Tulung ojo di copy ya lur...

Realme C1 vs Oppo A3S

By On Thursday, September 19th, 2019 Categories : Perbedaan Smartphone, Realme

Perbedaan Realme C1 dan Oppo A3S | Perlu diketahui bahwa Realme ini menjadi salah satu sub-brand dari OPPO yang mana keduanya tengah melejit di pasaran gadget Indonesia lur. Seperti yang kita tau, ini dikarenakan Oppo dan Realme selalu saja membenamkan piranti lunak yang sangat istimewa kecanggihannya.

Pagi ini, kami akan mengulas kedua produk vendor yang tengah populer dan akan membandingkan Realme C1 dan Oppo A3S. Mungkin, satu diantara para pembaca ada yang tengah mencari perbedaan realme c1 dan oppo a3s?

Perbedaan Realme C1 dan Oppo A3S

Perbedaan Realme C1 dan Oppo A3S | Yugatech.com

Maka ulasan ini akan kami hadirkan untuk anda agar dapat mengetahui beberapa perbedaan c1 dan a3s. Kami akan mengulas perbedaan kedua produk mulai dari desain, display, performa, harga, dan spek lainnya selengkap-lengkapnya khusus dan hanya untuk kamu ya lur.

Perbedaan Realme C1 dan Oppo A3S

Setelah sebelumnya kami sudah membandingkan antara Realme 2 dan Realme 2 Pro, untuk kali ini masih tentang salah satu produk dari Realme yang juga berteknologi yang cukup mutakhir untuk menghadapi era sekarang ini. Berikut beberapa perbedaan realme c1 dan oppo a3s yang harus kamu ketahui ya lur.

1. Perbedaan Jaringan

Diantara Realme C1 dan Oppo A3S masing-masing membawa teknologi jaringan yang sudah mumpuni dari segi kecepatan, pemembedanya yaitu:

Realme C1 vs Oppo A3S (Perbedaan Jaringan)
Realme C1Oppo A3S
Jaringan Data: 2G, 3G, 4GJaringan Data: 2G, 3G, 4G
Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspotWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot

Dari segi jaringan data maupun wifi, keduanya Realme C1 dengan Oppo A3S masih memiliki kesamaan dan belum ditemukan perbedaannya.

2. Tahun Rilis/Launching

Realme C1 dan Oppo A3S.jpg

Launching produk Realme | Kaskus.co.id

Disetiap ponsel pintar berbasis android pasti diluncurkan dalam tahun dan bulan yang berbeda. Meski terdapat kesamaan tahun dan bulan namun, untuk Realme C1 dan Oppo A3S ini memiliki perbedaan yaitu:

Realme C1 vs Oppo A3S (Perbedaan Launching)
Oppo A3SRealme C1
Diumumkan: Juli 2018Diumumkan: September 2018
Tersedia: Juli 2018Tersedia: Oktober 2018
Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Realme Q

Oppo A3S telah diumumkan pada bulan Juli lalu di tahun 2018. Namun, sepertinya memiliki proses finishing yang cukup cepat ya lur. Dikarenakan dalam jarak beberapa hari saja dari semenjak diumumkan, smartphone ini langsung bereda di pasaran.

Realme C1 sedikir berbeda dengan A3S ya lur. Tampaknya setelah diumumkannya Realme C1 di bulan September lalu, ternyata belum langsung dirilis lho. Harus nunggu selang waktu satu bulan untuk menunggu proses perilisannya di pasaran. Hal ini menjadikan konsumen sedikit penasaran untuk segera membelinya sih lur.

3. Desain Body

Realme C1 dan Oppo A3S

Launching produk Oppo | Kabarsurabaya.com

Terdapat beberapa perbedaan desain body diantara kedua ponsel Realme C1 dengan Oppo A3S ya lur, simak perbedaannya:

Realme C1 vs Oppo A3S (Perbedaan Launching)
Realme C1Oppo A3S
Dimensi: 156.2 x 75.6 x 8.2 mm (6.15 x 2.98 x 0.32 in)Dimensi:156.2 x 75.6 x 8.2 mm (6.15 x 2.98 x 0.32 in)
Berat: 168 g (5.93 oz)Berat: 168 g (5.93 oz)
Didukung: Plastic bodyBelum didukung
SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Perbedaan paling menonjol dari desain body Realme C1 dan Oppo A3S yakni terletak pada penerapan bodynya saja. Pada smartphone Realme C1 sudah menggunakan Plastic body, sementara untuk Oppo A3S belum mendukung adanya plastic body.

4. Platform

Dari segi platform Realme C1 dan Oppo A3s, tampaknya hanya terdapat 1 perbedaan saja yaitu:

Realme C1 vs Oppo A3S (Perbedaan Platform)
Realme C1Oppo A3S
OS: Android 8.1 (Oreo); ColorOS 5.2OS: Android 8.1 (Oreo); ColorOS 5.1
Chipset: Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)Chipset: Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
CPU: Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53CPU: Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
GPU: Adreno 506GPU: Adreno 506

Keduanya baik Realme C1 maupun Oppo A3S sepertinya masih saja memiliki persamaan yang nyata. Hanya ada sedikit saja perbedaannya lur, yakni hanya terletak pada perbedaan OSnya saja. Oppo A3s masih tetap menggunakan ColorOS 5.1 sedangkan Realme C1 sedikit lebih baru dengan ColosOS 5.2 nya.

