Cara Cicil Emas di Pegadaian

  • Whatsapp

Jika kamu ingin berinvestasi pada emas, kamu harus tahu cara cicil emas di Pegadaian supaya kamu bisa membeli emas bila keuangan sedang tidak stabil. Secara umum orang-orang harus siapkan anggaran besar untuk mendapatkan emas.

Jangan heran sebagian orang merasa tertarik untuk melakukan kredit emas di Pegadaian. Hal ini dikarenakan siapapun tidak perlu repot menyiapkan uang banyak supaya bisa membeli emas sebagai objek investasi jangka panjang. Selain itu, pengajuan kredit emas juga cepat dan mudah.

PT.Pegadaian (Persero) atau Pegadaian menjadi salah satu badan usaha yang menawarkan kredit emas untuk masyarakat Indonesia. Tak hanya itu, Pegadaian juga menghadirkan produk tabungan emas kepada siapapun yang berminat menyimpan saham di sana.

Walaupun keduanya tampak sama, namun kamu harus tahu perbedaannya yang mana kredit emas lebih dominan dibandingkan tabungan emas. Pasalnya, kamu bisa memakai dan menjualnya lagi sesuai kebutuhan sehingga cuan dapat bertambah berkali lipat untuk modal investasi kembali.

Cara Cicil Emas di Pegadaian

Cara Cicil Emas di Pegadaian
Cara Cicil Emas di Pegadaian

Pegadaian menyediakan produk investasi yang terdiri dari kredit dan tabungan. Kamu bisa mengambil barangnya berupa emas yang mana nilainya jarang mengalami penurunan. Meski begitu, kamu harus jeli dan tidak sekadar mengikuti tren untuk berinvestasi dengan emas.

Orang-orang berpengalaman yang sudah jago berinvestasi bukan hanya melihat harganya saja, namun profit di masa depan. Jika kamu tidak punya budget lebih untuk investasi, sebaiknya kamu ajukan kredit dengan cara cicil emas di Pegadaian yang mudah dan tepat.

Terkait:  Cara Cek Nomor Indosat

Jangan sampai kamu bimbang saat mengajukan kredit emas di Pegadaian. Seperti kamu tahu bahwa investasi emas menjadi sesuatu yang menguntungkan jangka panjang. Kamu bisa mendatangi kantor canag Pegadaian terdekat untuk memberikan permohonan cicilan emas.

Kamu biasanya akan menerima permintaan tentang ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi. Sebab, tidak semua orang bisa mengajukan cicilannya yang mana pihak Pegadaian juga bisa saja menolak permohonanmu bila kamu punya riwayat kredit tidak lancar.

Cara Cicil Emas di Pegadaian, Kelebihan dan Kelemahannya

Barangkali kamu penasaran bagaimana cara cicil emas di Pegadaian dengan benar. Kami beritahu pula bahwa kredit emas di Pegadaian mempunyai kelebihan dan kelemahan yang tidak boleh diabaikan. Hal ini dikarenakan setiap debitur harus tahu untuk memastikan mereka siap menghadapinya.

Investasi emas memang sesuatu yang menggiurkan, namun tidak semua orang bisa membeli emas secara tunai. Kamu bisa ajukan kredit alias cicilan sesuai tenor yang ditentukan agar dapat meraup cuan lebih banyak dengan berinvestasi emas jangka panjang.

Cara Cicil Emas di Pegadaian Secara Online

  • Unduh aplikasi Pegadaian Digital melalui Google Play Store atau App Store.
  • Jalankan dan buka aplikasi Pegadaian Digital.
  • Kemudian, daftarkan dirimu dengan melampirkan data diri yang dibutuhkan.
  • Apabila kamu sudah punya tabungan emas, lakukan link CIF dan upgrade ke akun Premium.
  • Kamu bisa mendatangi Galeri24 untuk menentukan perhiasan yang disukai.
  • Pilih menu Cicil Emas.
  • Klik Cicil Perhiasan.
  • Scan QR code pada merchant untuk memperoleh rincian perhiasan.
  • Selanjutnya, tentukan produk dan jangka waktu kredit.
  • Silakan masukkan PIN transaksi.
  • Perhiasan emas bisa dibawa pulang untuk digunakan diri sendiri maupun hadiah bagi orang tercinta.

Kelebihan Cicil Emas

Secara umum kredit emas mempunyai beragam kelebihan yang patut diperhitungkan. Kamu bisa membeli emas dengan budget terbatas. Maka dari itu, kamu tetap mampu berinvestasi tanpa perlu mengorbankan uang untuk kebutuhan lainnya.

Terkait:  Cara Buat E-Billing

Emas yang digunakan sebagai investasi juga bakal disimpan dengan aman. Emas biasanya akan disimpan pihak bank atau lembaga pemerintah sampai nasabah benar-benar telah melunasinya. Oleh karena itu, kamu tidak perlu takut bila emas nya bakal hilang atau dipakai oknum lain.

Kami beritahu pula bahwa emas nya juga bisa digunakan sebagai jaminan ketika kamu sedang ada kebutuhan darurat. Emas bisa digadaikan sesuai jumlah kredit yang telah kamu bayar. Kamu juga bakal semakin disiplin untuk menabung.

Hal ini dikarenakan ketika kamu telah memutuskan untuk kredit emas, kamu pasti sudah berkomitmen untuk menyetorkan uang per bulannya. Alhasil, kamu harus bertanggung jawab terhadap keputusan yang telah diambil supaya bisa melunasi kredit emas sampai lunas.

Kelemahan Cicil Emas

Tak bisa dipungkiri kredit emas rupanya mempunyai kelemahan yang perlu diperhatikan semua debiturnya. Sebab, kamu harus membayar uang muka alias DP sebesar 20% dari total harga emas keseluruhan. Kamu juga harus menanggung suku bunga kredit setiap bulan yang wajib dibayarkan.

Apabila kamu tidak membayarnya, kamu bakal macet saat mengajukan kredit emas di perusahaan mana pun, termasuk Pegadaian. Hal ini dikarenakan suku bunga menjadi nilai penting terhadap cicilan emas yang diambil setiap nasabah.

Kamu harus tahu bahwa sebagian besar bank bahkan sudah menerapkan nilai penalti bila kamu melunasi kredit emas lebih cepat melampaui batas tempo yang ditentukan. Pihak bank biasanya bakal memberikan ajuan berupa dana tambahan lantaran kamu telah melunasi cicilannya sebelum tenor.

Tak menutup kemungkinan emas bakal dilelang bahkan ditarik pihak bank. Kondisi ini terjadi akibat kamu tidak mampu melunasi cicilan sesuai batas tempo yang sudah ditentukan, sedangkan uang yang sudah disetorkan bakal hangus.

Terkait:  Cara Copy Link Instagram Sendiri

Kenapa Harus Cicil Emas di Pegadaian?

Barangkali kamu belum tahu alasan orang-orang selalu kredit emas di Pegadaian. Bagaimana tidak, siapapun tidak perlu pusing memikirkan dana karena harganya akan selalu naik alias jarang bahkan tidak pernah menurun. Meski begitu, imbasnya adalah budget untuk menabung bakal semakin tinggi.

Kamu tidak perlu pusing selama mengajukan kredit emas di Pegadaian. Pasalnya, kamu bisa berinvestasi bahkan menabung karena kamu telah mempunyai emas yang menjadi jaminan dengan sifatnya begitu fleksibel.

Sementara itu, cara cicil emas di Pegadaian yang mudah rupanya cocok untuk orang-orang berjiwa konservatif. Secara umum berinvestasi dengan kredit emas di Pegadaian sangat sesuai yang mana risikonya sangat rendah dan menimbulkan kerugian minim.

Apabila kamu tidak suka mengambil risiko tinggi, sebaiknya kamu mengajukan kredit emas di Pegadaian. Hal ini dikarenakan kamu akan menemukan segalanya yang diinginkan mengenai investasi emas. Kamu juga tidak akan menelan kerugian besar lantaran semuanya sudah dijamin oleh Pegadaian sebagai pihak kreditur.

Berapa Uang Muka untuk Cicil Emas di Pegadaian?

Berdasarkan informasi melalui situs resminya via www.pegadaian.co.id bahwa setiap nasabah yang hendak mengajukan kredit emas harus menyetorkan uang muka terlebih dahulu. Kamu biasanya harus siapkan DP sebesar 10% atau 20% yang menyesuaikan dengan jenis pembiayaan kredit masing-masing.

Secara umum pembiayaan logam mulia tersebut menuntut nasabah harus berikan uang muka paling tidak sebesar 20%. Di samping itu, penyetoran DP sebesar 10% hanya berlaku untuk jenis pembiayaan kredit emas kolektif maupun arisan dengan menyediakan uang muka yang perlu dibayar, sedangkan nilainya bersifat konstan alias tidak berubah.

Related posts