Biaya Instalasi Listrik PLN

Berbeda dengan tambah daya, pasang baru dikenal dengan istilah LPB atau Listrik Prabayar. LPB sendiri, merupakan salah satu produk serta layanan yang ditawarkan oleh pihak PLN kepada pelanggan dalam rangka menggunakan meteran elektronik berbasis sistem pembayaran prabayar. Besarnya biaya instalasi listrik PLN cukup beragam.

Menanggapi permasalahan yang kerap terjadi di lingkungan masyarakat perihal kebutuhan asupan listrik di setiap rumah yang berbeda-beda. PLN, selaku badan yang menanggulangi serta menyediakan tenaga listrik bagi masyarakat ini, mengadakan beberapa peraturan yang wajib dipatuhi oleh para pelanggannya.

Salah satunya, sesuai dengan pasal 1 yang berlaku bagi para pemasang baru sambungan listrik. Pemilik LPB, wajib menyetorkan pembayaran tagihan listriknya di awal bulan. Untuk mengetahui berapa kira-kira besar biaya tagihannya, Anda dapat melakukan pengecekan melalui meter prabayar atau MPB.

MPB merupakan, bagian dari box LPB yang terhubung menyatu untuk mengukur energi listrik dalam satuan kWH yang telah digunakan oleh pelanggan. Meteran tersebut, akan berjalan jika ada stroom dari alat-alat elektronik yang disambungkan ke saklar untuk mendapatkan aliran listrik. Simak biaya instalasi listrik PLN, berikut ini!

Biaya Instalasi Listrik PLN

Biaya instalasi listrik PLN
Biaya instalasi listrik PLN

Biaya pemasangan listrik pln

Pemasangan listrik baru di kalangan rumah tangga, paling banyak didominasi oleh kapasitas listrik bertaraf 900 watt. Sesuai dengan ketetapan yang telah dikeluarkan oleh pihak PLN, besarnya biaya pemasangan listrik pln baru untuk kapasitas tersebut, dikenakan biaya sebesar Rp 863.000,-.

Selain daya 900 watt, masyarakat Indonesia juga lebih memilih memasang listrik berkapasitas 1.300 VA. Biayanya masih terbilang terjangkau dan tidak terlalu berbeda jauh dengan daya sebelumnya, yakni berkisar Rp 1.238.000,-. Sedangkan daya tertinggi untuk pemasangan listrik rumah, ada di angka 3.500 VA.

Biayanya juga terbilang sangat mahal, karena pemasangannya saja mencapai angka Rp 3.411.500,- sudah termasuk dengan biaya tambahan lainnya. Selain itu, sudah pasti tagihan per bulannya juga turut meroket tajam seiring dengan besarnya watt yang digunakan di setiap elektronik yang ada di rumah tersebut.

Dalam rangka melakukan pemasang listrik baru, Anda dapat mengecek informasi biaya intalasi listrik PLN melalui website resmi PLN. Disamping itu, pendaftaran pemasangannya juga sangat mudah karena dapat dilakukan secara online maupun offline. Kalau mendaftar di kantor PLN terdekat, Anda akan mengisi beberapa formulir yang wajib ditandatangani.

Bila ada kesulitan selama melakukan pengisian formulir, petugas kantor PLN akan dengan senang hari membantu Anda. Setelah selesai mengisi beberapa formulir, calon pelanggan diwajibkan membayar biaya pemasangan listrik baru melalui bank yang berada dibawah naungan BUMN.

Lamanya waktu menunggu pemasangan listrik, umumnya sekitar 3 hingga 7 hari setelah dilakukan pemabayaran. Sedangkan untuk kurun waktu pemasangan listrik di rumah pelanggan sendiri, disesuaikan dengan banyaknya pelanggan baru yang berada di wilayah setempat.

Kalau pendaftarannya dilakukan secara online, setelah memasuki website resmi milik PLN, Anda akan menemukan menu pasang baru. Kemudian, setelah diklik menu tersebut, muncul halaman yang berisikan persyaratan dan ketentuan pasang baru. Pilih setuju ketika selesai membaca dan memahami isi syarat dan ketentuannya.

Pengisian data diri dalam formulir, harus disesuaikan dengan kartu identitas milik Anda. Formulir yang diisi merupakan formulir untuk data pemohon. Berikutnya, klik menu yang bertuliskan hitung biaya untuk mengetahui rincian nominal yang wajib dibayar dalam pemasangan listrik baru.

Setelah selesai, tahap terakhir adalah melakukan pembayaran yang dapat dilakukan melalui kantor PLN terdekat mapun mesin ATM atau bahkan e-banking. Perlu diingat, ada perbedaan harga untuk pemasangan antara token prabayar dengan token jenis pascabayar. Penjelasannya, dapat Anda temukan di biaya instalasi listrik.

