Home » Youtube » Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Bingung kehabisan duit? Lagi cari cara mendapatkan uang dari youtube dengan android tanpa upload video? Jangan mimpi terlalu tinggi dulu dong, kamu bisa dengan mudah menghasilkan uang dari Youtube. Namun tentunya harus dengan membuat sebuah video yang menarik disertai dengan tips-tips yang diberikan pada ulasan dibawah.

Kondisi Work Form Home kini memang mengharuskan kita bekerja dari rumah. Agar tidak bosan selama WFH, kita mungkin tertarik menjadi youtuber. Disamping membunuh kejenuhan, kita juga bisa mendapatkan uang dari youtube.

Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan content creator yang berslieweran di Youtube seperti Raditya Dika, Atta Halilintar, Ria Ricis, Boengkos Channel, dan masih banyak lagi. Mungkin kita bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan uang dari youtube seperti mereka.

Youtube diprediksi akan memiliki jumlah penonton lebih banyak dari televisi dalam waktu dekat.  Asumsi tersebut berdasarkan survai Kantar yang menyatakan bahwa 53% responden menonton youtube setiap hari.

Mendapatkan Uang dari Youtube

Hal tersebut menunjukkan orang sudah biasa menonton youtube dan bisa saja menggeser kepopuleran televisi. Youtube juga memungkinkan kita menonton televisi di platformnya. Semua channel televisi kini juga telah memiliki channel resmi di youtube.

Kita tidak pelu memiliki jutaan subscriber untuk mendapatkan uang dari youtube. Asalkan channel youtube sudah bisa di monetisasi, rupiah bisa didulang.

Youtube nantinya akan menaruh iklan di video kita. Pilih jenis konten youtube yang sesuai dengan passion kita mulai dari edukasi, beauty dengan membuat review skin care atau tutorial makeup.

Kuliner,  mulai dari memasak, review makanan dan mukbang, game, entertainment dengan mengcover lagu, dance cover, atau lainnya. Sebelum memutuskan akan membuat channel, Kita perlu melakukan riset keyword. langkah ini penting agar kita bisa mengetahui kontent yang diminati pasar. Anda bisa melakukan riset keyword di Google Trends.

Penghasilan dari iklan youtube berkisar US 1,5 per 1.000 tayangan. Semakin banyak viewer semakin banyak uang yang masuk rekekning.

Tetapi, tidak semua konten menghasilkan uang, karena banyak pengunjung yang melewatkan iklan. PewDiePie, merupakan salah satu youtuber tersukses di dunia.

Salah satu kunci kesuksesannya adalah ia konsisten menggunggah konten setap harinya. Di Indonesia, Nex Charlos, youtuber kuliner, mampu mendulang pendapatan US 5,3 ribu – US 84,4 ribu setiap bulannya.

Cara lain menghasilkan uang dari youtube,  kita bisa membuat video yang mempromosikan suatu produk atau dikenal dengan endorse. Untuk lebih lengkapnya, simak cara mendapatkan uang dari youtube berikut ini.

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Mendapatkan Uang dari Youtube

Banyak diantara kamu yang tentunya bertanya-tanya perihal bagaimana sih caranya mendapatkan uang dari Youtube? Ada beberapa langkah dan tahapan mudah untuk mencoba cara mendapatkan uang dari Youtube yang telah kami rangkum pada paragraf dibawah.

Cari dan Tentukan Topik Video yang Akan Dibuat

Tentu saja langkah awal sebelum menginjak lebih jauh menjadi konten kreator, adalah harus mengetahui terlebih dahulu apa saja video yang akan dibuat nantinya.

Terpenting lagi, harus menentukan sebuah topik video dimana ini yang akan menentukan nasib channel Youtube yang akan dibuat olehmu.

Jika channel video mu berhasil diciptakan dengan satu topik bahasan khusus, disitulah uang akan senantiasa mengikutimu. Tentunya dengan melalui proses yang lebih berat dan susah.

