Home » Membuka » Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Apakah kamu sedang mencari cara membuka pintu mobil yang terkunci? Beruntung, kamu bisa menemukannya di artikel ini. Mobil merupakan kendaraan pribadi yang kini sudah digunakan banyak orang.

Kenyamanan yang ditawarkan saat mengendarai mobil membuat mobil dijadikan kendaraan utama. Tak heran jika setiap tahun penjualan mobil terus meningkat.

Mobil memiliki komponen yang harus dijaga, salah satunya pintu. Selain untuk membuka pintu, kunci bermanfaat untuk menyalakan mesin mobil. tetapi namanya manusia tidak pernah luput dengan yang namanya lupa. Seperti lupa meninggalkan kunci mobil didalam mobil.

Jika kunci mobil tertinggal didalam, kamu sebenarnya bisa membua pintu dengan menggunakan kunci serep. Tetapi bagaimana jika kamu tidak memiliki kunci serep atau rusak? Tulisan ini akan membantu kamu memecahkan masalahmu.

Selain masalah kunci mobil yang rusak atau hilang, ada beberapa alasan mengapa pintu mobil terkunci atau sulit dibuka.

Jika kunci mobil tidak bisa dibuka karena hilang, tertinggal dalam mobil atau rusak, mudah saja karena kamu bisa menggunakan kunci duplikat untuk membukanya. Selain itu ada beberapa faktor yang mengakibatkan pintu mobil terkunci.

Penyebab Pintu Mobil Terkunci

Penyebab pintu mobil terkunci yang pertama yakni handle pintu mobil yang penuh kotoran sehingga meyebabkan handle menjadi seret.

Penyebab kedua adalah pintu yang pernah terkena benturan cukup keras sehingga membuat banyak komponen pintu rusak atau berubah posisi seperti handle rusak atau gigi penggerak yang berubah posisi.

Itulah beberapa penyebab pintu mobil terkunci atau tidak bisa dibuka. Sekarang kita akan membahas cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam. Hal ini sangat penting diketahui para pemilik mobil agar segera mengambil tindakan.

Cara membuka pintu mobil yang terkunci paling mudah adalah dengan menggunakan kawat yang berasal dari gantungan baju. Carilah gantungan baju yang tidak terpakai. Kemudian potong kawat dan luruskan.

Selanjutnya buat lekukan pada ujung kawat dengan berbentuk kail. Masukkan kawat diantara pembatas pintu dengan jendela pada lapisan karetnya sampai menyentuh tuas pengait.

Gerakkan pengait tersebut untuk membuka pintu mobil. tariklah kawat dengan hati-hati. Ini merupakan salah satu cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan manual. Panduan mengenai cara membuka pintu mobil yang terkunci selengkapnya bisa kamu baca dibawah ini.

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Apabila kamu sedang terkunci didalam atau diluar mobil, maka ada beberapa metode yang dapat dilakukan untuk membuka kembali pintu mobil yang tiba-tiba macet dan terkunci. Kami telah merangkum sebanyak enam metode pilihan yang mudah untuk dicoba, diantaranya:

1. Gunakan Gantungan Baju Kawat

Siapa sih yang tak memiliki gantungan baju dirumah? Siapa sangka bahwa gantungan baju ini dapat juga difungsikan untuk membuka pintu mobil yang terkunci. Namun, tak semua gantungan baju (hanger) yang bisa digunakan. Hanya yang berbahan dasar kawat atau besi saja yang bisa dimanfaatkan untuk membuka pintu mobil yang terkunci.

Ambillah gantungan baju kawat yang ada dirumah, jika tidak punya boleh pinjam tetangga. Setelahnya, kamu bisa pratekkan langkah-langkahnya berikut ini.

  • Bongkarlah simpul atau bentuk gantungan baju menggunakan tang. Rubah bentuknya hingga menjadi lurus, agar nantinya dapat dimasukkan ke sela-sela pintu dan kaca mobil.
  • Buatlah bentuk tekukan di salah satu ujung kawat hanger tersebut. Jika kamu mungkin tau kait pancing, buatlah bentuknya kurang lebih menyerupai pancing. Panjang kait sebaiknya antara 3 hingga 5 cm.
  • Masuk ke step membuka pintu, masukkan ujung kawat yang dibentuk kait diantara jendela dan lapisan karet pembatas pintu.
  • Setelah masuk ke sela-sela pintu, putar dan balikkan posisi pengait hingga mengarah masuk ke mobil.
  • Gerakkan pengait untuk meraih dan menangkap tuas kunci pintu mobil. Posisi tuas kunci sebenarnya mungkin sedikit di belakang lubang kunci mobil, jadi masukkan kawat beberapa cm sedikit ke belakang posisi kunci manual dan jangan masukkan tepat di sebelahnya.
  • Setelah tuas pengunci dapat diraih, selanjutnya tinggal angkat tuasnya keatas hingga kunci dapat terbuka.

2. Gunakan Tali Sepatu

Pernahkah kamu ikut pramuka dan belajar tentang tali simpul? Ilmu tali simpul ini juga akan berguna dalam kondisi seperti ini. Kita dapat memanfaatkan tali sepatu yang dimiliki untuk membuka pintu mobil yang terkunci. Kamu harus pandai membuat simpul tali. Jika mungkin tidak tau simpulnya seperti apa, simak langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah awal, cari dan ambillah sebuah tali sepatu yang tidak terpakai. Atau, untuk sementara kamu juga bisa ambil tali sepatu yang masih menempel di sepatumu saat ini.
  • Nah, selanjutnya buatlah simpul hidup dibagian tengah tali. Jika kamu tidak tahu cara membuat simpul hidup, perhatikan gambar dibawah. Sisakan sekitar 5 hingga 8 cm untuk simpul hidup agar lingkarannya lebih mudah masuk ke dalam kunci sebelum dikencangkan.

  • Tahap selanjutnya, Masukkanlah tali melalui celah pintu. Masukkan dari sudut paling atas pintu dan tarik untuk membuka celah antara pintu dan lapisan karet, dan masukkan bagian simpul tali ke dalam celah pintu dan bingkainya.
  • Setelah masuk, lanjutkan dengan menurunkan tali ke dalam mobil. Mungkin kamu juga butuh ganjal untuk menahan sudut pintu sementara kamu menekan tali di antara celah pintu.
  • Posisikan simpul hidup hingga terletak di atas kunci manual pintu mobil.
  • Kencangkan simpul hidup di tuas kunci.
  • Setelah simpul tali berhasil meraih kunci pintu, tahap terakhir kamu tinggal menariknya keatas hingga pintu mobil terbuka.

3. Gunakan Mistar (Penggaris) Besi

Metode selanjutnya, jika kamu kesulitan membuka kunci mobil bisa menggunakan mistar (penggaris). Manfaatkanlah penggaris yang ada dirumah, jika tidak punya maka pinjamlah ke anak atau saudaramu. Pastikan mistar tersebut berbahan dasar besi atau aluminium. Cara Penerapannya:

  • Siapkan dulu penggaris atau mistar besi.
  • Setelahnya, lepas karet yang berada disela-sela pintu mobil.
  • Masukkan penggaris atau mistar ke dalam pintu melalui sela-sela pintu mobil. Disinilah feeling kamu diuji, seberapa peka dirimu dalam meraih titik panel kunci.
  • Selanjutnya tekan dan tariklah panel tuas kunci mobil hingga dapat terbuka.

4. Gunakan Kawat

Selain menggunakan gantungan baju, kamu juga bisa memanfaatkan kawat yang tidak terpakai dirumah. Caranya hampir sama dengan menggunakan hanger, yaitu buatlah salah satu ujungnya menyerupai kait pancing. Sehingga dapat digunakan untuk meraih dan menarik kunci pintu mobil.

5. Gunakan Logam Pipih

Logam tipis berbentuk pipih atau sering disebut dengan slim jimĀ juga dapat digunakan untuk membuka pintu mobil yang terkunci. Kamu harus banyak berlatih untuk membuka pintu mobil dengan alat satu ini.

Dikhawatirkan, jika salah langkah akan merobek wheater stipping atau kabel yang berada di antara pintu mobil. Jika tak mempunyai keahlian khusus, cobalah menggunakan metode yang terakhir dibawah.

6. Hubungi Tukang Kunci

Semua langkah tahapan metode diatas tentunya cukup sulit dilakukan terlebih bagi kita yang (mungkin) tak mempunyai keahlian khusus dibidang itu. Tetap tenang, jangan panik! Kami masih punya metode terakhir yang paling manjur untuk mengatasi pintu mobil yang terkunci. Apakah metode itu?

Kamu bisa menghubungi tukang kunci terdekat. Jika mungkin terkunci di area wisata, maka kamu bisa tanya orang sekitar dimana jasa tukang kunci. Atau, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Now untuk menanyakan “tukang kunci terdekat“.

Jika mungkin pintu mobil terkunci dirumah, tak perlu lagi bingung kamu tinggal tanya tetangga dimana tukang kunci terdekat dari lokasimu. Jemputlah tukang kunci untuk membukakan pintu mobil kamu yang terkunci.

Mungkin cukup itu saja yang bisa kami ulas perihal cara membuka pintu mobil yang terkunci menggunakan beragam metode mudah dan efisien. Jangan lupa bagikan/share artikel ini ke teman-teman kamu ya bangs. Agar semakin bermanfaat untuk semua orang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *