Cara Melacak Hp Realme

Apakah kamu sering lupa menyimpan hp Realme kesayanganmu? Bingung cara melacak Hp Realme dan menemukannya? Tenang, kamu bisa baca tulisan ini sampai selesai untuk tau tipsnya. Check it out!

HP Realme menjadi salah satu pilihan masyarakat Indonesia saat ini. Peminatnya terus membludak disetiap tahunnya karena merek ponsel satu ini selalu menawarkan fitur-fitur baru dan menarik.

Read More

Sebagai pengguna Realme, kamu mungkin lupa dimana meletakkan ponsel kamu terakhir kali. Hal ini bisa menjadi merepotkan jika kamu butuh ponsel tersebut dalam keadaan mendesak.

Mengingat kecanggihan teknologi saat ini, ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk menemukan hp Realme yang hilang. Jadi, ketika menyadari ponsel kamu menghilang, tetap tenang dan jangan panik. Kecanggihan teknologi akan membantu masalah ini dengan baik.

Berdasarkan protect user privacy yang dikeluarkan oleh perusahaan Realme, pihak Realme tidak menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk melacak maupun menemukan perangkat Realme yang hilang. Meski begitu, masih ada aplikasi pihak ketiga mampu membantu kamu menemukan dan melacak posisi ponsel Realme yang hilang.

Cara Melacak Hp Realme

Cara Melacak Hp Realme
Cara Melacak Hp Realme

Lalu, cara apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mencari ponsel Realme yang hilang? Berikut ini beberapa cara yang direkomendasikan untuk kamu coba jika hp Realme hilang:

Melacak Hp Realme via Nomor IMEI

Salah satu cara untuk melacak keberadaan ponsel Realme adalah dengan menggunakan Nomor IMEI. IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah 15 digit nomor unik yang ditemukan di setiap telepon. Nomor ini adalah sertifikat identitas untuk telepon yang kamu beli dan tidak dapat diubah. Umumnya, IMEI terletak dibelakang kemasan box hp.

Setiap kali kamu membeli telepon baru, kamu dapat memeriksa IMEI di kotak atau di dalam fungsi Pengaturan. Sangat penting dan berguna untuk mencatat dan menyimpan nomor ini dengan aman karena dapat digunakan di masa mendatang jika ponsel hilang atau salah tempat.

Nomor ini dapat digunakan oleh polisi untuk menemukan ponsel kamu yang hilang atau salah tempat. Bahkan dengan SIM yang berbeda, saat panggilan dilakukan, nomor IMEI membantu polisi melacak ponsel ke menara ponsel yang tepat atau terdekat.

Terkait: Cara Menggunakan Headset Bluetooth Realme

Meski IMEI dapat digunakan untuk melacak ponsel yang hilang, nomor ini juga dapat dirubah oleh pencuri jika kamu tidak segera menghubungi polisi dan meminta mereka melacak segera melacak ponselmu. Dan jika ini terjadi, hampir tidak mungkin menemukan ponsel yang hilang.

Nomor IMEI

Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk melacak hp Realme yang hilang menggunakan IMEI dan bantuan gerai operator Realme:

  1. Jika telah mendapat nomor IMEI, hubungi call center operator.
  2. Atau segera mendatangi gerai operator penyedia jaringan.
  3. Beritahukan nomor IMEI dan nomor ponsel Anda ke pihak operator.
  4. Petugas akan membantu melacak dengan dua nomor tersebut.
  5. Namun, cara ini hanya bekerja jika ada koneksi internet / ponsel menyala.
  6. Proses pelacakan HP Realme telah selesai

Adapun jika meminta bantuan pihak berwajib atau polisi dalam menemukan ponselmu, kamu dapat melakukan tahapan yang sama seperti langkah-langkah diatas. Tapi sebelum itu, kamu akan diminta membuat surat keterangan hilang dan dimintai beberapa informasi kapan dan dimana kira-kira ponsel tersebut hilang.

Melacak Hp Realme via Fitur Find My Device Google

Setiap pengguna hp Realme tentunya memiliki akun Google. Pasalnya, akun ini seringkali digunakan untuk mendaftar ke berbagai aplikasi di ponsel tak terkecuali Realme. Dengan menggunakan Google Map, pengguna Realme juga dapat melacak lokasi ponsel mereka. Tapi sebelum itu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pengguna:

  • Hp Realme dalam keadaan menyala.
  • Akun Google pada hp Realme dalam keadaan signed in.
  • Hp dalam keadaan terkoneksi mobile data atau Wi-Fi.
  • Lokasi map di hp pada posisi menyala.
  • Fitur Find My Device dalam kondisi menyala.

