Home » Android » Cara Download Lagu Di Spotify

Cara Download Lagu Di Spotify

Bagaimana cara download lagu di Spotify? Spotify adalah platform streaming musik terpopuler di dunia. Jadi tidak heran jika layanan ini menawarkan banyak podcast dan musik yang dapat dinikmati kapan pun dan dimana pun.

Namun jika kita sedang tidak memiliki kuota internet, dan kesulitan untuk mengakses Spotify. Salah satu solusinya ialah dengan cara mengunduh lagu-lagu pilihan kita di Spotify supaya kita bisa terus menikmatinya meskipun tidak mempunyai kuota internet.

Kelebihan Spotify Premium

Spotify sendiri memungkinkan para penggunanya untuk mengunduh sebanyak 10.000 lagu lewat 5 perangkat yang berbeda. Perlu diingat, untuk mendapatkan kapasitas jumlah lagu yang diunduh, Kita harus memiliki akun premium.

Sebenarnya penggunaan Spotify sendiri pada dasarnya gratis, namun pengguna harus melakukan upgrade akunnya menjadi premium. Selain kuota lagu yang diunduh lebih banyak, akun Spotify premium juga bisa mendengarkan musik tanpa iklan, dapat memutar lagu favorit apa saja, bisa mengunduh lagu, dan melewati musik atau lagu tertentu yang tak ingin didengar. Dengan demikian, para pengguna bisa memutar musik/lagu tanpa jaringan internet.

Kelebihan Platform Spotify Lainnya

Mendengarkan lagu secara streaming di Spotify sudah tentu sangat menyenangkan, hanya saja jika kita bukan pemilik akun premium harus online agar bisa memanfaatkan layanan ini. Bagi penggunna yang layanan internetnya masih terbatas, tentu akan lebih mudah jika menikmati musik yang berformat MP3 dan telah tersimpan di memory card agar bisa mendengarkan musik saat offline.

Apalagi jika lagu-lagu tersebut diunduh di Spotify secara langsung. Hal ini dikarenakan, lagu Spotify sendiri tersedia dengan kualitas lebih baik dibandingkan mengunduh di situs-situs download musik lainnya atau di layanan streaming musik yang lainnya.

Lalu, Bagaimana Cara Download Lagu di Spotify?

Namun kini pertanyaannya, bagaimana cara mengunduh lagu di platform ini untuk menyimpan musik-musik tadi dalam perangkat kamu? Hal ini tentu saja memerlukan sedikit usaha sebab tidak tersedia fitur untuk mengunduh lagu dari Spotify secara langsung.

Dalam artikel ini, Kami akan membagian tutorial cara download lagu di Spotify dengan mudah, baik di perangkat smartphone maupun PC kamu. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini!

Cara Download Lagu Di Spotify

Cara Download Lagu Di Spotify

Download Lagu Di Spotify

Untuk dapat mendownload lagu di Spotify, ada beberapa metode dan tahapan yang dapat dilakukan menggunakan smartphone atau laptop dan PC. Keduanya bisa dilakukan dengan atau tanpa aplikasi.

Cara Download Lagu Di Spotify Android

Nah bagi kamu pengguna android, bisa melakukan download lagu di Spotify secara legal dengan menggunakan aplikasi bantuan atau tanpa aplikasi bantuan. Kedua metode untuk mengunduh lagu dan podcash Spotify via android ini sangat mudah dilakukan.

Download Lagu Di Spotify Android Tanpa Aplikasi

Metode awal, kita bisa melakukan download lagu di Spotify android tanpa hadirnya aplikasi tambahan yang mungkin menjadikan memory kita penuh. Bagaimana caranya?

1. Pastikan kamu Berlangganan Spotify Premium.

Koleksi lagu dan podcash di Spotify hanya bisa didownload oleh pengguna premium. Dengan berlangganan Spotify Premium, kita bisa mendengarkan semua koleksi lagu Spotify diluar jaringan.

Satu lagi, lagu pada Spotify Premium harus didownload menggunakan jaringan WiFi. Karenanya kita tidak dapat download Spotify melalui jaringan data seluler.

2. Buka aplikasi Spotify.

Sebelum dapat mendownload lagu atau podcash di Spotify, tentu saja kita harus membuka aplikasi Spotify terlebih dahulu. Bagi yang belum punya aplikasinya, bisa download melalui Play Store atau bisa klik disini untuk install aplikasi Spotify.

Setelah aplikasi terbuka, kamu bisa langsung melakukan Login menggunakan akun Spotify kamu. Atau bagi yang belum punya akun bisa langsung Daftar untuk mulai memiliki akun.

3. Tekan menu Your Library.

Setelah login, kamu bisa langsung menuju menu Your Library. Letaknya berada di pojok kanan bawah.

4. Pilih Playlists

Tahap selanjutnya yaitu kamu harus menekan tombol pilihan Playlists. Setelah itu, Spotify akan menampilkan daftar-daftar putar lagu dan podcash yang dapat dipilih. Kamu juga dapat memilih Albums di halaman tersebut.

Bagi kamu yang ingin mengunduh setiap lagu yang ada di pustaka pada perangkat Android, sentuh opsi Songs, lalu skip ke tahap berikutnya.

