Cara Pasang Aki Mobil

Sekarang ini, cara pasang aki mobil memanglah belum begitu banyak diketahui mereka pemilik mobil lama maupun yang baru punya mobil.

Para pengguna kendaraan bermotor atau yang sering berkendara dengan menggunakan mobil pasti sudah tidak asing lagi dengan Aki mobil.

Aki sendiri merupakan cadangan listrik paling utama yang bekerja dengan memenuhi kebutuhan listrik di mobil. Sehingga, jika aki bermasalah, tentu berbagai macam aktivitas dimobil menjadi terganggu.

Tidak jarang juga banyak mobil yang memiliki gangguan pada akinya. Apalagi jika kamu merupakan pengendara mobil pemula.

Sebaiknya kamu perlu tahu bagaimana cara pasang aki mobil. Jika aki bermasalah dan tidak berfungsi dengan baik, maka AC mobil menjadi tidak sejuk, performa mobil juga menurun, mesin yang tidak stabil, dan bahkan jika terlalu parah, mesin tidak mau mengalah.

Tentu permasalahan tersebut hanya bisa diatasi dengan mengganti aki mobil lama dengan yang baru.

Dengan begitu kamu juga harus memasang aki tersebut, jika kamu tidak mengerti bagaimana memasang aki mobil, sebaiknya kamu perku mempelajari tentang cara pasang aki mobil.

Cara pasang aki mobil sebenarnya mudah untuk dilakukan. Namun tentu saja untuk memasangnya ada cara dan aturan yang harus dilakukan saat memasang aki mobil.

Jika kamu asal-asalan memasang aki mobil, bisa-bisa malah terjadi kesalahan dan kamu akan mendapatkan kerugian yang lebih.

Jadi, kamu perlu paham betul cara pasang aki mobio dengan baik dan benar. Namun, sebelum kamu memasang aki, kamu perlu perhatikan terlebih dahulu kondisi aki yang hendak dipasang.

Misalnya seperti ukuran aki, apakah sesuai dengan mobilmu atau tidak. Lalu, apakah letak kutub aki dengan posisi kabel pada mobil cocok atau sesuai saat dipasang.

Jika sebelum dipasang aki dalam kondisi yang basah, pastikan dulu apakah tutup air aki sudah terpasang dengan kencang.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan alat-alat pendukung untuk memasang aki. Jika keadaan aki sudah kamu pastikan dan tidak ada masalah, selanjutnya kamu tinggal pasang akinya saja.

Cara Pasang Aki Mobil

Cara Pasang Aki Mobil
Memasang Aki Mobil | IMG: Freepik.com

Berikut ini ada beberapa cara pasang aki mobil.

1. Angkat dan Letakkan Aki Mobil ke Tempatnya

Cara pasang aki mobil yang pertama yaitu, angkat lalu masukkan aki mobil ke tempat aki yang ada didalam ruang mesin.

Lihat dan pastikan kondisi kabel aki didalam ruang mesin tidak akan menghalangi proses pemasangan aki mobil.

Singkirkanlah ke sisi sekitarnya supaya tidak terjepit dengan badan aki mobil. Jika sudah aman, angkatlah aki mobip dengan posisi yang benar.

Usahakan posisinya tidak sampai membuat air aki tumpah. Lalu masukkan aki mobil dengan posisi yang benar agar nantinya kabel positif dan negatif di mobil tidak tertukar supaya kamu tidak kesulitan juga saat proses pemasangan.

2. Pasang Pengikat Aki Mobil

Selanjutnya, untuk memasang aki mobil yang kedua yaitu kamu pasang bracket pengikat aki mobil lalu kencangkan.

Pasanglah pada kedua sisi aki mobil. Di tempat aki mobil biasanya sudah disediakan tempat untuk memasang besi pengikat ke badan mobil.

Pasanglah dulu bracket tersebut lalu jangan lupa untuk mengencangkannya. Saat memasangnya, pakailah kunci yang sesuai dan pas dengan mur yang ada di besi pengikat.

3. Pasang Kabel Positif

Selanjutnya yaitu pasang kabel positif mobil yang berwarna merah. Kabel positif atau kabel plus mobil ini ditandai dengan warna merah pada kabel dan kutubnya.

Kamu perhatikan posisi kepala terminak kabel yang dipasang ke terminal aki mobil. Sebaiknya, kamu usahakan pada posisi terminal masuk dan menutupi seluruh bagian terminal kutub plus aki mobil.

Lalu, jangan lupa untuk mengencangkannya dengan kunci 10. Jangan sekali-sekali kamu memasang kabel aki dengan memukul terminal aki agar dapat masuk ke kutub aki.

Hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan elemen didalam aki yang dekat dengan kutub positif.

4. Pasang Kabel Negatif

Setelah itu kamu pasang kabel negatifnya. Kabel negatif atau kabel minus ini biasanya berwarna hitam. Lakukanlah pemasangan kabel ini dengan hati-hati dan jangan pernah memukul kepala aki.

Pakailah kunci 10 atau sesuaikan dengan ukuran untuk mengencangkan kabel negatif aki tersebut. Pastikan juga kamu memasang terminal aki dengan kencang dan tidak kendor.

5. Cek Kondisi Pemasangan

Langkah memasang aki mobil yang terakhir yaitu dengan periksa kembali kondisi pengencangan saat pemasangan tadi dan rapikanlah peralatanmu.

Cek apakah yang kamu pasang tadi benar-benar kencang, mulai dari kondisi kabel-kabek disekitar aki sampai dengan kekencangan bau terminal kepala aki. Pastikan tidak ada kabek yang terjepit.

Dengan kamu memutuskan untuk membeli dan mengendarai mobil, kamu juga harus belajar tentang mobil sampai dengan mesin-mesin dan akinya.

Bagaimana jika saat ditengah jalan yang sepi tiba-tiba mobilmu mogok. Sedangkan disaha tidak ada bengkel terdekat.

Usahakan jangan selalu mengandalkan bengkel, setidaknya kamu juga belajar tentang mesin mobil dan cara pasang aki mobil.

Itulah beberapa cara pasang aki mobil yang bisa kamu terapkan saat hendak memasang aki mobil.

Jadi, jangan melakukan sembarangan dan jangan coba-coba. Supaya tidak terjadi hak yang tidak-tidak, kalau sampi ada masalah yang terjadi, nantinyan kamu sendiri yang akan menanggung kerugiannya.

Driete Maybella
Penulis Freelance tak terikat