Home » Biaya » Biaya Buat Pagar Rumah

Biaya Buat Pagar Rumah

Seperti pembahasan kami sebelumnya bahwa biaya buat pagar rumah akan berbeda sesuai desain dan ukurannya. Di samping itu, pembuatan pagar rumah tidak bisa dilakukan sembarangan karena harus dirancang sesuai konsep rumah masing-masing.

Di sisi lain pemilihan warna juga perlu disesuaikan supaya tampilan rumah kalian bisa terlihat lebih indah. Pagar rumah selalu dianggap sebagai daya tarik tersendiri bagi semua orang yang melihat rumah kalian dari luar.

Bagi sebagian orang mungkin menganggap anggaran pembuatan pagar rumah terbilang tinggi. Meski begitu, kalian bisa saja sekadar membelinya tanpa melakukan perhitungan matang sesuai alat dan bahan yang digunakan.

Hal ini dikarenakan membuat pagar rumah tidak akan menghabiskan budget besar bila kamu menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) dengan benar. Kalian bisa bertanya kepada pekerja profesional yang ahli dalam membuat pagar rumah.

Kami beritahu pembuatan pagar rumah tidak akan menghabiskan waktu beberapa hari, bahkan lebih dari seminggu. Pasalnya, pagar rumah termasuk salah satu bagian rumah yang hanya dipasang dan diwarnai sesuai kebutuhan masing-masing.

Oleh karena itu, pastikan desain dan ukurannya senada dengan konsep rumah kalian. Tujuannya bukan hanya menekan anggaran, tetapi memaksimalkan desain rumah agar siapa saja dapat tertarik dan terpukau dengana keindahannya.

Biaya Buat Pagar Rumah

Biaya Buat Pagar Rumah

Biaya Buat Pagar Rumah

Untuk mengetahui biaya pembuatan pagar rumah biasanya ditentukan pada bahan dasar yang digunakan. Selain itu, pagar rumah akan tahan lama bila kalian menggunakan beragam jenis besi yang kokoh.

Biasanya orang-orang akan selalu memilih besi hollow dalam perancangan pagar rumahnya secara menyeluruh. Hal ini dikarenakan kualitasnya lebih bagus, sedangkan daya tahannya lebih lama bahkan mencapai beberapa tahun sejak pertama kali dipasang.

Kendati demikian, setiap pemilik rumah seperti kalian boleh memilih salah satu bahan material yang beredar luas di pasaran. Kalian tidak wajib menggunakan besi hollow lantaran banyak sekali model besi sebagai bahan material pagar rumah.

Kamu bisa berkonsultasi dengan pekerja yang bakal dilibatkan terlebih dahulu. Mereka bukan hanya tahu harga materialnya saja, tetapi mampu menganalisa estimasi biaya dan waktu yang bakal dibutuhkan selama membuat pagar rumah tersebut.

Biaya Buat Pagar Rumah, Berikut RAB Terbarunya

Biasanya pembuatan pagar rumah tidak pernah menghabiskan waktu lebih dari satu minggu. Estimasi waktu membuatnya bergantung pada luas lahan yang bakal digunakan dalam pemasangan pagar rumahnya.

Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah melakukan perhitungan keseluruhan secara matang dan tepat. Kami juga bakal memberitahu informasi lengkap soal contoh RAB buat pagar rumah terbaru. Berikut merupakan ilustrasi yang bisa kalian gunakan, yakni :

Contoh RAB Buat Pagar Rumah

Kita bisa mengambil contoh kasus berupa sebuah pagar rumah bakal dibuat sepanjang 4 meter dengan tinggi 1,5 meter. Apabila besi yang bakal kalian gunakan adalah besi hollow berukuran 3 cm untuk bagian bawah dan atas (frame), serta memakai besi hollow dengan ketebalan mencapai 2 cm di rujinya, maka perhitungannya adalah :

  • Luas pagar = 4 m x 1,5 m = 1,5 m2.
  • Luas besi frame yang bakal dipakai = 4 m (panjang) x 3 (atas dan bawah) + 1,5 (tinggi) x 3 (kanan dan kiri) = 16,5 meter.
  • Besi yang bakal dipakai untuk ruji = 30 (jumlah yang bakal dipasang) x 1,5 = 45 meter.
  • Jumlah kebutuhan besi hollow 3 cm adalah 16,5 meter bila dihitung dalam batang adalah 1,5 batang.
  • Total kebutuhan besi hollow 2 cm adalah 45 meter bila dihitung dalam asumsi batang adalah 7,5 batang.