5. Pilih Daftar Putar Lagu

Masih berada di halaman Playlists, tekan daftar putar beserta lagu-lagu kamu inginkan untuk diunduh. Bagi yang membuka Albums, bisa memilih album siapa yang ingin didownload.

6. Tekan tombol peralihan Download

Tombol peralihan download terletak pada pojok kanan atas, warna defaultnya abu-abu hitam. Alihkan dengan menekannya hingga berubah menjadi warna hijau untuk mulai download ke aplikasi Spotify seluler.

Saat lagu usai didownload, ikon panah ke bawah akan muncul di sampingnya.

7. Dengarkan Musik Spotify Tanpa Internet (Offline)

Sekarang kamu bisa mendengarkan lagu yang telah didownload secara offline tanpa harus mngaktifkan jaringan data seluler dan WiFi.

Download Lagu Di Spotify Android dengan Aplikasi

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi bantuan untuk mendownload lagu Spotify ke android, kita bisa memakai aplikasi Telegram dan meminta bantuan bot chat Spotify Music Downloader. Bagaimana caranya?

1. Copy Link Url Lagu Spotify

Sebelum mulai menggunakan Telegram untuk download lagu & podcash Spotify, kamu harus mengcopy tautan/link lagu yang ada di Spotify.

Caranya:

  • Buka Spotify.
  • Pilih lagu yang ingin didownload.
  • Tekan icon titik tiga yang berada disebelah kanan nama lagu.
  • Tekan tombol ShareCopy Link.

2. Download dan Install Aplikasi Telegram

Tentu saja, langkah awal yang harus dilakukan ialah kita harus memiliki aplikasi Telegram untuk dapat langsung mendownload lagu Spotify. Bagi yang belum punya aplikasi Telegram bisa mendownload dan install langsung kesini.

Setelah aplikasi Telegram diinstal, kamu bisa langsung membuka aplikasi Telegram. Selanjutnya kamu harus Login menggunakan akun Telegram kamu. Jika belum punya akun, kamu bisa membuat akun Telegram terlebih dahulu lur.

3. Cari Bot Spotify Music Downloader

Selanjutnya, kamu harus mencari si bot Spotify Music Downloader. Tekan gambar kaca pembesar (opsi pencarian) yang terletak dibagian pojok kanan atas di Telegram.

Ketikkan saja “Bot Spotify Music Downloader”. Atau, kamu bisa langsung klik disini untuk langsung diarahkan kesana.

4. Tekan Tombol Start

Setelah ketemu atau dalam mode chat dengan bot Spotify, Langsung saja tekan Start.

5. Paste Link Lagu Spotify

Lalu, pastekan tautan/link lagu Spotify yang tadi sudah dicopy pada kolom chat dengan bot Spotify. Lalu kirimkan pesan chat tersebut ke bot Spotify dengan menekan tombol Kirim/Send. Tunggu beberapa detik, bot akan mengirimkan balasan chat yang berisi tautan untuk didownload.

6. Download Lagu Spotify Favoritmu

Setelah chat balasan dari bot Spotify dikirimkan, kamu bisa langsung menekan tombol Download (bergambar panah kebawah) pada lampiran chat. Kemudian lagu akan langsung terdownload ke ponselmu secara otomatis.

Bagi pengguna iPhone, tekan panah yang ada di kanan bawah layar lalu ketuk ikon “Share” atau “Bagikan”. Dan, terakhir, ketuk “Save to File” untuk mengunduh lagu.

Cara Download Lagu Di Spotify PC

Metode kedua, diperuntukkan bagi pengguna PC Desktop/Laptop. Kamu juga bisa mendownload lagu Spotify dengan sangat mudah. Caranya adalah seperti ini…

  • Kamu harus menjadi member Spotify Premium untuk dapat mengunduh lagu Spotify. Hal ini dikarenakan, Spotify mode offline (tanpa jaringan internet) hanya bisa dinikmati oleh pengguna Spotify Premium. Selain itu, kamu juga diharuskan untuk mendownload lagu Spotify menggunakan jaringan WiFi.
  • Buka Spotify. Bisa menggunakan aplikasi windows ataupun website www.spotify.com.
  • Login ke akun Spotify kamu. Jika belum punya akun, bisa melakukan pendaftaran akun Spotify baru.
  • Pilih daftar putar lagu. Tekan Playlists lalu klik pada nama daftar putar yang ingin didownload. Sangat disayangkan bagi pengguna aplikasi Spotify desktop belum dapat mengunduh album.
  • Klik tombol peralihan Download yang semula berwarna abu hitam. Lalu klik untuk mengalihkan dan menjadikannya warna hijau.
  • Setelah lagu selesai terdownload, icon panah kebawah akan muncul dibagian sisi kanan.
  • Selanjutnya, kamu dapat mendengarkan lagu Spotify yang sudah didownload kapanpun secara offline (tanpa internet).

Berakhir sudah pembahasan mengenai cara download lagu di spotify (smartphone dan laptop) secara mendetail dan lengkap. Jika ada pertanyaan, atau sekedar mau menambahkan silahkan berkomentar dibawah ya lurs. Jangan lupa bagikan artikel ini untuk dapet info menarik setiap hari 😉

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *