Home » Mengatasi » Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk

Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk

Penyebab persneling mobil tidak bisa masuk cenderung disebabkan oleh kondisi gigi keras dan berdampak buruk bagi kendaraan kesayangan anda. Umumnya bahwa anda bakal kehilangan konsentrasi lantaran gigi persneling sulit masuk.

Tak menutup kemungkinan bila kecepatannya semakin tidak terkendali dan berisiko mengakibatkan kecelakaan fatal bila anda tidak segera menangani masalah ini dimana penyebab persneling mobil tidak bisa masuk dan keras tersebut bukanlah hal sepele.

Anda perlu memperhatikan bahwa hal tersebut didasari faktor-faktor tertentu dan perlu diamati dengan seksama, tetapi biasanya akibat kelalaian dalam penanganan maupun usia kendaraan yang cukup tua.

Oleh karena itu, uraian berikut bisa menjadi rekomendasi terbaik bagi anda yang mempunyai kendaraan roda empat dan sedang mengalami kendala tersebut agar dapat mengatasi sekaligus menyelesaikan masing-masing kerusakan yang mengakibatkan persneling mobil tidak bisa masuk sama sekali.

Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk

Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk

Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk

Apa yang Membuat Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk dan Keras?

Berikut ini merupakan beberapa hal yang mengakibatkan persneling mobil tidak bisa masuk dan keras agar anda dapat mengatasinya untuk mencegah kecelakaan saat berkendara, yakni :

  1. Kabel Kopling Keras dan Macet

Penyebab persneling mobil tidak bisa masuk yang harus anda ketahui adalah kabel kopling keras bahkan macet. Tak bisa dipungkiri bahwa masalah tersebut disebabkan oleh karat bahkan keberadaan kotoran di dalam kabel kopling. Kabel yang berkarat bakal membuat jarak gesek antar kopling semakin pendek.

Dampaknya adalah kopling tidak akan terlepas secara sempurna dan roda gigi pada bagian transmisi bakal sulit berputar. Roda yang sulit berputar dengan normal akan mengakibatkan proses masuk gigi semakin keras bahkan lebih sulit.

  1. Kebocoran Fluid pada Master Kopling

Anda perlu mengetahui bahwa master kopling berperan sebagai pengubah gerakan secara mekanis dari pedal menuju tekanan hidrolik melalui saluran pipa minyak kopling.

Jika muncul kebocoran fluid alias minyak pada bagian tersebut, maka tekanan yang dihasilkan pun tidak bakal sempurna seperti biasanya.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah penyebab persneling mobil tidak bisa masuk dan keras akibat kebocoran fluid adalah pergerakan kopling tidak akan terlepas secara normal dan semakin pendek, sedangkan roda gigi transmisi bakal susah masuk gigi dan tetap berputar.

  1. Kabel Tuas Persneling Pecah

Hal selanjutnya yang menyebabkan persneling mobil tidak bisa masuk adalah kabel tuas persneling pecah.

Kerusakan tersebut biasanya terlihat pada bagian ujungnya dan anda bisa menghubungkan tuas transmisi yang berada di dalam kabin bersama selector transmisi dengan memakai kabel transmisi yang ujungnya sudah ditambahkan blushing.

Anda harus mengetahui bahwa blushing tersebut dibuat dari bahan dasar karet maupun teflon yang terlalu lama dipakai bisa berakhir rusak bahkan pecah.

Hal ini pun menyebabkan pergeseran selektor dengan tuas transmisi semakin tidak sempurna, serta gigi persneling mobil semakin sulit masuk.

  1. Kampas Kopling Habis

Faktor selanjutnya adalah kampas kopling habis dan semakin menipis sehingga gigi persneling mobil sulit masuk dan keras.

Umumnya bahwa kopling berperan dalam menyambung maupun memutus tenaga dari mesin menuju transmisi, bila kondisi tenaga putar dan mesin terputus maka sistem perpindahan gigi mobil bisa dilakukan dengan baik.

Jika koplingnya habis bahkan menipis, maka proses pemberhentian putaran gigi transmisi tidak akan berjalan efektif, bahkan saat kondisi kampas kopling yang sudah sangat habis maka giginya semakin sulit dipindahkan dan anda akan mengalami kendala saat berkendara.

  1. Sirkulasi Udara Tidak Stabil pada Jalur Pipa Master Kopling

Anda perlu memperhatikan jalur pipa master kopling yang dikenal sebagai jalur minyak untuk menyambungkan tekanan dari pedal kopling ke bagian master bawah.

Saluran tersebut harus terisi sampai penuh oleh minyak kopling, tapi pada kondisi tertentu bakal muncul sirkulasi udara yang tidak keluar dengan stabil pada jalur pipanya.

Hal ini biasanya disebabkan oleh penguapan akibat panas pada minyak kopling dan menghasilkan udara di dalam saluran tersebut lantaran saat pergantian minyaknya tidak terjadi proses bleeding alias buang angin.

Angin yang sulit keluar bakal menimbulkan tekanan yang dihasilkan pedal semakin tidak seimbang dengan tekanan yang diciptakan untuk mendorong kopling sampai terlepas sempurna, sehingga gigi persneling mobil anda semakin sulit masuk ke dalam.

Cara Mengatasi Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk

Ada solusi efektif penyebab persneling mobil tidak bisa masuk bisa ditangani dengan cepat dan mudah, salah satunya adalah mengganti kampas kopling dengan yang baru bila kondisinya sudah tipis lantaran membahayakan pengendara saat mobilnya dihidupkan.

Anda juga bisa datang ke bengkel resmi untuk mengganti beberapa komponen utama seperti karet master silinder kopling jika timbul kebocoran pada minyak kopling yang menyebabkan gigi transmisi agak sulit dipindahkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *