Cara Mengatasi Kepala Charger HP Panas

Cara Mengatasi Kepala Charger HP Panas (+Penyebabnya)

Kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi kepala charger HP panas dan membuat pengisian daya lebih lama. Permasalahan ini sering kali terjadi pada ponsel keluaran lama. Meskipun tidak menutup kemungkinan terjadi juga di HP baru yang digunakan dengan ceroboh. 

Adaptor atau kepala charger tersebut bisa meningkat suhunya karena banyak hal. Cari tahu apa saja penyebabnya agar selanjutnya tidak timbul kerusakan lain. Berikut dijelaskan juga cara mengatasinya dengan tepat. 

Penyebab Kepala Charger HP Panas

Adaptor charger HP yang panas tidak boleh diabaikan. Karena jika dibiarkan terus-menerus akan timbul kerusakan lebih parah, bahkan bisa menurunkan kinerja ponsel. Beberapa faktor masalah ini yaitu:

  • Menggunakan charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi asli. Apalagi tiap ponsel memerlukan supply daya yang berbeda. 
  • Tetap memakai HP saat dicas. 
  • Melakukan pengisian terlalu lama.
  • Mengisi baterai dalam kondisi 0% atau bahkan mati.
  • Usia charger sudah lama. 
  • Arus listrik tidak stabil. 
  • Meskipun tidak digunakan, charger tetap dicolokkan pada stopkontak. 
  • Saat dicas, ponsel tetap bekerja walaupun tidak digunakan secara langsung. Contohnya ada aplikasi yang berjalan di belakang layar. 

Cara Mengatasi Kepala Charger HP Panas

Cara Mengatasi Kepala Charger HP Panas
Cara Mengatasi Kepala Charger HP Panas

1. Jangan Menggunakan HP Saat Dicas

Agar adaptor tidak cepat panas ketika dipakai men-charging, sebaiknya istirahatkan HP secara total. Jangan menggunakannya saat dicas, apalagi untuk kerja yang berat. Hal ini sangat cepat menaikkan suhu charger

HP yang digunakan saat dicas itu membuat charger bekerja lebih keras. Contohnya seperti bermain game, melihat video, atau menggunakannya untuk telepon. Aktivitas seperti itulah yang mengakibatkan daya terus berkurang, sehingga lebih lama penuh. 

Terkait:  Cara Keluar Dari WhatsApp Web Update Desember 2023

2. Menutup Aplikasi dan Mematikan Data Seluler Saat Dicas

Cara mengatasi kepala charger HP panas selanjutnya adalah menutup semua aplikasi yang berjalan di belakang layar. Meskipun tidak dioperasikan langsung, sebenarnya ponsel tetap bekerja. Itulah yang membuat proses charging lebih lama dan suhu adaptor meningkat. 

Selain menutup aplikasi, matikan juga data seluler. Ini kasusnya sama seperti aplikasi berjalan di belakang layar. Data seluler yang menyala membuat HP terus aktif dan charger bekerja lebih keras. Selain panas, untuk jangka lama bisa mengakibatkan kerusakan lebih fatal. 

3. Mengatur Posisi Jack

Mungkin ini terdengar sepele, tapi Kamu sering sekali mengabaikannya. Posisi jack yang tidak tepat saat charging juga dapat membuat adaptor cepat panas. Alasannya karena arus yang masuk tidak didistribusikan secara merata.

Pastikan jack tidak miring saat proses charging. Selain itu, coba cek apakah sudah tercolok dengan benar. Karena kalau kurang penekanan juga bisa membuatnya cepat panas. 

4. Memperhatikan Waktu Charging

Cara mengatasi kepala charger HP panas keempat adalah memperhatikan waktu charging. Jangan sampai ponsel dicas kalau baterai tinggal 0 persen atau bahkan mati. Segera hentikan kebiasaan buruk tersebut. 

Paling bagus, HP diisi daya kalau sudah mendapatkan notifikasi baterai lemah. Terkadang jika tersisa 10—15 persen. Selain itu, segera cabut charger jika sudah sampai 90%.

Kamu pasti sering membiarkan HP tetap dicas padahal sudah penuh. Bukannya membuat daya awet, tindakan tersebut malah mengakibatkan adaptor panas dan cepat rusak. Setelah itu, lepas juga charger dari stopkontak agar tidak terjadi lonjakan arus. 

5. Menggunakan Charger Ori

Apakah charger-mu rusak dan pilih membeli yang murah? Sebaiknya Kamu perlu waspada. Karena menggunakan adaptor yang tidak ori dan sesuai spesifikasi HP bisa mengakibatkan penurunan fungsi. 

Terkait:  Penyebab Temperatur Mobil Naik

Setiap ponsel memerlukan arus listrik yang berbeda. Kamu harus memakai produk asli dan sesuai spesifikasinya agar tidak panas saat dipakai. Tindakan ini juga dapat memperpanjang usia charger maupun ponsel. 

Itulah cara mengatasi kepala charger HP panas. Gunakanlah charger dengan tepat agar tidak cepat rusak. Yang paling penting, jangan mengoperasikan ponsel saat dicas. 

Similar Posts