Cara Buat Undangan Grup WhatsApp

Cara Buat Undangan Grup WhatsApp via Link (9 Langkah), Mudah!

PindahLubang.com – Grup WhatsApp adalah sebuah komunitas yang memudahkanmu untuk komunikasi dalam skala besar lebih cepat. Jika ingin mencobanya, cara buat undangan grup WhatsApp perlu diketahui. Kamu bebas menambahkan siapa saja sebagai partisipan ke grup WA keluarga, teman, sampai pekerjaan saat ini.

Di samping itu, pembuat grup yang berperan sebagai admin pun boleh menambahkan jumlah anggota hingga ratusan orang lho. Interaksi antar sesama pun semakin asyik dan hangat setiap hari.

Admin yang berperan sebagai pembuat grup WA ternyata dapat membuatnya dengan mudah lho. Tak hanya itu, kamu pun boleh menunjuk siapa saja sebagai rekan admin kalau merasa kesulitan saat mengelola grupnya. Komunikasi antar sesama tidak akan sulit dan grup WA bisa tetap aktif dalam jangka panjang.

Cara Daftar Akun WhatsApp

WhatsApp sudah menjadi aplikasi percakapan online paling dominan saat ini. Kamu bisa memakainya untuk terhubung dengan teman dan keluarga kapan saja. Jika belum punya akunnya, simak panduan pendaftarannya di bawah ini:

  • Download aplikasi WhatsApp melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone).
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasinya.
  • Pada halaman utama, tekan tombol Start atau Mulai.
  • Masukkan nomor HP aktif yang akan didaftarkan ke kolom tersedia.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai pihak WhatsApp mengirim OTP via SMS.
  • Jika tidak ada, klik Kirim Ulang Kode atau Resend Code.
  • Pilih menu Call Me atau Hubungi Saya jika ingin verifikasi lewat panggilan suara.
  • Masukkan OTP yang sudah kamu dapatkan ke kolom tersedia.
  • Pada halaman berikutnya, sistem akan memintamu untuk membuat biografi akun WhatsApp.
  • Masukkan nama dan foto profil dengan benar.
  • Klik Berikutnya dengan menekan tombol panah di bagian kanan bawah.
  • Terakhir, akun WhatsApp sudah dibuat dan dapat digunakan untuk komunikasi setiap hari.
Terkait:  2+ Cara Download WhatsApp di Laptop Windows 10 😄

Keutamaan Grup WhatsApp

Grup WhatsApp bukan serta merta dimanfaatkan sebagai tempat untuk mengumpulkan banyak orang. Akan tetapi, keberadaannya mempunyai beragam keutamaan yang menguntungkan sebagai berikut:

  • Mengetahui Pesan Sudah Dibaca oleh Semua Partisipan
    Kamu harus tahu kalau sebuah pesan yang dikirim ke grup WA, biasanya akan diketahui dan dibaca oleh semua partisipan. Maka dari itu, kamu bisa mengecek dan mengetahui siapa saja yang sudah membaca pesanmu tersebut. Partisipan yang menyematkan tanda centang biru, pasti akan meninggalkan jejak jika sudah membacanya.
  • Mengkoordinasi Acara Lebih Mudah
    Grup WhatsApp memudahkan admin atau partisipan yang memiliki agenda untuk mengkoordinasi acaranya dengan mudah. Pasalnya, kamu tidak perlu repot lagi broadcast pengumuman ke kontak terkait satu per satu. Informasinya dapat disebarkan melalui grup tersebut sekali saja, kemudian akan dibaca oleh semua anggotanya.
  • Menghemat Waktu
    Tak dapat dimungkiri keberadaan grup WA akan menghemat waktu banyak orang. Jika kamu punya banyak acara yang melibatkan pihak tertentu, maka bisa dikoordinasikan seperti informasi sebelumnya. Alhasil, waktumu tidak akan terbuang percuma karena pesan utama cukup dikirim atau disampaikan sekali saja.

Cara Buat Undangan Grup WhatsApp

Cara Buat Undangan Grup WhatsApp
Cara Buat Undangan Grup WhatsApp

Seperti kami sebutkan sebelumnya bahwa grup WhatsApp mempunyai beragam keutamaan yang bermanfaat, salah satunya menghemat waktu dalam koordinasi pesan digital. Di samping itu, kamu pun dapat mengundang siapa saja sebagai anggotanya dengan mudah.

Jika masih bingung, informasi tentang hal itu dapat ditemukan lewat artikel ini. Kami sudah merangkum beberapa metode, supaya kamu bisa mengajak orang terdekat untuk gabung ke grup WA yang sama. Kamu bebas membagikan linknya sesuai keinginan sendiri.

Cara Buat Undangan Grup WhatsApp

Siapa saja bisa membuat undangan grup WA dengan mudah, khususnya menggunakan link. Kalau URL atau tautannya sudah tidak dapat digunakan, kamu bisa mengikuti tutorial dari kami di bawah ini:

Terkait:  Cara Membuat Lokasi Baru di Instagram

Langkah 1: Buka Aplikasi WhatsApp

Kamu bisa membuka aplikasi WhatsApp melalui smartphone terlebih dulu. Jangan lupa untuk memastikan kalau aplikasinya sudah diperbarui ke versi terbaru, sehingga kamu dapat menikmati beragam fitur lebih menarik di dalamnya.

Langkah 2: Pilih Menu Pesan

Pada halaman utama, kamu akan melihat semua obrolan masuk dan keluar terbaru. Untuk memulai proses pembuatan grupnya, tekan tombol Pesan atau Message dengan simbol bulat berwarna hijau di bagian kanan bawah.

Langkah 3: Klik Grup Baru

Jika tombolnya sudah ditekan, sistem akan mengarahkanmu ke halaman selanjutnya. Kamu bisa mengetuk opsi Grup Baru atau New Group. Kamu pun dapat memulai proses pembuatan grupnya sesuai kebutuhan masing-masing.

Langkah 4: Pilih Kontak

Kamu harus memilih kontak mana saja yang akan menjadi anggota di grup WhatsApp. Jika ditujukan untuk keluarga, berarti tambahkan orang tua, kakak, adik, hingga sepupu terdekat saja. Kamu pun dapat menambahkan teman atau rekan bisnis kalau grupnya bukan bersifat pribadi.

Langkah 5: Masukkan Nama Grup

Grup yang sudah dibuat tidak bisa digunakan begitu saja. Kamu harus memasukkan nama grup yang diinginkan. Contohnya, ketik nama Keluarga Cemara (untuk grup keluarga) atau Grup Kantor PT.X (untuk bisnis).

Langkah 6: Pilih Menu Info Grup

Kalau nama grupnya sudah dibuat, maka kamu bisa menekan tombol Lainnya dengan simbol titik tiga yang letaknya tidak jauh dari nama grup tersebut. Kemudian, tekan tombol Info Grup atau Group Info untuk mengecek detailnya.

Langkah 7: Klik Undang via Tautan

Pada halaman selanjutnya, kamu dapat mengetuk opsi Undang via Tautan atau Invite via Link. Jangan lupa untuk mengirim tautannya melalui WhatsApp, kode QR atau disalin agar dapat diterima oleh partisipan terkait, lalu tekan tombol Kirim.

Terkait:  Biaya Bangun Rumah Type 45

Langkah 8: Pilih Menu Setel Ulang Tautan

Tak menutup kemungkinan beberapa tautan sulit digunakan, bahkan tidak bisa berfungsi saat partisipan menerima undangan darimu. Cara mengatasinya adalah menekan tombol Setel Ulang Tautan atau Reset Link.

Langkah 9: Undangan Grup Sudah Terkirim

Partisipan sudah berhasil menerima undangan grup WhatsApp darimu. Mereka akan membaca pesan tersebut, kemudian memutuskan untuk gabung atau tidak. Jika disetujui, anggotanya bisa tekan tombol Bergabung atau Join, namun sebaliknya dengan klik Tolak atau Decline.

Cara Menghapus Anggota Grup WhatsApp

Jika kamu mengundang salah satu orang diluar kepentingan grup WhatsApp, anggota tersebut dapat dihapus keterlibatannya dengan mengikuti panduan berikut:

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp di HP kamu.
  • Cari atau temukan salah satu grup yang diinginkan.
  • Jika sudah ketemu, buka grup tersebut.
  • Ketuk foto profil grup di bagian atas.
  • Geser ke bawah untuk melihat jumlah partisipan grup yang sudah bergabung.
  • Cari salah satu kontak anggota yang akan dihapus.
  • Kemudian, ketuk nama anggota tersebut.
  • Pilih menu Hapus X (nama anggota) atau Remove X, misalnya Remove Kim.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai orang itu dihapus dan tidak dapat mengirim pesan apa pun di grup WhatsApp lagi.

Demikian panduan lengkap tentang cara buat undangan grup WhatsApp melalui tautan, serta keutamaannya yang perlu diketahui. Kamu pun dapat menghapus anggota tidak penting lewat pembahasan kami di atas. Semoga bermanfaat!

Similar Posts