Setelah syarat diatas terpenuhi, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menemukan hp Realme milikmu yang hilang:

  1. Log in dan masukkan password Gmailmu. Pergi ke https://www.google.com/android/find dan masukkan ID Gmail yang sama dengan yang kamu gunakan di hp Realme yang hilang. Kemudian klik Berikutnya.
  2. Temukan perangkat kamu. Pada layar Find My Device, pilih jenis perangkat yang ingin kamu temukan. Di peta, kamu akan mendapatkan info tentang lokasi hp.Catatan:
    • Lokasi yang ditampilkan pada layar adalah perkiraan dan mungkin tidak akurat.
    • Jika hp kamu tidak dapat ditemukan, kamu akan melihat lokasi terakhir yang diketahui, jika tersedia.
    • Jika perangkat kamu tidak muncul dalam daftar perangkat, berarti fitur Find My Device atau Temukan Perangkat Saya belum diaktifkan.
    • Jika perangkat kamu ada dalam daftar perangkat, tetapi tidak ada informasi lokasi, mungkin hp kamu tidak dihidupkan (dalam keadaan mati) atau berada pada kondisi tanpa koneksi jaringan internet.
  3. Play Sound. Saat perangkat atau hp sudah berada di dekat kamu, kamu bisa membuatnya mengeluarkan nada keras sehingga lebih mudah ditemukan. Klik Play Sound atau Putar Suara.
  4. Mengunci Perangkat. Mengunci ponsel kamu dengan PIN, pola, atau sandi. Jika kamu tidak menguncinya (ponsel Realme), kamu dapat mengaturnya. Untuk membuat seseorang mengembalikan ponsel kepada kamu, kamu dapat menambahkan pesan atau nomor telepon ke layar kunci ponsel Realme.
  5. Hapus Data HP Realme. Jika kamu yakin bahwa ponsel Realme milikmu telah dicuri, maka kamu dapat menghapus data dari perangkat (ponsel Realme) agar data yang ada tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Terkait: Cara Kunci 4G Realme C15

Melacak Hp Realme via Aplikasi Life360 Family Locator

Meskipun menggunakan pelacak perangkat bawaan Google umumnya merupakan cara termudah untuk menemukan Android yang hilang, kamu juga dapat menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga untuk menemukannya.

Aplikasi pihak ketiga juga nyaman digunakan terutama jika Anda memiliki anak kecil di rumah yang sudah memiliki ponsel pribadi. Dengan menginstal aplikasi pihak ketiga di telepon, kamu akan dapat memastikan mereka aman setiap saat (melacak lokasi anak kecil), bahkan ketika mereka tidak di rumah.

Salah satu aplikasi pihak ketiga paling populer dalam melacak ponsel Android yang hilang adalah Life360 Family Locator. Kamu dapat mengunduh aplikasi ini di Google Play Store dan menggunakan pencari GPS untuk saling mengikuti secara real-time.

Meskipun aplikasi ini berbayar, banyak pengguna yang merasa puas dan tidak keberatan untuk membayar karena fitur-fitur yang ditawarkan sesuai dengan harga yang diberikan. Kamu juga dapat berbagi lokasi dengan anggota keluarga jika akan bepergian ke daerah yang tidak aman. Life360 juga tersedia di iPhone sehingga jika kamu ingin tetap terhubung dengan anggota keluarga atau teman yang menggunakan iPhone.

So, bagaimana cara menggunakan aplikasi Life360 Family Locator? Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Download aplikasi Life360 Family Locator di Google Play Store.
  2. Klik Get Srarted untuk memulai mendaftar akun.
  3. Masukkan nomor ponsel kamu kemudian klik Continue.
  4. Masukkan nama depan dan nama belakang kemudian klik Continue.
  5. Masukkan alamat email aktif kemudian klik Continue.
  6. Buat password untuk membuka akun, kemudian klik Continue.
  7. Selanjutnya kamu akan dialihkan ke halaman baru yang berisi pop up bahwa semua data berhasil direkam system. Klik Continue untuk membuat circle atau mengikuti circle yang sudah ada.
  8. Jika kamu ingin mengikuti circle yang sudah ada, maka masukkan kode circle kemudian klik Submit.
  9. Namun jika kamu baru akan membuat circle sendiri, maka klik Create a new Circle.
  10. Buat nama untuk circle kamu kemudian klik Continue.
  11. Sistem akan otomatis memberikan kode untuk circle milikmu.
  12. Klik Share code untuk membagikan kode kepada anggota keluarga atau teman yang ingin kamu berbagi lokasi real-time.
  13. Klik I’m done sharing jika sudah berhasil membagikan kode.
  14. Masukkan jenis posisi kamu dalam circle tersebut. Apakah sebagai seorang orang tua, teman, pasangan, dan lain sebagainya.
  15. Masukkan foto dengan klik Add your photo kemudian klik Continue.
  16. Atau klik Skip jika kamu tidak ingin menambahkan foto.
  17. Izinkan aplikasi Life360 Family Locator untuk mengakses Lokasi dan Physical Activity, kemudian klik Continue.
  18. Klik Continue lagi di halaman selanjutnya, kemudian tambahkan lokasi rumahmu dan klik Save.
  19. Selanjutnya kamu akan dialihkan ke halaman payment. Untuk penggunaan 7 hari pertama kamu akan diberikan gratis sedangkan selanjutnya bayar.
  20. Klik ikon panah kebawah kemudian undang orang-orang yang akan kamu ajak bergabung ke circle. Selesai dan kamu bisa melacak semua orang yang masuk kedalam circle.
Terkait: Cara Scan Barcode di Realme

Demikian beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk melacak Hp Realme dimana pun dan kapanpun. Cara melacak Hp Realme ini juga bisa kamu gunakan di Hp android merek lainnya. So, selamat mencoba!

Related posts