Cara Join Google Classroom

Cara Join Google Classroom
Cara Join Google Classroom

Kalian harus tahu bahwa cara join Google Classroom menjadi salah satu aspek penting yang perlu dipelajari para pelajar. Google Classroom adalah salah satu aplikasi berguna untuk sistem pembelajaran daring. Google Classroom juga dibuat khusus untuk memaksimalkan metode belajar dalam dunia pendidikan.

Selain itu, aplikasi ini membantu proses pembuatan tugas dengan baik sehingga siswa tidak perlu hadir mengikuti kelas pembelajaran sesuai mata studi dari gurunya masing-masing.

Read More

Google Classroom bahkan menjadi salah satu aplikasi besutan Google yang cukup banyak diakses sepanjang tahun 2021. Bagaimana tidak, hampir semua pelajar selalu menggelar proses pembelajaran secara online tahun lalu.

Kondisi ini diakibatkan pandemi yang tak kunjung usai sehingga para guru tidak dapat menggelar sistem pembelajaran tatap muka. Apabila kalian baru pertama kali mengakses Google Classroom, kalian harus paham dan mengenalinya lebih lanjut untuk join bersama rekan pelajar lainnya setiap hari.

Cara Join Google Classroom
Cara Join Google Classroom

Apa itu Google Classroom?

Google Classroom (Ruang Kelas Google) adalah aplikasi berbasis pembelajaran online yang bisa diakses dan digunakan secara gratis. Tenaga pendidik bisa membuat kelas sendiri sekaligus membagikan kode classroom untuk mengundang semua siswanya.

Gunanya untuk memaksimalkan sistem berbagi file antara guru dan siswa melalui kombinasi Google Drive pada distribusi maupun pembuatan tugas, Google Docs, Google Sheets serta Google Calendar yanag dipakai untuk penjadwalan pembelajaran harian.

Terkait:  Cara Bayar FIF Lewat ATM BCA

Penggunaan Gmail juga dibutuhkan untuk sarana komunikasi dan Slides dalam penulisan. Selain itu, setiap siswa bisa diajak langsung untuk bergabung ke Google Classroom melalui kode pribadi atau impor otomatis melalui domain sekolah masing-masing.

Secara umum setiap kelas membuat file terpisah dalam Google Drive antar pengguna, sedangkan siswa bisa mengirim tugas untuk dinilai langsung oleh guru. Aplikasinya juga sudah tersedia pada Android dan iOS agar setiap pengguna dapat mengerjakan tugas sekolah lebih efektif.

Kenapa Harus Pakai Google Classroom?

Google Classroom menawarkan berbagai macam keutamaan yang patut diperhitungkan. Guru dan siswa tidak akan berhenti memanfaatkannya untuk menunjang proses pembelajaran setiap hari. Maka dari itu, beberapa poin penting yang harus kalian ketahui adalah :

  • Membuat Kelas Lebih Cepat dan Nyaman
    Barangkali kami harus beritahu bahwa setiap guru bisa membuat kelas lebih cepat dan nyaman di Google Classroom. Guru hanya perlu mengakses aplikasinya dan langsung membagikan semua tugas maupun materi pembelajaran kepada setiap siswa.Guru bisa menambah daftar siswa atau membagi kode untuk setiap murid agar dapat mengikuti proses pembelajaran di Google Classroom. Interface lebih sederhana membuat aplikasi ini ideal dipakai setiap pengajar dengan pengalaman e-learning variatif.
  • Hemat Waktu dan Lebih Efisien
    Pelajar tidak perlu mengunduh semua tugas yang sudah diberikan guru. Pasalnya, tenaga didik akan membuat sekaligus mendistribusikan dokumen kepada murid secara online dan menentukan rangking untuk memberikan feedback atas semua tugas dan menilai via Google Classroom.Guru dan siswa bisa menghemat waktu, semuanya dapat dikerjakan tanpa pakai kertas yang mana kalian tidak perlu menggunakan dokumen fisik. Kamu bisa menghemat budget pembelian kertas karena semuanya dilakukan secara online.
  • Bebas Iklan
    Secara umum aplikasi gratis biasanya bakal memasang iklan namun berbeda dengan Google Classroom. Aplikasi ini tidak pernah memasang iklan agar semua pengguna dapat mengakses dan menggunakannya untuk proses pembelajaran lebih efektif.Kalian tidak perlu cemas bila saat membagikan tugas sampai absensi muncul iklan yang mengganggu. Pasalnya, Google sebagai pencetus aplikasi ini akan tetap mengutamakan kenyamanan setiap pengguna Google Classroom selama mengaksesnya untuk belajar.
Terkait:  Cara Bayar PBB Online

Cara Join Google Classroom

Google Classroom punya berbagai macam keutamaan yang patut diperhitungkan. Selain itu, cara join Google Classroom sebenarnya simpel selama kalian tahu semua metodenya dengan benar dan lengkap.

