Home » Listrik » Cara Menghemat Energi Listrik

Cara Menghemat Energi Listrik

Apakah kamu saat ini sedang boros listrik? Ingin tau cara menghemat energi listrik yang paling mudah? Simak ulasan berikut ini hingga akhir, maka kamu pasti bisa hemat energi listrik.

Suatu teknologi yang sering kita gunakan setiap hari adalah teknologi yang bergerak dengan berbagai macam energi. Dengan adanya teknologi ini, maka tentunya akan dapat digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Misalnya seperti motor, mobil, peralatan elektronik rumah tangga, dan semacamnya.

Biasanya suatu jumlah energi pun juga tergantung pada populasi manusia di dunia. Sehingga energi listrik, air, bahan bakar, dan lainnya akan selalu digunakan setiap hari. Biasanya, manusia tidak sadar bahwa mereka sudah menggunakan energi secara berlebihan, padahal kamu bisa meminimalkannya.

Bicara tentang energi, ada kaitannya erat dengan listrik. Tanpa listrik, manusia bisa apa? Nah, hampir semua kegiatan manusia membutuhkan adanya listrik.

Menjadi suatu sumber energi yang sering digunakan, maka kamu perlu tau cara menghemat energi listrik. Biasanya semakin modernnya jaman, semakin sering pula kita menggunakan energi listrik.

Tapi, apakah kamu pernah berpikir, bagaimana kalau energi listrik ini habis? Ya, suatu sumber energi juga pasti lama kelamaan akan habis juga. Sudah seharusnya kita sadar dari awal untuk bisa menggunakan energi listrik sewajarnya. Nanti pada artikel ini akan dibahas cara menghemat energi listrik, simak terus ya!

Energi Listrik

Yang sering kita keluhkan dalam penggunaan listrik, yaitu tagihannya. Kadang kita kaget kenapa tagihan bisa sebanyak itu, tanpa kita sadar bahwa memang kita telah menggunakan banyak energi listrik.

Dari mulai lampu rumah, mengecas gadget, menghidupkan televisi, menggunakan AC nonstop atau tipas angin, padahal hal-hal itu bisa diminimalkan dengan baik.

Terlepas orang kaya atau tidak, jika tagihan listrik melonjak tentu kamu pun akan merasa kaget. Karena banyak ditemukan, bahwa tagihan didalam rumah yang paling tinggi adalah tagihan energi listrik.

Kamu merasa rugi kah? Jika beberapa orang sudah bisa menghemat listriknya, maka buktikan bahwa kamu juga bisa!

Manfaat Menghemat Energi Listrik

Dengan kita menghemat energi, maka kita dapat menyelamatkan dua kemungkinan. Yaitu yang sudah dijelaskan tadi, dapat mengurangi tagihan listrik, dan satunya lagi kamu dapat memperpanjang keberlangsungan energi listrik tersebut.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat energi listrik. Bisa kita mulai dengan cara-cara yang sederhana.

Tidak perlu menyuruh orang lain untuk menghematnya, harusnya hal itu dimulai dari diri kita sendiri. Yang nantinya orang lain akan mencontoh perilaku kita.

Khususnya untuk anak-anak, yang biasanya sering mengecas hp, atau tidak bisa kalau tidak menggunakan AC, serta yang punya hobi nonton tv lama.

Memang mereka pun belum memiliki tanggung jawab untuk membayar tagihan listrik. Namun juga perlu dilatih supaya dapat memikirkan orang lain, dan tidak merepotkan sesama.

Sepertinya penjelasan-penjelasan di atas sudah cukup menyadarkan kalian akan pentingnya menghemat energi listrik, ya. Selanjutnya yuk langsung aja kita bahas tentang cara menghemat energi listrik berikut!

Cara Menghemat Energi Listrik

Cara Menghemat Energi Listrik

Menghemat Energi Listrik

Cara menghemat energi listrik sangatlah mudah dilakukan siapa saja. Sebenarnya, ada banyak metode yang bisa dipakai. Kami telah menemukan dan merangkum tips dan cara untuk dapat menghemat penggunaan listrik di rumah. Adapun metode yang bisa dicoba adalah sebagai berikut.

1. Matikan Alat Listrik yang Tak Terpakai

Pertama, matikan saja alat listrik yang tak terpakai. Jika sudah tak digunakan lagi, kamu bisa mulai dengan yang termudah yaitu mematikan alat listrik seperti TV dan lampu.

Selain itu, kamu juga bisa mematikan alat listrik lainnya yang tak diperlukan lagi agar lebih menghemat penggunaan listriknya.

2. Gunakan Barang Elektronik dengan Kapasitas Secukupnya

Jika kebutuhan barang elektronik di rumah kamu cukup banyak, maka mulailah untuk memilih barang elektronik dengan kapasitas secukupnya saja.

Kamu bisa pilih barang elektronik yang kapasitasnya sesuai kebutuhan. Misalnya saja, Jika biasanya kamu mencuci pakaian kurang dari 4 kg, maka jangan beli mesin cuci dengan kapasitas 8 kg. Itu pemborosan! Atau jika kamarmu memiliki ukuran 3×4 meter persegi, maka memilih AC 1 PK sudah lebih dari cukup kapasitasnya.

3. Gunakan Token Listrik Sistem Pulsa

Meteran listrik dengan sistem pulsa saat ini telah banyak digunakan pada setiap rumah, pun demikian dengan rumah kamu bukan?

Meteran listrik pulsa memakai sistem prabayar, dimana besar kecilnya penggunaan listrik dapat diatur dan ditentukan sendiri oleh pengguna di awal.

Secara tak langsung, pemakaian listrik dengan token pulsa akan sedikit memaksa pengguna untuk lebih bijak dalam menghemat pemakaian listrik dirumah.

Sehingga, hal ini bisa jadi faktor pendukung untuk menghemat listrik dirumah kamu.

4. Pakai Lampu Hemat Energi

Tips untuk menghemat energi listrik selanjutnya, kamu bisa mulai beli dan pakai lampu hemat energi. Jika tak tau dimana yang jual, lampu jenis ini telah banyak dijual di banyak ecommerce Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Pasalnya, lampu jenis CFL (compact fluorescent light) dan LED (light emiting diode) memakai daya listrik yang jauh lebih kecil dibanding lampu filament (lampu kawat pijar). Padahal, daya keterangan yang dihasilkannya sama saja.

5. Pakai Alat Elektronik yang Hemat Listrik

Produsen alat elektronik masa kini telah berinovasi menciptakan produk dengan teknologi mutakhir yang lebih ramah energi listrik.

Untuk itu, kamu bisa beli dan pakai alat elektronik dengan teknologi hemat listrik sesuai kebutuhan.

6. Buka Gorden dan Jendela di Siang Hari

Jika mungkin di siang hari kamu masih menyalakan lampu, mulailah mengganti cahaya lampu dengan cahaya matahari secara langsung. Hal ini justru akan lebih menghemat penggunaan listrik dirumah.

Bukalah gorden beserta jendelanya sekalipun untuk mendapatkan pencahayaan yang lebih maksimal dari sinar matahari di pagi dan siang hari.

7. Kurangi Penggunaan Alat Listrik

Selanjutnya, jika kamu ingin menghemat penggunaan energi listrik maka mulailah kurangi penggunaan alat listrik dirumah.

Beberapa pekerjaan dengan bantuan alat listrik dan elektronik bisa juga dilakukan secara manual. Misalnya, haluskan bumbu masak tanpa blender, kocok telur tanpa mixer, keringkan rambut tanpa hair dryer, dan lainnya.

8. Cabut Kabel Peralatan Elektronik Saat Tak Terpakai

Jika mungkin kamu terbiasa meninggalkan charger ponsel masih terhubung ke stop kontak meski dalam kondisi tak terpakai, maka mulailah untuk segera mencabutnya saat sudah tak lagi dipakai.

Pasalnya, charger yang masih menempel di stop kontak masih mengalirkan energi listrik. Sehingga, hal ini justru akan terbuang sia-sia yang menghasilkan pemborosan listrik.

9. Minimalkan Penggunaan Dispenser

Selanjutnya, kamu bisa memulai untuk meminimalisir penggunaan dispenser dirumah. Artinya, jangan biarkan dispenser terhubung dengan stop kontak secara terus menerus.

Jika dimalam hari atau saat sudah tak lagi digunakan, kamu bisa cabut kabelnya dari stop kontak agar tak mengalirkan energi listrik.

10. Gunakan Kulkas dengan Bijak

Kulkas membutuhkan konsumsi daya energi listrik yang cukup besar, maka dari itu kita harus lebih bijak dalam memakainya.

Saat akan bepergian jauh dalam waktu lama, kamu bisa memulainya dengan mencabut kabel yang terhubung ke stop kontak agar lebih hemat energi listrik.

11. Gunakan AC dengan Bijak

Sama halnya dengan kulkas, AC juga butuh mengkonsumsi daya energi listrik yang besar. Jadi, bijaklah dalam menggunakan AC ya!

Jika tak terpakai, matikanlah AC yang masih menyala tersebut. Mulailah untuk membatasi penggunaannya sesuai kebutuhan.

12. Gunakan Setrika dengan Pengatur Panas Otomatis

Biasanya, aktivitas menyetrika berlangsung selama berjam-jam yang mana setrika tanpa pengatur panas otomatis akan mengalirkan listrik secara terus menerus.

Cara menghemat energi listrik selanjutnya yakni mulailah untuk menggunakan setrika dengan pengatur panas otomatis agar konsumsi listriknya dapat dikontrol sehingga jadi lebih hemat.

13. Jangan Biarkan Alat Elektronik Menyala Saat Tidur

Mulailah terbiasa menghemat energi listrik dengan tidak membiarkan barang elektronik menyala saat sedang tidur. Seperti misalnya, mematikan TV saat kamu tertidur.

Jika TV dibiarkan menyala semalaman, selain boros penggunaan listrik juga berpotensi akan bahaya kebakaran lho! Jangan dibiasakan terus menerus ya. Stop mulai sekarang, agar konsumsi listrik lebih hemat dan meminimalisir potensi yang tak diinginkan terjadi.

Gak cuma itu saja loh, usahakan juga untuk mencabut charger hp, ketika selesai digunakan. Jangan terus menerus menempel di colokan listrik, walaupun memang terkadang kita harus mengisi baterai hp, saat ini semua smartphone hampir memiliki battery power saver yang membuat baterai hp lebih awet.

Dan hindari untuk melakukan pengisian daya / charging semalaman suntuk (dari tidur hingga bangun pagi), sebab jika terlalu berlebihan dalam mengisi daya, justru akan membuat baterai menggelembung dan mudah bocor.

14. Manfaatkan Pohon dan Tanaman

Mulai sekarang kamu juga bisa memanfaatkan pohon dan tanaman yang berada di sekitar rumah untuk mengganti penggunaan alat elektronik yang mengkonsumsi listrik.

Dengan adanya pohon dan tanaman disekitar rumah, akan membuat udara disekitar rumah kita menjadi sejuk dan adem bahkan tanpa hadirnya kipas dan AC sekalipun.

Kamu bisa mendapatkan bibit pohon dan tanaman dengan berbelanja di shopee, atau berbelanja di tokopedia. Sebab saat ini udah banyak kok penjual yang menjajahkan kebutuhan seperti ini.

15. Pasang Sumber Energi Alternatif

Selanjutnya, kamu pun bisa mulai untuk memasang dan menggunakan sumber energi alternatif. Apa saja sumber energi alternatif tersebut? Kamu bisa coba pakai panel surya maupun pembangkit listrik tenaga alam.

Sangat disarankan untuk menggunakan panel surya saja. Selain mudah digunakan, panel surya juga tidak perlu bahan bakar dalam prosesnya. Sehingga tak akan ada biaya tambahan yang dibutuhkan.

Di lain sisi, produksi listrik yang dihasilkannya juga sangat dapat mencukupi kebutuhan kita sehari-hati.

16. Mengubah Gaya Hidup Sehari Hari

Terakhir, cara menghemat energi listrik adalah dengan mengubah gaya hidupmu sehari-hari. Meskipun ini sedikit menyulitkan, tetapi justru akan membantu kita untuk terbiasa hidup hemat lho.

Gaya hidup yang dimaksudkan adalah dalam penggunaan listrik sehari-hari. Jika terbiasa melakukan pekerjaan rumah secara otomatis dengan bantuan alat elektronik, maka mulailah untuk mengerjakannya secara manual.

Selain menyehatkan, hal ini tentunya membantu kamu lebih hemat pengeluaran bukan?

Baiklah, kami rasa cukup hanya itu saja yang dapat diulas perihal berbagai cara menghemat energi listrik sehari-hari dengan metode pilihan yang sangat mudah untuk dilakukan. So, kita sudahi saja artikel ini dan lanjut pada artikel berikutnya. Semoga bermanfaat untuk kita semua ya!