Biaya pasang litrik pln 2200 watt

Kalau daya tertinggi pertama diduduki oleh 3.500 VA, tertinggi kedua ditempati oleh 2.200 VA. Biaya instalasi listrik pln berkapasitas 2.200 VA ini, kurang lebih sebesar Rp 2.082.000,-. Namun, bagi para pemilik listrik berdaya sebesar ini, jangan berharap untuk mendapatkan subsidi listrik dari pemerintah.

Kalau biaya instalasi listrik pln token pascabayar untuk 2.200 watt, selisih harganya tidak terlalu jauh dengan model prabayarnya. Biaya yang dibutuhkan, yaitu sekitar Rp 2.372.200,-. Anda sudah dapat langsung menggunakan listrik sesuai dengan keperluan sehari-hari. Pembayaran tagihan listriknya, dapat diketahui saat memasuki bulan berikutnya.

Bagi pelanggan yang ingin mengetahui tips untuk menghemat pengeluaran tagihan listrik PLN. Caranya, tidak begitu sulit. Cukup ikuti tips-tips dibawah ini, maka tagihan listrik pascabayar di rumah Anda, tidak akan akan mengalami peningkatan yang begitu tajam

1. Kurangi kebiasaan mencolok kabel elektronik

Terkadang, atau bahkan beberapa masyarakat seringkali lupa atau sengaja membiarkan kabel alat-alat elektronik di rumahnya tetap dalam kondisi mencolok di saklar meskipun tidak digunakan. Padahal, walaupun kondisi elektroniknya mati, arus listrik tetap mengalir serta menggerakkan meteran token listrik Anda.

Bila kebiasaan tersebut dibiarkan berlarut-larut, tanpa disadari tagihan listrik Anda mendadak dapat meningkat secara signifikan dibandingkan bulan sebelumnya. Oleh karena itu, sebelum berpergian keluar rumah, sebaiknya perhatikan kembali colokan serta kabel-kabel yang sekiranya habis dipakai.

Selain menghemat. Cara ini diketahui dapat meminimalisir terjadinya arus pendek listrik atau korsleting. Bila kabel terlalu panas dan dibiarkan saja mencolok ke saklar, kalau hal tersebut hanya membuat elekrtronik menjadi rusak, masih wajar. Tapi, bagaimana kalau sampai berubah menjadi peristiwa kebakaran dan menimbulkan banyak kerugian?

2. Beli mesin elektronik berwatt rendah

Kemasan produk elektronik, biasanya mencantumkan besarnya watt yang dibutuhkan untuk mengoperasikan alat tersebut. Mari ambil contoh rice cooker atau penanak nasi ukuran mini. Pada bagian kardusnya, akan tercantum tulisan besar volt yang dibutuhkan mencapai 220 Vac atau sekitar 300 watt.

Masih banyak elektronik lainnya, yang kini berinovasi untuk menghemat daya listrik. Beberapa produk AC juga ikut andil dalam melakukan pengehematan listrik tersebut. Terbukti, udara yang dihasilkan oleh AC yang dilengkapi dengan mode hemat listrik, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memberikan kesejukan dalam ruangan.

Namun, alangkah lebih baik lagi bila masih dapat menggunakan kipas angin biasa. Selain dikarenakan wattnya yang jauh lebih rendah dibandingkan AC, udara yang dihasilkan kipas juga cukup sejuk. Bisa juga disiasati dengan menanam pohon disekeliling rumah agar udara didalam ruangan tidak panas.

Semakin sedikit penggunaan elektronik setiap harinya, sama halnya seperti Anda membantu untuk mengurangi pemanasan global yang terjadi. Yang pasti, cara ini pasti menghemat tagihan listrik bulanan di rumah juga. Ayo, mulai menghemat listrik dari sekarang, agar masa depan generasi berikutnya lebih baik lagi!

3. Lakukan pengecekan tagihan listrik secara kontinyu

Pengecekan tagihan listrik dengan metode pembayaran pascabayar, dapat Anda lakukan di aplikasi belanja online atau dompet digital yang menawarkan akses pembayaran virtual tagihan listrik. Pelanggan cukup memasukkan nomor meteran, dan pastikan nama yang tercantum sesuai dengan pemasang listrik.

Langkah berikutnya, cukup klik lihat tagihan. Maka akan muncul besarnya biaya yang wajib disetorkan ke pihak PLN disertai dengan biaya adminnya. Bahkan, beberapa aplikasi ada yang memberikan voucher cashback setiap kali berhasil melakukan transaksi pembayaran tagihan listrik. Menguntungkan bukan?

Hal yang pertama kali harus diperhatikan saat melakukan pemasangan listrik baru, tidak lain yakni mengetahui biaya instalasi listrik PLN, biaya pemasangan listrik PLN, dan biaya pasang listrik PLN 2.200 watt. Semoga informasi kali ini bermanfaat. Sampai jumpa di pembahasan lainnya. See ya!