Home » BPJS » Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan dengan KTP

Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan dengan KTP

Cara mengetahui nomor kartu BPJS Kesehatan dengan KTP ini akan sangat berguna saat seseorang kehilangan kartunya. Setiap peserta pasti memiliki nomor BPJS yang merupakan identitas dari peserta.

Kartu tersebut tertera nomor virtual account yang digunakan untuk berobat dan mengecek tagihan atau membayar BPJS.

Tetapi bagaimana jika lupa nomornya? Tidak perlu khawatir, karena artikel ini akan menyajikan informasi mengenai cek no bpjs menggunakan NIK pada KTP. Apa saja caranya? Simak artikel ini sampai habis ya.

Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan Dengan KTP

Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan Dengan KTP

Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan Dengan KTP

Cara untuk mengetahui nomor kartu BPJS Kesehatan dengan KTP masih juga bisa dilakukan melalui beberapa metode yang mudah untuk dicoba. Simak panduan lengkapnya dibawah ini.

Menggunakan Aplikasi Mobile JKN

Cara mengetahui nomor kartu BPJS yang pertama adalah menggunakan aplikasi bernama Mobile JKN. Aplikasi tersebut dapat pengguna unduh di Play Store. Tetapi cara ini akan berhasil jika pengguna sudah melakukan registrasi pada aplikasi JKN online sebelumnya. Caranya

1. Login menggunakan akun BPJS online

Pertama, masuk menggunakan akun dan password yang sudah dibuat. Jika belum pengguna perlu mendaftar terlebih dahulu dengan memasukkan NIK dan no Virtual Account pada kartu BPJS,

2. Pilih menu peserta

Setelah login berhasil, klik menu peserta dan jenis dari rekening yang digunakan untuk pengecekan. Kalau kalau kamu lupa rekeningmu, coba deh baca cara mengetahui nomor rekening yang kamu gunakan.

3, Masukkan no identitas dan nomor BPJS akan muncul

Kemudian masukkan nomor identitas untuk pengecekan dengan benar. Lalu tekan cari.  Dan nomor kartu BPJS pengguna akan muncul.

Salah pasang foto di IG? Hapus dengan cara menghapus foto di Instagram sekarang juga!

Kunjungi Website BPJS

Untuk mengetahui nomor virtual account yang tertera pada kartu BPJS. Pengguna bisa mengeceknya dengan mengunjungi laman resmi BPJS yakni bpjs-kesehatan.go.id. langkahnya

1. Kunjungi website BPJS

Pertama, buka browser kemudian ketikkan BPJS pada kolom pencarian. Atau langsung saja ketikan alamat url di adress bar dengan https://bpjs-kesehatan.go.id

2. Pilih cek iuran

Setelah memasuki laman, klik menu cek iuran peserta

3, Masukkan NIK untuk pengecekan

Selanjutnya masukkan nomor NIK KTP. Pengguna juga bisa melakukan pengecekan menggunakan nomor BPJS salah satu anggota keluarga dengan satu KK.

4. Isi tanggal lahir

Kemudian, isi tanggal lahir dari nomor identitas yang diinput tadi

5. Masukkan nomor validasi

Selanjutnya, masukkan nomor validasi. Validasi biasanya muncul pada layar berupa chapta. Pengguna hanya perlu menuliskannya kembali

6. Klik cek

Jika sudah selesai. Tekan cek. Dan nomor BPJS akan muncul pada layar.

Hubungi Call Center BPJS Di Sosial Media Resmi

Cara satu ini cukup work. Cobalah untuk menghubungi call center, atau jika sayang pulsa, hubungi call center BPJS via sosial media. Mereka sudah memiliki sosial media resmi yang sudah terverifikasi. Kirimkan pesan melalui dirrect message baik di instagram maupun facebook.

Katakan bahwa pengguna ingin mengetahui nomor BPJS melalui KTP. Kemudian mereka akan meminta NIK KTP dan data yang dibutuhkan lainnya seperti nama ibu kandung. Dengan segera mereka akan memberitahu Nomor BPJS pengguna.

Tak tau nomor rekening teman pakai bank apa? Simak panduan mudah Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening maka kamu akan tau!

Datang Langsung Ke Kantor BPJS

Cara mengetahui nomor bpjs selanjutnya adalah dengan datang langsung ke kantor BPJS terdekat. Caranya.

1. Ambil nomor antrian atau tanya pada satpam

Jika sudah sampai di kantor BPJS, ambil nomor antrian kemudian tunggu sampai girilan pengguna dipanggil

2. Ceritakan maksud dan tujuan

Jika nomor antrian pengguna dipanggil, katakan maksud dan tujuan yakni ingin mengetahui nomor BPJS. Petugas akan memberikan solusi atas permasalahan yang dialami. Mungkin saja direkomendasikan untuk membuat kartu baru.

3. Serahkan KTP

Selanjutnya petugas akan meminta menunjukkan NIK yang tertera pada KTP untuk mengetahui status dan Nomor BPJS. Jika kartu hilang, mungkin pengguna juga harus melengkapi persyaratan lainnya agar bisa segera mendapatkan kartu baru.

Mudah kan? tetapi jika ingin langsung datang kantor, datanglah lebih awal. Karena kalau sudah siang, antrian bisa sangat panjang. Tapi gak masalah kok, kalian juga bisa daftar antrian online BPJS biar gak terlalu lama ngantri.

Nah, itu dia beberapa cara mengetahui nomor kartu BPJS kesehatan dengan KTP. Mulai dari pengecekan online dan datang langsung ke kantor BPJS terdekat. Pengguna juga bisa menghubungi Call Center dan sosial media resmi BPJS kesehatan.