Nah, kami mempunyai beberapa rekomendasi topik video yang cocok untuk kamu dalam menentukan pembuatan konten video. Adapun beberapa topik video yang dapat dipilih yaitu:

1. Video Gameplay

Topik pertama yang dapat kamu pilih adalah game. Dalam hal ini, kiblat channel Youtube gaming adalah si manca (milyhya). Siapa yang tak kenal manca? Tentu salah satu dari kalian sudah kenal dong sama Youtuber gaming yang telah sukses dengan ribuan video gameplay yang telah dibuat olehnya.

Disini, kamu bisa mulai terapkan sedikit tips ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Langkah awalnya kamu bisa Amati video-video game yang telah ada dan ramai di Youtube. Jadikan pengamatanmu sebuah inspirasi yang akan membawamu menciptakan sebuah video yang fresh.

Tiru, sedikit saja beberapa bagian video. Dalam artian, kamu bisa meniru konsep video yang dibuat olehnya. Kamu juga bisa meniru efek-efek video yang diberikan untuk setiap videonya.

Modifikasi, kamu harus bisa merombak total videomu agar tidak sama persis dengan video kiblat kamu. Buatlah video yang benar-benar beda dari yang lain dan belum pernah ada sebelumnya.

2. Review Gaget dan Teknologi

Topik video kedua yang dapat kamu pilih adalah Teknologi. Dalam hal ini, kamu bisa meniru konsep dari channel Youtube GadgetIn. Lakukan konsep ATM diatas untuk menciptakan sebuah video berkategori Teknologi.

Kamu bisa membuat video tentang review handphone, gadget, laptop, dan apa saja yang berhubungan dengan teknologi. Tentunya, harus tau update teknologi terbaru ya. Atau, bisa juga menciptakan video khusus tentang tutorial berkaitan dengan teknologi.

3. Vlog dan Tips Beauty

Topik video ketiga yang dapat kamu pilih adalah perihal Beauty. Ini cocok buat kamu kaum hawa (wanita) yang juga suka mempercantik diri. Kamu bisa membagikan apa saja yang kamu ketahui untuk percantik diri. Bisa mengenai tutorial makeup, review produk kecantikan, atau apa saja yang berhubungan dengan tata rias.

4. Review Kuliner yang Lagi Hits

Topik ke empat yang dapat kamu pilih yakni Kuliner. Dalam hal ini, kamu bisa menjadikan channel Ria SW atau Tanboy Kun sebagai kiblat videomu. Lakukan tips ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) untuk menghasilkan karya video yang original dan keren.

Kamu bisa membuat video tentang review jajanan kekinian, review tempat makan yang unik, review makanan yang sedang viral, atau bisa juga mencicipi makanan yang sedikit ‘berbeda’ dari yang lain.

5. Hiburan

Topik kelima yang dapat kamu pilih berkategori Hiburan. Topik ini sangat meluas, karena berhubungan dengan hiburan. Kamu tentu sudah tau dong topik hiburan akan membahas apa saja nantinya?

Kamu bisa menciptakan video persoalan gosip artis, cover lagu, dance cover, web series, video reaction, prank, dan banyak semacamnya.

Lakukan Riset Kata Kunci

Selanjutnya, setelah kamu mengetahui dan menentukan topik apa yang akan dibuat untuk video kamu nantinya. Sekarang kamu juga harus melakukan riset kata kunci. Agar proses pembuatan videomu nanti tidak akan sia-sia.

Sebelum membuat video yang bagus, kamu harus tau dulu apa itu riset kata kunci. Riset Keyword atau bisa dibilang riset kata kunci berarti sebuah langkah yang dilakukan untuk mencari apa saja topik dengan kata kunci yang tengah ramai saat itu atau selamanya.

Alasan riset keyword sesungguhnya adalah agar benar-benar bisa membuat konten yang benar-benar dicari oleh banyak orang.

Untuk meriset kata kunci, kamu bisa memperhatikan Google Trends, informasi apa saja yang tengah trend sekarang dan dimasa mendatang. Atau bisa juga memanfaatkan prediksi pencarian YouTube.

Tips lainnya, kamu bisa memanfaatkan website YouTube Keyword Tool untuk meriset kata kunci. Terdapat banyak sekali situs riset keyword Youtube yang telah banyak digunakan. Kamu bisa mencarinya di mesin pencari Google dengan mengetik kata kunci “YouTube Keyword Tool” dan mulai menggunakannya untuk riset kata kunci.

Mulailah Bikin Sebuah Video

Setelah riset kata kunci telah dilakukan, kamu bisa mulai membuat sebuah video yang bagus. Dalam hal ini, kamu juga bisa memulainya dari mana saja. Bisa memanfaatkan peralatan yang telah ada, membuat video pakai kamera ponsel dulu misalnya. Atau bisa juga langsung membuat video dengan profesional (jika punya modal untuk kamera DSLR).

Namun, kami menyarankan untuk mulailah dengan kesederhanaan. Manfaatkan saja kamera ponsel untuk menciptakan sebuah video. Lakukan proses editing dengan sebaik mungkin, berikan efek-efek yang membuat video semakin menarik untuk ditonton. Baru, setelah sukses kamu bisa melangkah ke jenjang profesional dengan modal yang telah didapat.

Pilih Nama & Buat Channel Youtube

Setelah video berhasil dibuat, mulailah membuat sebuah channel. Kamu bisa mulai dengan membuat channel di Youtube dengan menggunakan nama channel yang mudah diingat. Tips khusus, jangan membuat channel dengan nama yang panjang sehingga susah untuk diingat.

Setelah channel berhasil dibuat, kamu bisa mulai mengupload video pertamamu. Tunggu proses upload hingga selesai, kemudian buat settingan video mu menjadi publik agar dapat ditonton oleh banyak orang.

Promosikan Video dan Hasilkan Pengunjung

Selanjutnya, jangan hanya berdiam diri setelah upload video. Masih ada tahapan proses promosi video agar channel Youtube kamu dapat berkembang dengan cepat. Dalam hal ini kamu bisa mempromosikan videomu ke:

1. Sosial Media

Manfaatkan sosial media untuk membuat video Youtube kamu viral. Jika videomu berhasil viral, maka otomatis channel Youtube kamu semakin terkenal dikalangan banyak orang.

2. Blog/Web Pribadi

Bagi yang telah mempunyai blog pribadi, juga dapat memanfaatkan blog kamu untuk promosi video Youtube kamu. Dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan postingan artikel dengan menyematkan kode video disana agar konten Youtube kamu semakin bertambah views-nya.

3. Web Video Sharing

Tips khusus mempromosikan video Youtube kamu selanjutnya yakni dengan memanfaatkan web video sharing. Kamu bisa mulai menggunakan situs-situs besar untuk share video seperti Pinterest, dan semacamnya.

Ajak Kerja Sama Brand Ternama (Opsional)

Bagi yang telah mempunyai modal yang cukup, kamu juga bisa memulai mengembangkan channel Youtube dengan brand ternama. Lakukan kontrak kerja sama dengan brand ternama untuk mulai meramaikan video Youtube kamu.

Jikalau bisa, kamu harus mencapai titik viral. Dimana videomu akan terkenal dikalangan netizen, dengan begitu bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan ratusan ribu bahkan jutaan subscriber yang akan dengan senang hati menanti video terbaru darimu.

Monetisasi Channel Youtube

Setelah kamu berhasil meramaikan channel Youtube yang telah dibuat, maka kamu bisa mulai untuk mendapatkan uang dari Youtube. Daftarkan channel Youtube kamu ke Google Adsense untuk mulai dapat uang di Youtube. Jika bingung, kamu bisa mencari informasi seputar Adsense for Youtube di website-website yang mengulas topik tersebut.

Untuk mendaftarkan channel Youtube ke Google Adsense tentunya ada beberapa persyaratan khusus yang harus kamu capai sebelumnya.

Mungkin hanya itu yang bisa kita ulas mengenai bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube dengan tahap metode pilihan termudah. Mulailah berkarya di Youtube dan hasilkan uang hanya dari rumah!

Jika artikel ini menginspirasimu, jangan lupa bagikan/share ke teman-teman kamu ya bangs! agar kita bisa menginspirasi semua. 😉

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *