Home » Membersihkan » Cara Ngecas Mobil Mainan Aki

Cara Ngecas Mobil Mainan Aki

Jika kamu pernah pergi ke pusat perbelanjaan atau mall, mungkin kamu kerap menemukan mobil mainan aki yang ada di pusat bermain anak-anak. Pernahkah kamu bertanya tanya, bagaimana cara ngecas mobil mainan aki tersebut?

Berkembangnya pembangunan di sekitar kita saat ini tentu memberi dampak yang positif bagi masyarakat di Indonesia.

Terlebih pada pusat perbelanjaan atau mall disekitar kita. Dengan adanya hal tersebut, tentu memudahkan kita untuk melakukan refreshing atau sekedar menghibur keluarga.

Inilah mengapa tak jarang banyak keluarga yang membawa serta anak mereka untuk menikmati gemerlap pusat perbelanjaan. Tak hanya itu saja, kini anak anak akan merasa senang ketika mereka diajak ke tempat bermain.

Salah satunya adalah rental Mobil Mainan Aki. Biasanya, mobil mainan ini kerap ditemukan di dekat gedung bioskop, ataupun lantai paling atas dari pusat perbelanjaan.

Tak jarang juga mobil mainan aki ini bisa kamu temukan di minimarket yang memang menyediakan mainan ini didekat pintu masuk.

Jika di beberapa pusat perbelanjaan, biasanya mobil mainan aki disewakan dengan tarif yang beragam. Mulai dari 10.000 rupiah, sampai 20.000 rupiah per jam nya.

Dan biasanya, mobil mainan aki ini dikendalikan dengan menggunakan remote control yang mana dipegang oleh penjaga tempat mainan tersebut.

Tapi jika anak sudah berusia cukup, mereka bisa mengendalikannya sendiri dengan pedal gas yang ada didalam mobil aki tersebut. Atau, remote control tersebut bisa dikendalikan oleh orang tua si Anak.

Itulah mengapa tak sedikit juga orang tua yang berfikiran untuk membeli mobil mainan dengan kelistrikan yang bersumber dari Aki, untuk anak mereka dirumah.

Walaupun harga nya cukup mahal, tapi tentu kebahagiaan sang anak tak sebanding dengan hal tersebut.

Dengan mempelajari manual guide atau buku panduan yang tertera dalam mengendalikan mobil mainan aki, tentunya orang tua bisa memiliki waktu lebih, ketika ingin bermain bersama anak mereka.

Selain itu, mobil mainan aki juga bisa dijalankan pada jalan komplek yang cukup luas, ataupun disekitar rumah saja.

Meskipun sudah disertakan dengan manual guide, nyatanya masih saja ada yang belum mengerti soal cara ngecas mobil mainan aki. Padahal, cara nya cukup mudah dan terbilang simple kok. Berikut pembahasannya.

Cara Ngecas Mobil Mainan Aki

Cara Ngecas Mobil Mainan Aki

Ngecas Mobil Mainan Aki | IMG: Youtube.com

Kondisikan Mobil Mainan Aki dalam Kondisi OFF

Sebelum melakukan pengisian daya pada Mobil Mainan Aki, usahakan untuk memposisikan mobil mainan dalam kondisi sudah benar benar mati.

Hal ini bertujuan agar tidak terjadi konsleting ataupun error pada kelistrikan mobil aki. Pastikan semua komponen sudah tidak lagi aktif atau dalam kondisi ON

Periksa tiap bagian yang sekiranya masih menyala terlebih dulu.

Diamkan sekitar 10 – 15 Menit sebelum Melakukan Pengisian Daya

Setelah memastikan kondisi mobil mainan sudah mati, maka kamu bisa membiarkan mobil mainan tersebut selama 10 – 15 menit. Loh tujuannya untuk apa?

Tentunya hal ini bertujuan untuk mengosongkan residu listrik pada komponen modul yang ada didalam aki, sehingga Aki dapat menyimpan dan mendapatkan daya listrik baru pada saat pengisian daya.

Selain itu, mendiamkan mobil mainan aki selama 10 – 15 menit juga membuat IC dalam Modul mobil mainan yang tadinya panas, kembali dalam kondisi yang sudah dingin atau normal.

Cabut Aki pada Mobil Mainan

Setelah IC modul pada mobil aki sudah dalam kondisi dingin dan tidak panas, silahkan bongkar Mobil mainan, dan cabut Aki yang ada didalamnya.

Sebenarnya ini tidak terlalu dibutuhkan sekali. Namun, mengecas mobil mainan dengan melepas aki bisa membantu aki terisi dengan lebih optimal.

Tapi, kamu bisa menyesuaikan dengan charger mobil mainan aki mu ya. Jika memang sistem yang digunakan adalah plug and play, maka kamu tinggal menghubungkan charger ke lubang pengisian daya yang sudah disediakan.

Tetapi jika charger yang digunakan memiliki adapter Klip lain, maka kamu harus melepaskan aki dari mobil mainan.

Hubungkan Kutub (+) dan (-) pada Klip Adapter

Jika sudah mencabut Aki pada Mobil Mainan tadi, kamu tinggal menyiapkan charger untuk mengecas aki mobil mainan tersebut.

Nah, kamu akan menemukan 2 kutub pada aki, yakni (+) dan juga (-). Perlu diperhatikan

  • Kutub (+) harus dihubungkan dengan klip berwarna merah
  • Kutub (-) harus dihubungkan dengan klip berwarna hitam

Jangan sampai salah ataupun tertukar dalam memasangkan klip. Karena jika hal ini terjadi, maka otomatis aki akan menjadi konslet, dan kemungkinan aki menjadi bocor pun akan semakin besar.

Pastikan juga saat menghubungkan klip, kondisi charger belum tercolok pada stop kontak. Hal ini bertujuan agar tidak ada percikan akibat pertemuan aki dan klip pada charger.

Colokkan Charger pada Stop Kontak

Jika sudah memasangkan klip pada kutub yang pas di Aki, langkah terakhir adalah kita tinggal mencolokkan charger tersebut ke Stop Kontak atau listrik.

Nah, biasanya untuk charger aki yang menggunakan klip seperti ini akan memiliki indikator LED untuk mengetahui apakah kondisi baterai aki sudah penuh atau belum.

Perhatikan juga jenis aki apa yang kamu gunakan. Apakah itu aki basah, dan juga aki kering. Serta jangan lupa untuk memperhatikan kapasitas Volt dan Ampere pada aki.

Umumnya, waktu yang digunakan untuk mengecas aki untuk mobil mainan adalah sekitar 2 jam saja. Jika dirasa waktu pengisian daya lebih dari 2 jam dan masih belum penuh, bisa dipastikan bahwa Aki tersebut mengalami soak atau kebocoran.

Dan jika hal ini terjadi, kamu harus mengganti aki tersebut dengan aki yang baru. Baik itu aki kering, ataupun aki basah.

Lalu, bagaimana jika saya tidak memiliki Charger untuk Mobil Mainan Aki?

Kamu bisa mencopot aki yang ada didalam mobil mainan tersebut, dan membawa nya ke tukang pengisian aki.

Biasanya, biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pengecasan adalah sekitar 10 – 15 rb rupiah saja. Tergantung dari besar daya dan juga Voltase Aki yang digunakan.

Jangan lupa untuk memberitahu pengisian aki, bahwa Aki yang digunakan adalah untuk mobil mainan. Agar waktu pengecasan tidak terlalu berlebih.

Kesimpulan

Dengan menerapkan cara diatas, tentunya kamu bisa lebih mengetahui bagaimana prosedur dalam mengisi daya aki, dan juga membuat mobil mainan aki lebih tahan lama lagi.

Cara ini pun bisa kamu lakukan dirumah, atau sebelumnya melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada seller yang menjual mobil mainan aki tersebut.

Sedikit tips dari semua poin diatas tadi : jika diarasa anak sudah merasa bosan dan tidak ingin bermain mobil mainan aki lagi, selepas kamu mengisi baterai Mobil mainan aki tersebut, maka kamu bisa mencabut aki yang sudah di cas, kemudian menyimpannya ditempat yang aman.

Ini bertujuan agar kondisi aki tetap optimal, dan mungkin bisa kamu gunakan untuk keperluan lain, selain untuk mobil mainan aki.

Sekian informasi tentang Cara Ngecas Mobil Mainan Aki yang bisa kamu lakukan dirumah, semoga bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.