Kami akan membantu kalian, baik tenaga didik maupun pelajar supaya bisa bergabung ke dalam aplikasinya untuk mengikuti proses pembelajaran virtual. Google Classroom dapat diakses melalui semua gadget sehingga kalian mampu mengikuti kegiatan belajar lebih fleksibel tanpa batas tempat dan waktu.

Langkah 1: Buka Laman Google Chrome

Kalian harus menggunakan aplikasi peramban resmi Google, yakni Google Chrome sehingga dapat mengakses Google Classroom. Pasalnya, aplikasi tersebut hanya bisa digunakan melalui website browser ini untuk dimanfaatkan para guru dan siswa sebelum proses pembelajaran berlangsung.

Langkah 2: Klik Icon + untuk Buka Tab Baru

Kalian bisa menekan icon + di pojok tab atas Google Chrome. Kalian bisa memilih opsi untuk mengakses laman baru dengan menekan tombol Tab Baru atau New Tab di pojok kanan tab, sehingga aplikasi dapat dijalankan lebih baik.

Langkah 3: Login ke Google Chrome

Apabila kalian belum login memakai identitas sekolah, kalian bisa menekan nama di samping kanan atas interface Google Chrome. Silakan masuk ke sana dengan menggunakan alamat surel alias username yang berkaitan dengan sekolah kalian. Apabila sudah, klik Sign in to Chrome atau Login ke Chrome.

Langkah 4: Akses Laman Google Classroom

Langkah selanjutnya adalah input URL atau link tersebut address bar Google Chrome dan klik enter (Windows) atau return (Mac). Kalian bakal diarahkan ke laman resmi Google Classroom, yakni www.classroom.google.com menuju halaman kelas via opsi join ke kelas baru. Klik icon + di samping atas dan guru bakal langsung diarahkan ke laman berisi daftar semua kelasnya.

Terkait:  Cara Join Google Meet

Cara Join Google Classroom sebagai Siswa

  • Apabila kalian adalah siswa yang pakai PC bersama, silakan logout dari akun siswa sebelumnya dulu.
  • Untuk mengganti nama, klik Ganti Orang di samping kanan atas Google Chrome.
  • Klik Hapus Orang di samping kanan foto siswa.
  • Kemudian, akses laman resmi Google Classroom dan tekan tombol + di samping kanan atas.
  • Pilih menu Join Class.
  • Jika ingin bergabung, pastikan kalian sudah memperoleh tautan alias kode untuk masuk ke kelas yang dibuat guru.
  • Apabila sudah bergabung, kalian bisa melihat laman utama di sana.
  • Jika belum memiliki kode kelas dari guru bersangkutan, periksa lagi surel sekolah kalian atau bisa menghubungi gurumu untuk menemukannya di silabus kelas.

Cara Undang Murid ke Kelas Google Classroom

  • Pertama, kalian harus memastikan telah login dengan akun yang benar (biasanya hanya guru yang boleh mengundang siswa ke dalam kelas).
  • Kunjungi website resmi Google Classroom dan tekan nama kelas kalian.
  • Klik Anggota atau People.
  • Kemudian, pilih menu Invite Students dengan logo orang dengan tanda + di sebelah Siswa.
  • Silakan masukkan alamat surel alias email murid, saat diketik biasanya daftar hasilnya bakal ditampilkan secara otomatis.
  • Berikutnya, klik nama siswa untuk ditambahkan ke dalam daftar undangan yang mana langkah ini bisa dilakukan berulang kali sesuai jumlah murid bersangkutan.
  • Untuk membagikan undangan, klik Invite.

Demikian informasi seputar cara join Google Classroom yang perlu kalian tahu. Guru dan siswa mana pun harus paham dan pelahari tutorial ini selama menjalani Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di rumah. Kalian bisa melakukan absen sampai mengerjakan tugas sekolah lebih fleksibel tanpa batas apapun.

Related posts