Terkait:  Vivo V11 vs Vivo V11 Pro

5. Memory

Perbedaan RAM Realme C1 dan Oppo A3S | Androidayuda.com

Berikut perbedaannya:

Realme C1 vs Oppo A3S (Perbedaan Memori Internal)
Realme C1Oppo A3S
Internal: 16GB 2GB RAMInternal:
16GB 2GB RAM
32GB 3GB RAM
64GB 4GB RAM
Eksternal: microSD, up to 256 GB (dedicated slot)Eksternal: microSD, up to 256 GB (dedicated slot)

Tampak pada tabel, perbedaan yang paling signifikan terletak pada memori internal diantara keduanya. Jika Realme C1 hanya tersedia 1 versi saja yakni memakai internal memory sebesar 16GB dan didukung 2GB RAM, maka berbeda dengan Oppo A3S yang disediakan 3 pilihan versi. Yakni ada memori penyimpanan internal 16GB, 32GB, dan 64GB.  Serta untuk RAM nya sendiri terdapat 3 pilihan, yakni 2GB, 3GB, 4GB.

Memang sih, perbedaan tersebut gak terlalu menjadi pengaruh besar. Namun sangat dapat diandalkan ketika kamu memiliki smartphone dengan internal yang besar.

6. Kamera

Perbedaan Kamera Realme C1 dan Oppo A3S | Youtube.com

Dari segi kamera, keduanya hanya memiliki perbedaan pada kamera selfie saja. Simak tabel berikut:

Realme C1 vs Oppo A3S (Perbedaan Kamera Selfie)
Realme C1Oppo A3S
Resolusi: 5 MPResolusi: 8 MP
Sudah HDRBelum HDR

Lagi dan lagi, terdapat sejengkal perbedaan diantara keduanya lur. Yaitu terletak pada bagian kamera depannya. Realme C1 menggunakan kamera selfie dengan resolusi 5MP saja namun dilengkapi dengan fitur HDR. Sementara pada Oppo A3S memakai kamera depan beresolusi 8MP akan tetapi masih saja belum dilengkapi fitur HDR. Jadi, siapakah pemenangnya?

7. Baterai

Sekarang coba kita korek dalemannya, pada bagian baterai yang digunakan tampaknya keduanya memiliki perbedaan kualitas baterai. Cek tabel berikut:

Realme C1 vs Oppo A3S (Perbedaan Baterai)
Realme C1Oppo A3S
Kapasitas: Li-Ion 4230 mAh (baterai tanam)Kapasitas: Li-Ion 4230 mAh (baterai tanam)
Belum Fast ChargingFast battery charging 20W (VOOC Flash Charge)

Jika kita lihat, perbedaan terdapat pada kualitas baterainya. Dijaman sekarang ini, kita sudah sangat membutuhkan teknologi fast battery charging ya lur. Ini tentu akan menjadikan kita semakin cepat dalam hal apapun yang memakai smartphone.

Seperti misalnya, bagi kamu yang punya olshop. Tentu dengan fast charging akan membantumu dalam hal fast respon chat sehingga pelanggan tidak kabur karna telat membalas chat akibat ponsel habis baterai. 

Nah, Jika kamu menggunakan Realme C1 maka harap bersabar saja lur untuk pengecasan/charging baterainya. 😀 Berbeda jika kamu memakai Oppo A3s, ketika kamu mencharge baterai akan lebih cepat terisi penuh. Sehingga, gebetanmu pun tak akan cepat marah saat ponsel kamu habis baterai. ehe

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Realme 3

8. Harga dan Pilihan Warna

Terdapat beberapa perbedaan antar harga dan pilihan warna yang ditawarkan lur, perbedaannya ialah:

Realme C1 vs Oppo A3S (Perbedaan Baterai)
Realme C1Oppo A3S
Harga: Rp. 1.500.000Harga: 2.200.000
Varian Warna: Hitam, BiruVarian Warna: Merah, Ungu Gelap

Dengan spek yang hampir sama diantara Realme C1 dan Oppo A3S, tentu masih terdapat sedikit selisih harga yang menjadi perbedaan di keduanya lur. Memang, perbedaan harga tak akan dapat dipungkiri bahwa setiap smartphone memiliki harga yang berbeda.

Begitu juga Realme C1 dibanderol dengan harga kisaran Rp. 1.500.000 yang menargetkan konsumen dari kelas menengah kebawah. Pada harga tersebut, Realme menghadirkan varian warna C1 dengan 2 pilihan warna yakni hitam dan biru saja.

Berbeda dengan Oppo A3S, yang mana dihargai senilai Rp. 2.200.000 sehingga sudah mulai menargetkan konsumen dari kelas mengengah keatas. Di harga tersebut, Oppo juga menghadirkan 2 pilihan warna yaitu Merah dan Ungu Gelap.

Kesimpulan

Dilihat dari segala sisi, spesifikasi, fitur, dan harga. Kami tetap memilih Realme C1. Bukan karena soal harganya yang murah saja, namun perbedaan OS dan kamera yang menurut kami jadi pembandingnya. Ya, meskipun C1 ini belum support fast charging tapi tidak terlalu menjadi masalah menurut kami. Karena semua itu diganti dengan kualitas kamera dan OS terbaru yang sangat dapat diandalkan ya lur.

Cukup sekian saja ya lur untuk ulasan Perbedaan Realme C1 dan Oppo A3S yang bisa kami ulas untuk kamu lur. Perlu kamu ketahui bahwa perbedaan hp realme c1 dengan oppo a3s tersebut diatas bisa kamu jadikan sumber referensi apa saja ya, terlebih sebelum membeli kedua ponsel pintar tersebut. Ingat, bagikan info ulasan ini ke teman-teman kamu ya. Karena berbagi itu gratis melalui tombol share di bawah ini. 😀 ehe

Bagikan ke:
Realme C1 vs Oppo A3S | Bidan Review | 4.5