power supply diputus, dan water drain selesai dilepas
  • Lanjutkan dengan melepas bagian sambungan nepel yang menghubungkan antara unit di dalam (indoor) dengan pipa instalasi. Gunakan 2 kunci inggris. Satu kunci, digunakan untuk menahan, sedangkan satunya lagi memutar baut pada nepel
  • Kalian tinggal lepas atau menurunkan unit indoor dari penyangga atau breaket
  • Lepas bagian breaket indoornya. Kalau dipaku ke dinding, sebaiknya kalian mencongkelnya menggunakan obeng berkutub negatif (-) atau bisa juga dengan pahat. Akan tetapi, kalau dibaut. Maka, dilepasnya semakin mudah. Tinggal gunakan obeng saja.

Beres menyelesaikan cara bongkar AC bagian unit indoor. Anda juga harus memperhatikan bagian outdoornya. Caranya, tidak terlalu sulit. Hampir sama saja, ketika kalian mencoba melepas bagian indoor. Adapun beberapa langkahnya, bisa dilihat di bawah ini!

  • Melepas kabel power kiriman yang terhubung dari unit indoor
  • Melepas baut atau nepel. Dimana, bagian tersebut, menghubungkan kedua unit antara outdoor serta pipa instalasi
  • Unit yang terdapat di breaket, harus dilepas terlebih dahulu. Kalian bisa memulainya dengan melepas baut yang mengikat antara unit outdoor dengan breaket. Lalu, perlahan-lahan turunkan unit indoornya
  • Lanjutkan dengan melepas breaket dari dinabol yang menancap di dinding. Anda bisa menggunakan perkakas kunci pas atau gunakan kunci inggris.
Terkait:  Cara Beli Masa Aktif Telkomsel

Kalau kalian dihadapkan dengan situasi, dimana pipa AC ditanam dalam tembok. Maka, biarkan saja. Tidak perlu memaksakan diri untuk merusak dindingnya. Anda juga bisa langsung mempraktekan cara bongkar AC Sharp sendiri, tanpa memanggil tukang terlebih dahulu. Biar lebih hemat, jangan lupa untuk memastikan memahami step by stepnya di atas.

Ringkasnya, setelah kalian melakukan prosedur pump down. Dimana istilah ini, digunakan untuk menggambarkan kondisi ketika digunakan untuk mengembalikan gas freon yang terdapat pada sistem pemipaan AC. Entah, itu yang berada di bagian unit indoor (evaporator) ataupun outdoor. Lalu, dilanjutkan dengan melepas MCB, agar terhindar dari sengatan listrik.

Kabel daya selesai dilepas, Anda tinggal melepas bagian pipa bertekanan tinggi dan rendah. Kedua pipa tersebut, terhubung dengan unit outdoor. Beres cara bongkar AC outdoor, baru perhatikan indoor. Lalu, lepas sambungan pipa indoor yang terkoneksi dengan bagian outdoor. Terakhir, tinggal lepas breaket yang menempel di indoor. Selesai deh…

Itulah penjelasan mengenai cara bongkar AC di kesempatan kali ini. Kalian juga dapat menemukan info terkait, seputar cara bongkar AC tanpa membuang freon, dan cara bongkar AC Sharp. Semoga bermanfaat. See you on the next topics, love our earth and save nature for the better lifes. Bye bye!

 

Related posts