Home » Acer » Cara Melihat Password WiFi di Laptop

Cara Melihat Password WiFi di Laptop

Apa kamu ingin tau cara melihat password wifi di laptop asus windows 10 dengan cmd? Ataukah kamu penasaran bagaimana sih cara mengetahui password wifi di laptop windows 10 yang belum pernah terkoneksi?

Jaringan Wifi saat ini sudah berkembang menjadi lebih populer bagi banyak kalangan, sekaligus di berbagai tempat terutama fasilitas publik.  Sekarang ini, bahkan hampi seluruh restoran high class atau kafe-kafe tertentu menawarkan akses Wifi gratis demi kenyamanan para pelanggannya, sekaligus untuk mendongkrak keuntungan.

Biasanya saat laptop atau komputer kita terhubung ke Wifi di modem atau rumah, maka password akan tersimpan dengan sendirinya.

Jadi, tidak perlu mengetikkan password kembali setiap kali ingin terhubung dengan jaringan internet. Namun terkadang dikarenakan kita jarang sekali mengetikkan password, jadi lupa password yang sudah terhubung  dengan laptop atau PC. Dalam mengatasi persoalan tersebut kita membutuhkan cara melihat password Wifi di Laptop dengan cepat.

Apa kamu juga pernah lupa password Facebook? Berarti kamu harus tau cara melihat kata sandi Facebook sendiri dong. Tenang aja bangs! Di web kami ada semua ulasannya.

Alasan Menggunakan Wifi untuk Akses Internet Cepat

Wifi bisa dikatakan sebagai teknologi yang berguna untuk sharing data dengan cara nirkabel atau tanpa menggunakan kabel, melainkan memanfaatkan gelombang radio.

Maka dari itu, dengan memanfaatkan teknologi Wifi ini kita bisa melakukan transfer data lebih aman dan cepat.

Ada banyak alasan kenapa Wifi banyak digunakan para pengguna internet. Salah satunya ialah para pengguna bisa mengakses internet dengan cara bersamaan.

Sehingga tidak perlu repot menggunakan kabel. Selain itu, bagi pengguna yang hendak melakukan browsing informasi maupun berita di internet, hanya perlu membawa pocket digital assistance dalam hal ini PDA atau laptop yang mendukung akses Wifi ke lokasi yang ada hotspot atau access point.

Keunggulan paling utama memakai jaringan Wifi ialah kecepatannya hingga beberapa kali lipat lebih cepat dibandingkan mode kabel tercepat sekalipun.

Sehingga para pengguna Wifi ini tidak perlu berada di ruangan kantor dalam menyelesaikan pekerjaannya. Wifi bisa dikatakan sebagai pilihan jaringan paling ekonomis, mengingat harga paketnya yang semakin menurun. Bahkan jaringan ini dirancang untuk memilliki symetric up and down speed.

Lalu, Bagaimana Cara Melihat Password Wifi di Laptop?

Kembali lagi ke pembahasan awal, jika kita lupa mengetahui password Wifi yang sebelumnya tersimpan di laptop, berikut tutorial cara melihat password Wifi di laptop dengan mudah!

Cara Melihat Password WiFi di Laptop

Cara Melihat Password WiFi di Laptop

Melihat Password WiFi di Laptop

Cara untuk dapat mengetahui password wifi yang terhubung di laptop/PC bisa dilakukan dengan beberapa metode mudah yang bisa dicoba saat ini. Kami telah merangkum beragam pilihan metode yang disesuaikan dengan kamu, sehingga kamu bisa langsung memilih menggunakan metode yang termudah menurutmu.

Lewat Network and Sharing Centre

Metode pertama yang umum digunakan dan terbilang mudah dipahami adalah dengan melalui Network and Sharing Centre. Cara melihat password WiFi di laptop lewat Network and Sharing Centre adalah sebagai berikut.

