Biaya Ganti V Belt NMax

Berapa sebetulnya biaya ganti v belt N-Max? Bagi kalian yang merupakan pengguna motor tersebut, pasti punya pertanyaan itu yang belum terpecahkan sampai sekarang. Seandainya kalian sedang berencana membeli motor N-Max, maka kamu tidak bisa melihat harga dan fitur sebagai hal-hal yang dipertimbangkan.

Hal ini dikarenakan kalian harus tahu ongkos perawatan yang dibutuhkan supaya motor kesayanganmu bisa dikendarai lebih lama dalam jarak cukup jauh.

Seperti kita tahu banyak sekali pengguna motor, terutama N-Max tidak tahu kapan mereka harus melakukan service dengan mendatangi bengkel resmi Honda sesuai anjuran pihak pabrikan.

Meski begitu, kamu tidak sekadar bergantung terhadap temponya saja melainkan perhatikan pula jarak tempuh yang sudah dilewati motor N-Max. Pasalnya, motor tersebut harus segera ditangani bila melampaui batas jarak perjalanan maksimum sesuai anjuran pabrikannya.

Kalian juga harus tahu berapa ongkos service yang diperlukan agar dapat memastikan motor kesayangan bisa dikendarai dalam jarak lebih jauh. Selain itu, semuanya tergantung kondisi motor kalian masing-masing.

Alhasil kamu tidak bisa memprediksi apakah budget yang dibutuhkan sama dengan orang lain dimana satu sama lain mempunyai Yamaha N-Max. Oleh karena itu, kamu bisa mempertimbangkannya juga selain melihat fitur dan harga yang ditawar saat hendak membelinya.

Biaya Ganti V Belt NMax

Biaya Ganti V Belt NMax
Biaya Ganti V Belt NMax

Jangan pernah mengira bahwa Yamaha NMax yang kalian miliki saat ini hanya sekadar butuh sekali pelayanan service saja. Tak bisa dipungkiri kalau salah satu komponen yang harus diperhatikan adalah v belt, sedangkan onderdil tersebut punya andil besar terhadap kenyamanan dan kelancaran kalian saat berkendara.

Apabila kamu membiarkan gejala kerusakan begitu saja, dipastikan mengancam keamananmu ketika mengemudi sehingga dapat membahayakan pengendara lain. Biasanya setiap pemilik Yamaha NMax akan selalu menerima anjuran untuk mengganti v belt sesuai batas maksimum yang disarankan pihak pabrik.

Oleh karena itu, kamu bisa bertanya lebih lengkap saat hendak membeli unit baru dari dealer mengenai kapan melakukan service untuk semua onderdil alias sparepart nya, termasuk v belt.

Kalian pun perlu menyiapkan budget yang tidak terlalu mahal sebelum menemukan kerusakan dimana ongkos service nya juga bakal lebih tinggi dari perkiraan.

Biaya Ganti V Belt NMax, Kapan Onderdil Harus Diganti?

Barangkali kalian penasaran berapa biaya ganti v belt N-Max yang harus dikeluarkan saat datang langsung ke bengkel resminya. Meski begitu, kamu bisa memangkas pengeluaran dengan mengikuti anjuran pihak pabrik soal kapan onderdil tersebut harus diganti.

Sedangkan kamu tidak bisa melakukannya sembarangan karena v belt perlu diganti kalau kamu sudah menemukan tanda-tanda sparepart nya memang tidak layak dipakai lagi. Kalian akan tahu ulasan lengkapnya sebagai berikut :

Berapa Biaya Service Yamaha NMax Selama Setahun?

Apabila kalian ingin tahu berapa budget service yang harus dikeluarkan untuk merawat Yamaha NMax selama setahun, maka kita bisa menggunakan data periodisasi service secara berkala selama setahun, tepatnya 12 ribu km dari APM.

Kami tegaskan kalau siapa saja yang baru saja membeli sepeda motor Yamaha NMax pasti akan mendapatkan KSG (Kartu Service Garansi). Kartunya berfungsi sebagai fasilitas dari pabrikan kepada konsumen yang baru saja membeli Yamaha NMax baru.

Biasanya konsumen berhak mendapatkan KSG sebanyak 4 kupon, serta dimanfaatkan untuk melakukan service motor tanpa harus mengeluarkan uang. Tak hanya itu, KSG 1 juga berguna agar kamu dapat mendapatkan jasa service secara gratis lho, sedangkan konsumen juga berhak memperoleh oli mesin gratis yang sudah diresmikan Yamaha.

