Cara Merekam Layar HP Oppo dengan Suara

Cara Merekam Layar HP Oppo dengan Suara

Bicara tentang cara merekam layar hp oppo dengan suara, hal ini tentu menjadi pertanyaan yang kerap ditanyakan pengguna smartphone oppo, yang mungkin sering merekam layar ketika bermain game, ataupun membuat tutorial.

Pasalnya, fitur perekam layar atau screen recording pada smartphone memang menjadi hal yang cukup penting untuk mereka yang berproduktifitas di dunia digital dengan menggunakan smartphone. Dengan adanya fitur ini, para pengguna bisa merekam layar ketika mereka membuat tutorial, atau bahkan ketika bermain game.

Biasanya juga video hasil screen record ini akan dibagikan ke platform sosial media seperti instagram, ataupun youtube, untuk kebutuhan pribadi ataupun untuk mendapatkan pundi pundi rupiah dari google adsense.

Selain ini di tengah merebaknya teknologi dan gadget yang menjadi kebutuhan primer masyarakat saat ini, tentu kita bisa menemukan banyak fitur baru yang ada di smartphone, ya salah satunya adalah screen record atau aplikasi perekam layar.

Tapi ternyata, tidak semua smartphone sudah mendapatkan fitur ini, karena memang setiap tahunnya sendiri smartphone akan mengeluarkan tipe dan juga fitur baru yang mana menggantikan versi lama dari smartphone, salah satunya adalah Oppo.

Smartphone yang berasal dari negeri Tiongkok ini memang menjadi salah satu smartphone yang banyak digunakan masyarakat di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan komunikasi mereka. Selain karena menjadi hal yang cukup penting, smartphone merk Oppo ini juga dilengkapi dengan fitur kamera dengan kualitas yang baik.

Sayangnya, untuk beberapa merk dair Oppo ini memiliki tipe yang belum support dengan fitur screen recording bawaan, terlebih pada tipe tipe lama mereka. Namun kemungkinan untuk pada tipe baru dari Oppo, kamu sudah bisa mendapatkan fitur screen recorder bawaan.

Cara Merekam Layar HP Oppo dengan Suara

Cara Merekam Layar HP Oppo dengan Suara
Cara Merekam Layar HP Oppo dengan Suara

Untuk itu, jika mungkin kamu tidak mendapatkan fitur screen recording bawaan dari hp oppo, berikut ini ada beberapa cara merekam layar hp oppo dengan suara, yang bisa menjadi alternatif untuk kamu yang ingin merekam layar ketika bermain game, ataupun membuat tutorial dengan menggunakan smartphone.

Terkait:  Oppo F7 vs Oppo F9

Apa saja cara yang bisa digunakan? Berikut ulasannya.

Cara Merekam Layar HP Oppo dengan Suara dengan XRecorder

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi XRecorder. Aplikasi ini memang cukup terkenal dan banyak digunakan para pengguna smartphone yang memang ingin melakukan screen recorder pada smartphone mereka terutama Oppo. Aplikasi screen recorder ini memiliki fitur untuk merekam suara yang bisa kamu gunakan ketika merekam layar baik ketika bermain game ataupun sekedar membuat tutorial sederhana.

Dan untuk cara merekam layar menggunakan xrecorder ini cukup mudah

  1. Silakan kamu download terlebih dahulu aplikasi xrecorder di google play store
  2. Setelah itu pastikan downloadnya sudah selesai
  3. Dan jika sudah, kamu bisa langsung membuka aplikasi xrecorder yang sudah kamu unduh tadi
  4. Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengizinkan beberapa perizinan yang dibutuhkan, baik dari penyimpanan files, microphone, dan lain sebagainya
  5. Jika sudah kamu bisa melakukan settings atau pengaturan pada aplikasi xrecorder
  6. Kamu bisa mengatur untuk FPSResolusi video dan juga Bitrate
  7. Untuk mengaktifkan perekaman suara, kamu bisa mengatur pada opsi source audio, yang bisa kamu ubah menjadi microphone, ataupun Internal

Nah, baik dari kedua source audio ini, masing masing memiliki perbedaan, di mana kalau microphone, maka screen recorder akan merekam semua audio yang bersumber dari microphone handphone ataupun microphone yang ada dari headset atau eraphone, sedangkan kalau internal, hal ini akan membantu kamu merekam suara dari game, ataupun aplikasi yang kamu rekam dari smartphone Oppo kalian.

Cara Merekam Layar HP Oppo dengan Suara dengan Mobizen

Kemudian cara yang kedua adalah kamu bisa menggunakan aplikasi Mobizen. Nah, aplikasi ini juga mirip kok dengan xrecorder, hanya saja ada beberapa fitur yang mungkin akan kamu temukan ketika menggunakan mobizen.

Terkait:  Cara Membatakan Secret Chat di Telegram

Salah satu fitur yang cukup terkenal dari aplikasi ini adalah kamu bisa merekam layar sembari merekam video wajah kamu atau face came dengan kamera depan dari ponsel oppo yang kamu gunakan. Untuk cara merekam layar hp menggunakan mobizen sendiri juga cukup mudah, kok.

  1. Silakan kamu download aplikasi mobizen secara gratis di google play store
  2. Setelah itu kamu bisa menginstall aplikasi Mobizen sampai selesai
  3. Jika sudah selesai kamu bisa membuka aplikasi mobizen dari app drawer atau list aplikasi di smartphone kalian
  4. Setelah aplikasi mobizen terbuka, kamu bisa memberikan perizinan dan juga melakukan pengaturan di aplikasi tersebut
  5. Kamu bisa mengganti source audio nya dari none menjadi internal ataupun microphone

Nah setelah berhasil melakan pengaturan pada source audio, kamu bisa langsung melakukan perekaman layar seperti biasa dengan menggunakan suara yang bersumber dari microphone ataupun internal apps yang kamu buka di smartphone.

Cara Merekam Layar HP Oppo dengan Suara dengan AZ Screen Recorder

Dan yang ketiga, kamu juga bisa menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder yang mana aplikasi ini memang tak selengkap xrecorder ataupun mobizen, namun untuk merekam layar dengan menggunakan suara, AZ Screen Recorder bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu para penguna smartphone.

Sebab aplikasi ini memiliki size atau ukuran yang tak begitu besar, dan tentu saja bisa dijalankan di semua jenis smartphone yang salah satunya adalah Oppo.

  1. Kamu bisa mendownload aplikasi AZ Screen Recorder di Google Play Store
  2. Setelah itu kamu bisa menunggu sampai installasinya selesai
  3. JIka sudah, kamu bisa membuka langsung aplikasi AZ Screen Recorder yang sudah terinstall tadi
  4. Lakukan pengaturan untuk source audio menjadi internal ataupun microphone untuk menentukan darimana sumber suara audio akan masuk dalam perekaman layar kalian
Terkait:  Cara Menghilangkan Iklan di Chrome Android (8 Langkah) Aman

Walaupun tak memiliki fitur selengkap Mobizen ataupun XRecorder, aplikasi AZ Screen Recorder ini sangat membantu para pengguna smartphone yang mungkin saja tak memiliki aplikasi screen recorder yang ada di smartphone mereka.

Cara Merekam Layar HP Oppo dengan Suara dengan Recorder Bawaan

Kemudian untuk cara yang teakhir, kamu bisa juga kok melakukan perekaman layar hp di smartphone oppo dengan menggunakan recorder bawaan. Biasanya, screen recorder bawaan oppo ini bisa kamu dapatkan pada tipe tipe terbaru dari smartphone oppo, yang memungkinkan kamu untuk melakukan perekaman layar pada smartphone kalian.

Untuk penggunannya juga cukup mudah kok

  1. Silakan kamu buka aplikasi screen recorder ataupun recorder yang memang menjadi bawaan dari smartphone oppo kalian
  2. Setelah itu kamu bisa masuk ke bagian pengaturan atau settings dari screen recorder bawaan oppo tadi
  3. Kemudian kamu bisa mengatur source audio atau sumber suara yang biasanya ada pilihan microphone ataupun internal sound
  4. Setelah itu kamu bisa langsung melakukan perekaman layar seperti biasa, hingga perekaman selesai.

Cara ini bisa menjadi alternatif yang mana memang screen recorder bawaan oppo ini sudah disesuaikan dari segi software recording atau perekam layar, sehingga hasil yang dihasilkan akan menjadi lebih baik.

Dan itulah tadi beberapa cara merekam layar hp oppo dengan suara yang bisa kamu coba. Silakan gunakan cara yang menurutmu paling mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Similar Posts