  • Hidupkan laptop kamu dan posisikan pada halaman Desktop.
  • Lihat pojok kanan bawah, klik kanan pada icon WiFi (internet).
  • Selanjutnya pilih dan klik Open Network and Sharing Center.
  • Muncul jendela baru, cek bagian Connections.
  • Lalu pilih koneksi WiFi (internet) yang tengah kamu pakai saat ini.
  • Muncul jendela baru WiFi Status.
  • Klik Wireless Properties.
  • Muncul jendela baru lagi, pilih saja tab menu Security.
  • Lalu akan terlihat dibagian Network security key, terdapat icon bintang kecil (****).
  • Untuk melihat pasword WiFi yang terhubung, klik tanda centang disebelah Show characters.
  • Klik OK jika sudah tau password WiFi kamu.

Lewat CMD (Command Prompt)

Metode kedua, juga sering dipakai orang untuk mengetahui password WiFi di laptop. Hanya saja, kita harus tau beberapa kode khusus untuk tau password WiFi yang kita gunakan. Langsung saja, simak langkahnya berikut ini.

  • Buka dan jalankan program CMD (Command Prompt).
  • Caranya, klik Start Menu » ketik CMD. Atau tekan Windows + R selanjutnya ketik CMD lalu Enter.
  • Setelah masuk CMD, langsung ketikkan saja netsh wlan show profiles. Lalu tekan tombol Enter pada keyboard.
  • Command Prompt (CMD) akan menunjukkan semua nama profil wifi yang ada di laptop kamu baik yang digunakan maupun tidak.
  • Pilih dan tentukan salah satu nama profil wifi yang ingin dilihat passwordnya, kemudian…
    Ketik lagi netsh wlan show profiles name=”nama profil wifi” key=clear. Next langsung tekan Enter pada keyboard. Contoh: netsh wlan show profiles name=”Pindah Lubang” key=clear.
  • Untuk melihat password wifi di laptop kamu, cek bagian Key Content.
  • Selesai, sekarang kamu dapat mengetahui password wifi yang lupa.

Lewat Router WiFi

Jika kamu masih bingung untuk melihat password wifi, coba metode yang cukup mudah berikut ini. Yaitu dengan melakukan pengecekan terhadap Router Wifi yang terpasang.

Apabila kamu tak pernah merubah password wifi default, kamu bisa mulai cek Router kamu. Coba lihat dibagian belakang atau bawah router yang telah terpasang. Biasanya, manufaktur (pabrik router) menuliskan SSID dan password wifi bawaan di bagian belakang atau bawah router dan seringkali berupa stiker yang ditempelkan.

Namun apabila tak ada, coba cari lagi dus router kamu saat pertama kali membeli. Cek bagian Key dan password. Biasanya, password wifi bawaan juga diletakkan pada bagian dusnya.

Lewat Reset Router

Apabila sebelumnya kamu telah merubah password bawaan router, kamu bisa kembali mendapatkan password wifi router dengan cara meresetnya ke pengaturan bawaan (default).

Cara reset router/modem sebenarnya cukup mudah, kita hanya perlu menemukan tombol resetnya. Karena biasanya, tombol reset ini bentuknya kecil dan tak ada penanda apapun.

Coba kelilingi bagian router kamu, jikalau ada lubang kecil sebesar jarum jahit (biasanya) itulah tombol resetnya. Ambillah jarum atau benda apapun yang dapat masuk ke lubang tersebut untuk mereset router wifi.

Tekan, kemudian tahan selama kurang lebih 30 detik hingga router kamu mati atau berkedip. Lalu setelah router berhasil di reset, kamu bisa melihat password WiFi bawaan (default) di belakang atau bawah router.

Melihat Password WiFi di MAC

Metode terakhir untuk melihat password wifi ini dikhususkan bagi pengguna laptop MAC. Cara mengetahui password wifi di MAC bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Bukalah Finder, klik Go.
  • Pada menu drop down, klik Utilities.
  • Klik dua kali pada Keychain Access.
  • Carilah nama network yang kamu gunakan, kemudian klik dua kali.
  • Pada menu Attributes, klik Show password.
  • Setelah muncul boks perintah, masukkan password Mac-mu.
  • Klik Allow.
  • Password WiFi pun akan ditampilkan.
  • Selesai, kamu sekarang dapat mengetahui password wifi di MAC milikmu.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai cara melihat password wifi di laptop dengan memakai beragam metode pilihan yang sangat mudah dilakukan. Jangan lupa bagikan/share artikel ini ke teman-teman kamu ya bangs! 😉

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *