Cara Retur Barang di Shopee

Cara Retur Barang di Shopee

Kamu membeli barang di Shopee tapi tidak berfungsi atau tidak sesuai dengan deskripsi produk? Kembalikan saja barang tersebut. Yuk, simak bagaimana cara retur barang di Shopee berikut ini.

Cara Retur Barang di Shopee

Cara Retur Barang di Shopee
Cara Retur Barang di Shopee

Shopee memang telah menjelma menjadi salah satu e commerce raksasa di Indonesia. Faktor meningkatnya popularitas Shopee di Indonesia dipengaruhi dari promo gratis ongkir yang diberikan, harga produk yang bersaing, iklan yang massive, dan berbagai fasilitas menarik lainnya.

Produk yang lengkap dan harga yang terjangkau mungkin menjadi salah satu daya tarik e commerce ini diminati oleh banyak masyarakat Indonesia. Selain itu, Shopee juga menawarkan layanan retur barang apabila pesanan yang diterima pembeli tidak sesuai, rusak, tidak berfungsi, dan lainnya.

Pembeli yang mendapatkan pengalaman tersebut saat berbelanja di Shopee bisa mengembalikan barang pesanannya dan klaim pengembalian dana. Namun, hal tersebut tentu ada syarat dan ketentuan.

Pengembalian barang dapat dilakukan apabila terjadi kondisi tertentu. Salah satu syaratnya adalah pembeli diminta mengirimkan bukti valid ketika ingin mengajukan retur barang dan refund di Shopee.

Ketentuan Retur Barang dan Refund Shopee

Mengutip dari laman resmi Shopee.co.id, para pembeli harus memastikan bahwa pesanan yang diterima sudah sesuai sebelum klik Pesanan Diterima.

Hal tersebut dikarenakan bahwa retur barang atau dana tidak dapat diproses jika kamu sudah mengklik Pesanan Diterima pada halaman Rincian Pesanan.

Sebab, garansi Shopee akan dihentikan dan dana akan diteruskan ke penjual jika pembeli sudah klik Pesanan Diterima. Ini berarti cara mengajukan retur barang/ dana di Shopee hanya dapat dilakukan sesuai ketentuan tersebut.

Terkait:  Cara Berjualan di Shopee

Untuk itu, pastikan bahwa pesanan yang kamu terima dalam kondisi baik, tidak kurang, dan sesuai dengan deskripsi produk sebelum klik Pesanan Diterima.

Syarat Retur Barang di Shopee

Berikut ini beberapa syarat untuk bisa retur barang di Shopee adalah sebagai berikut:

Semua Toko Selain Shopee Mall

    • Dana pembeli akan ditahan Shopee ketika mengajukan komplain retur barang. Contohnya seperti, barang pesanan yang kamu terima tidak berfungsi dengan baik, rusah, pecah, tidak ori, tidak sesuai dengan foto atau deskripsi produk di etalase.
    • Dalam mengajukan retur barang/ refund, pembeli harus menyertakan bukti video dan atau foto yang jelas beserta alasan melakukan retur.
    • Permasalahan akan ditindaklanjuti apabila penjual tidak setuju dan meminta bantuan pihak Shopee.
    • Tim Shopee akan mengumpulkan bukti berupa foto dan atau video dari pembeli yang menunjukkan bahwa barang pesanan yang diterima tidak sesuai atau rusak serta foto kemasan barang yang terdapat resi menempel.

Khusus Shopee Mall

    • Dana akan tertahan di Shopee saat pembeli meminta pengembalian atau retur barang dengan alasan tidak sesuai atau kondisi yang rusak.
    • Pembeli bisa melakukan retur barang maksimal 5 hari setelah permintaan retur disetujui.
    • Pihak Shopee akan memeriksa barang yang dikembalikan terlebih dahulu selama 3 โ€“ 5 hari di gudang Shopee.
    • Pembeli harus menunjukkan bukti foto dan/ video yang memperlihatkan alasan retur barang dengan jelas.
    • Selain itu, apabila penjual menyetujui pengajuan retur tetapi tidak menerima barang tersebut kembali, maka pembeli harus menyiapkan dokumen berikut ini:
    • Bukti resmi pengiriman, misalkan nomor resi yang benar.
    • Foto paket yang menunjukkan detail informasi pengiriman, seperti jasa ekspedisi yang digunakan, nomor resi, nama pengirim (pembeli) dan penjual, nomor telepon, serta alamat pengiriman.
Terkait:  Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Cara Retur Barang/ Dana Shopee

Kami ingatkan kembali bahwa cara retur barang bisa dilakukan apabila pembeli tidak mengklik Pesanan Diterima, karena jika sudah mengkliknya maka tidak akan bisa mengajukan retur atau refund dana. Adapun tata cara retur barang di Shopee adalah sebagai berikut:

Pertama, buka aplikasi Shopee, pilih menu Saya

Selanjutnya, klik opsi Dikirim, pilih Pesanan, lalu pilih Ajukan Pengembalian.

Pada Rincian Pesanan, pilih produk yang ingin diajukan pengembalian.

Lalu, klik Alasan

Pilih Alasan. Berikut beberapa alasan retur barang di Shopee yang bisa kamu pilih, antara lain:

  • Produk tidak sampai
  • Produk tidak lengkap/ kosong (misalkan: bagian produk kurang atau ada yang hilang),
  • Produk salah (Misalkan, warna, ukuran, atau produk tidak sesuai),
  • Produk tidak berfungsi dengan baik,
  • Produk cacat (retak, penyok, atau ada goresan).
  • Produk berbeda dengan deskripsi/ foto,
  • Produk tidak original.

Apabila telah memilih alasan mengajukan pengembalian barang, sertakan bukti, dan juga deskripsi atau keterangan (jika ada).

Selanjutnya, pilih solusi yang sesuai untuk permasalahan kamu.

Shopee menyediakan dua solusi berdasarkan alasan pengembalian barang/ refund yang dapat dipilih, yaitu:

  • Pengembalian barang dan dana
  • Pengembalian dana saja karena alasan tidak menerima barang pesanan dan produk yang tidak lengkap (kamu dapat memasukkan Jumlah Pengembalian Dana).

Lalu, klik Kirim.

Sebagai tambahan, informasi yang disertakan dalam pengajuan retur barang/dana dapat berbeda-beda, disesuaikan alasan pengembalian yang telah dipilih.

Misalkan, kamu tidak perlu melampirkan bukti saat pengajuan retur barang/ refund untuk alasan tidak menerima barang pesanan.

Langkah untuk mengajukan pengembalian barang atau dana itu sama kecuali pada bagian menyertakan bukti pendukung.

Untuk opsi Pengembalian Dana Saja hanya bisa dipilih jika memiliki alasan seperti berikut ini:

  • Produk tidak diterima,
  • Produk tidak lengkap/ kurang,
  • Produk dalam kategori Barang Mudah Rusak,
  • Produk dan Layanan Digital.
Terkait:  Cara Refund Tiket Kereta Api

Pembelian produk di Shopee Mall, retur barang atau dana akan segera diproses dalam 3 hingga 5 hari kerja setelah barang pesanan dikembalikan oleh pembeli di Gudang Shopee.

Sementara itu, untuk produk non-Shopee Mall, retur barang/ refund dana akan diproses dalam 7 hari kerja terhitung sejak input resi atau maksimal 2 hari setelah status pengiriman terkirim (apabila menggunakan resi dari Shopee). Hasil dari permintaan pengajuan retur barang kamu akan diberitahukan melalui notifikasi di aplikasi Shopee dan email.

Untuk proses kasus refund atau pengembalian dana saja, tim Shopee akan meninjau permasalahan tersebut dan menghubungi kamu kembali terkait penyelesaiannya. Sedangkan untuk kasus retur atau pengembalian barang dan dana, kamu akan diminta mengirimkan kembali produknya.

Proses Pengiriman Barang

Setelah mengajukan retur atau pengembalian barang/ dana, tunggu hingga mendapat persetujuan dari pembeli sehingga pengembalian dapat diproses.

  • Apabila penjual menyetujui pembeli melakukan retur barang, maka kamu pilih Jasa Kirim pada halaman Rincian Pengembalian.
  • Kemudian, klik opsi Drop-Off J&T Express supaya mendapatkan jasa ekspedisi pengiriman secara gratis.
  • Selanjutnya, pilih menu Konfirmasi untuk melanjutkan.
  • Setelah barang tersebut diambil oleh kurir J&T Express, maka nomor resi akan otomatis muncul pada menu Rincian Pengembalian.
  • Silakan tunggu hingga pengiriman retur barang oleh kurir ke penjual selesai.
  • Setelah penjual menerima barang yang kamu kembalikan dan menyetujui pengembalian dana, maka dana pengembalian kamu akan otomatis masuk ke akun Shopee Pay.

Itulah ulasan lengkap mengenai bagaimana mekanisme, syarat, hingga tata cara retur barang di Shopee. Apakah kamu sudah mencoba melakukannya dan berhasil?

Similar Posts