Cara Gambar Mobil Balap

Cara Gambar Mobil Balap

Cara gambar mobil balap mungkin bisa dilakukan saat Kamu hendak memodifikasi mobil balap. Memodifikasi mobil balap sendiri artinya ialah melakukan modiikasi untuk membuat performa pada mobil layaknya seperti mobil balap.

Jika Kamu serius melakukannya dengan dana yang cukup untuk modifikasi, maka mobil kesayanganmu bisa menjadi sebuah mobil balap.

Totalitas modifikasi pada mobil balap sendiri misalnya dengan mengganti bodi pada mobil yang lama dengan bodi baru yang aerodinamis, mengganti pelek lama ke dalam pelek baru serta dasbor yang dibuat lebih ringan.

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Memodifikasi Mobil Balap?

Selain cara gambar mobil balap, yang paling penting dalam memodifikasi ialah realisasinya. Sesuai namanya, mobil balap, jadi yang harus Kamu pikirkan pertama kali  ialah performa mobil/kendaraanmu.

Cara Gambar Mobil Balap

Biasanya kebanyakan orang menganggap jika modifikasi performa mobil balap, ini artinya Kamu harus siap dengan borosnya konsumsi BBM atau bahan bakar kendaraan nantinya.

Akan tetapi, konsumsi bahan bakar tersebut sebenarnya bisa dikatakan masih relatif dengan performa mobil Kamu. Adapun untuk mengetahui performa mesin, Kamu bisa mengukurnya lewat berbagai macam cara, seperti output emisi, konsumsi bahan bakar, dan pemaksimalan energi kinetik dari mobilmu.

Produsen otomotif biasanya menyetel kebanyakan mobil yang digunakan di jalan raya menggunakan setelah di bawah performa kendaraan yang sesungguhnya. Adapun tujuannya ialah untuk mempanjang usia kelayakan mobil sekaligus untuk menentukan jadwal service secara berkala agar tak terlalu sering.

Meskipun demikian, Kamu dapat memodifikasi performa kendaraan agar memperoleh performa yang semakin kencang. Namun tentu saja, dalam memodifikasi mobil ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Tips Memodifikasi Mobil Balap

Ada beberapa tips yang harus dilakukan ketika ingin memodifikasi mobil menjadi mobil balap, diantaranya sebagai berikut :

Terkait:  Cara Over Kredit Mobil BCA Finance

1. Harus Memilih Jenis Mobil Dengan Tepat

Kamu harus tahu bahwa ada beberapa mobil yang tak dapat dijadikan atau dimodifikasikan ke dalam mobil balap. Ada beberapa aspek pada sebuah kendaraan yang tak bisa diubah menggunakan tuning.

Maka dari itu, pilihlah jenis mobil yang sesuai di awal untuk memastikan agar Kamu bisa memperoleh mobil yang performanya baik.

2. Pilih Modifikasi Dengan Bijak

Ada beberapa faktor atau alasan kenapa perusahaan mobil merancang mobil dengan keluaran standarnya. Hal tersebut lebih dilihat dari sisi penjualan atau market saja, sebab mereka ingin jika tiap model mobil yang ditawarkan dapat menarik minat masyarakat dengan sebanyak mungkin.

Maka dari itu, Kamu harus memodifikasi mobil kesayangan supaya mirip dengan mobil balap. Namun tetap harus dipertimbangkan pula efeknya.

Adapun suspensi yang biasanya disetel khusus pada mobil balapan bisa membantu jarak mobil atau ground clearance lebih datar sedikit dari trek.  Tapi,  penyetelan ini mungkin menjadikan kendaraan tersebut kurang cocok dikendarai saat di jalan raya.

Bisa juga dengan camshaft lebih besar bisa menghasilkan tenaga lebih banyak, namun membuat suara pada mesin mobil menjadi kasar ketika terjadi “idle”.

Selain itu, pilihan pelek besar mungkin tampak keren. Namun hal tersebut juga bisa mengganggu kenyamanan saat berkendara hingga memperlambat kinerja mobilmu.

Modifikasi Performa Mobil

JIka Kamu ingin meningkatkan kinerja performa mobil layaknya mobil untuk balapan pada umumnya, namun tidak memiliki budget mencukupi, ada beberapa tips yang harus Kamu ikuti berikut ini :

1. Memodifikasi Cold-Air Intake

Untu memodifikasi mobil pertama ialah dapat dilakukan pada komponen cold air intake. Adapun tujuan modifikasi ini ialah untuk memungkinkan aliran udara dapat mengalir alami dengan lebih leluasa. Ini menjadikan mesin mobil Kamu bisa lebih mudah bernafas untuk mengakses udara lebih banyak saat dibutuhkan.

Terkait:  Cara Jumper Aki

2. Memodifikasi Cat-Back Exhaust

Knalpon tipe cat-back yang satu ini namanya diambil berdasarkan pada catalytic converter. Dimana sistem ini lebih mengacu terhadap bagian yang lewat di belakang bagian catalytic converter di sepanjang jalan hingga kembali lagi ke ujung knalpot.

Jenis modifikasi ini dapat meningkatkan akselerasi sekaligus penghematan konsumsi bahan bakar meskipun tanpa menggunakan alat tambahan untuk menhemat bahan bakar. Sama halnya juga dengan memodifikasi cold-air intake, tipe knalpot ini juga biasanya banyak digunakan ketika meng-upgrade knalpot.

Perlu diketahui bahwa mesin mobil itu mirip seperti pompa air, dimana mengisap lalu mendorong air untuk keluar.

Sehingga mobil kesayanganmu harus mempunyai knalpot yang dapat membuat sirkulasi udara dapat keluar bebas.

Jadi jika melakukan modifikasi terhadap intake-nya, sebaiknya lakukan upgrade pula pada sistem knalpot atau exhaust mobil kesayanganmu.

Knalpot mobil yang bagus tidak hanya mengeluarkan suara yang terdengar mantap saja tetapi juga memungkinkan kinerja mesin lebih efisien

3. Penambahan Strutbar

Penambahan strutbar merupakan cara berikutnya untuk memodifikasi mobil balap yang bisa berpengaruh pada handling kendaraan agar lebih stabil, seperti saat memasuki area tikungan.

Biasanya sturt bar ini bekerja dengan cara menyeimbangkan kekuatan pada satu bagian mobilmu untuk didistrubusikan kepada bagian lainnya. Hal ini secara ekstrim membuat ban mobil tetap ada di aspal ketika bermanuver dalam kecepatan tinggi, dan biasanya membuat ban menjadi tidak stabil.

4. Tune Komputer

Dengan perangkat PC, saat ini kita bisa mengendalikan seluruha spek kinerja hinga emisi kendaraan untuk meningkatkan beberapa aspek spesifik pada mesin sekaligus dapat meningkatkan power mobil.

Tak semua kendaraan didesain untuk disetel menggunakan komputer. Namun banyak pula onderdil variasi maupun aftermarket yang settingan-nya dapat dilakukan dengan komputer. Jika sudah memodiikasinya, Kamu tinggal menyerahkannya ke bengkel terpercaya.

Terkait:  Biaya Ganti Oli Mobil

5. Kabel dan Busi

Mengganti kabel dan busi bisa mebuat perbedaan signifikan. Seiring waktu busi bisa mengalami aus karena terkikisnya elemen konduktifnya. Maka dari itu, hal inilah yang memaksa kumparan pada pengapian menjadi bekerja keras untuk mendapatkan percikan yang “lebih panas”.

Sementara, kabel memberikan perbedaan besar akibat isolasi dan hambatan listrik yang menyebabkan gangguan. Sebaiknya ganti beberapa kabel yang sudah usang dan tak layak digunakan kembali denagn kabel yang baru.

Sebagai inspirasi untuk memodifikasi mobil balap yang bisa Kamu pilih untuk diterapkan pada mobil kesayangan. Kamu bisa melihat gambar modifikasi mobil balap yang ada.

Selain itu, cara gambar mobil balap untuk modifikasi sendiri sangat mudah. Kamu hanya perlu mencari referensinya di internet. Lalu, sesuaikan gambar tersebut dengan kebutuhan dan tentunya dengan model mobil kesayanganmu!

Similar Posts