Home » Melacak » Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Whatsapp di HP

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Whatsapp di HP

Cara mengetahui lokasi seseorang lewat whatsapp di hp dapat dimanfaatkan oleh seseorang yang insecure terhadap pasanganya. Nah, artikel kali ini akan membantu pengguna mengetahui lokasi seseorang melalui whatsapp.

Whatsapp saat awal kehadirannya memang hanya memiliki fitur mengirim pesan. Tetapi kini, whatsapp sudah memiliki beragam fitur menarik seperti video call, mengirim file dan share loc. Fitur lokasi whatsapp juga dapat berguna untuk mengetahui lokasi seseorang.

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Whatsapp di HP

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Whatsapp di HP

Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Whatsapp di HP

Ingin tau dimana lokasi terakhir kekasihmu saat ini? Cara mengetahui lokasi seseorang lewat Whatsapp di HP berikut ini bisa jadi solusi terbaik untukmu. Ada beragam metode yang bisa kamu pakai, pilih saja yang termudah diantara berikut ini.

Menggunakan Fitur Share Lokasi

Cara mengetahui lokasi seseorang dengan whatsapp di hp yang pertama adalah menggunaan fitur bawaan aplikasi yakni share lokasi. Fitur ini dapat dapat melacak lokasi seseorang secara langsung. Tetapi disini pengguna perlu meminta mereka untuk mengirim lokasinya menggunakan fitur live location. Caranya

  • Buka chat dengan penerima kemudian pilih lokasi

Pertama, buka laman chat dengan penerima pesan, lalu lakukan tap pada logo klip kertas. Kemudian pilih lokasi.

  • Izinkan akses lokasi

Selanjutnya, pihak whatsapp akan meminta izin untuk mengakses lokasi pengguna. Klik izinkan.

  • Sesuaikan lokasi

Kemudian akan muncul tampilan map sesuai lokasi. Pengguna akan diberikan dua pilihan, pilihlah durasi dari waktu berbagi lokasi.

Pengguna juga bisa menambahkan pesan dibawah pilihan durasi lokasi. Dengan cara ini, penerima dapat mengetahui lokasi pengguna secara langsung, termasuk saat pindah tempat.

  • Kirim lokasi ke penerima

Jika sudah, kirimkan lokasi ke penerima agar mendapat lokasi terbaru dari pengguna

Nah, sekarang penerima dapat mengetahui lokasi pengguna secara real time, termasuk saat berpindah tempat. Fitur ini akan otomatis berhenti jika sudah melewati durasi yang ditentukan tadi.

Jangan lupa lur, untuk tidak terlalu lama mengatur waktu untuk mengirim lokasi. Sebab, terlalu lama menggunakan GPS akan membuat batremu boros dan cepat habis. Tapi bisa diatasi ko kalau kamu baca artikel cara mengemat baterai di android agar lebih awet tentunya.

Menggunakan Command Prompt

Cara mengetahui lokasi seseorang dengan whatsapp di hp selanjutnya adalah dengan menggunakan bantuan command prompt yang perlu diakses pada whatsapp web. Berikut caranya

  • Akses web whatsapp

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah Buka Whatsapp di Laptop lewat browser di url web.whatsapp.com (whatsapp web)

  • Masuk ke command prompt

Selanjutnya masuklah ke command prompt dengan menekan tombol windows + R di keyboard. Kemudian pada bagian run di kolom open, ketikkan cmd.

  • Cari IP adress

Setelah jendela command promp muncul, ketikan netstat -a -n -o, kemudian akan muncul deretan IP, pengguna bisa menyalin IP tersebut pada notepad.

  • Lakukan tracker menggunan ip tracker

Jika sudah dicopy, pengguna bisa melakukan tracking IP dengan pergi ke laman www.ip-tracker.org/. Kemudian masukkan IP yang sudah dicopy, maka lokasi pemilik whatsapp akan muncul. Sisanya, tinggal kamu lacak lokasi pemilik hp lewat Google Maps, ataupun lewat cara lain untuk mengetahui lokasi lebih jelasnya.

Menggunakan Google Map

Selain sebagai navigasi, google map juga dapat dimanfaatkan untuk berbagi lokasi secara realtime dengan tingkat keakuratan yang tinggi. Caranya

  • Buka aplikasi dan pilih berbagi lokasi

Pertama, buka aplikasi Google Map yang ada di smartphone pengguna. Kemudian pada halaman utama, pilih ikon garis tiga pada layar sebelah kiri atas. Selanjutnya pilih berbagi lokasi.

  • Klik mulai

Untuk mulai membagikan lokasi dengan orang lain, klk mulai. Pengguna akan diberikan beberapa opsi membagikan, pilihlah whatsapp.

  • Pilih pengirim

Selanjutnya pengguna akan dialihkan ke aplikasi whatsapp. Pilihlah kontak yang akan dikirimkan lokasi. Link yang dikirimkan nantinya akan mengarah ke google maps untuk melacak lokasi pengguna.

» Terkait: Cara Melacak No HP Lewat Google Maps Tanpa Diketahui

Nah, itu dia beberapa cara mengetahui lokasi seseorang lewat Whatsapp di hp. Dengan langkah yang cukup mudah, pengguna pengguna dapat melacak lokasi seseorang secara real time. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.