Berdasarkan contoh kasus di atas, maka perhitungan anggaran pembuatan pagar rumah adalah :

  • Apabila harga besi hollow 3 cm = Rp.70,000 maka untuk membuat frame membutuhkan dana sekitar Rp.105,000.
  • Apabila harga besi hollow 2 cm = Rp.50,000 maka untuk membuat ruji bagi pagar kawat yang bakal dipakai adalah sekitar Rp.2,500,000.

Biaya Buat Pagar Rumah untuk Aksesoris

Aksesoris yang kami maksud adalah cat besi dan kawat untuk las. Hal ini dikarenakan keduanya mempunyai bagian penting terhadap estetika pagar rumah kalian. Untuk perhitungan keduanya, maka kamu bisa memasukkannya ke dalam biaya lain-lain.

Di samping itu, anggaran maksimal yang harus dikeluarkan tidak perlu mencapai Rp.600,000. Jumlah tersebut dipastikan sudah termasuk ke dalam dana darurat bila kamu butuh tambahan dalam pembuatan pagar rumah.

Biaya Buat Pagar Rumah untuk Pekerja

Jangan lupa memasukkan anggaran untuk membayar pekerja yang membangun pagar rumah. Meski begitu, setiap wilayah mempunyai harga berbeda sesuai kemampuan dan waktu pengerjaannya.

Kamu bisa mengambil asumsi dana sebesar Rp.300,000 s/d Rp.500,000 untuk membuat pagar rumah yang dilakukan satu atau dua orang. Di sisi lain jumlah tersebut dianggap seimbang bila waktu pengerjaannya selama satu atau dua hari saja.

Berapa Harga Pagar Besi Terbaru?

  • Pagar Besi Standar = Rp.300,000 s/d Rp.500,000.
  • Gate Besi Biasa = Rp.375,000 s/d Rp.600,000.
  • Pagar Besi Balkon = Rp.325,000 s/d Rp.450,000.
  • Gate Besi Teralis Tempa = Rp.300,000 s/d Rp.500,000.
  • Pagar Besi Tempa = Rp.675,000 s/d Rp.1,200,000.
  • Gate Besi Teralis Minimalis = Rp.225,000 s/d Rp.300,000.
  • Pintu Besi = Rp.1,000,000 s/d Rp.1,800,000.

Apa Saja Desain Pagar Rumah yang Bagus?

Bagi sebagian orang mungkin menganggap pagar rumah hanya mempunyai satu konsep saja, padahal sebenarnya kalian bisa menentukan beragam desain sesuai tampilan rumah. Kamu tidak hanya mengusung desain klasik yang bernuansa elegan, tetapi juga konsep minimalis yang memberi aksen estetik.

Seiring berjalan waktu orang-orang lebih memilih pagar rumah besi minimalis daripada klasik, lantaran harga pembuatannya lebih murah. Untuk pemilihan warnanya pun tidak boleh salah.

Sebab, sebuah pagar besi akan terlihat elegan dan mewah bila kamu menerapkan warna hitam. Warna ini cenderung diaplikasikan pada pagar rumah minimalis.

Konsep minimalis biasanya tidak akan menampilkan bentuk apapun alias rata secara menyeluruh. Kamu bisa menggunakan warna hitam yang bersifat netral, dimana warnanya sesuai dengan desain rumah apa saja sehingga tidak menimbulkan aneh bahkan kusam.

Tips dan Trik Merawat Pagar Rumah

Dalam merawat pagar rumah memang tidak membutuhkan perlengkapan tertentu, sedangkan kamu bisa melakukannya seorang diri atau mengandalkan pekerja yang merancangnya. Untuk membuat tampilannya tetap mengkilat, maka kamu bisa mengecatnya secara berkala paling sebentar tiga bulan sekali.

Bukan rahasia umum pagar rumah lebih rentan berkarat akibat berada di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung, sedangkan kondisi tersebut membuat kualitasnya semakin menurun akibat pantulan suhu panas yang terkena permukaannya.

Demikian informasi mengenai biaya buat pagar rumah dan contoh RAB yang bisa kalian gunakan sebagai asumsi sementara sesuai perhitungan terbaru. Di sisi lain setiap wilayah mempunyai harga material berbeda dan kamu bisa melakukan survei terlebih dahulu sebelum menyusun RAB pagar rumah.

Pastikan kamu membeli seluruh bahan baku di toko bangunan berkualitas yang memasang harga kompetitif. Barangnya lebih bagus dan kualitasnya pasti tahan lama hingga bertahun-tahun. Jangan lupa perhatikan warna cat yang digunakan agar pagar rumah tidak dapat terlihat kotor.