Cara Kunci 4G HP Realme

Cara Kunci 4G HP Realme

Bagi pemilik HP Realme yang mengalami kendala dalam akses sinyal 4G tidak perlu khawatir. Karena ada cara khusus untuk membuat sinyal 4G di HP Realme stabil, yaitu dengan menguncinya. Cara kunci 4G HP Realme diketahui sangatlah mudah dan aman.

Fitur mengunci sinyal seperti ini umum ditemukan pada HP Android termasuk Realme. Akan tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua varian produk Realme dibekali pengaturan untuk mengunci 4G. Hal ini dikarenakan perangkat yang bisa melakukan cara ini tentunya yang telah mendukung sinyal 4G.

Apa itu Mengunci Jaringan 4G LTE?

Mengunci koneksi 4G adalah salah satu cara agar sisttem pada HP menolak sinyal lain kecuali sinyal 4G LTE. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat jika memiliki banyak kuota internet 4G LTE.

Seperti yang diketahui, paket internet 4G banyak ditawarkan oleh operator seluler tanah air karena menawarkan kecepatan internet yang bagus. Hanya saja, tidak semua daerah bisa memperoleh jariingan 4G LTE yang optimal. Itulah sebabnya, terkadang dialihkan menjadi koneksi 3G atau 2G.

Dengan mengunci jaringan 4G LTE ketika membutuhkan akses internet stabil, maka kecepatan internet tidak akan tiba-tiba berubah menjadi internet 3G yang notabene jauh lebih lambat.

Cara Kunci 4G HP Realme

Cara Kunci 4G HP Realme
Cara Kunci 4G HP Realme

Alasan mengapa cara ini banyak dicari karena ingin mendapatkan akses internet yang lebih stabil. Sinyal 4G yang berubah-ubah ke 3G atau bahkan 2G tentunya sangat tidak nyaman terutama bagi kamu yang memiliki kebutuhan koneksi tingkat tinggi.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Realme 3 Pro

Adanya dukungan 4G pada HP Realme merupakan keunggulan tersendiri. Koneksi internet akan semakin cepat jika sinyal 4G lancar.

Apabila lokasi tempat kamu tinggal telah mencakup sinyal 4G, maka segala aktivitas yang memerlukan internet akan berjalan lancar tanpa kendala. Dengan begitu, kamu mungkin tidak memerlukan cara ini. Sebaliknya, jika sinyal di tempat kamu tinggal cenderung berubah-ubah kadang kuat dan kadang lemah, maka kamu perlu mencoba untuk mengunci sinyalnya.

Lalu, bagaimana cara melakukannya? Untuk tahu bagaimana cara mengunci sinyal 4G di HP Realme, simak tips dan panduannya berikut ini.

Cara Kunci 4G HP Realme Melalui Pengaturan

Dalam mengunci 4G di Realme bisa dilakukan dengan beberapa metode. Cara yang pertama ini adalah yang paling mudah dibandingkan dengan lainnya. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, masuk ke menu Settings/ Pengaturan pada Realme.
  • Selanjutnya, klik menu Dual SIM & Cellular Network.
  • Cara Kunci 4G HP Realme
    Cara Kunci 4G HP Realme
  • Pilih kartu SIM mana yang ingin dikunci sinyal 4G, lalu klik opsi Preferred network type.
  • Kemudian, ubah pengaturan koneksi 4G atau LTE Only ke 4G.
  • Hanya saja, pengaturan 4G atau LTE Only ini hanya mendukung ponsel Android keluaran lama. Pada ponsel Android keluaran lama hanya tersedia menu pengaturan otomatis untuk 4G/3G/2G.

Untuk alternatifnya, kamu bisa mengunci koneksi menggunakan mode pengujian dengan memasukkan kode tertentu pada menu dial pad untuk memeriksa nomor IMEI.

Cara Kunci 4G HP Realme Menggunakan Mode Pengujian Jaringan

Berikut langkah-langkah menggunakan mode pengujian jaringan pada HP Realme untuk mengunci jaringan.

  1. Pertama, buka menu dialpad
  2. Lalu, masukkan kode jaringan sesuai perangkat.
  3. Apabila telah masuk pada halaman Phone Information, ubahlah Set Preferred Network type ke LTE Only.
  4. Perlu diketahui, mode pengujian untuk setiap perangkat Realme itu berbeda-beda. Kamu bisa mencoba kode *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#* disesuaikan dengan model HP yang digunakan.

Namun, jika mode pengujian jaringan tetap tidak bisa dibuka dengan kode tersebut, maka solusi lain yang bisa digunakan adalah dengan aplikasi pihak ketiga.

Cara Kunci 4G HP Realme dengan Aplikasi

Mengunci jaringan 4G di HP Realme bisa dilakukan lewat aplikasi jika gagal saat menggunakan kode pengujian.

Aplikasi yang kamu gunakan sebenarnya merupakan pengganti kode untuk menampilkan pengaturan mengunci jaringan 4G di HP Realme ataupun merek lainnya.

Nantinya setelah selesai digunakan untuk mengunci jaringan 4G, kamu bisa kembali meng-uninstall aplikasinya dan jaringan tetap terkunci. Akan tetapi, untuk mengembalikan ke pengaturan awal tetap membutuhkan aplikasinya. Jadi, itu pilihan kamu untuk tetap membiarkan aplikasi atau menginstalnya setelah selesai digunakan.

Sementara itu, panduan mengunci sinyal 4G di HP Realme dengan aplikasi adalah sebagai berikut.

  1. Buka Playstore dan cari aplikasi bernama Force LTE Only 4G/5G, lalu klik install.
  2. Buka aplikasinya setelah berhasil terpasang di HP.
  3. Centang kolom Accept Usage Policy, dan klik Get Started.
  4. Setelah itu, pilih menu methode 1 untuk Android versi 10 ke bawah atau klik opsi methode 2 untuk Android 11.
  5. Pada menu indeks yang berada di bagian atas, pilih phone 0 untuk SIM 1 & phone 1 untuk SIM 2.
  6. Untuk pengaturan jenis jaringan, pilihlah opsi LTE Only.
  7. Tutup aplikasi Force LTE.

Selanjutnya, untuk memeriksa apakah sudah berhasil atau belum, kamu dapat melakukan panggilan telepon atau mengecek saldo pulsa.

Apabila kamu tidak dapat melakukan kedua hal tersebut maka telah berhasil.

Sedangkan untuk mengembalikan ke pengaturan semula, kamu bisa membuka aplikasi dan atur jaringan dengan memilih menu GSM/WCDMA/LTE ( PRL ).

Cara Kunci 4G HP Realme Melalui Mode Engineer

Cara lain yang juga bisa kamu coba untuk mengunci sinyal 4G di Realme adalah melalui Mode Engineer. Begini langkah-langkahnya:

  1. Buka menu dialpad/ telepon, lalu ketik format kode *#800#.
  2. Kemudian, geser layar ke kiri hingga masuk ke halaman Telephone.
  3. Pilih menu Network selecting, lalu pilih SIM yang ingin diatur.
  4. Pada bagian Set preferred network type, atur menjadi LTE Only.

Kamu bisa memilih caracmana yang menurutku paling mudah dalam mengunci jaringan 4G di HP Realme. Akan tetapi, ada yang harus kamu ketahui bahwa ketika jaringan kamu kunci dan ubah ke LTE Only, maka kamu tidak dapat melakukan panggilan telepon atau SMS. Karena Hal tersebut memerlukan jaringan 2G atau 3G.

Kelebihan dan Kekurangan Penguncian Jaringan 4G

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa daftar kelebihan dan kekurangan cara mengunci jaringan 4G di Realme berikut ini.

Kelebihan utamanya tentu koneksi internet menjadi lebih stabil dan semakin lancar. Kamu bisa browsing internet hingga streaming video di berbagai platform dengan aman tanpa adanya buffering.

Meski demikian, ada beberapa kekurangan apabila kamu mengunci sinyal 4G. HP kamu akan cepat habis baterainya dan cepat panas. Pasalnya, sistem dipaksa untuk terus menangkap kekuatan jaringan dengan optimal yang membuatnya bekerja lebih keras. Selain itu, cara ini hanya bisa diaplikasikan pada daerah yang telah tersedia jaringan 4G. Mengaktifkan fitur mengunci sinyal ini juga membuat penggunaan kuota semakin boros. 

Apabila ingin meminimalisir kekurangan ini, maka kamu dapat melakukan pengaturan ulang, yakni mengubah jaringan ke menu LTE/GSM Auto PRL.

Siapa yang cocok menggunakan fitur satu ini? Sepertinya hampir sebagian besar orang yang mengalami sinyal lemot membutuhkan tips ini. Dengan koneksi yang stabil, maka segala hal yang berhubungan dengan koneksi internet akan lancar.

Bagaimana, apakah kamu tertarik ingin mencoba salah satu dari ketiga cara kunci 4G HP Realme di atas?

Similar Posts