Umumnya perawatan dimulai per 1,000 km, namun dapat lebih dari 4,000 km. Biasanya jarak tempuh sejauh 4,000 km alias 4 bulan dari tanggal pembelian. Dengan KSG 2, kamu berhak mendapat jasa service gratis.

Meski begitu, kamu juga harus mengeluarkan uang sebesar Rp.66 ribu. Untuk oli juga disarankan menggunakan Yamalube Super Matic. Selain itu, kamu juga pasti dianjurkan mengganti oli transmisi senilai Rp.17 ribu.

Jika jarak tempuh kendaraan sudah mencapai 8,000 km maka kamu masih bisa menggunakan KSG 3. Kalian juga perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.15 ribu untuk ganti busi. Tak hanya itu, konsumen dianjurkan memberikan budget untuk filter udara sebesar Rp.50 ribu dan penggantian carbon cleaner senilai Rp.35 ribu.

Kami beritahukan juga kalau kamu bisa merogoh kocek sebesar Rp.160 ribu untuk perawatan ketiga sebagai pembayaran carbon cleaner Yamalube ke dalam bensin.

Untuk penggantian v belt dan roller, kalian bisa menggantinya setelah mencapai angka 25,000 km. Akan tetapi, setiap 10,000 km keduanya harus dilakukan pemeriksaan dan harga v belt mulai dari Rp.125 ribu dan roller CVT sebesar Rp.15 ribu per buahnya. Biasanya Yamaha NMax perlu 6 buah roller dan total budget yang dibutuhkan adalah sebesar Rp.90 ribu.

Kapan V Belt NMax Harus Diganti?

Kondisi v belt juga harus kalian perhatikan dalam aktivitas merawat kendaraan secara berkala. Biasanya kondisi v belt motor Yamaha NMax akan selalu diperiksa menggunakan speedometer.

Hal ini dikarenakan Yamaha NMax merupakan motor matic dan fungsi onderdil tersebut sama dengan rantai. Umumnya v belt harus kalian ganti kalau sudah mencapai batas jarak tempuh perjalanan maksimum sekitar 20,000 km yang dianjurkan pihak pabrikan.

Jika kamu melampaui angka tersebut, maka kondisi v belt bisa kurang baik dan tarikan motor pun semakin berat. Apabila kalian tak kunjung menggantinya, dikhawatirkan bakal putus di tengah jalan saat kalian sedang berkendara.

Andaikan putus, maka motor secara otomaris pasti tidak bisa berjalan seperti biasa. Walaupun kondisi mesin motornya hidup, namun kalian tetap sulit mengemudikannya dan kamu harus mengganti komponennya dengan yang baru di bengkel resmi Yamaha.

Cara Merawat V Belt Yamaha NMax

Untuk merawat v belt motor Yamaha NMax sebenarnya tidak terlalu rumit lho. Kalian harus perlu melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap ruang bagian CVT (Continuously Variable Timing) per jarak tempuh sekitar 8,000 km.

Jangan lupa memastikan kalau ruang bagian CVT tetap bersih dan bebas dari debu maupun kotoran. Hal ini dikarenakan keduanya merupakan masalah yang mengganggu bahkan mampu menempel pada komponennya, serta mempengaruhi kinerja v belt.

Kalian juga perlu memperhatikan masa penggunaan kendaraannya. Bukan hanya melakukan perawatan atas v belt nya saja, namun pastikan kamu tidak berlebihan dalam memakai kendaraan bermotor.

Kami sarankan kamu tidak memutar gas secara mendadak agar sepeda motor dapat punya kecepatan lebih tinggi. Sedangkan hal ini mampu mempengaruhi masa tempuh v belt motor Yamaha NMax kalian.

Demikian pembahasan seputar biaya ganti v belt NMax yang bisa jadi referensi untuk semua penggunanya di Indonesia. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan pastikan kamu sudah menyiapkan budget sesuai nilai di atas.

Kami anjurkan kamu tidak berlebihan dalam menggunakan kendaraan bermotor, secara langsung atau tidak rupanya dapat mengancam kinerja komponen lain seperti v belt. Untuk informasi menarik lainnya, silakan kunjungi situs resmi Pindah Lubang via https://www.pindahlubang.com/.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...